SMART QUEEN CLUB

Selamat datang di blog kami

Senin, 18 Maret 2019

Modernisasi Teknologi Transportasi Kelas 6 Tema 9 Hal 160-169

MODERNISASI TEKNOLOGI TRANSPORTASI KELAS 6 TEMA 9

SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3 HALAMAN 160, 162, 163, 164, 167, 169

tema 9 kelas 6 halaman 160
(buku.kemdikbud.go.id)

Kunci Jawaban Halaman 160

Ayo Berdiskusi
Berdasarkan bacaan di atas, diskusikan beberapa hal berikut ini bersama dengan teman sekelompokmu
Bagaimana cara para astronaut menuju ke Bulan dari Bumi?
Dengan menaiki alat transportasi berupa pesawat luar angkasa/pesawat ulang-alik

Sikap dan nilai seperti apa yang dimiliki Buzz hingga ia menjadi salah satu orang yang mendarat di Bulan?
Disiplin, tanggung jawab, pekerja keras, pantang menyerah, percaya diri

Apakah masih ada pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan di atas? Tuliskan di sini.
Apa kepanjangan dari NASA?

Kunci Jawaban Halaman 162

Ayo Berlatih
Bersama dengan teman sekelompokmu lakukanlah beberapa kegiatan berikut ini.
Dengan menggunakan berbagai sumber informasi, lakukanlah perbandingan alat transportasi darat dulu dan sekarang. Gunakanlah tabel berikut untuk mencatatnya.
Transportasi Darat Sebelum Modernisasi
Tenaga Penggerak : Tenaga manusia, tenaga hewan
Fungsi : Sebagai alat transportasi
Contoh gambar :
kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 3 pembelajaran 3 halaman 162
(tokopedia.com)
Transportasi Darat setelah Modernisasi
Tenaga penggerak : Mesin
Fungsi : Alat transportasi
Contoh gambar :
kunci jawaban halaman 163
(pixabay.com)
Kunci Jawaban Halaman 163

Modernisasi memang memberikan dampak baik langsung maupun tidak langsung. Demikian juga dengan dampaknya terhadap sistem transportasi darat saat ini. Bersama teman sebangkumu diskusikanlah dampak positif dan negatif modernisasi sistem transportasi darat terhadap kelangsungan hidup masyarakat maupun dampaknya terhadap lingkungan. Gunakanlah diagram berikut untuk mencatatnya.
Dampak Modernisasi terhadap sistem transportasi Darat

Dampak positif terhadap kehidupan masyarakat :
  • Memudahkan mobilitas barang dan orang
  • Membuat makin murahnya biaya transportasi umum
  • Mampu mempersingkat waktu
  • Mempermudah pendistribusian barang
  • Membuka peluang usaha
Dampak positif terhadap lingkungan
  • Lingkungan lebih tertata, terutama lingkungan buatan
  • Interaksi makin intensif, terutama lingkungan sosial
Dampak negatif terhadap kehidupan masyarakat
  • Menimbulkan perilaku konsumtif
  • Menimbulkan ketergantungan
  • Meningkatkan angka kecelakaan lalu lintas
  • Menimbulkan kemacetan
  • Menimbulkan polusi suara
Dampak negatif terhadap lingkungan
  • Menyebabkan polusi udara
  • Menyebabkan kemacetan
  • Minyak bumi menjadi berkurang/langka
  • Berkurangnya area hijau/pertanian
Kunci Jawaban Halaman 164

Buatlah sebuah kesimpulan tentang kegiatan di atas
Bahwa Modernisasi terhadap transportasi darat membawa dua akibat, yaitu akibat positif dan akibat negatif. Oleh karena itu kita harus menyikapi modernisasi ini dengan bijaksana agar dampak negatif mampu diminimalisir.

Kunci Jawaban Halaman 167

A. Jelaskan isi cerita fiksi di atas dengan membuat tulisan satu paragraf di setiap bagian cerita: awal, tengah dan akhir dengan menggunakan diagram berikut ini.

Judul : Wisata Batik Trusmi
Pengarang : Hamidah Jauhary
Awal :
Lulu pulang ke rumah dengan wajah cemberut. Hal ini disebabkan Lulu dan semua siswa pada hari Sabtu diwajibkan memakai baju batik, sedangkan Lulu tidak suka memakai baju batik. Bagi Lulu baju batik adalah baju yang identik dengan orang dewasa dan tidak cocok dipakai oleh anak-anak seusianya.

Tengah :
Lulu diajak oleh Mama dan Kak Naila untuk berwisata ke Trusmi di Plered Cirebon. Tempat tersebut merupakan salah satu kota penghasil batik di Indonesia. Lulu diajak melihat berbagai jenis batik yang ada di berbagai toko di Trusmi. Ternyata di tempat tersebut banyak tersedia baju batik untuk kalangan anak-anak.

