SMART QUEEN CLUB

Selamat datang di blog kami

Minggu, 20 Januari 2019

Perpindahan Kalor Secara Radiasi Halaman 119-123 Kelas 5 Tema 6

PERPINDAHAN KALOR SECARA RADIASI

HALAMAN 119 - 123 KELAS 5 TEMA 6

Halaman 119

Hal-hal penting dari bacaan halaman 119 tema 6 kelas 5
Ayo Menulis
Buatlah daftar hal-hal penting yang kamu temui pada setiap paragraf di dalam bacaan. Gunakanlah tabel berikut untuk menuliskannya. Gunakanlah kalimat lengkap dan kata-kata baku dengan tepat.

Paragraf Pertama
Hal-hal penting dari bacaan :
  1. Kalor dari panas Matahari tidak dapat berpindah secara konduksi karena udara termasuk konduktor yang paling buruk
  2. Kalor dari Matahari tidak dapat menghantar secara konveksi karena antara Matahari dan Bumi terdapat ruang hampa
  3. Kalor dari Matahari merambat ke Bumi tanpa melalui zat perantara
Paragraf Kedua
Hal-hal penting dari bacaan :
  1. Proses perpindahan kalor yang tidak memerlukan zat perantara dinamakan radiasi
  2. Ketika berkemah ke pegunungan untuk menghangatkan badan dengan api unggun, panas dari api unggun berpindah secara radiasi
Paragraf Ketiga
Hal-hal penting dari bacaan :
  1. Ketika keluar rumah pada siang hari menggunakan baju hitam badan akan terasa panas
  2. Warna hitam merupakan penyerap kalor radiasi yang paling baik
  3. Pada malam hari orang yang memakai baju hitam merasa lebih dingin daripada orang yang menggunakan baju putih karena pakaian yang berwarna hitam menyerap kalor yang dikeluarkan tubuh
Diagram yang menjelaskan isi bacaan di setiap paragraf.
kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 hal 119

Halaman 120

kunci jawaban tematik kls 5 tm 6 hal 120
Berdasarkan pemahamanmu terhadap bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Apakah yang dimaksud dengan perpindahan panas secara radiasi?
Proses perpindahan kalor yang tidak memerlukan zat perantara

2. Apa perbedaan utama perpindahan  panas secara radiasi dengan perpindahan panas secara 
    konveksi?
Perbedaannya adalah jika perpindahan panas secara radiasi tidak memerlukan zat perantara, sebaliknya jika perpidahan panas secara konveksi memerlukan zat perantara

3. Apa perbedaan utama perpindahan panas secara radiasi dengan perpindahan panas secara 
    konduksi?
Perbedaannya adalah panas secara radiasi tidak memerlukan zat perantara, sedangkan konduksi memerlukan zat perantara berupa benda logam

4. Jelaskan paling sedikit tiga contoh perpindahan panas secara radiasi yang kamu ketahui!
Api unggun, panas dari api kompor, panas matahari

Lalu tuliskanlah pemahamanmu tentang isi bacaan dalam tulisan satu paragraf. Gunakanlah kalimat lengkap dan kata-kata baku.

Kalor dari matahari merambat ke bumi tanpa melalui zat perantara. Proses perpindahan kalor yang tidak memerlukan zat perantara dinamakan radiasi. Contoh peristiwa radiasi adalah ketika dekat api unggun panas dari api unggun berpindah secara radiasi. Warna hitam merupakan penyerap kalor radiasi paling baik.

Halaman 122-123

Pertanyaan :
1. Apa yang kamu rasakan ketika kamu mendekatkan tangan ke nyala api pada jarak 2 cm?
Agak panas
2. Apa yang kamu rasakan ketika kamu mendekatkan tangan ke nyala api 4 cm?
Agak hangat
3. Apa yang kamu rasakan ketika kamu mendekatkan tangan ke nyala api pada jarak 8 cm?
Hangatnya tidak begitu terasa
4. Bagaimana panas dari nyala api bisa kamu rasakan?
Karena radiasi
5. Apakah nama perpindahan panas yang terjadi pada percobaan di atas?
Radiasi
6. Sebutkan 3 contoh perpindahan panas lain secara radiasi yang terjadi di sekitar kita!
Api unggun, Sinar Matahari, Api dari lilin, Api dari kompor


Kesimpulan
Apa kesimpulan dari percobaan yang kamu lakukan?
Kalor dapat merambat/berpindah ke obyek/tempat lain tanpa memakai perantara. Perpindahan kalor tersebut dinamakan dengan perpindahan kalor secara radiasi. Semakin jauh jarak dari sumber kalor, maka efek/akibat dari kalor tersebut makin sedikit.


