SMART QUEEN CLUB

Selamat datang di blog kami

Kamis, 07 Maret 2019

Siklus Air Tanah Kelas 5 Tema 8 Hal 52-57

SIKLUS AIR TANAH

KELAS 5 TEMA 8 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 HALAMAN 52, 55, 56, 57

buku kelas 5 tema 8

Kunci Jawaban Halaman 52

Perhatikan gambar-gambar di atas.
1. Apa komentarmu melihat kedua gambar tersebut?
Gambar A menunjukkan daerah yang subur dengan cadangan air yang melimpah, sedang gambar B menunjukkan daerah yang gersang dengan tidak adanya cadangan air.

2. Gambar manakah yang lebih indah dilihat?
Gambar A

3. Dapatkah lingkungan seperti gambar A berubah seperti gambar B? Apa yang menyebabkannya?
Dapat, disebabkan hilangnya cadangan air tanah (sumber air) yang diakibatkan tidak adanya daerah peresapan air.

4. Dapatkah lingkungan seperti gambar B berubah seperti gambar A? Bagaimana caranya?
Dapat, dengan cara selalu menyediakan daerah peresapan air, salah satunya dengan menjaga kelestarian hutan yang merupakan daerah resapan air utama, serta selalu menyediakan daerah-daerah/tanah resapan air di daerah pemukiman.

5. Sebutkan cara-cara yang biasa kamu lakukan dalam menjaga lingkungan rumah dan sekolahmu!
  • Menjaga kebersihan
  • Menjaga kelancaran saluran air/selokan
  • Menanam tanaman/pohon yang bermanfaat di daerah lingkungan rumah dan sekolah
  • Bijaksana dalam menggunakan air/hemat air
Kunci Jawaban Halaman 55

Kamu telah membaca teks "Siklus Air Tanah". Peristiwa apa yang terdapat pada teks? Bagaimana urutannya? Tuliskan dalam diagram alir berikut.
kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 55

Kunci Jawaban Halaman 56

Ayo Berdiskusi
Kerjakan tugas berikut bersama kelompokmu!
1. Tulislah proses terjadinya air tanah
    Jawaban :
Air bergerak meninggalkan tanah ke udara melalui penguapan dan air kembali turun lagi ke tanah dalam bentuk air hujan. Air yang turun kembali ke tanah dalam bentuk air hujan kemudian masuk ke dalam tanah melalui celah-celah/pori-pori tanah. Air yang masuk dalam tanah kemudian diserap oleh tumbuhan melalui akar-akarnya untuk kemudian menjadi air cadangan (sumber air)

2. Tulislah faktor-faktor yang memengaruhi berkurangnya ketersediaan air tanah!
    Jawaban :
Faktor alam :
  • Kondisi tanah
  • Kondisi iklim
Faktor kegiatan manusia :
  • Penebangan hutan secara liar
  • Pembukaan lahan pertanian, perumahan, perindustrian
  • Pembangunan jalan yang menggunakan aspal/beton, yang menyebabkan terhalangnya air meresap ke dalam tanah
3. Tulislah kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjamin ketersediaan air tanah
    Jawaban :
  • Bijaksana dalam menggunakan air/hemat air
  • Menanam pohon/penghijauan
  • Membuat lubang resapan
  • Mengurangi sampah/limbah
Kunci Jawaban Halaman 57

Ayo Mencoba
Lakukan kegiatan berikut bersama kelompokmu (4-5 orang)
1. Siapkan air, batu bata, bongkahan-bongkahan batu, dan dua buah wadah, misalnya loyang
2. Pada satu loyang letakkan batu bata. Pada loyang lain letakkan bongkahan-bongkahan batu
3. Tuangkan air ke dalam loyang setinggi 5 cm. Diamkan selama lebih kurang 1 jam
4. Setelah 1 jam, amati tinggi air pada setiap loyang
5. Apa hasil pengamatanmu? Adakah perbedaan tinggi permukaan air pada kedua loyang?
   Jawaban :
Ada perbedaan tinggi permukaan air pada kedua loyang

6. Apa yang terjadi pada air di loyang berisi batu bata?
    Jawaban :
Pada loyang berisi batu bata, air berkurang

7. Apa yang terjadi pada air di loyang berisi bongkahan-bongkahan batu?
   Jawaban :
Pada loyang berisi bongkahan-bongkahan batu, tinggi air tetap

8. Apa yang dimaksud air tanah?
    Jawaban :
Air tanah adalah air hujan yang meresap dan mengalir di bawah permukaan tanah

9. Apa yang dimaksud air permukaan?
    Jawaban :
Air permukaan adalah air yang ada di permukaan tanah dan tidak terserap ke dalam tanah