Akhir :
Lulu tertarik melihat pakaian batik untuk anak-anak dan Lulu segera mencoba memakai berbagai baju batik untuk anak-anak tersebut. Lulu sangat suka karena banyak pilihan, dan meminta Mamanya untuk membelikan baju batik anak untuk dirinya. Lulu segera merubah pandangannya bahwa baju batik hanya cocok untuk orang dewasa, karena setelah berwisata batik di Trusmi ia menyadari bahwa baju batik juga cocok untuk kalangan anak-anak.

B. Pilihlah di antara tiga bagian dari cerita di atas yang mengingatkanmu terhadap peristiwa yang terjadi denganmu, atau terjadi di sekelilingmu, atau mengingatkanmu tentang sebuah film yang pernah kamu tonton. Gambarkan peristiwa tersebut, lalu tuliskanlah penggalan peristiwa tersebut pada diagram berikut.
Kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 167
(dream, sorabel, tokopedia, increfest)
Karena begitu banyaknya pilihan baju yang hendak dibeli, membuat bingung yang mana yang akan dipilih. Akhirnya membutuhkan waktu yang lama untuk mengambil keputusan tentang baju yang pasti akan dibeli.

Kunci Jawaban Halaman 169

Ayo Berdiskusi
Dengan menggunakan bacaan di atas dan sumber informasi lainnya, lakukanlah kegiatan berikut ini secara berpasangan.
A. Menjawab pertanyaan
1. Peristiwa persatuan dan kesatuan apa yang dijelaskan dalam bacaan di atas?
  • Ketika berbagai pihak bersepakat untuk menyatukan tujuan bersama
  • Kesepakatan untuk meningkatkan nilai jual batik Trusmi
  • Kerjasama antara pengusaha, pengrajin dan pemerintah daerah
2. Bagaimana dampak peristiwa tersebut terhadap setiap pihak yang terlibat?
Mampu mencapai tujuan/harapan dari masing-masing pihak, serta setiap pihak mendapatkan manfaat yang baik.

B. Menceritakan pengalaman
  • Bersama dengan temanmu, ceritakanlah sebuah pengalaman tentang peristiwa persatuan dan kesatuan yang melibatkanmu.
  • Tuliskanlah cerita tersebut dalam bentuk gambar berseri.
  • Lakukanlah analisis bagaimana peristiwa itu berhubungan dengan persatuan dan kesatuan
  • Lakukanlah analisis dampak peristiwa tersebut terhadap dirimu sendiri
  • Jelaskanlah dampak peristiwa tersebut dalam bentuk gambar dan ceritakanlah di depan kelas
Hari ini guru akan mengadakan pemilihan ketua kelas yang baru, semua siswa kelas 6 diharapkan untuk mengajukan calon ketua kelas masing-masing. Setelah terkumpul 3 calon, maka masing-masing dari calon tersebut maju untuk mempresentasikan rencana atau program kerja masing-masing jika terpilih menjadi ketua kelas. Setelah semua calon ketua kelas maju dan telah mempresentasikan program kerjanya, guru membimbing siswa untuk melakukan pemungutan suara dengan cara voting, yaitu dengan pengumpulan suara terbanyak. Setelah diketahui siapa pemenang voting ketua kelas, maka para siswa yang calon ketua kelasnya kalah mau berlapang dada dan berjiwa besar dengan mengucapkan selamat dan berjabat tangan dengan pihak yang menang, sehingga tidak ada perpecahan dalam kelas 6 tetapi makin memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di kelas 6.
    kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 169
    (Theimmagine,dream)

    • Peristiwa pemilihan ketua kelas berhubungan dengan persatuan dan kesatuan saat pihak-pihak yang kalah mau berjiwa besar dan berlapang dada menerima kekalahan, serta pihak yang menang tidak berbangga diri/sombong dengan kemenangannya, tetapi mampu merangkul pihak yang kalah untuk bersama-sama bersatu dan bersama-sama melaksanakan program kelas yang sudah direncanakan
    • Dampak peristiwa persatuan bagi diri sendiri adalah karena tidak ada perpecahan/permusuhan dalam pemilihan ketua kelas menyebabkan suasana tenang dan nyaman dalam kelas yang membuat saya dapat belajar dengan maksimal dalam kelas
    kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 169
    (pendma, pixabay)

    • Dampak peristiwa persatuan dalam pemilihan ketua kelas adalah timbulnya rasa kekeluargaan dan kebersamaan dalam kelas, sehingga tercipta suasana keceriaan dan kegembiraan dalam suasana yang nyaman dan kondusif.
    Hal 170⏩
    ⏪Hal 158