Hal 125
Hal 116

Kehidupan Nelayan Indonesia Hal 107-112 Kelas 5 Tema 6

KEHIDUPAN NELAYAN INDONESIA

HAL 107-112 KELAS 5 TEMA 6

Halaman 107
Gunakanlah kalimat lengkap dan kata-kata baku dengan tepat
Ayo Menulis
Buatlah daftar hal-hal penting yang kamu temui pada setiap paragraf di dalam bacaan. Gunakan tabel berikut untuk menuliskannya.
Gunakan kalimat lengkap dan kata-kata baku dengan tepat

Paragraf Pertama 
Hal-hal penting dari bacaan :

  1. Para nelayan dan pembeli ikan bertemu di sebuah tempat pelelangan ikan
  2. Tempat pelelangan ikan merupakan tempat bertemunya para pembeli ikan dan para nelayan yang telah menangkap ikan
  3. Para pembeli adalah para pedagang yang akan menjual kembali ikan kepada para konsumennya

Paragraf Kedua
Hal-hal penting dari bacaan :

  1. Tempat pelelangan ikan ramai setiap hari pada musim tangkap ikan
  2. Jika gelombang laut sedang besar dan cuaca buruk, para nelayan tidka dapat melaut
  3. Sehingga nelayan tidak punya hasil tangkapan yang bisa dijual

Paragraf Ketiga
Hal-hal penting dari bacaan :

  1. Para nelayan juga harus memelihara laut tempat mereka mencari ikan
  2. Mereka menggunakan peralatan sederhana, seperti jala ikan biasa dan menggunakan perahu nelayan tradisional
  3. Mereka harus memastikan laut mereka tidak tercemar oleh zat-zat berbahaya

Paragraf Keempat
Hal-hal penting dari bacaan :

  • Kehidupan para nelayan diwargani serangkaian kegiatan yang telah diturunkan dari nenek moyang mereka
  • Perayaan petik laut dilakukan untuk memberikan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

Lalu, buatlah sebuah diagram yang menjelaskan isi bacaan di setiap paragraf, seperti yang telah dicontohkan pada pembelajaran kedua. Tentukan pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan. Buatlah garis dari judul bacaan yang mewakili pokok pikiran dari bacaan ke arah pokok pikiran dari masing-masing paragraf. Berilah keterangan hubungan antara isi bacaan dengan pokok pikiran di setiap paragrafnya. Lakukanlah bersama dengan teman sebangkumu! Buatlah diagrammu pada tempat yang disediakan di bawah ini.
Lalu, buatlah diagram yang menjelaskan isi bacaan di setiap paragraf

Halaman 108

Garisbawahi pokok pikiran di setiap paragraf dari bacaan di atas. Lalu buatlah pertanyaan dengan menggunakan kata tanya yang sesuai. Kamu dapat menggunakan kata tanya: Apa, siapa, mengapa, kapan, bagaimana, dan di mana.

Tuliskanlah pertanyaan dan jawabannya pada tempat yang tersedia berikut ini

Pertanyaan :
Siapa saja yang bertemu di tempat pelelangan ikan?
Jawaban :
Nelayan dan pedagang ikan

Pertanyaan :
Di mana nelayan bertemu dengan pembeli?
Jawaban :
Di tempat pelelangan ikan

Pertanyaan :
Kapan tempat pelelangan ikan ramai?
Jawaban :
Setiap hari pada musim tangkap ikan

Pertanyaan :
Kapan para nelayan tidak melaut?
Jawaban :
Saat gelombang besar dan cuaca buruk

Pertanyaan :
Apa kewajiban para nelayan?
Jawaban :
Memelihara laut tempat mencari ikan

