SMART QUEEN CLUB

Selamat datang di blog kami

Minggu, 10 Maret 2019

Jenis Usaha Ekonomi Yang Dikelola Sendiri Kelas 5 Tema 8 Hal 70-73

JENIS USAHA EKONOMI YANG DIKELOLA SENDIRI

KELAS 5 TEMA 8 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3 HALAMAN 70, 71, 73

jawaban buku siswa tema 8 kelas 5
(buku.kemdikbud.go.id)

Kunci Jawaban Halaman 70

Ayo Mengamati
Amatilah lingkungan sekitarmu. Identifikasilah jenis-jenis usaha ekonomi yang dikelola secara perorangan berdasarkan setiap jenisnya. Buatlah laporan dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.
kunci soal kelas 5 Tema 8
(buku.kemdikbud.go.id)
Kunci Jawaban Halaman 71

Ayo Berkreasi
Buatlah kliping mengenai jenis-jenis usaha yang dikelola perorangan.
1. Siapkan buku gambar atau buku tulis tipis
2. Carilah gambar dari buku, surat kabar, atau majalah lama
3. Guntinglah gambar dengan rapi, lalu tempelkan pada buku gambar atau buku tulis
4. Berilah keterangan di bawah setiap gambar:
    a. Nama jenis usaha
    b. Sumber gambar
Pertanian dan Peternakan
kunci jawaban kelas 5 tema 8
(Pixabay.com)
Perdagangan
soal jawaban kelas 5 tema 8
(Pixabay.com)
Jasa
kunci jawaban tematik kelas 5 tema 8
(Pixabay.com)
Industri Kecil
Identifikasilah jenis-jenis usaha yang dikelola secara perorangan berdasarkan jenisnya
(Pixabay.com)

Kunci Jawaban Halaman 73

Ayo Berdiskusi
Buatlah kelompok diskusi bersama 4-5 orang temanmu. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apa saja keunikan desa-desa pada bacaan "Desa Unik di Bali"?
  • Desa Tenganan unik karena merupakan salah satu desa tertua di Bali, dan merupakan salah satu desa asli suku Bali
  • Desa Trunyan unik karena tradisi pemakamannya, yaitu orang meninggal hanya diletakkan di atas tanah, bahkan di atas pohon.
  • Desa Penglipuran unik karena memiliki struktur bangunan yang teratur dan rapi, serta adat pemasangan dan penurunan odalan
2. Adakah keunikan dari daerah tempat tinggalmu? Apa sajakah itu?
........... (alternatif jawaban berbeda tiap siswa, tergantung daerah siswa tinggal)

3. Bagaimana sikapmu atas perbedaan budaya dan adat istiadat daerahmu dengan daerah lain?
Bersikap toleransi dan menghormati terhadap keragaman sosial budaya masyarakat di Indonesia.
Hal 74⏩
⏪Hal 67

Modernisasi Dalam Masyarakat Indonesia Kelas 6 Tema 9 Hal 27-38

MODERNISASI DALAM MASYARAKAT INDONESIA

KELAS 6 TEMA 9 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 HALAMAN 27, 28, 29, 30, 33, 34, 35, 37-38

Kunci jawaban tema 9 kelas 6 Halaman subtema 1 pembelajaran 3
(buku.kemdikbud.go.id)