10. Dari percobaan di atas, loyang manakah yang menunjukkan terbentuknya air tanah dan loyang mana menunjukkan terbentuknya air permukaan?
      Jawaban :
Loyang berisi batu bata menunjukkan terbentuknya air tanah. Batu bata terbuat dari tanah liat yang dapat menyerap air. Sedangkan, loyang yang berisi bongkahan-bongkahan batu menunjukkan terbentuknya air permukaan, karena batu tidak dapat menyerap air

Ayo Bercerita
1. Tuliskan hasil pengamatan dan analisis kalian. Kemudian, ceritakan hasil diskusi kelompokmu pada kelompok lain
  • Ada perbedaan tinggi permukaan air pada loyang berisi batu bata dan loyang berisi bongkahan batu
  • Pada loyang berisi batu bata, air berkurang
  • Pada loyang berisi bongkahan batu, tinggi air tetap
  • Pada loyang berisi batu bata menunjukkan terbentuknya air tanah, sebab batu bata terbuat dari tanah liat yang dapat menyerap air
  • Pada loyang berisi bongkahan batu menunjukkan terbentuknya air permukaan, karena bongkahan batu tidak dapat menyerap air
2. Dari hasil percobaan tersebut, jelaskan terjadinya air tanah dan air permukaan

Terjadinya air tanah :
Air hujan yang terserap oleh tanah melalui celah/pori-pori tanah, yang kemudian mengalir di bawah permukaan tanah

Terjadinya air permukaan :
Air hujan yang tidak terserap oleh celah-celah/pori-pori tanah, yang kemudian mengalir di atas/permukaan tanah

Hal 58⏩
⏪Hal 51

Belajar Toleransi Dari Permainan Tradisional Anak Kelas 5 Tema 8 Hal 44-49

BELAJAR TOLERANSI DARI PERMAINAN TRADISIONAL ANAK

KELAS 5 TEMA 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6 HALAMAN 44, 45, 47, 49

kelas 5 tema 8

Kunci Jawaban Halaman 44

Ayo Berdiskusi
Diskusikan tugas-tugas berikut bersama kelompokmu
1. Tulislah peristiwa pada teks "Belajar Toleransi dari Permainan Tradisional Anak"
    Jawaban :
Digelarnya acara Festival Permainan Tradisional Anak

Kunci Jawaban Halaman 45

2. Keragaman apa yang disebutkan pada teks?
    Jawaban :
Keragaman budaya berupa permainan tradisional

3. Sikap apa yang dapat saya tiru dari teks?
    Jawaban :
Melestarikan kebudayaan dan toleransi atas keanekaragaman budaya di Indonesia

4. Apa yang sebaiknya kamu lakukan dalam upaya ikut melestarikan permainan tradisional?
   Jawaban :
Dengan melakukan permainan tersebut bersama teman dalam kehidupan sehari-hari pada saat waktu bermain tiba.

Kunci Jawaban Halaman 47

kunci jawaban kelas 5 tema 8 subtema 1 pembelajaran 6

Tugas
1. Mainkan permainan dhingklik oglak aglik atau perepet jengkol bersama teman-temanmu.
    a. Apa yang kamu rasakan?
    Jawaban:
Merasakan kegembiraan, keseruan, makin akrab dengan teman bermain        
   
b. Nilai-nilai apakah yang terdapat pada permainan dhingklik oglak aglik dan perepet jengkol?
    Jawaban :
Nilai-nilai kebersamaan, nilai toleransi atas perbedaan, nilai kerjasama

2. Adakah permainan serupa permainan dhingklik oglak aglik atau perepet jengkol di daerahmu? Jika ada, apa nama permainan itu
.....   (jawaban relatif berbeda-beda tiap siswa, sesuai dengan daerah masing-masing)

3. Mainkan salah satu permainan tradisional daerahmu.
 Ceritakan pengalamanmu saat memainkan permainan itu bersama teman-temanmu.
Jawaban :
Pengalamanku bermain permainan tradisional 'Gobak Sodor' : Seru, penuh kegembiraan, melatih kerjasama tim, melatih kebersamaan, melatih toleransi terhadap teman yang lain.

Kunci Jawaban Halaman 49

kunci jawaban tema 8 kelas 5 pembelajaran 6 subtema 1
Ayo Bercerita
1. Apa judul lagu itu?
    Jawaban :
Syukur

2. Siapa penciptanya?
    Jawaban :
H. Muntahar

3. Apa nada dasar yang digunakan?
    Jawaban :
C = la

4. Apa tanda tempo yang digunakan?
    Jawaban :
Adante Sustenuto

5. Apa arti tanda tempo itu?
   Jawaban :
Artinya adalah Seperti orang yang berjalan (dari bahasa Italia). Sustenuto artinya terus menerus

6. Bacalah syair lagu tersebut. Bercerita tentang apakah syair lagu itu?
    Jawaban :
Bercerita tentang rasa syukur/ucapan terima kasih seluruh bangsa Indonesia atas karunia yang Tuhan berikan berupa kemerdekaan bangsa Indonesia, serta kekayaan yang terkandung dalam wilayah Indonesia.

