SMART QUEEN CLUB

Selamat datang di blog kami

Minggu, 27 Januari 2019

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Kisah Kakak Beradik Nelayan Hal 207-208

KUNCI JAWABAN KELAS 5 TEMA 6

KISAH KAKAK BERADIK NELAYAN HALAMAN 207-208

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 literasi halaman 207-208

Kunci Jawaban Halaman 207

kunci jawaban kelas 5 tema 6 literasi halaman 207 208
Gunakanlah tabel berikut ini untuk membantumu menjelaskan isi cerita di atas. Lalu, ceritakanlah isi cerita di atas kepada teman-teman dalam kelompokmu!

Judul Cerita :
Kisah Kakak Beradik Nelayan

Pengarang :
-

Tokoh Utama :
Maro

Tokoh lain :
Rako

Di manakah cerita ini terjadi?
Di perkampungan nelayan di wilayah teluk Kiluan Lampung

Apa yang terjadi dengan tokoh utama
Maro mencari ikan dengan sabar dan rajin dan selalu menggunakan jaring sederhana

Mengapa hal itu terjadi?
Karena Maro tidak ingin merusak lingkungan alam 

Bagaimana masalah dalam cerita ini diselesaikan?
Berkat kesabaran, Marno mendapat rejeki yang banyak berkat butiran mutiara-mutiara berharga mahal yang ada dalam kerang, yang tersangkut dalam jala Marno. Sedang Rako mengalami cidera akibat penggunaan bom laut. Marno yang baik hati membantu Rako dengan harta yang dimilikinya, dengan syarat Rako tidak boleh merusak terumbu karang lagi dengan cara bom ikan.

Kapan waktu terjadinya cerita ini?
Menjelang Sore

Pesan apakah yang kamu dapatkan dari cerita di atas?
  • Selama kita berbuat baik pada alam, maka alam akan membalas kebaikan kita
  • Kewajiban kita sebagai warga negara salah satunya adalah menjaga kelestarian alam/kelestarian laut

Kunci Jawaban Halaman 208

kunci jawaban kelas 5 tema 6 literasi halaman 208
Bacalah kembali cerita di atas dengan saksama. Lakukanlah perbandingan antara tokoh Rako dan Maro. Keduanya adalah nelayan yang memiliki hak, kewajiban, dan tanggung jawab yang sama. Tetapi, perhatikanlah bagaimana keduanya melakukan kewajiban dan tanggung jawabnya. Gunakanlah tabel berikut untuk membandingkan keduanya.
Kunci Jawaban :

Apakah hak keduanya?
Rako :
Hak untuk memperoleh ikan laut
Maro :
Hak untuk memperoleh ikan laut

Apakah kewajiban keduanya?
Rako :
Menjaga kelestarian lingkungan laut
Maro :
Menjaga kelestarian lingkungan laut

Apakah ia melakukan kewajibannya? Jelaskan!
Rako :
Tidak, Rako tidak melakukan kewajiban melestarikan lingkungan laut sebab ia mencari ikan dengan bom laut/peledak
Maro :
Ya, Maro melakukan kewajiban melestarikan lingkungan laut sebab ia mencari ikan menggunakan jaring sederhana

Apakah tanggung jawabnya?
Rako :
Menjaga kelestarian lingkungan laut
Maro :
Menjaga kelestarian lingkungan laut

Apakah ia melakukan tanggung jawabnya? jelaskan?
Rako :
Tidak, Rako tidak melakukan tanggung jawabnya karena menggunakan bahan peledak dalam mencari ikan, sehingga merusak terumbu karang
Maro :
Ya, Maro melakukan tanggung jawabnyanya dengan menggunakan jaring sederhana, sehingga kelestarian lingkungan laut tetap terjaga.

Apa saja akibat dari perbuatannya?
Rako
Kerusakan laut, terutama pada terumbu karang di daerah teluk Kiluan, dengan bahan peledak ia telah melukai makhluk lain dan melukai diri sendiri
Maro :
Lingkungan laut tetap terjaga. Terumbu karang yang merupakan rumah ikan masih bagus, sehingga ia mendapat ikan yang banyak di tambah dengan rejeki dari kerang mutiara yang berharga mahal yang ia dapatkan