Kunci Jawaban Halaman 27

Amatilah dengan saksama gambar-gambar di halaman 26. Lalu, diskusikan dengan temanmu dengan mengikuti kegiatan berikut:
  1. Sebutkan nama dan kegunakan benda-benda tersebut!
  2. Jelaskan di mana kamu menjumpai benda-benda tersebut!
  3. Urutkanlah benda-benda tersebut, dari yang paling sering ke yang paling jarang kamu lihat dan gunakan
  4. Tentukan benda-benda  mana saja yang sampaik sekarang ada di rumahmu dan masih digunakan
  5. Pilihlah satu benda dari benda-benda di atas yang paling kamu inginkan dan jelaskan alasanmu!
amatilah dengan saksama gambar-gambar di halaman 26. Lalu, diskusikan dengan temanmu dengan mengikuti kegiatan berikut
(buku.kemdikbud.go.id)
Nomor 1 : 
Nama : Alat bajak tradisional
Kegunaan : Mengolah tanah pertanian/sawah
Tempat menjumpai : Lahan pertanian/sawah
Nomor 2 :
Nama : Mesin bajak/alat bajak modern
Kegunaan : Mengolah tanah pertanian/sawah
Tempat menjumpai : Lahan pertanian/sawah
Nomor 3 :
Nama : Mesin ketik
Kegunaan : Membuat catatan/tulisan
Tempat menjumpai : Perkantoran
Nomor 4 :
Nama : Laptop
Kegunaan : Membuat catata/tulisan
Tempat menjumpai : Perkantoran, rumah
Nomor 5 :
Nama : Setrika arang/Setrika tradisional
Kegunaan : Merapikan baju/menghilangkan kerutan pakaian
Tempat menjumpai : Rumah
Nomor 6 :
Nama : Setrika listrik/Setrika modern
Kegunaan : Merapikan baju/menghilangkan kerutan pakaian
Tempat menjumpai : rumah
Nomor 7 :
Nama : Telepon
Kegunaan : Sebagai sarana komunikasi
Tempat menjumpai : perkantoran, rumah, dan tempat lainnya
Nomor 8 :
Nama : Handphone/Telepon genggam
Kegunaan : Sebagai sarana komunikasi
Tempat menjumpai : Individu/orang yang mempunyai/di berbagai tempat

Urutan dari yang paling sering ke yang paling jarang dilihat dan digunakan :
Handphone, Setrika listrik, Laptop, Mesin bajak, Telepon, Mesin ketik, Alat bajak tradisional, Setrika arang.

Benda yang ada di rumah dan masih digunakan :
Handphone, Setrika listrik, Laptop

Benda yang paling diinginkan :
Alternatif 1 :
Laptop, karena banyak kegunaannya, serta membantu mempermudah aktivitas dan mempercepat kegiatan
Alternatif 2 :
Handphone, karena sebagai sarana komunikasi yang dibutuhkan setiap hari, membantu aktivitas

Kunci Jawaban Halaman 28

Kamu telah membaca dan mengetahui tentang masyarakat modern.
Bersama dengan teman dalam kelompok tentukan ciri-ciri masyarakat modern dari bacaan di atas. Lalu, gambarlah atau carilah gambar yang sesuai untuk menjelaskan ciri masyarakat modern tersebut. Buatlah tabel untuk menjelaskan hasil diskusimu. Lalu, presentasikanlah hasil diskusimu di depan kelas dengan percaya diri.

Menghargai Waktu
Kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 3
(pixabay.com)
Percaya Diri
Bersama dengan teman dalam kelompok tentukanlah ciri-ciri masyarakat modern dari bacaan di atas
(pixabay.com)
Tabel hasil diskusi
kunci tema 9 kelas 6
(jawabantematik.blogspot.com)
Kunci Jawaban Halaman 29

Ayo Berlatih
Lakukanlah kegiatan ini secara berpasangan. Lakukanlah wawancara terhadap orang tua atau kakek nenekmu tentang cara hidup mereka ketika mereka seusia kamu. Sebagai pewancara, kamu harus mencari tahu bagaimana cara mereka melakukan kegiatan belajar di rumah dan di sekolah. Apa saja yang mereka lakukan pada saat hari libur atau ketika tidak bersekolah. Apa saja yang mereka gunakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut. Lalu, ringkaslah hasil wawancaramu untuk dibandingkan dengan kegiatan yang sama yang kamu lakukan saat ini. Catatlah hasil wawancaramu dengan menggunakan tabel berikut. Perhatikan contoh

Nama Narasumber : .  .  .  .   .   (Kakek)
Nama Pewancara :  .  .   .   .   .  (siswa)
Usia Narasumber : 60 Tahun
Tempat Wawancara : Rumah kakek
kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 3 halaman 29
(buku.kemdikbud.go.id)
Kunci Jawaban Halaman 30