Pertanyaan :
Bagaimana cara nelayan memelihar laut?
Jawaban :
Dengan tidak menggunakan racun dan bom ikan, serta mencegah pencemaran laut

Pertanyaan :
Mengapa nelayan mengadakan perayaan petik laut?
Jawaban :
Sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

Halaman 109

isi pertanyaan halaman 109 tema 6 kelas 5 kunci jawaban
Tuliskanlah pemahamanmu tentang isi bacaan dalam tulisan satu paragraf berikut

Nelayan dan pembeli ikan yang merupakan pedagang ikan bertemu di tempat pelelangan ikan. Tempat pelelangan ikan ramai setiap hari pada musim tangkap ikan. Para nelayan juga harus memelihara laut tempat mereka mencari ikan. Kehidupan nelayan diwarnai dengan serangkaian kegiatan yang telah diturunkan dari nenek moyang mereka.

Halaman 110-111

hasil pengamatan gambar dan bacaan halaman 110-111
Nelayan
Peran : Sebagai pemasok/penjual ikan di tempat pelelangan

Juru lelang
Peran : Menawarkan harga ikan kepada calon pembeli

Buruh/Kuli angkut
Peran : Mengangkut ikan dari nelayan ke tempat pelelangan/dari pelelangan ke pedagang

Pedagang
Peran : Membeli ikan dari nelayan dan menjual kembali ke daerah lain

Kesimpulan apa yang dapat kamu ambil dari pengamatanmu?
Setiap individu mempunyai peran yang berbeda sesuai dengan profesi/pekerjaannya, serta mempunyai hak dan kewajiban yang berbeda pula satu dengan yang lain.

Halaman 112

PERAN, HAK DAN KEWAJIBAN KEGIATAN DI PELELANGAN IKAN

NELAYAN
Peran : Pemasok/penjual ikan di tempat pelelangan ikan 
Hak : Mendapat uang dari penjualan ikan
Kewajiban : Menyediakan ikan dengan kualitas baik, Memelihara laut

BURUH/KULI ANGKUT
Peran : Mengangkut ikan ke pelelangan atau dari pelelangan ke pembeli/pedagang
Hak : Mendapat upah/honor atas jasa angkut
Kewajiban : Mengantarkan barang/ikan ke tempat yang dituju

JURU LELANG
Peran : Menawarkan harga ikan kepada calon pembeli
Hak : Mendapat honor/imbalan dari jasa melelang

PEDAGANG
Peran : Membeli ikan nelayan dan menjual ke daerah lain
Hak : Mendapat/membeli ikan dengan kualitas baik
Kewajiban : Membayarkan uang sesuai kesepakatan lelang


⏪Hal 104

Kegiatan Literasi 1 Putri Alor Halaman 201-202 Kelas 5 Tema 6

KEGIATAN LITERASI 1 PUTRI ALOR

HALAMAN 201-202

Halaman 201-202
Kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 halaman 201 judul cerita

Menarik sekali cerita di atas, bukan? Dapatkah kamu menceritakan kembali isi cerita tersebut? Gunakan tabel berikut ini untuk membantumu menjelaskannya. Lalu, ceritakanlah isi cerita di atas kepada teman-teman dalam kelompokmu!

Judul Cerita :
Putri Alor
Pengarang :
Tantri Novianti
Tokoh utama :
Putri Alor
Tokoh lain :
Nelayan, Ibunda Ratu
Di manakah cerita ini terjadi? 
Pulau Alor, NTT
Apa yang terjadi dengan tokoh utama?
Putri Alor bersedih karena Bunda Ratu memarahi sang putri
Mengapa hal itu terjadi?
Sang putri dianggap terlampau senang bermain dan lupa kewajibannya sebagai putri
Bagaimana masalah dalam cerita ini diselesaikan?
Sang putri mengikuti anjuran nelayan yang ditemuinya untuk segera bertemu dengan ibunda ratu dan menceritakan keadaan alam dan lingkungan Alor, baik hewan-hewan, tumbuhan, terumbu karang, maupun kehidupan nelayan di Alor, yang mana hal ini menunjukkan bahwa sang putri cinta tanah kelahirannya dan ingin terus menjaga kelestariannya.
Kapankah waktu terjadinya cerita ini?
Pada suatu malam
Pesan apakah yang kamu dapatkan dari cerita di atas?
Mencintai tanah kelahiran bisa diwujudkan dengan menjaga kelestarian lingkungan. Setiap orang mengetahui dan melaksanakan hak dan kewajibannya dengan penuh tanggung jawab, sehingga kehidupan sejahtera akan tercapai.