Hal 210
Hal 205

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Kegiatan Masyarakat

KUNCI JAWABAN KELAS 5 TEMA 6 KEGIATAN MASYARAKAT

HALAMAN 162 AYO MENGAMATI

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 162

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 hal 162

Ayo Mengamati
Bagaimana dengan kegiatan masyarakat di daerah tempat tinggalmu? Lakukanlah kegiatan berikut ini di dalam kelompok
1. Carilah informasi tentang kegiatan masyarakat di wilayah tinggalmu melalui koran daerahmu. 
    (Kamu juga dapat menggunakan koran dalam bentuk media cetak ataupun koran elektronik 
    seperti contoh di atas. Mintalah bantuan orang dewasa di sekitarmu, jika kamu ingin 
    menggunakan koran elektronik)
2. Pilihlah paling sedikit satu artikel dari koran tersebut.
3. Guntinglah artikel tersebut. Lalu tempelkan di atas kertas gambar ukuran A4
4. Bacalah artikel  tersebut dengan saksama. Lalu tuliskan di samping artikel beberapa keterangan 
    seperti contoh berikut

Kunci Jawaban : Contoh artikel 

KIRAB BUDAYA AKHIRI FESTIVAL SEDESA HARI JADI KE-72 DESA PANGGUNGHARJO

Oleh Fajar Budi Aji pada 31 Desember 2018
kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 halaman 162 ayo mengamati
Kirab budaya Panggungharjo Sewon Bantul
Panggungharjo (Jurnalis Warga) – Kirab budaya mengakhiri Festival Sedesa dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Ke-72 Desa Panggungharjo. Puncak acara hari jadi desa tersebut diawali dengan Upacara Adheging Desa Panggungharjo yang diselenggarakan di Lapangan Juru Purbo, Pedukuhan Geneng pada Senin (24/12/2018).

Rute kirab budaya yang bertemakan Kirab Budaya Sedesa serta diikuti oleh 20 peserta ini dimulai dari Lapangan Juru Purbo ke arah utara yang kemudian berbelok menuju arah timur dan melewati sumur miring di belakang kampus ISI, kemudian arak-arakan menyusuri jalan K.H. Ali Maksum hingga Ring Road Selatan dan berbelok ke arah timur menuju titik finish di Kampoeng Mataraman. Kirab budaya tersebut menampilkan berbagai potensi budaya dari 14 pedukuhan se-Desa Panggungharjo dan empat barisan yang terdiri dari lembaga desa, lembaga kemasyarakatan desa serta organisasi sosial masyarakat desa.

Kirab tersebut diawali oleh Lurah Desa dan jajaran Pemerintah Desa Panggungharjo, disusul oleh rombongan BPD Panggungharjo dan BUMDes Panggung Lestari. Dibelakangnya juga terdapat Bregada Wirotamtomo, Bregada Langensari dan Bregada Turonggo Sumber Arum dari Bugisan. Rentetan rombongan kemudian dilanjutkan dengan penampilan dari 14 pedukuhan terdiri dari Pedukuhan Garon, Cabeyan, Ngireng-ireng, Geneng, Jaranan, Glondong, Pandes, Sawit, Kweni, Pelemsewu, Glugo, Dongkelan, Krapyak Kulon, dan Krapyak Wetan. Di akhir rombongan terdapat rombongan Pramuka Kwartir Ranting Sewon, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Ranting Panggungharjo, PAC LDII Panggungharjo, serta Bapel JPS Panggungharjo.

Sesampainya di Kampoeng Mataraman yang merupakan titik finish dari rute kirab, para peserta kemudian langsung disambut dengan Selebrasi Panggung Jerami oleh Sanggar Anak Saraswati dan diakhiri dengan pengumuman-pengumuman serta penyerahan penghargaan.

Dalam penutupan acara Festival Sedesa, Lurah Desa Panggungharjo, Wahyudi Anggoro Hadi, S.Farm, Apt., berkesempatan memberikan sambutannya serta menyampaikan beberapa pesannya kepada warga masyarakat yang hadir dalam kesempatan tersebut.


"Jangan tinggalkan desa, karena desa layak diperjuangkan" ujar Wahyudi (PARYANTO)


Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 162
Nama Kegiatan :
Kirab Budaya

Tempat dilakukan kegiatan :
Lapangan Juru Purbo, Pedukuhan Geneng

Tujuan kegiatan :
Peringatan Hari jadi ke-72 Desa Panggungharjo

Manfaat Kegiatan terhadap masyarakat sekitar :
Meningkatkan semangat kebersamaan, semangat gotong royong, melatih masyarakat setempat untuk mampu melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang, menggerakkan perekonommian desa, menjadi ajang promosi bagi masyarakat dan desa setempat

7. Tuliskanlah kesimpulanmu dari kegiatan ini
    Kunci Jawaban :
Dalam setiap kegiatan yang dilakukan bersama dalam masyarakat, ada hak dan kewajiban yang harus dilakukan oleh anggota masyarakat. Dengan melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dan bertanggung jawab, maka akan tercipta keharmonisan di masyarakat, karena tujuan bersama yang ingin dicapai dapat diwujudkan dengan baik.