Buatlah sebuah tulisan dalam satu paragraf untuk membuat kesimpulan dari wawancara tersebut.
Masyarakat Indonesia secara terus menerus mengalami perubahan. Perubahan tersebut adalah perubahan menuju masyarakat modern. Perubahan ini bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Kita ambil contoh kegiatan seorang siswa dalam kehidupan sehari-hari. Jika siswa zaman dahulu belajar secara bergerombol/bersama-sama, maka siswa sekarang lebih banyak belajar sendiri di kamar masing-masing. Hal ini dikarenakan pada zaman dahulu, listrik belum merata tersambung di rumah-rumah penduduk. Jadi siswa belajar dengan penerangan seadanya. Siswa dan guru zaman dahulu belajar menggunakan alat sederhana, sedang siswa dan guru zaman sekarang menggunakan kecanggihan teknologi untuk menunjang proses belajar mengajar. Dalam kegiatan sepulang sekolah, maka siswa zaman dahulu lebih banyak bermain bersama dengan permainan tradisional, sedang siswa zaman sekarang, ketika bermain lebih cenderung individual, karena permainan yang dilakukan lebih berhubungan dengan pribadi sendiri dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, seperti bermain games online.

Kunci Jawaban Halaman 33

Perhatikan baik-baik cerita fiksi di atas untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut
1. Bagaimana menurutmu cerita fiksi di atas? Apakah kamu menyukai ceritanya? Mengapa?
Cerita yang sangat bagus. Saya menyukainya cerita tersebut. Karena cerita tersebut menceritakan tentang salah satu manfaat pemakaian ilmu pengetahuan/teknologi modern yang menjadi salah satu ciri dari masyarakat modern

2. Masih ingatkah kamu tentang tokoh utama dan tokoh tambahan dalam sebuah cerita fiksi? Menurutmu apakah perbedaan keduanya?
Ya, Perbedaannya adalah tokoh utama merupakan tokoh yang banyak diceritakan di dalam sebuah cerita, sedang tokoh tambahan merupakan tokoh yang mendukung tokoh utama

3. Bagaimanakah caramu untuk menentukan tokoh utama dan tokoh tambahan dari cerita tersebut?
Tokoh utama dan tokoh tambahan biasanya ditentukan dengan melihat seberapa sering sang tokoh muncul dalam cerita atau dialog di dalam cerita tersebut. Kita juga dapat menentukannya dengan melihat jalan cerita, dan tentang siapa cerita tersebut. Tokoh tambahan biasanya mendukung tokoh utama, peran tokoh tambahan salah satunya untuk memperjelas watak tokoh utama.

Kunci Jawaban Halaman 34

Ayo Menulis
Berdasarkan cerita fiksi Si Hitam, lakukanlah kegiatan berikut ini
1. Gunakan diagram di bawah ini untuk menjelaskan tentang tokoh utama dan tokoh tambahan dalam cerita si Hitam
2. Jelaskan gambar tersebut dengan menuliskan beberapa kata kunci tentang sifat dan ciri fisiknya dan mengapa kamu menggambarkannya demikian. Gunakan dua kotak berikut untuk mengerjakannya!
Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 34
(buku.kemdikbud.go.id)
Kunci Jawaban Halaman 35

Buatlah sebuah ringkasan dari cerita Si Hitam dalam satu paragraf. Tuliskanlah di tempat yang telah tersedia berikut ini
Kak Irma baru saja pulang sekolah. Ia mendapati adiknya yang bernama Rina menangis. Kak Irma segera menanyakan sebab Rina menangis. Rina menangis karena tidak mendapati kucingnya yang bernama si Hitam ada di rumah, dan Rina kuatir jika si Hitam tidak pulang kembali. Segera Kak Irma menuju ke dalam untuk mencetak foto si Hitam yang ada di telepon genggamnya melalui printer, dan segera meminta Rina untuk menyebarkan foto si Hitam yang sudah selesai dicetak bersama dengan teman-teman Rina. Kak Irma juga menghubungi teman-temannya untuk mencari keberadaan si Hitam. Beberapa jam kemudian telepon genggam Kak Irma berbunyi dan salah satu kenalannya memberitahukan keberadaan si Hitam dan kenalannya tersebut akan mengantarkan si Hitam pulang. Rina tentu gembira dan bersyukur karena berkat teknologi permasalahannya terselesaikan.

