SMART QUEEN CLUB

Selamat datang di blog kami

Senin, 01 April 2019

Iklan Elektronik Kelas 5 Tema 9 Hal 70-79

IKLAN ELEKTRONIK KELAS 5 TEMA 9

SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2 HALAMAN 70, 71, 72, 73, 75, 78, 79

(buku.kemdikbud.go.id)




Perhatikan alat-alat elektronik yang ada di ruang keluarga Siti berikut.
1. Televisi
Sebagai salah satu media elektronik, televisi mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan sosial masyarakat. Televisi berfungsi untuk menghibur, mendidik, dan memberi informasi. Televisi memberikan banyak informasi bagi pemirsa. Salah satu bentuk informasi yang ditayangkan adalah iklan.
kunci jawaban kelas 5 tema 9

Dalam kehidupan sehari-hari, iklan telah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat pada umumnya. Televisi mempunyai banyak keunggulan dalam menyampaikan iklan. Oleh karena itu, iklan melalui televisi lebih menarik dan mempunyai nilai pesan yang tinggi. Televisi sebagai media audio visual menayangkan iklan yang dapat dilihat, didengar, dan ditunjang dengan teks, sehingga dapat menarik perhatikan masyarakat.

2. Radio
Sama halnya dengan televisi, radio juga mempunyai fungsi penting bagi masyarakat umum. Fungsi radio yaitu sebagai sarana penerangan, pendidikan, hiburan, dan sarana propaganda. Bukti bahwa radio mempunyai fungsi sebagai sarana propaganda terlihat dengan banyaknya pemasangan iklan yang memilih siaran radio sebagai sarana pemasangan iklannya. Iklan radio berupa kombinasi dari bunyi dan kata-kata (voice) dan efek suara (sound effect). Iklan radio hanya dapat didengar tidak dapat dilihat seperti iklan televisi. Oleh karena itu, radio dikenal sebagai media audio.
iklan elektronik - radio - kelas 5 tema 9

3. Komputer
Seperti televisi dan radio, komputer juga sebagai media elektronik. Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas. Komputer mampu menerima input, memproses input suatu instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. Ketika dihubungkan dengan layanan internet, komputer bisa menjadi sarana promosi atau iklan bisnis. Banyak perusahaan besar, pribadi, dan pengusaha yang menggunakan layanan internet di komputernya untuk mempromosikan atau mengiklankan produknya.Layanan internet di komputer sebagai sarana promosi atau iklan dapat menjangkau wilayah yang sangat luas dengan biaya murah
kunci jawaban kelas 5 tema 9 subtema 2 pembelajaran 2
itulah peralatan elektronik yang ada di ruang keluarga Siti. Televisi, radio, dan layanan internet di komputer ternyata mempunyai salah satu fungsi yang sama, yaitu sebagai sarana promosi atau iklan. Oleh karena itu, ada istilah iklan elektronik. Berdasarkan media yang menyajikan iklan elektronik, televisi, radio, dan layanan internet di komputer dapat disebut sebagai unsur iklan elektronik. Masih ingatkah kamu dengan pengertian iklan elektronik?

Kunci Jawaban Halaman 70




Apakah yang dimaksud iklan elektronik?
Tuliskan dalam kolom berikut.
Iklan elektronik adalah iklan yang disampaikan/penyebarannya menggunakan media elektronik seperti radio, televisi, dan internet

Kunci Jawaban Halaman 71-72

Kamu telah mengetahui unsur-unsur iklan secara umum
Sekarang, coba sebutkan unsur-unsur iklan elektronik pada radio, televisi, dan internet. Lakukan kegiatan dengan mengisi kolom berikut.
kunci jawaban kelas 5 tema 9 halaman 71
(jawabantematik.blogspot.com)
Beri penilaian terhadap iklan-iklan elektronik pada gambar
Apakah iklan itu sesuai dengan unsur-unsur yang ada? Sertakan pula alasan penilaianmu terhadap iklan tersebut. Kaitkan alasanmu dengan unsur-unsur iklan elekstronik

1.
Penilaian :
Kurang menarik/kurang sesuai/Ada unsur iklan yang tidak tercantum.
Alasan :
Karena ada unsur iklan yang tidak terdapat dalam iklan tersebut, yaitu tidak mendapatkan rasa percaya dalam diri konsumen, karena tiadanya kata-kata atau kalimat sama sekali.