Hal 166⏩
⏪Hal 154

Kunci Jawaban Tematik Tema 7 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 4

KUNCI JAWABAN TEMATIK TEMA 7 KELAS 6

SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4

Menurutmu, apa yang akan terjadi apabila para pemimpin tersebut tidak memiliki nilai-nilai kepemimpinan yang baik?

Kunci Jawaban Halaman 33

Ayo Berdiskusi
Seorang dokter, guru, kepala sekolah, atau pemimmpin lainnya memiliki tempat yang berbeda saat bekerja. Namun, kepemimpinan mereka sangat penting bagi orang-orang di sekitarnya.

1. Menurutmu, apa yang akan terjadi apabila para pemimpin tersebut tidak memiliki nilai-nilai 
    kepemimpinan yang baik?
    Kunci Jawaban :
Organisasi/kumpulan yang dipimpin oleh pemimpin tersebut akan mengalami kekacauan, tujuan yang ingin dicapai bersama-sama dalam kumpulan/organisasi tersebut akan sulit terwujud.

2. Kepada siapa saja pemimpin tersebut bertanggung jawab? Apa yang perlu disyukuri oleh seorang 
    pemimpin?
    Kunci Jawaban :
Bertanggung jawab terhadap anggota-anggota yang ada dalam organisasi/kumpulan yang dipimpinnya, bertanggung jawab terhadap diri sendiri, bertanggungjawabn terhadap masyarakat, bertanggung jawab terhadap pemerintah dan bertanggung jawab terhadap Tuhan Yang Maha Esa

Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sampaikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelompok-kelompok lain dan gurumu

isi pertanyaan hal 34 subtema 1 pb 4 tema 7 kls 6

Kunci Jawaban Halaman 34

Ayo menulis berikanlah contoh penerapan nilai-nilai kemanusiaan itu dalam kehidupan sehari-hari hal 34
Ayo Menulis
1. Berikanlah contoh penerapan nilai-nilai kemanusiaan itu dalam kehidupan sehari-hari.
    Kunci Jawaban :

  • Tidak membeda-bedakan teman dalam bermain dan belajar
  • Menolong teman yang dalam kesulitan/kesusahan
  • Menjenguk teman yang sedang sakit
  • Menghormati kakak kelas dan melindungi adik kelas
  • Membantu orang tua dalam kegiatan harian di rumah, seperti menyapu, mencuci dan lain-lain
  • Turut memberikan sumbangan untuk korban bencana alam

2. Apa pendapatmu mengenai pelaksanaan nilai-nilai kemanusiaan di lingkungan sekitarmu?
    Kunci Jawaban :
Pelaksanaan nilai-nilai kemanusiaan di lingkungan sekitar saya sudah berlangsung dengan baik, walau ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, seperti kesadaran warga dalam menyumbang korban bencana, kepedulian terhadap tetangga yang ditimpa kesusahan.

Kunci Jawaban Halaman 35

Ayo mencoba carilah informasi mengenai peristiwa-peristiwa berikut.
Ayo Mencoba
1. Carilah informasi mengenai peristiwa-peristiwa berikut. Carilah dari buku-buku referensi di
    perpustakaan sekolahmu.
    Kunci Jawaban :
KTT I ASEAN di Bali tanggal 23-24 Februari 1976

Keterangan :
KTT I ASEAN di Bali merupakan KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) pertama yang diadakan oleh negara-negara anggota ASEAN. Salah satu hasil dari KTT pertama tersebut adalah pembentukan Sekretariat ASEAN yang berkedudukan di Jakarta, Indonesia

Peran Indonesia:

  • Menjadi Sekjen (Sekretaris Jenderal) ASEAN
  • Menjadi tuan rumah/penyelenggara KTT I ASEAN
Kerja sama Antar Parlemen di ASEAN


Keterangan :
ASEAN Inter Parliamentary Organization (AIPO) merupakan kerjasama antar Parlemen merupakan badan yang didirikan untuk meningkatkan kerjasama antar parlemen negara-negara ASEAN

Peran Indonesia :
Peran Indonesia dalam bidang kerjasama antar parlemen antara lain:

  • Pada tahun 1974 Indonesia (DPR RI) mengusulkan pembentukan kerjasama antar parlemen ASEAN
  • Pada tahun 1977 Indonesia bersama Thailand, Filipina, Singapura dan Malaysia secara resmi mendirikan kerjasama antar parlemen ASEAN

Pertemuan ke-44 Menteri Luar Negeri ASEAN pada tanggal 19 Juli 2011

Keterangan :
Diselenggarakan di Bali membahas tindak lanjut KTT ASEAN Ke-18, pertukaran pandangan isu-isu regional dan internasional. Isu-isu penting yang dibahas antara lain pendirian ASEAN Institute for Peace and Reconciliation (AIPR), Implementasi Declaration on the Conduct of Parties in South China Sea (DOC), ASEAN Community Building dan ASEAN Fair.

