SMART QUEEN CLUB

Selamat datang di blog kami

Sabtu, 23 Maret 2019

Astronaut Kelas 6 Tema 9 Hal 196-203

ASTRONAUT KELAS 6 TEMA 9 

SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6 HALAMAN 196, 197, 199, 200, 203

Kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 196
(buku.kemdikbud.go.id)

Kunci Jawaban Halaman 196

Ayo Berlatih
Setelah kamu membaca keterangan singkat tentang kegiatan singkat tentang kegiatan para ilmuwan untuk menjelajah angkasa luar tersebut, buatlah beberapa pertanyaan tentang segala hal yang ingin kamu ketahui tentang kehidupan para astronaut. Buatlah paling sedikit tiga pertanyaan untuk didiskusikan dengan teman sekelasmu
Jawaban :
  1. Bagaimana cara mandi Astronaut di luar angkasa?
  2. Bagaimana cara keramas Astronaut di luar angkasa?
  3. Bagaimana cara buang air besar para Astronaut di luar angkasa?

Kunci Jawaban Halaman 197

Cari tahu penemuan-penemuan apa saja yang telah dilakukan sebelum mengirim manusia ke angkasa luar. Hal-hal yang berhubungan dengan segala sesuatu yang diperlukan agar para astronaut itu bisa hidup dan beraktivitas di angkasa luar dan kembali ke Bumi dengan selamat. Gunakanlah tabel yang ada di bawah ini untuk membantumu. Lihatlah contoh yang telah dibuatkan untukmu.

Kegiatan atau kebutuhan dasar para Astronaut :
Bagaimana para astronaut makan?
Cara memenuhinya di luar angkasa :
Di gravitasi rendah, makanan serta minuman dipastikan melayang jika tidak ditaruh di tempat khusus. Oleh karena itu makanan dan minuman di luar angkasa berupa kemasan agar tidak rusak dan makanan bisa tersimpan dalam jangka waktu yang lama. Makanan di taruh di atas nampan dan dibungkus dengan jaring-jaring agar tidak melayang kemana-mana.

Kegiatan atau kebutuhan dasar para Astronaut:
Bagaimana para astronaut tidur?
Cara memenuhinya di luar angkasa :
Para Astronaut tidur di ruang tidur dengan kantong tidur. Agar tidak melayang, para Astronaut mengikat tubuhnya. Agar tidur nyenyak di antara suara mesin pesawat yang bising, mereka menggunakan penutup mata dan penutup telinga.

Kegiatan atau kebutuhan dasar para Astronaut :
Bagaimana Astronaut mandi?
Cara memenuhinya di luar angkasa :
Ketika para Astronaut berada di kamar mandi, para Astronaut menggunakan kantong plastik air dan busa basah khusus yang dapat digunakan buat membasuh badan. Dan untuk menghindari percikan air melayang-layang di udara, maka kamar mandi dibuat khusus agar dapat menyedot gumpalan air tersebut.

Kegiatan atau kebutuhan dasar para Astronaut :
Bagaimana Astronaut keramas?
Cara memenuhinya di luar angkasa :
Keramas tetap memakai air, shampo, handuk dan sisir. Air berasal dari kantong ari dan berupa gumpalan. Untuk mulai keramas, Astronaut mengeluarkan gumpalan air dari kantong dan mengolesnya ke kulit kepala Astronaut. Butuh kedua tangan untuk meratakan air, setelah air rata dan rambut cukup basah, baru shampo dioleskan ke kulit kepala dan rambut digosok. Shampo didesain tidak mengeluarkan busa. Jika rambut sudah bersih, dapat dibasuh kembali dan dikeringkan dengan handuk.

Kegiatan atau kebutuhan dasar para Astronaut :
Bagaimana Astronaut memasak?
Cara memenuhinya di luar angkasa :
Bahan-bahan memasak sudah tersedia saat dibawa dari Bumi. Astronaut harus hati-hati saat memasak. Pisau atau benda-benda tajam lainnya tidak bisa diletakkan sembarangan karena bisa melayang dan melukai tubuh. Memasak dibuat lebih mudah. Contohnya bayam kering dalam kemasan. Bayam tersebut tinggal diberi air panas dengan sambungan air panas tertentu yang disiapkan dengan tombol tertentu, tekan tombol, dan bayam pun matang.

