SMART QUEEN CLUB

Selamat datang di blog kami

Rabu, 10 April 2019

Lomba Seni Mempererat Persatuan Hal 186-187

LOMBA SENI MEMPERERAT PERSATUAN

KEGIATAN BERBASIS LITERASI HALAMAN 186-187

tema 9 kelas 5
(buku.kemdikbud.goid)
Kepala Sekolah dari SD Nusantara, yaitu Pak Bani Raharja, mengumumkan kepada semua siswa kelas IV dan V bahwa SD Nusantara akan mengikuti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FFS2N). Semua siswa kemudian mendengarkan dengan saksama pengumuman dari Pak Bani tersebut.
"Anak-anak, SD Nusantara ternyata terpilih mewakili Kecamatan Banyuwarna untuk mengikuti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional di tingkat Kabupaten Siliwangi"
"Horeeee......," teriak anak-anak gembira.
"Oleh karena itu kita akan segera menyelenggarakan audisi untuk kegiatan festival tersebut. Audisi ini bertujujan untuk memilih siswa yang akan menjadi wakil SD Nusantara mengikuti lomba tersebut.
"Yee....," terdengar suara kegembiraan dari anak-anak. Ada dari sebagian dari mereka yang bertepuk tangan.
"Siapa yang tahu tentang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional itu?" tanya Pak Bani.
"Sebuah lomba seni, kan Pak?" jawab Mahesa
"Iya, benar. Jadi, Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional atau FLS2N adalah semacam lomba Olimpiade, tetapi khusus di bidang seni saja. Kegiatan ini diselenggarakan di tingkat Kabupaten, Provinsi, dan nasional.
"Wah...." jawab anak-anak tersebut.
"Baiklah, anak-anakku, jika kalian sungguh tertarik mengikuti audisi harap segera mendaftar di tempat Bu Rastini

Semua siswa tampak sangat gembira mendengarkan informasi tersebut. Semua siswa antusias untuk mendaftar audisi. Audisi yang akan dilakukan pihak sekolah diantaranya adalah membaca puisi, menyanyi dan menari tradisional, dan lomba membuat poster. Para siswa pun berharap dapat mewakili SD Nusantara di ajang bergengsi tersebut.

Hari audisi pun tiba. Dan para siswa yang telah mendaftar, menjalani tes kemampuan yang telah ditetapkan sekolah. Mereka mengikuti audisi sesuai dengan bidang yang telah dipilih. Bu Rastini dan beberapa guru melihat kemampuan para siswa SD Nusantara. Setelah melalui beberapa pertimbangan, akhirnya pihak sekolah memilih sejumlah siswa SD Nusantara untuk mengikuti festival seni tersebut. Pak Bani memutuskan akan mengirim beberapa siswa untuk mengikuti lomba paduan suara, membaca puisi, menari tradisional, serta membuat poster

Sebagai guru pendamping, Bu Rastini membimbing siswa untuk melakukan latihan. Bu Rastini dibantu beberapa guru lain untuk melatih siswa terpilih sebagai persiapan lomba tersebut. Bu Rastini bertugas untuk melatih  kelompok paduan suara dari SD Nusantara. Bu Rini membimbing siswa untuk berlatih menari tradisional. Bu Sapti bertugas melatih siswa membaca puisi dan Pak Rudi bertugas untuk siswa  yang menggambar poster.

Kelompok paduan suara SD Nusantara terdiri atas 15 siswa. Dan anggota kelompok paduan suara ini dipilih dengan seleksi ketat. Dan setiap anggota memiliki suara yang bagus. Anggota kelompok tersebut juga paham jenis tangga nada. Faktor itu memberi kemudahan bagi bu Rastini melatih kelompok paduan suara.