Hal 50⏩
⏪Hal 42

Penemu Teleskop Pertama Kelas 6 Tema 9 Hal 150-157

PENEMU TELESKOP PERTAMA

HALAMAN 150, 153, 156, 157 PEMBELAJARAN 2 SUBTEMA 3 KELAS 6 TEMA 9

Kunci jawaban tematik kelas 6 tema 9 subtema 3 pembelajaran 2

Kunci Jawaban Tematik Halaman 150

Ayo Berdiskusi
Setelah membaca artikel di atas, diskusikanlah bersama dengan teman sebangkumu dampak yang ditimbulkan oleh penemuan Herschel 
Jawaban :
Dampak penemuan Herschel adalah kita dapat meneliti dan menelusuri benda-benda langit/benda-benda yang ada di angkasa luar dengan lebih leluasa dan lebih akurat.

Ayo Berlatih
William Hreschel menjelajah angkasa luar dengan teleskopnya hingga menemukan planet Uranus. Tahukah kamu bahwa para ahli astronomi membagi planet-planet dalam tata surya menjadi dua kelompok menurut orbit asteroid. Kumpulan asteroid yang membentuk sabuk asteroid ini berada di antara planet Mars dan Jupiter. Kumpulan asteroid ini juga berputar mengelilingi Matahari dalam orbitnya.
Para ahli membagi planet-planet dalam tata surya berdasarkan orbit asteroid ini menjadi dua kelompok, yaitu planet dalam dan planet luar. Planet dalam adalah planet-planet dalam tata surya yang berada di dalam orbit asteroid. Yang termasuk planet dalam adalah planet Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Sedangkan yang termasuk planet luar adalah Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
Tahukah kamu apa yang membedakan planet dalam dan planet luar? Selain keduanya dipisahkan oleh sabuk Asteroid, kamu dapat mengetahui perbedaannya dengan membaca dan melengkapi informasi pada tabel berikut ini
kunci jawaban tematik kelas 6 tema 9 subtema 3 pembelajaran 2 hal 150

Kunci Jawaban Tematik Halaman 153

Ayo Menulis
Pernahkah kamu menulis sebuah surat untuk teman atau saudaramu? atau, pernahkah kamu menceritakan pengalamanmu pada saat berkunjung ke tempat-tempat yang menarik? Cerita fiksi di atas mungkin dapat membantumu mengingatkan pengalaman yang serupa. Lakukanlah kegiatan berikut ini untuk menceritakan pengalamanmu yang hampir sama dengan cerita fiksi di atas.

A. Gambarkan dan jelaskan tentang peristiwa yang terjadi dalam cerita di atas dengan menggunakan diagram di bawah ini
kunci jawaban tema 9 kelas 6
Cerita Tempat Tanpa Bayangan memiliki beberapa unsur intrinsik cerita, diantaranya :
Tema :
Menceritakan tentang kunjungan Arika ke Pontianak, kota yang dilewati garis Khatulistiwa 0⁰ 
Tokoh :
Arika yang berkirim surat kepada Ina, sahabatnya
Latar :
Berlatar belakang tempat di kota Pontianak pada saat siang hari, saat Matahari tepat di atas kepala
Alur :
Alur ceritanya adalah berurutan, dari awal sampai akhir / alur maju
Sudut pandang:
Sudut pandang cerita yang digunakan adalah sudut pandang orang pertama, karena pengarang terlibat dalam cerita dengan menggunakan kata ganti 'aku'
Amanat :
Menceritakan tentang salah satu kota unik dan indah di Indonesia, yaitu kota Pontianak yang dilewati garis Khatulistiwa 0ยบ
Gaya bahasa :
Dalam cerita bahasa yang digunakan adalah bahasa dengan makna asli (denotatif) tanpa makna kiasan

B. Gambarkan dan jelaskan peristiwa serupa yang terjadi denganmu atau orang-orang yang kamu kenal dengan menggunakan diagram berikut ini
Kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 3 pembelajaran 2 halaman 153
Cerita Mengunjungi Si Jomblo memiliki beberapa unsur  intrinsik cerita, diantaranya:
Tema :
Tentang rekreasi mendaki gunung
Tokoh :
Nio yang berkirim surat kepada Tyo, sahabatnya
Latar :
Lokasi cerita berada di Gunung Ijen Banyuwangi pada saat malam sampai pagi hari
Alur :
Alur cerita maju/ berurutan dari awal sampai akhir
Sudut Pandang :
Sudut pandang cerita yang digunakan adalah sudut pandang orang pertama, karena pengarang terlibat dalam cerita dengan menggunakan kata ganti 'aku'
Amanat :
Menceritakan tentang salah satu tempat yang indah dan unik di Indonesia, yaitu gunung Ijen di Banyuwangi
Gaya Bahasa :
Dalam cerita bahasa yang digunakan adalah bahasa dengan makna konotatif (makna kiasan)

C. Buatlah sebuah surat kepada teman atau kerabatmu tentang pengalamanmu berkunjung ke tempat yang menarik, atau pengalaman lain yang menarik. Tuliskan suratmu di bawah ini.

