SMART QUEEN CLUB

Selamat datang di blog kami

Minggu, 17 Maret 2019

Pengaruh Kegiatan Ekonomi - Kelas 5 Tema 8 Hal 115-116

PENGARUH KEGIATAN EKONOMI TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

KELAS 5 TEMA 8 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3 HALAMAN 115, 116

kunci jawaban kls 5 tm 8 sb 3 pb 3
(buku.kemdikbud.go.id)
Ayo Membaca

Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat
Dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, kita tidak lepas dari kegiatan ekonomi. Apa sajakah kegiatan ekonomi yang dilakukan sehari-hari di masyarakat? Kegiatan ekonomi meliputi kegiatan produksi, distribusi, serta konsumsi. Ketiga kegiatan ekonomi ini saling berkaitan satu dengan yang lain. Jika satu kegiatan ekonomi terhambat, maka akan mengganggu kegiatan ekonomi yang lainnya.
1. Produksi
Apakah produksi itu? Maka amatilah kegiatan seorang petani di sawah! Petani menanam padi di sawah, kemudian menaburi pupuk, serta menyiangi rumput liar yang tumbuh diantara sela-sela tanaman padi tersebut. Setelah bulir-bulir padi tersebut mulai bertunas, Petani mulai mengusir burung-burung yang berdatangan yang berusaha memakan bulir-bulir padi yang tumbuh itu. Saat Padi mulai menguning, saat itulah petani memanen hasil. Hasil panen lalu dijual

Dari ilustrasi tersebut, si petani telah melakukan suatu aktivitas/kegiatan produksi. Jadi, produksi adalah suatu kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna atas suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih mempunyai manfaat/bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. orang yang melakukan kegiatan produksi tersebut disebut produsen. Berikan contoh kegiatan produksi yang terdapat di sekitar tempat tinggalmu.

Kegiatan produksi tersebut berpengaruh terhadap kesejahteraan dari pemilik sumber daya ekonomi dan produsen. Sumber daya ekonomi adalah suatu barang atau jasa yang dapat memberikan manfaat atau keuntungan. Sumber daya ekonomi dapat berasal dari sumber daya alam dan/atau sumber daya manusia. Sumber daya ekonomi dapat diolah menjadi modal dasar pembangunan. Bagi pemilik sumber daya ekonomi, adanya proses produksi memungkinkannya untuk memperoleh balas jasa. Balas jasa ini dapat berupa sewa, bunga modal, atau gaji. Dengan balas jasa ini, maka pemilik sumber daya ekonomi dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Bagi produsen sendiri, adanya proses produksi menyebabkan produsen memperoleh keuntungan. Selanjutnya, keuntungan tersebut digunakan untuk tetap menjaga kelangsungan usaha dan memenuhi kebutuhan hidupnya. ini dilakukan dalam usaha mencapai kemakmuran hidup.

2. Distribusi
Setiap hari kamu pasti makan dan mengenakan pakaian. Bahan makanan tersebut ternyata dihasilkan di suatu tempat tertentu. Pakaian juga diproduksi di tempat tertentu lainnya. Untuk mendatangkan bahan makanan dan pakaian tersebut diperlukan kegiatan penyaluran. Kegiatan inilah yang dinamakan distribusi. Jadi, pengertian distribusi adalah kegiatan yang menyalurkan hasil produksi dari produsen ke konsumen. Sedangkan orang yang melakukan kegiatan ini disebut distributor. Kelancaran suatu distribusi barang membutuhkan sarana transportasi dan jalan yang memadai. Tujuannya adalah agar hasil produksi dapat segera sampai kepada konsumen dengan cepat dan tepat  waktu sehingga kebutuhan konsumen segera terpenuhi.

3. Konsumsi
Perhatikan aktivitas teman sekolah kamu ketika waktu istirahat! Ada yang jajan di kantin, ada pula yang membawa makanan dan makan bekal dari rumah. Jajan di kantin dan makan bekal adalah termasuk kegiatan konsumsi.
Konsumsi adalah suatu kegiatan manusia mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Sedangkan orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen. Untuk mengonsumsi barang atau jasa tersebut, masyarakat harus mengeluarkan pengorbanan tertentu. Pengorbanan dapat beruap uang atau waktu.