Kunci Jawaban Halaman 37-38

Jawablah pertanyaan berikut ini
1. Apa makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika?
Bhinneka Tunggal Ika memiliki makna meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia adalah satu kesatuan yang utuh yang tidak dapat dipisahkan

2. Bagaimana peran semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa?
Bhinneka Tunggal Ika menjadi semboyan atau moto bangsa Indonesia dan menjadi bagian dari lambang Negara Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar bangsa Indonesia yang beragam ini terus mengingat pentingya persatuan dan kesatuan bangsa sebagai bangsa yang utuh dan berdaulat

3. Mengapa persatuan dan kesatuan bangsa dianggap penting bahkan oleh nenek moyang kita?
Sejak dahulu, bangsa Indonesia yang tinggal dalam daerah kepulauan memiliki keragaman dalam budaya, agama, suku, bahasa dan adat istiadat. Keharmonisan dalam perbedaan/keragaman itu bisa terwujud bila ada persatuan dan kesatuan.

4. Bersama dengan temanmu, carilah sebuah peristiwa dari koran atau majalah. Peristiwa tersebut yang menjelaskan peristiwa yang dapat memengaruhi makna persatuan dan kesatuan bangsa di dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Jelaskanlah judul peristiwa, tempat peristiwa, sumber berita dan gambar, dan makna persatuan dan kesatuan melalui gambar tersebut. Jelaskanlah hasil pemikiranmu di depan kelas dengan percaya diri
Judul Peristiwa:
Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa lewat "Harmoni Indonesia 2018"

Tempat Peristiwa :
Area Taman Cikapayang, Jalan Ir. H. Djuanda, Bandung

Sumber berita :
Universitas Padjadjaran : http://www.unpad.ac.id/2018/08/memperkuat-persatuan-dan-kesatuan-bangsa-lewat-harmoni-indonesia-2018/

Gambar
kunci jawaban kelas 6 tema 9 halaman 37
(www.unpad.ac.id)
Makna persatuan dan kesatuan.
Dengan kegiatan Harmoni Indonesia 2018, semangat persatuan, kerukunan, dan kebangsaan bisa diperkuat dan agar asset terbesar bangsa Indonesia yaitu persatuan dan nasionalisme tetap terjaga

Ayo Berlatih
Lakukanlah kegiatan berikut ini di dalam kelompok yang terdiri atas 3 orang
1. Perhatikan kembali cerita fiksi berjudul si Hitam. Bacalah dengan saksama. Lalu, carilah peristiwa persatuan dan kesatuan yang ada dalam cerita tersebut.
Kak Irma bersatu dengan Rina bahu membahu mencari cara menemukan si Hitam. Rina dan teman-teman Rina menyebarkan gambar si Hitam.

2. Gambarkanlah peristiwa dalam cerita tersebut sesuai dengan imajinasimu dalam kertas karton ukuran A4 yang dibagi dua
3. Pada bagian samping gambar, buatlah sebuah gambar lain yang menceritakan peristiwa persatuan dan kesatuan yang terjadi di sekolahmu
4. Gunakan gambar tersebut untuk menceritakannya di depan kelompok lain
(pixabay.com)
Persatuan dan kesatuan dalam ruang lingkup yang kecil atau sederhana terdapat dalam keluarga. Bagaimana antara kakak dan adik tercipta persatuan dan kesatuan, agar tercipta kerukunan dan keharmonisan dalam keluarga. 
Persatuan dan kesatuan juga bisa diciptakan di lingkungan sekolah, terutama saat bersama-sama mendapat tugas kelompok, bagaimana tugas dibagi masing-masing anggota kelompok. Tanpa persatuan dalam kelompok belajar, maka tugas yang diterima akan sulit terselesaikan dengan baik.

Hal 38
Hal 25