Salah satu tokoh dalam cerita di atas adalah si Nelayan muda yang tentu saja sering berinteraksi dengan laut untuk mencari ikan. Kamu tentu ingat bahwa para nelayan memanfaatkan angin laut dan angin darat untuk pergi melaut. Gambarkan bagaimana si Nelayan muda memanfaatkan angin darat dan angin laut untuk bekerja di laut. Gambarlah pada tempat yang tersedia di bawah ini. Berilah keterangan untuk memperjelas gambarmu!
ANGIN DARAT
  • Pada malam hari, daratan dapat cepat melepaskan panas daripada lautan. Akibatnya tekanan udara di daratan lebih tinggi dibandingkan di laut. Perbedaan tekanan udara ini menyebabkan udara bergerak dari darat ke laut. Angin darat dimanfaatkan nelayan untuk melaut
ANGIN LAUT
  • Pada siang hari, daratan lebih cepat menerima panas, sehingga udara menjadi panas, lalu memuai dan bertekanan lebih rendah dari lautan. Perbedaan tekanan ini menyebabkan udara bergerak dari laut ke darat. Angin laut dimanfaatkan oleh nelayan untuk pulang melaut.
Hal 204⏩
⏪Hal 199

Festival Mane'e Halaman 97-103 Kelas 5 Tema 6

FESTIVAL MANE'E

HALAMAN 97-103 KELAS 5 TEMA 6

Halaman 97-98

kunci jawaban tematik kls 5 tm 6 hal 97
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini!
1. Apakah tujuan dilaksanakannya Festival Mane'e tersebut?
Agar nelayan mendapatkan tangkapan yang banyak dan mendapatkan perlindungan agar terhindar dari bahaya
2. Siapa yang berperan penting dalam upacara tersebut?
Pemuka adat beserta masyarakat setempat
3. Menurutmu, apa manfaat kegiatan upacara tradisi nelayan terhadap kesejahteraan nelayan dan 
    kehidupan masyarakat nelayan setempat?
Sangat bermanfaat dengan kegiatan tersebut, dengan begitu masyarakat setempat dapat memperoleh tangkapan ikan secara lebih mudah dan pastinya mendapat penghasilan lebih banyak.
4. Adakah hal menarik yang kamu dapatkan dari kegiatan upacara nelayan tersebut?
Masyarakat dilarang mengenakan pakaian berwarna merah sebagai pantangan
5. Adakah kegiatan serupa yang dilakukan oleh masyarakat nelayan yang berada paling dekat dari 
    tempat tinggalmu? Jika ada, ceritakanlah!
Adanya tradisi petik laut / sedekah laut bagi nelayan . . . pada dasarnya sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dari para nelayan . . . karena telah diberi limpahan rejeki serta sebagai usaha kegiatan ekonomi kreatif dan sebagai usaha pelestarian warisan budaya untuk menambah penghasilan dari sektor pariwisata

Halaman 99

Laporan Hasil Pengamatan

Tempat pengamatan : ..................
Desa/Kelurahan :
Kecamatan :
Kabupaten :

Hal yang diamati 
- Interaksi manusia dengan lingkungan sosialnya
Masyarakat yang ada di daerah tersebut hidup saling tolong menolong, masih ada semangat gotong royong, dan bila menemukan permasalahan yang menimpa masyarakat daerah tersebut, maka yang diutamakan adalah musyawarah untuk mufakat dalam menyelesaikan permasalahan.

- Upaya manusia dalam berperan serta membangun perekonomian
Masyarakat yang ada di daerah tersebut bekerja dengan sungguh-sungguh dalam menjalankan profesi/pekerjaan mereka. Ada yang menjadi petani, ada yang menjadi pegawai, baik pegawai negeri maupun pegawai swasta, ada yang berwirausaha dengan berdagang atau menjual jasa/keterampilan. Ada yang menjadi buruh. Semua masyarakat di daerah tersebut bekerja dengan memanfaatkan potensi yang ada di daerah tersebut.

