SMART QUEEN CLUB

Selamat datang di blog kami

Minggu, 17 Maret 2019

Pengaruh Kegiatan Ekonomi - Kelas 5 Tema 8 Hal 115-116

PENGARUH KEGIATAN EKONOMI TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

KELAS 5 TEMA 8 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3 HALAMAN 115, 116

kunci jawaban kls 5 tm 8 sb 3 pb 3
(buku.kemdikbud.go.id)
Ayo Membaca

Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat
Dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, kita tidak lepas dari kegiatan ekonomi. Apa sajakah kegiatan ekonomi yang dilakukan sehari-hari di masyarakat? Kegiatan ekonomi meliputi kegiatan produksi, distribusi, serta konsumsi. Ketiga kegiatan ekonomi ini saling berkaitan satu dengan yang lain. Jika satu kegiatan ekonomi terhambat, maka akan mengganggu kegiatan ekonomi yang lainnya.
1. Produksi
Apakah produksi itu? Maka amatilah kegiatan seorang petani di sawah! Petani menanam padi di sawah, kemudian menaburi pupuk, serta menyiangi rumput liar yang tumbuh diantara sela-sela tanaman padi tersebut. Setelah bulir-bulir padi tersebut mulai bertunas, Petani mulai mengusir burung-burung yang berdatangan yang berusaha memakan bulir-bulir padi yang tumbuh itu. Saat Padi mulai menguning, saat itulah petani memanen hasil. Hasil panen lalu dijual

Dari ilustrasi tersebut, si petani telah melakukan suatu aktivitas/kegiatan produksi. Jadi, produksi adalah suatu kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna atas suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih mempunyai manfaat/bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. orang yang melakukan kegiatan produksi tersebut disebut produsen. Berikan contoh kegiatan produksi yang terdapat di sekitar tempat tinggalmu.

Kegiatan produksi tersebut berpengaruh terhadap kesejahteraan dari pemilik sumber daya ekonomi dan produsen. Sumber daya ekonomi adalah suatu barang atau jasa yang dapat memberikan manfaat atau keuntungan. Sumber daya ekonomi dapat berasal dari sumber daya alam dan/atau sumber daya manusia. Sumber daya ekonomi dapat diolah menjadi modal dasar pembangunan. Bagi pemilik sumber daya ekonomi, adanya proses produksi memungkinkannya untuk memperoleh balas jasa. Balas jasa ini dapat berupa sewa, bunga modal, atau gaji. Dengan balas jasa ini, maka pemilik sumber daya ekonomi dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Bagi produsen sendiri, adanya proses produksi menyebabkan produsen memperoleh keuntungan. Selanjutnya, keuntungan tersebut digunakan untuk tetap menjaga kelangsungan usaha dan memenuhi kebutuhan hidupnya. ini dilakukan dalam usaha mencapai kemakmuran hidup.

2. Distribusi
Setiap hari kamu pasti makan dan mengenakan pakaian. Bahan makanan tersebut ternyata dihasilkan di suatu tempat tertentu. Pakaian juga diproduksi di tempat tertentu lainnya. Untuk mendatangkan bahan makanan dan pakaian tersebut diperlukan kegiatan penyaluran. Kegiatan inilah yang dinamakan distribusi. Jadi, pengertian distribusi adalah kegiatan yang menyalurkan hasil produksi dari produsen ke konsumen. Sedangkan orang yang melakukan kegiatan ini disebut distributor. Kelancaran suatu distribusi barang membutuhkan sarana transportasi dan jalan yang memadai. Tujuannya adalah agar hasil produksi dapat segera sampai kepada konsumen dengan cepat dan tepat  waktu sehingga kebutuhan konsumen segera terpenuhi.

3. Konsumsi
Perhatikan aktivitas teman sekolah kamu ketika waktu istirahat! Ada yang jajan di kantin, ada pula yang membawa makanan dan makan bekal dari rumah. Jajan di kantin dan makan bekal adalah termasuk kegiatan konsumsi.
Konsumsi adalah suatu kegiatan manusia mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Sedangkan orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen. Untuk mengonsumsi barang atau jasa tersebut, masyarakat harus mengeluarkan pengorbanan tertentu. Pengorbanan dapat beruap uang atau waktu.