Peran Indonesia:

  • Tuan rumah pertemuan ke-44
  • Menjadi pimpinan dalam pertemuan ke-44


2. Dari informasi yang kamu kumpulkan, buatlah laporan mengenai peran Indonesia dalam bidang
    politik di ASEAN
    Kunci Jawaban :
Peran Indonesia dalam bidang politik di ASEAN :

  • Mengikuti ASEAN Defense Minister Meeting (ADMM) (pertemuan para menteri pertahanan)
  • Melakukan pengiriman Duta dan Konsulat
  • Menegakkan perjanjian ekstradisi di kawasan ASEAN
  • Melaksanakan perjanjian kawasan bebas nuklir
  • Sebagai pendukung kesepakatan kawasan damai, bebas dan netral
  • Ikut bekerja sama menanggulangi Napza (Narkotika, Psikotropika, dan Zat adiktif lain) di Asia Tenggara
  • Ikut terlibat aktif dalam penyelesaian konflik di kawasan ASEAN

Kunci Jawaban Halaman 36

kunci jawaban kelas 6 tema 7 subtema 1 pembelajaran 4 hal 36
Ayo Berdiskusi
Pada pembelajaran 3, kamu telah mengidentifikasi hal-hal pokok dalam teks pidato

  • Bersama kelompokmu, carilah satu teks pidato
  • Selanjutnya, identifikasilah hal-hal pokok dalam pidato tersebut. Ingatlah untuk selalu menuliskan kosakata dalam bentuk baku
  • Bacakan hasil diskusi kelompokmu di depan kelompok-kelompok lain.
Contoh teks pidato

"Assalamualaikum Wr. Wb.
Yang saya hormati Kepala Madrasah Ibtidaiyah Hasyim Asyari Dampit
Yang saya hormati guru-guru Madrasah Ibtidaiyah Hasyim Asyari Dampit
Beserta seluruh siswa-siswa Madrasah Ibtidaiyah Hasyim Asyari Dampit yang berbahagia
Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, karena atas Rahmat-Nya kita dapat berkumpul pada pagi ini dalam keadaan sehat."

"Warga Madrasah Ibtidaiyah Hasyim Asyari, kita sudah memasuki masa milenial, masa dimana tidak ada batas, tidak ada jarak di antara kita. Suatu masa yang menuntut kita untuk selalu berpikir dan bertindak bijaksana. Suatu masa di mana tuntunan jadi tontonan dan tontonan menjadi tuntunan."

"Warga Madrasah Ibtidaiyah Hasyim Asyari yang saya sayangi, pada masa milenial ini kita dituntut untuk selalu menyaring apa-apa yang kita dapat dari masa milenial ini dengan saring norma agama, norma sosial, dan kearifan lokal bangsa Indonesia. Tidak semua apa-apa yang ada di masa milenial buruk, dan tidak semua apa-apa yang ada di masa milenial baik. Adalah tugas kita sebagai generasi pelopor bukan sebagai generasi 'micin' yang dapat melakukannya, karena di tangan pemuda maju mundurnya peradaban suatu bangsa, mengutip perkataan salah seorang pendiri bangsa kita yang berkata 'Beri aku 10 pemuda, maka akan kuguncang dunia'.

"Demikianlah sedikit ucapan yang dapat saya berikan. Jika ada kekurangan saya mohon maaf sebagai seorang pemuda yang sedang merintis jalan dan mencari jatidiri. Kesempurnaan hanya milik Allah SWT. "

"Akhir kata, Wassalamualaikum Wr. Wb"



Hal-hal pokok dalam pidato :
- Salam pembuka
- Pendahuluan
      Menyampaikan tentang sikap yang harus diambil siswa/pemuda pada masa milenial
- Inti
      Mengajak siswa/pemuda untuk bijaksana dan menyaring segala hal yang ada pada masa milenial, mengambil yang baik dan membuang yang buruk.
- Penutup
- Salam penutup 

Hal 38⏩
⏪Hal 30