2. 

Penilaian :
Menarik/sesuai dengan unsur-unsur iklan yang ada.
Alasan :
Iklan menarik perhatian (Attention), mengundang minat (interest) dengan tulisan keunggulan produk, mampu menggerakkan keinginan (Desire) konsumen dengan adanya manfaat yang didapat, mampu menumbuhkan kepercayaan (conviction) calon konsumen dengan adanya peragaan dan kata-kata penunjang, Jika mampu memenuhi unsur-unsur tersebut, maka terdapat peluang lebih besar bagi iklan untuk menggerakkan konsumen untuk melakukan tindakan (Action) untuk membeli produk tersebut.
3.
Penilaian :
Kurang menarik

Alasan :
Tidak mampu memenuhi salah satu unsur iklan menarik, yaitu tidak mampu memenuhi kebutuhan akan rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen dengan memberi penjelasan lebih rinci, sehingga iklan hanya mendapat perhatian (Attention), Minat (interest), namun sulit mendapat keinginan (Desire) karena tidak mampu memenuhi rasa ingin tahu lebih dalam.

Kunci Jawaban Halaman 75



Kamu telah mengetahui beberapa contoh zat pada materi. Sekarang, diskusikan dengan teman satu kelompokmu untuk mencari contoh lain materi yang termasuk zat tunggal, zat campuran homogen, dan zat campuran heterogen. Berikan alasan mengapa materi tersebut termasuk zat tunggal, zat campuran homogen, datau zat campuran heterogen. Setiap kelompok minimal membuat lima contoh materi. Buatlah laporan hasil diskusi kelompokmu. Kumpulkan hasilnya kepada Bapak/Ibu guru untuk dinilai.

Laporan Hasil Diskusi
Nama Anggota Kelompok :
................
Hasil diksui
Materi : Zat tunggal

  1. Air
  2. Emas murni (24 karat)
  3. Sulfur (Belerang)
  4. Timah
  5. Tembaga
  6. Berlian
  7. Gula murni (Sukrosa)
  8. Garam dapur (natrium klorida)
  9. Baking soda (natrium bikarbonat)
  10. Besi

Alasannya:
Karena komposisinya konstan/tetap dan memiliki sifat yang sama (konsisten) di seluruh bagiannya.

Materi : Zat Campuran Homogen

  1. Air garam
  2. Sirop
  3. Udara
  4. Perunggu
  5. Kuningan
  6. Emas putih
  7. Stainless stell
  8. Tenol
  9. Cuka
  10. Baja

Alasan :

  • Karena tidak terlihat lagi batas-batas antara zat-zat yang dicampurkan
  • Karena materi-materi penyusunnya berinteraksi, namun tidak membentuk zat baru

Materi : Zat Campuran Heterogen

  1. Air Kopi
  2. Es dawet
  3. Es campur
  4.  Air tepung
  5. Minyak pasir
  6. Campuran kapur dan pasir
  7. Adonan cor beton
  8. Pizza
  9. Air kapur
  10. Air oli
Alasan :
  • Karena masih terlihat bidang batas antara zat-zat yang tercampur tersebut
  • Karena materi-materi penyusunnya tidak berinteraksi, sehingga dapat diamati dengan jelas materi penyusun dari campuran tersebut.

Kunci Jawaban Halaman 78




Bentuklah kelompok yang terdiri atas lima anak. Buatlah lima contoh bentuk pola lantai yang ditulis atau digambar pada selembar kertas. Dari bentuk pola lantai yang kalian buat, cobalah peragakan di depan guru dan kelompok lain.
kunci jawaban kelas 5 tema 9 subtema 2 pembelajaran 2 - jawabantematik.blogspot.com
(jawabantematik.blogspot.com)
Kunci Jawaban Halaman 79



Kamu telah mengetahui pengertian pola lantai tarian daerah. Sekarang, coba kamu cari contoh gerakan tarian daerah dari internet atau dari kaset video tarian daerah. Mintalah Bapak/Ibu/Saudara untuk mendampingimu saat mengamati gerak tarian daerah tersebut. Tuliskan tarian yang kamu amati dan pola lantai tariannya. Lakukan kegiatan ini secara kelompok.

Jawaban relatif berbeda-beda (tergantung video yang diamati siswa)


Hal 79 (Ayo renungkan)
⏪Hal 66