Dari uraian tersebut kamu mengetahui kegiatan ekonomi dan dampaknya bagi masyarakat. Kegiatan ekonomi dapat berakibat positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kunci Jawaban Halaman 115

Ayo Mencoba
Berdasarkan teks bacaan "Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat" buatlah peta pikiran yang isinya memuat informasi-informasi penting dari teks tersebut
Kunci jawaban kelas 5 tema 8 subtema 3 pembelajaran 3
(jawabantematik.blogspot.com)
Kunci Jawaban Halaman 116

Ayo Mengamati
Bersama dengan kelompokmu, amatilah berbagai kegiatan produksi dan distribusi yang ada di lingkungan sekitarmu. Identifikasilah orang-orang yang juga diuntungkan dari setiap usaha tersebut. Tulislah hasil pengamatan kalian dalam tabel berikut ini.
kunci jawaban tematik kelas 5 tema 8 subtema 3 pembelajaran 3 halaman 116
(jawabantematik.blogspot.com)
Ayo Berdiskusi
Keragaman jenis usaha ekonomi menimbulkan keragaman sosial dalam masyarakat. Apa keuntungan dari kondisi ini? Diskusikan bersama teman-teman kelompokmu. Tulislah hasilnya dalam tabel berikut.
Keragaman sosial akibat  berbagai jenis usaha menimbulkan keuntungan, yaitu :
  1. Dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan warga
  2. Dapat untuk memenuhi kebutuhan warga yang bermacam-macam
  3. Dapat meningkatkan kebersamaan dengan saling mengenal satu dengan lain
  4. Dapat meningkatkan sikap saling menghargai antar sesama warga
  5. Dapat meningkat rasa persatuan dan kesatuan warga

Hal 117⏩
⏪Hal 111

Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 6 Hal 131-138

KELAS 6 TEMA 9 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6

CITA-CITA ANAK BELITONG HALAMAN 131, 134, 135, 137, 138

Perubahan fase bulan
(buku.kemdikbud.go.id)

Kunci Jawaban Halaman 131

Ayo Berdiskusi
Bersama dengan teman sekelompok, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang perubahan fase Bulan yang terjadi. Kamu dapat menggunakan semua sumber informasi untuk memahaminya. Baca, pahami dan olahlah informasi yang kamu dapatkan menjadi sebuah poster yang menarik dan sarat informasi. Tempelkan poster tersebut di dinding kelas, lalu lakukanlah pameran berjalan (gallery walk) dan memberikan masukan kepada setiap kelompok di dalam kelas.
kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 131
(jawabantematik.blogspot.com)
Kunci Jawaban Halaman 134

Ayo Menulis

  1. Bacalah kembali cerita di atas. Bagilah cerita tersebut menjadi empat bagian cerita, dan masing-masing bagian diwakili dengan sebuah gambar sesuai imajinasimu saat membaca cerita di atas. Buatlah gambarmu dalam bentuk gambar berseri. Pada setiap gambarnya kamu dapat memberikan keterangan tambahan. Gunakan kertas ukuran A4 kemudian bagi menjadi empat. Bagian pertama dapat kamu tuliskan judul dan pengarang cerita tersebut.
  2. Tuliskanlah pesan yang kamu dapatkan dari cerita tersebut ke dalam satu kalimat pendek. Tuliskanlah di bagian pertama gambar berseri yang kamu buat
kunci jawaban tema 9 kelas 6 subtema 2 pembelajaran 6 halaman 134
(jawabantematik.blogspot.com)
3. Jika kamu adalah penulis cerita di atas, dan kamu diberikan kesempatan untuk mengubah jalan ceritanya, bagian manakah yang ingin kamu ubah? Akan seperti apakah cerita di atas jika kamu ubah? Cobalah untuk menuliskannya di tempat yang disediakan berikut ini.