Kegiatan atau kebutuhan dasar para Astronaut :
Bagaimana Astronaut buang air besar?
Cara memenuhinya di luar angkasa :
Kalau Astronaut ingin buang air kecil, disediakan sebuah selang khusus agar tidak berceceran ke mana-mana. Ukuran WC di pesawat luar angkasa cukup kecil, hanya 10 cm. NASA memasang kamera di dalam lubang WC agar Astronaut dapat dengan mudah menyaksikan kembali apa yang mereka lakukan di dalam toilet. Untuk mekanisme pembuangan, toilet di stasiun luar angkasa sudah dirancang agar bisa menghisap limbah dan memasukkannya ke sebuah wadah penyimpanan khusus. Nantinya, limbah tersebut di buang ke luar angkasa. Sedang urine (air kencing) manusia bakal kembali diproses atau didaur ulang secara canggih agar bisa diminum kembali.

Apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi seorang Astronaut?
Menurut Badan Antariksa Amerika (NASA), syarat menjadi Astronaut antara lain :
1. Kewarganegaraan
    -Harus mempunyai negara sebagai dasar hukum
2. Latar belakang pendidikan
    - Mempunyai kemampuan di bidang akademis tertentu
3. Pengalaman
    - Minimal memiliki setidaknya pengalaman tiga tahun bekerja di bidang terkait jurusan yang sesuai setelah lulus.
4. Fisik
    - Lulus dari tes fisik calon Astronaut NASA
5. Soft Skill
    - Memiliki jiwa kepemimpinan, mampu bekerja dalam tim, kemampuan komunikasi yang baik

Kunci Jawaban Halaman 199

Ayo Menulis
Sebuah cerita dapat memiliki persamaan dan perbedaan dengan pengalaman pribadimu atau dari film yang pernah kamu tonton. Setelah membaca cerita di atas, lakukanlah kegiatan berikut.
a. Gunakanlah diagram di bawah ini untuk melengkapi keterangan tentang cerita fiksi di atas. Tuliskan bagian yang paling kamu sukai dari cerita fiksi di atas dalam tulisan satu paragraf. Jelaskan alasan kamu menyukainya.
b. Jelaskanlah persamaan dan perbedaan cerita tersebut dengan peristiwa yang pernah kamu alami atau yang pernah kamu tonton dari sebuah film.  Gunakan diagram venn berikut sebagai bantuanmu. Tuliskan pokok pikiran yang ada di dalam cerita fiksi pada bagian cerita fiksi. Tuliskan pokok pikiran dari pengalamanmu atau dari film yang ditonton pada bagian yang lain. Tuliskan kesamaan antara keduanya di bagian tengah diagram venn.

Judul :
Yuk, Kerja bakti
Penulis :
Niken Ari
Bagian yang disukai dari cerita fiksi di atas adalah :
Banyaknya warga yang berpartisipasi dalam kerja bakti, baik tua, muda, anak-anak, laki maupun perempuan.
Alasan menyukai adalah :
Menunjukkan kekompakan warga dan sikap kebersamaan, kekeluargaan serta gotong royong dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

kelas 6 tema 9 - jawabantematik.blogspot.com
(jawabantematik.blogspot.com)
Kunci Jawaban Halaman 200

c. Berdasarkan diagram venn di atas, jelaskan dan tuliskan dalam satu paragraf perbedaan dan persamaan antar cerita fiksi dan pengalaman pribadi atau film yang pernah ditonton di tempat yang tersedia di bawah ini.

Persamaan :
Kerja bakti dilakukan bersama-sama dengan penuh rasa kekeluargaan dan gotong royong, baik tua, muda, anak-anak, laki-laki maupun perempuan

Perbedaan :
Perbedaan pada cerita fiksi adalah kerja bakti dilakukan pada hari minggu dalam cuaca yang cerah dan sukses berakhir sesuai ketentuan saat semua pekerjaan berhasil diselesaikan saat waktu menunjukkan pukul 11 siang, sedang perbedaan pada pengalamanku adalah kerja bakti dilakukan pada hari sabtu dan tidak bisa diselesaikan sampai tuntas, hanya sampai pukul 8 pagi, hal ini dikarenakan masalah cuaca. Hujan turun dengan deras dan tanpa henti sampai sore hari.

d. Buatlah sebuah karangan dengan mengembangkan bagian yang berbeda dari cerita fiksi di atas. Kamu dapat mengambil beberapa bagian dari cerita fiksi yang asli sebagai bantuan, lalu meneruskannya dengan ceritamu sendiri berdasarkan pengalamanmu atau dari film yang pernah kamu tonton.