Kesimpulan apa yang kamu dapatkan dari kegiatan ini? Tuliskanlah kesimpulanmu di bawah ini!
Kesimpulan :
Interaksi dengan lingkungan sosial (manusia dengan manusia) akan berjalan baik bila ada keseimbangan antara hak dan kewajiban. Setiap manusia punya hak untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, namun demikian hak tersebut juga menjadi terbatasi dengan hak yang sama dari manusia yang lain. Oleh karena itu agar tidak terjadi berbenturan hak yang sama dengan yang lain, maka dimunculkan kewajiban yang harus juga dilakukan oleh semua individu dengan memanfaatkan potensi-potensi yang ada dalam usaha pemenuhan kebutuhan hidupnya, sehingga terjadi keselarasan.

Halaman 102-103

Ayo Berdiskusi
Dengan menggunakan bacaan tentang nelayan Lamalera dan nelayan pantai Malo, diskusikan hak-hak dan kewajiban apa saja yang dimiliki oleh para nelayan tersebut.

Bagaimana dengan warga negara yang lain, misalnya para guru? Bagaimana hak dan kewajiban mereka? Bagaimana dengan kamu sebagai siswa? Apa saja hak dan kewajiban kalian?

Gunakan tabel berikut ini untuk melakukan analisis terhadap hak dan kewajiban warga negara sesuai cara interaksinya dengan lingkungan sekitarnya. Bandingkanlah hak dan kewajiban para nelayan, para petani, dan juga pelajar seperti kamu.

Nelayan Lamalera atau Nelayan Pantai Malo
Hak :
Memperoleh ikan sebagai bahan makanan
Kewajiban :
Menjaga kelestarian laut sebagai habitat ikan

Petani
Hak :
Mendapatkan informasi tentang pertanian, tersedianya pupuk dan obat-obatan pertanian, Mengolah lahan pertanian dengan baik
Kewajiban
Memelihara, mencegah, dan memulihkan kerusakah lahan pertanian, menjaga pemakaian pupuk dan obat-obatan secara bijaksana

Pelajar 
Hak :
Memperoleh pendidikan dan pengajaran dengan baik, menggunakan fasilitas pendidikan
Kewajiban :
Rajin belajar, mentaati semua peraturan sekolah


Kesimpulan
Hak dan kewajiban tidak dapat dipisahkan antara yang satu dengan yang lain, karena keduanya sama-sama dijalankan sekaligus didapatkan. Hak merupakan segalal sesuatu yang pantas dan mutlak untuk didapatkan oleh individu sebagai anggota warga negara, sedangkan kewajiban merupakan suatu keharusan/kewajiban bagi individu dalam melaksanakan peran sebagai anggota warga negara gunda mendapatkan pengakuan akan hak yang sesuai dengan pelaksanaan kewajiban tersebut. Hak dan kewajiban merupakan suatu hal yang terikat satu sama lain, sehingga dalam praktik harus dijalankan dengan seimbang.

kunci jawaban buku tematik isi pertanyaan halaman 103
Ayo Mencoba
Apakah kamu melihat persamaan dan perbedaan antara hak dan kewajiban dari para guru, nelayan, dan kamu sebagai seorang siswa? Kamu tentu tahu bahwa setiap hak dapat diusahakan melalui kewajiban, baik kewajiban yang menyangkut hak orang lain, maupun kewajiban pribadi.

Cobalah renungkan, kewajiban apa saja yang harus kamu lakukan dan tingkatkan sebagai seorang siswa? Tuliskanlah beberapa kewajiban yang harus kamu tingkatkan ke dalam sebuah janji yang harus kamu ingat untuk dilakukan. Tuliskanlah dengan kalimat yang jelas dan singkat sehingga kamu mudah mengingatnya di tempat yang disediakan di bawah ini!

Aku berjanji untuk :
  1. Hormat pada guru, patuh terhadap guru dan peraturan sekolah
  2. Belajar lebih rajin
  3. Disiplin, jujur dan bertanggungjawab
  4. Bersahabat baik dengan semua teman di kelas dan di sekolah

Hal 104⏩