Kunci Jawaban Halaman 135

Bagian tengah :

Di hari Minggu pagi yang cerah ini Andi pergi jalan-jalan sendirian di tepi pantai, sedang ayahnya berkunjung ke rumah saudara. Andi melihat ada sekumpulan karang di tepi pantai. Andi bergegas menuju ke sana dan berniat melakukan pemotretan dari atas karang. Beberapa anak penduduk setempat berteriak agar Andi mengurungkan niatnya mengambil foto dari atas karang, tapi Andi tidak mengindahkannya. Akhirnya pada satu kesempatan tanpa Andi sadari sebuah ombak besar menerjang kumpulan batu karang tersebut dan menghempaskan Andi ke laut. Segera anak-anak kampung setempat memberikan pertolongan kepada Andi dan juga mengambil Handphone yang jatuh ke laut. Andi menyesal tidak memperhatikan peringatan anak-anak kampung tersebut. Handphone Andi juga tidak hilang karena berhasil diselamatkan oleh anak-anak kampung pantai tersebut, walau sempat terendam air laut. Sebagai ungkapan rasa terima kasih Andi berkenalan dan mengajak anak-anak kampung pantai Belitong untuk mengunjungi rumah tempat dia tinggal sementara di Belitong.

Kunci Jawaban Halaman 137

Lakukanlah pementasan tari kreasi daerah secara bergantian. Berilah dukungan kepada kelompok yang sedang menarikan tariannya. Pada akhir pertunjukan berilah masukan yang saling membangun antarkelompok tari yang ada.

Kesimpulan apakah yang dapat kamu buat setelah melakukan kegiatan di atas? Tulislah kesimpulanmu dalam sebuah paragraf di tempat yang tersedia.

Kesimpulanku:
Bahwa keberhasilan pertunjukan tari ditentukan oleh persiapan-persiapan sebelum acara dilakukan, seperti bentuk dan unsur pendukung karya tari, antara lain gerak tari, tata busana, tata rias, properti tari, dan iringan, serta pendukung lainnya.

Kunci Jawaban Halaman 138

Kegiatan :
Kerja bakti kebersihan sekolah

Nama Narasumber :
....... (nama siswa)

Bagaimana peristiwa kerja sama berhubungan dengan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolahmu?
Dengan bekerja sama maka masalah-masalah yang timbul dapat diselesaikan bersama-sama, dalam proses kerja sama tersebut timbul kegiatan saling menolong sehingga mampu meningkatkan rasa kebersamaan dan persatuan

Bagaimana cara kelompokmu memulai kerja sama dalam kegiatan di atas?
Dengan melakukan pembagian tugas, dan masing-masing individu bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

Tantangan apa sajakah yang kamu temui saat bekerja sama di sekolah?
Tantangan terbesar saat bekerja sama di sekolah adalah masalah tingkat kesadaran untuk masing-masing individu untuk bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan

Apakah yang kamu rasakan ketika kamu bekerja sama dengan teman sekelompokmu?
Permasalahan yang dihadapi bersama lebih mudah untuk diatasi, rasa kebersamaan dengan teman makin meningkat, persatuan makin kuat dengan sesama teman.

Nilai-nilai Pancasila manakah yang perlu diterapkan dalam bekerja sama sebagai salah satu peristiwa persatuan dan kesatuan di sekolah?

  • Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa (Sila ke-2)
  • Mengakui persamaan derajat, persamaan hak, serta kewajiban setiap manusia tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, dan warna kulit (Sila ke-2)
  • Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira (Sila ke-2)
  • Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika (Sila ke-3)
  • Memajukan persatuan dan kesatuan bangsa (Sila ke-3)
  • Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain (Sila ke-4)
  • Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama (Sila ke-4)
  • Mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong (Sila ke-5)
  • Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban (Sila ke-5)

Saran dan masukan yang dapat kamu berikan kepada dirimu sendiri dan kepada semua anggota kelompokmu?
Untuk lebih meningkatkan kemampuan dapat bekerja sama dengan yang lain, mampu bekerja dalam tim, lebih mengembangkan sikap tenggang rasa,, dan lainnya yang mengacu pada peningkatan persatuan dan kesatuan.