Tidak hanya bapak-bapak yang akan bekerja bakti, anak laki-laki seusia Romi juga ikut membantu. Romi melihat temannya, Adi dan Budi, sudah berada di lapangan. Adi membawa cangkul kecil dan Budi membawa beberapa karung. Adi dan Budi bekerja sambil bercanda, Saat Romi sedang asyik bekerja, tiba-tiba terdengar jeritan pelan dan Romi segera menoleh ke arah asal suara. Ternyata kaki Adi berdarah terkena cangkul yang dibawanya, sedang Budi hanya bengong terkejut melihat kaki Adi yang berdarah. Suasana sempat gaduh, Romi segera memberitahu ayahnya atas kejadian tersebut. Dengan cekatan ayah Romi segera melakukan pertolongan pertama kepada Adi. Akhirnya suasana kembali tenang setelah Adi bisa ditangani dengan baik.

e. Lipatlah kertas ukuran A4 menjadi dua bagian sama besar. Pada sisi kanan gambarkanlah cerita fiksi  dengan gambar yang jelas dan mewakili. Di sisi kiri, gambarkan pengalamanmu yang membedakannya dengan cerita fiksi di atas
tema 9 kelas 6 - jawabantematik.blogspot.com
(rmol.co, detikawanua.com, medianasional.id, tribunnews.com, victorynews.id)
Kunci Jawaban Halaman 202

Contoh patung dari bahan bekas
kelas 6 tema 9
(musefindo.blogspot.com, kurniawan007.blogspot.com, otosia.com, myakise.blogspot.com, informazone, ideproperti.com)
Kunci Jawaban Halaman 203

Ayo Berdiskusi
Bacalah kembali cerita fiksi tentang kerja bakti di atas dengan saksama. Analisislah cerita tersebut dengan menjelaskan usaha peningkatan persatuan dan kesatuan beserta akibat-akibat yang ditimbulkan dalam sebuah tabel.
Lalu, bersama dengan teman sekelompokmu buatlah sebuah skenario drama yang menceritakan sebuah peristiwa yang berhubungan dengan persatuan dan kesatuan.
Tampilkan hasil skenariomu dalam bentuk bermain peran di depan kelas.
kunci jawaban kelas 6 tema 9 - jawabantematik.blogspot.com
(jawabantematik.blogspot.com)

Skenario drama peristiwa persatuan dan kesatuan :


Fakhri mempunyai teman baru di sekolah yang bernama Silas. Dia adalah siswa pindahan dari Papua. Rumah Silas kebetulan berdekatan dengan rumah Fakhri. 
Pada waktu liburan Fakhri hendak mengajak Silas untuk mengenal lingkungan sekitar.
Fakhri : "Silas, nanti jam 09.00 ikut aku yuk."
Silas : "Kemana?"
Fakhri : "Ikut kerja bakti kampung."
Silas : "Aku malu Fakhri."
Fakhri : "Lo, kok malu? Kenapa?"
Silas : "Aku orang baru disini, belum kenal siapa-siapa selain kamu. Jadi aku bingung nanti kalau ikut kerja bakti."
Fakhri : "Justru itu, aku sengaja mengajakmu ikut kerja bakti, agar kamu bisa berkenalan dengan orang-orang kampung di sini. Nanti aku bantu berkenalan, atau kalau ada yang kamu tidak mengerti ketika berbincang-bincang dengan warga kampung, pasti aku bantu. Ingat Silas, kita semua adalah saudara yang dinaungi oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia."
Silas : "Apa mereka mau menerimaku?"
Fakhri : "Tentu saja. Justru mereka senang, karena di kampungnya ada dari etnis atau suku yang lain yang tinggal. Makin beragam makin bagus. Ingat Silas, pelangi di langit jadi indah karena warnanya beragam. Jadi indah karena adanya persatuan"
Silas : "Baiklah kalau begitu, aku ikut denganmu."

Hal 203-204⏩
⏪Hal 195

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 5 Hal 187-194

KUNCI JAWABAN KELAS 6 TEMA 9

SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5 HALAMAN 187, 191, 192, 194

Bersama dengan teman sekelompokmu gunakan peta pikiran atau diagram untuk membuat rangkuman dari informasi bacaan di atas
(buku.kemdikbud.go.id)

Kunci Jawaban Halaman 187

Ayo Berdiskusi
Bersama-sama dengan teman sekelompokmu, sekarang gunakan peta pikiran atau suatu diagram untuk membuat suatu rangkuman dari informasi bacaan di atas.
Bersama dengan teman sekelompokmu, gunakan peta pikiran atau diagram untuk membuat rangkuman dari informasi bacaan di atas
(jawabantematik.blogspot.com)
Dari sebuah diagram yang kamu buat, bentuklah ke dalam sebuah lini masa yang di dalamnya memuat tentang tokoh, masa, penemua dan juga dampaknya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berikanlah sebuah gambar yang unik yang membedakan antara satu masa dengan masa yang lain. Gunakan juga kertas ukuran A3 untuk membuat lini masamu. Segera presentasikan hasil pekerjaanmu di depan kelas
Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 subtema 3 Pembelajaran 5
(jawabantematik.blogspot.com)
Buatlah sebuah kesimpulan dari kegiatan di atas tentang dampak penemuan terhadap kehidupan di sekitarmu.
Jawaban :
Dampak penemuan terhadap kehidupan antara lain :
  • Mempermudah manusia dalam melakukan aktivitas
  • Meningkatkan efektivitas dan efisiensi
  • Tingkat interaksi manusia lebih mudah dan cepat
  • Peningkatan kegiatan ekonomi
  • Membantu manusia dalam memecahkan suatu persoalan
Kunci Jawaban Halaman 191