Dari uraian tersebut kamu mengetahui kegiatan ekonomi dan dampaknya bagi masyarakat. Kegiatan ekonomi dapat berakibat positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kunci Jawaban Halaman 115

Ayo Mencoba
Berdasarkan teks bacaan "Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat" buatlah peta pikiran yang isinya memuat informasi-informasi penting dari teks tersebut
Kunci jawaban kelas 5 tema 8 subtema 3 pembelajaran 3
(jawabantematik.blogspot.com)
Kunci Jawaban Halaman 116

Ayo Mengamati
Bersama dengan kelompokmu, amatilah berbagai kegiatan produksi dan distribusi yang ada di lingkungan sekitarmu. Identifikasilah orang-orang yang juga diuntungkan dari setiap usaha tersebut. Tulislah hasil pengamatan kalian dalam tabel berikut ini.
kunci jawaban tematik kelas 5 tema 8 subtema 3 pembelajaran 3 halaman 116
(jawabantematik.blogspot.com)
Ayo Berdiskusi
Keragaman jenis usaha ekonomi menimbulkan keragaman sosial dalam masyarakat. Apa keuntungan dari kondisi ini? Diskusikan bersama teman-teman kelompokmu. Tulislah hasilnya dalam tabel berikut.
Keragaman sosial akibat  berbagai jenis usaha menimbulkan keuntungan, yaitu :
  1. Dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan warga
  2. Dapat untuk memenuhi kebutuhan warga yang bermacam-macam
  3. Dapat meningkatkan kebersamaan dengan saling mengenal satu dengan lain
  4. Dapat meningkatkan sikap saling menghargai antar sesama warga
  5. Dapat meningkat rasa persatuan dan kesatuan warga

Hal 117⏩
⏪Hal 111

5 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  2. artikel yang bagus gan, sangat bermanfaat...

    Absensi Online
    Chatbot

    BalasHapus
  3. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus
  4. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  5. KESAKSIAN TENTANG BAGAIMANA SAYA MENDAPAT PINJAMAN DARI PERUSAHAAN KEUANGAN ASLI MINGGU TERAKHIR. Email untuk tanggapan segera: Whatsapp +19292227023 drbenjaminfinance@gmail.com

    Saya Nyonya, Leores J Miguel dengan nama, Saya tinggal di Amerika Serikat, yang telah menjadi korban penipuan begitu banyak pemberi pinjaman palsu secara online antara November tahun lalu hingga Juli tahun ini, tetapi saya sangat berterima kasih kepada pencipta saya sehingga dia akhirnya tersenyum pada saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman baru ini yang membuat saya tersenyum di tahun 2020 ini dan dia tidak menipu saya dan juga dengan tidak menipu atau membohongi saya dan teman-teman saya tetapi bagaimanapun perusahaan pemberi pinjaman ini adalah BENJAMIN PINJAMIN LOAN INVESTMENTS FINANCE (drbenjaminfinance@gmail.com) memberi saya pinjaman 2% yang jumlahnya $ 900.000,00 dolar Amerika Serikat setelah saya menyetujui syarat dan ketentuan perusahaan mereka dan satu hal penting yang saya sukai dari perusahaan pinjaman ini adalah mereka cepat dan unik. {Dr.Benjamin Scarlet Owen} juga dapat membantu Anda dengan penawaran pinjaman yang sah. Dia juga membantu beberapa rekan saya yang lain. Jika Anda membutuhkan pinjaman asli tanpa biaya / tekanan, dia adalah pemberi pinjaman yang tepat untuk menghapus masalah dan krisis keuangan Anda hari ini. BENJAMIN PINJAMIN LOAN INVESTMENTS FINANCE menyimpan semua informasi tentang cara mendapatkan uang dengan cepat dan tanpa rasa sakit melalui Whatsapp +19292227023 Email: drbenjaminfinance@gmail.com

    Ketika datang ke krisis keuangan dan pinjaman maka BENJAMIN PINJAMIN LOAN INVESTMENTS FINANCE adalah tempat yang harus dituju tolong katakan padanya Saya Ny. Leores Miguel mengarahkan Anda Semoga Sukses ....

    BalasHapus