Kesimpulanmu:
Kerjasama merupakan salah satu komponen penting dalam peningkatan semangat persatuan dan kesatuan

Buatlah sebuah laporan hasil wawancara dengan menggunakan catatanmu di atas. Jelaskan bagaimana peristiwa tersebut berhubungan dengan persatuan dan kesatuan di sekolah
Bahwa kegiatan-kegiatan di sekolah yang dilakukan dalam bentuk kerjasama dapat meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan. Kerja sama dapat dimulai dengan pembagian tugas masing-masing individu yang bertanggung jawab. Tantangan terbesar dalam kegiatan kerja sama ini adalah masalah kesadaran tanggung jawab masing-masing individu. Untuk itu perlu penekanan pemberian informasi betapa pentingnya manfaat kerja sama, karena kerja sama bermanfaat untuk diri sendiri dan juga bermanfaat untuk semua, selain itu kerja sama juga sesuai dengan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila. Oleh karena itu semangat kerja sama harus terus dipupuk dan dikembangkan karena merupakan komponen penting dalam peningkatan semangat persatuan dan kesatuan.

Hal 139⏩
⏪Hal 130

Bulan Yang Setia Kepada Bumi - Kelas 6 Tema 9 Hal 121-130

BULAN YANG SETIA KEPADA BUMI

KELAS 6 TEMA 9 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5 HALAMAN 121, 122, 125, 126, 129-130

tema 9 kelas 6 halaman 121
buku.kemdikbud.go.id

Kunci Jawaban Halaman 121

Ayo Mencoba
Kamu telah mengetahui lebih banyak tentang salah satu benda langit yang paling tidak asing bagi kamu. Bulan, sebagai satu-satunya satelit Bumi merupakan salah satu benda langit yang pertama diteliti para ilmuwan. Salah satu tujuan penelitiannya adalah untuk melihat kemungkinan apakah Bulan dapat menjadi tempat tinggal manusia.
Berdasarkan bacaan di atas dan dari sumber informasi lainnya, lakukanlah kegiatan berikut ini bersama dengan teman sebangkumu.
Kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 121
(jawabantematik.blogspot.com)
Poster Persamaan dan Perbedaan Bumi dan Bulan
kunci jawaban kelas 6 tema 8 subtema 2 pembelajaran 121
(jawabantematik.blogspot.com)
Apakah kesimpulanmu dari kegiatan di atas?
Kesimpulanku:
Bahwa Bulan memiliki beberapa persamaan dan perbedaan dengan Bumi. Karena Bulan tidak memiliki komponen utama untuk manusia hidup, yaitu udara maka Bulan sulit untuk didiami manusia. Ditambah lagi perbedaan suhu yang terlalu ekstrim antara siang hari dan malam hari makin mempersulit jika manusia tinggal di bulan.

Kunci Jawaban Halaman 122

Ayo Berdiskusi
Ingatkah kamu dengan sketsa sistem tata surya yang telah kamu buat sebelumnya?
Untuk membuat model tata surya, kamu perlu memuat perbandingan ukuran planet-planet yang ada di dalamnya. Bersama dengan kelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut.
1.Carilah informasi tentang diameter planet-planet di dalam tata surya dan catatlah di dalam tabel. Lalu, buatlah perbandingan dengan membandingkannya dengan planet yang memiliki diameter paling kecil (perhatikan contoh)
kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 122
(buku.kemdikbud.go.id - jawabantematik.blogspot.com)

Kunci Jawaban Halaman 125

Ayo Menulis
Bacalah kembali cerita di atas dan juga hasil pekerjaanmu sebelumnya. Bayangkanlah kamu ada di dalam cerita itu dan ingin menjelaskannya kepada temanmu dengan menggunakan sebuah gambar.