Ayo Menulis
Sebuah cerita bisa memiliki persamaan serta perbedaan dengan pengalaman pribadimu atau dari film yang pernah kita tonton. Setelah membaca tentang cerita di atas, coba lakukanlah kegiatan berikut.
a. Gunakan diagram di bawah ini untuk melengkapi tentang cerita fiksi di atas. Tuliskan bagian yang paling kamu sukai dari cerita tersebut dalam tulisan satu paragraf. Serta jelaskanlah alasan kamu menyukai hal tersebut.
b.  Jelaskanlah persamaan serta perbedaan cerita tersebut dengan peristiwa yang pernah kamu alami atau peristiwa yang pernah kamu tonton dari sebuah film. Gunakanlah diagram venn di bawah ini sebagai bantuanmu. Tuliskan pokok pikiran yang ada dalam cerita fiksi pada bagian cerita fiksi. Tuliskan pokok pikiran dari pengalamanmu atau dari film yang ditonton pada bagian yang lainnya juga. Tuliskan kesamaan antara keduanya di bagian tengah diagram venn

Judul : 
Kado Ulang Tahun Ibu
Penulis :
Diana Karitas
Bagian yang disukai dari cerita fiksi diatas adalah :
Perhatian Tsaqif kepada ibunya, serta hadiah yang diberikan Tsaqif kepada ibunya adalah hasil dari jerih payah Tsaqif sendiri.

Alasan menyukai adalah :
Menceritakan tentang sikap bakti dan hormat seorang anak kepada orang tuanya, terutama kepada ibu, serta tingkat kreativitas mampu membantu memecahkan masalah kita.

Tuliskan pokok pikiran yang ada di dalam cerita fiksi pada bagian cerita fiksi. Tuliskan pokok pikiran dari pengalamanmu atau dari film yang ditonton pada bagian yang lain
(jawabantematik.blogspot.com)
c. Berdasarkan diagram venn yang ada di atas, jelaskan dan tuliskan dalam satu paragraf perbedaan dan juga persamaan antara cerita fiksi dan pengalaman pribadi atau dari film yang sudah pernah kamu tonton di tempat yang tersedia yang ada di bawah ini :
Persamaan :
Persamaannya berupa membuat barang-barang bernilai guna dari barang bekas.

Kunci Jawaban Halaman 192

Perbedaan :
Tsaqif membuat barang bernilai guna dari barang bekas untuk tugas keterampilan dari Pak Barno untuk diberikan kepada ibunya sebagai hadiah ulang tahun.

Sahabatku membuat barang bernilai guna dari barang bekas untuk diikutkan dalam lomba dalam kegiatan kepramukaan tingkat kecamatan dan menjadi juara pertama, sedang barang yang dibuat oleh sahabatku tersebut menjadi hak milik panitia lomba pramuka

d. Buatlah sebuah karangan dengan mengembangkan bagian yang berbeda dari cerita fiksi di atas. Kamu dapat mengambil beberapa bagian dari cerita fiksi yang asli sebagai bantuan, lalu meneruskannya dengan ceritamu sendiri berdasarkan pengalamanmu atau dari film yang pernah kamu tonton.
Tsaqif mendapat ide setelah mendengar saran dari Amir. Setelah pulang sekolah Tsaqif mengajak Amir ke rumahnya, di rumah Tsaqif meminta bantuan kakaknya untuk dibantu membuka internet dalam hal ini situs Youtube untuk mencari informasi cara membuat barang-barang unik dari barang bekas. Amir turut menyaksikan video dari Youtube tersebut. Setelah Tsaqif dan Amir paham, maka kedua sahabat itu mencari bahan-bahan yang diperlukan. Dengan kesabaran serta ketelatenan dua sahabat tersebut, dengan dipandu oleh kakak Tsaqif, maka barang yang unik dan menarik yang dibuat dari barang-barang bekas tersebut berhasil dibuat, tentu saja Tsaqif dan Amir gembira ternyata usaha mereka tidak sia-sia.

Kunci Jawaban Halaman 194

Contoh model/gambar kendaraan angkasa luar

kunci jawaban kelas 6 tema 9 halaman 194
(ideproperti.com, info astronomi.org, pinterest.com, brilio.com)
Hal 195⏩
⏪Hal 183