Sahabatku Tyo,
Halo Tyo, bagaimana kabarmu? Semoga tetap sehat dan bahagia seperti aku ya! Kamu liburan kemana saja? Aku ingin menceritakan tentang pengalaman liburan sekolah kemarin di daerah tempat tinggalku di Banyuwangi, tepatnya ke gunung yang jomblo terus. He he he he. Kenapa jomblo? Karena namanya adalah gunung Ijen. Ijen dalam bahasa daerahku artinya sendirian, tidak berpasangan.
Aku bersama dengan 5 orang temanku berangkat dari kota Banyuwangi menuju Licin, tepatnya di  desa Jambu yang berjarak 15 Kilometer dengan naik angkutan umum, kemudian dilanjutkan menuju Paltuding. Paltuding adalah Pos titik awal untuk menuju ke kawah gunung Ijen yang ditempuh dengan berjalan kaki. Aku beristirahat di sini. Aku dan teman-teman berangkat saat tenaga sudah pulih. Saat tiba di puncak gunung Ijen, maka pemandangan indah terpampang di depanku.  Tiba di bibir kawah, maka tampak sebuah danau hijau dengan diameter sekitar 1 km yang berselimut kabut dan asap belerang berada jauh di bawah, dengan para pencari belerang yang menuruninya dengan hati-hati untuk mengambil belerang di dasar kawah. Jika malam hari maka kawah ini mengeluarkan apa yang disebut dengan 'blue fire'. Blue fire adalah api biru yang hanya ada 2 di dunia! Salah satunya ada di kawah gunung Ijen. Sungguh indah pemandangan dari puncak gunung Ijen ini. Aku berharap suatu saat kembali lagi ke gunung Ijen ini bersamamu.
Tyo, aku sudahi dulu ceritaku, ya. Sampai jumpa lagi.

Salam persahabatan
Nio

Kunci Jawaban Tematik Halaman 156

Ayo Berdiskusi
Berdasarkan bacaan di atas lakukanlah diskusi dengan teman sekelompokmu untuk mencari informasi tentang beberapa hal berikut:
1. Lengkapilah tabel berikut ini dengan mencari tahu alat dan bahan yang digunakan pada patung dan tema yang disajikannya.
Kunci jawaban tematik kelas 6 tema 9 subtema 3 pembelajaran 2 halaman 156

Kunci Jawaban Halaman 157

Kunci jawaban tematik kelas 6 tema 9 subtema 3 pembelajaran 2 halaman 156
2. Patung manakah yang paling kamu sukai? (jawaban relatif berbeda-beda tiap siswa)
Patung manakah yang ingin kamu buat dengan menggunakan alat dan bahan yang kamu miliki? Jelaskan alasanmu! (jawaban relatif berbeda-beda tiap siswa)
Patung seperti apa yang ining kamu buat? (jawaban relatif berbeda-beda tiap siswa)

  • Patung tema tokoh animasi/superhero (alasannya bagus, bentuknya detail dan bahan mudah diperoleh)
  • Patung tema transportasi/helikopter (alasannya bagus, bentuknya sederhana dan mudah dibuat, serta bahan mudah diperoleh)
  • Patung tema alat transportasi/mobil (alasannya bagus, bentuknya sederhana dan mudah dibuat, serta bahan mudah diperoleh)
  • Patung tema tokoh animasi/karikatur (alasannya bagus dan lucu, bentuknya sederhana dan mudah dibuat, serta bahan mudah diperoleh)

Kesimpulan apakah yang dapat kamu buat dari kegiatan di atas?

  • Patung konstruksi merupakan patung yang dibuat dengan merangkai alat dan bahan yang mudah didapat dengan berdasarkan tema tertentu. 
  • Membuat patung konstruksi dapat memanfaatkan alat dan bahan apa saja yang tersedia di sekitar dengan menggunakan imajinasi yang tinggi akan terbentuk karya yang didasarkan pada tema tertentu.
  • Kreatifitas memanfaatkan alat dan bahan yang sederhana dan imajinasi akan membantu membuat patung konstruksi sederhana

Hal 158⏩
⏪Hal 148