  1. Bagilah cerita di atas menjadi tiga bagian, yaitu bagian awal, tengah, dan akhir. Lalu, dengan menggunakan kertas ukuran A4 yang dibagi empat, buatlah tiga gambar seri yang menggambarkan cerita di atas. Untuk bagian pertama, kamu boleh menuliskan judul dan pengarangnya beserta gambar yang menjelaskan judul tersebut. Pada bagian kedua hingga keempat, gambarlah isi cerita  pada bagian awal, tengah, dan akhir cerita. Tuliskan paling sedikit satu kalimat untuk menjelaskan gambarmu. Gunakan contoh di bawah ini untuk membantumu
kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 2 pembelajaran 5 halaman 125
(jawabantematik.blogspot.com)
Kunci Jawaban Halaman 126

2. Tuliskanlah pesan yang kamu dapatkan dari cerita tersebut ke dalam satu kalimat pendek
Jawaban :
Pesan yang didapat adalah kebersamaan adalah sesuatu yang penting. Kebersamaan tidak bisa ditukar dengan alat maupun mainan yang canggih dan mahal. Kebersamaan dengan keluarga mampu membentuk jiwa sosial dan jiwa persatuan diantara para anggota keluarga.

3. Lihatlah kembali gamar yang telah kamu buat sebelumnya. Perhatikanlah bagian akhir dari cerita di atas. Dengan menggunakan imajinasimu, ubahlah bagian akhir dari cerita tersebut. Tuliskan hasil imajinasimu dengan menggunakan kata-katamu sendiri di tempat yang disediakan berikut ini.
Jawaban :
Bagian akhir:
Andi dan Bayu pun lupa dengan permainan gawainya. Dan kakek pun tampak terus bersemangat membuat cerita buat para cucunya. Sebenarnya ibu sudah menyuruh anak-anak untuk beristirahat, tetapi anak-anak tidak mau, dan kakek Banu pun menyuruh ibu untuk membiarkan anak-anak tersebut dan mengajak anak-anak pindah ke ruang keluarga sambil tetap meneruskan cerita, anak-anak sambil tiduran di lantai yang sudah dilapisi karpet terus bersemangat mendengarkan cerita tersebut. Akhirnya anak-anak tertidur di ruang keluarga. Kakek Banu pun tersenyum bahagia

Kunci Jawaban Halaman 129-130

Ayo Berlatih
Kini kamu telah mengetahui beberapa tari kreasi daerah yang ada di Indonesia. Tari kreasi daerah dalam bacaan sebelumnya hanyalah sebagian kecil dari tari kreasi daerah yang ada di nusantara. Hampir semua daerah memiliki tari kreasi daerah yang dikembangkan oleh seniman daerah masing-masing.
Bersama dengan teman sekelompok, kamu akan melakukan kegiatan untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang tari kreasi daerah. Ikutilah langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Tentukanlah sebuah tari kreasi daerah, baik yang ada di daerahmu atau salah satu tari daerah yang ada pada bacaan di atas
  2. Carilah beberapa informasi untuk mengetahui lebih banyak tentang tari-tari tersebut
  3. Gunakanlah tabel berikut untuk mengorganisasi informasi yang diperlukan. Kamu dapat menuliskan keterangan atau menempelkan gambar yang sesuai dengan keterangan yang diharapkan.

kunci jawaban tema 9 kelas 6 halamann 129
(jawabantematik.blogspot.com)
Buatlah kesimpulan terhadap kegiatan di atas dengan menuliskannya di dalam kotak di bawah ini.

Kesimpulan :
Bahwa tari kreasi daerah mempunyai karakteristik masing-masing. Tari kreasi daerah banyak digali atau dikembangkan dari tari daerah/tari klasik dengan menambahkan beberapa kreasi dan inovasi gerakan baru dari penciptan tari kreasi daerah tersebut. Ada beberapa persamaan dan ada beberapa perbedaan antara tari kreasi daerah satu dengan tari kreasi daerah yang lain.

Hal 130⏩
⏪Hal 118