"Anak-anak, kita sepakat akan menyanyikan 2 buah lagu, yaitu "Bangun Pemudi Pemuda" serta "Suwe Ora Jamu"
"Iya, Buuuuu" sahut serempak anak-anak
"Kalian harus memperhatikan tinggi rendah nada, tentang pembagian suara, serta kekompakan dalam menyanyi. Inik akan menjadi kelebihan tersendiri bagi kelompok kita. Semoga kita bisa juara dalam festival seni tingkat kabupaten besok"
tema 9 kls 5
(buku.kemdikbud.go.id)
Kelas 5 Tema 9
(buku.kemdikbud.go.id)
Kunci Jawaban Halaman 186

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apakah arti dari kata Audisi dan Registrasi yang terdapat pada bacaan tersebut?
    Jawaban :
Audisi adalah sebuah tes berdasarkan kemampuan.
Registrasi adalah suatu pencatatan atau pendaftaran

2. Apakah tujuan panitia festival dan lomba seni menentukan lagu perjuangan sebagai lagu wajib?
    Jawaban :
Tujuan dari panitia festival dan lomba seni dalam menentukan lagu perjuangan sebagai lagu wajib adalah untuk lebih meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air Indonesia dari peserta lomba

Kunci Jawaban Halaman 187

3. Sikap apakah yang dilakukan siswa SD Nusantara yang menunjukkan persatuan dan kesatuan?
    Jawaban :
  • Berlatih menari tarian tradisional
  • Berlatih paduan suara secara bersama-sama
  • Dan berkenalan dengan para peserta dari sekolah lain ketika mereka mengikuti lomba
4. Berasal dari manakah lagu daerah yang dinyanyikan oleh kelompok paduan dari SD Nusantara?
    Jawaban :
Menyanyikan lagu "Suwe Ora Jamu" yang berasal dari Jawa Tengah

5. Apakah pesan yang termuat dalam bacaan tersebut?
    Jawaban :
  • Dengan bekerja keras berlatih untuk dapat mengikuti lomba
  • Persaingan sehat saat kompetisi dan tidak saling mengolok-olok/menjatuhkan peserta lain
  • Memperluas persahabatan/pertemanan dengan sekolah lain
  • Memperkuat persatuan dan kesatuan
Hal 191⏩
⏪Hal 182

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Subtema 3 Pembelajaran 6 Hal 174-181

KUNCI JAWABAN TEMA 9 KELAS 5

SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6 HALAMAN 174, 175, 176, 177, 181

jawaban buku kelas 5 tema 9 subtema 3 pembelajaran 6
(buku.kemdikbud.go.id)

Kunci Jawaban Halaman 174

Jawaban Tema 9 Kelas 5


Ketika Edo, Beni, Lani, Dayu, dan Siti sedang asyik mencari-cari suatu artikel, tiba-tiba muncul sebuah iklan. Iklan tersebut muncul ketika mereka membuka sebuah situs untuk mencari artikel yang telah menjadi tugas sekolah mereka. Iklan apa yang ternyata muncul?
Amatilah iklan yang telah muncul saat Edo dan teman-teman membuka sebuah situs.
tuliskan isi iklan di atas pada kolom berikut
(buku.kemdikbud.go.id)
Tuliskanlah isi iklan di atas pada kolom berikut
Jawaban :
Isi iklan tersebut dibuat oleh Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang isinya mengingatkan kepada warga masyarakat untuk segera membayar iuran JKN-KIS tepat waktu, dengan waktu maksimal tanggal 10 setiap bulannya.

Kunci Jawaban Halaman 175


Untuk dapat lebih memahami tentang isi dari iklan di media elektronik, cobalah kamu segera mengamati salah satu iklan di media elektronik, baik televisi, radio atau internet. Kemudian buatlah kesimpulan isi dari iklan yang telah kamu amati secara visual atau dengan menggunakan gambar
Buatkanlah gambar serta kesimpulan isi dari iklan pada kotak di bawah ini

Iklan Komersial
buatlah gambar dan kesimpulan isi iklan pada kotak berikut
(vivo.com, edit: jawabantematik.blogspot.com)
Kesimpulan Isi Iklan:
Iklan di atas merupakan iklan komersial yang menginformasikan tentang produk Smartphone Vivo V15. Tampil dengan segudang teknologi terkini, seperti pop-up kamera depan, layar bezel-less, dan dukungan tiga kamera belakang yang bertenaga, diharapkan mampu menarik minat calon pembeli seperti yang diharapkan oleh pemasar/produsen.

Iklan Perusahaan
kunci jawaban tema 9 kelas 5 subtema 3 pembelajaran 6
(astra-honda.com)
Kesimpulan Isi Iklan :
Iklan di atas merupakan jenis iklan perusahaan yang menekankan pada citra perusahaan. Iklan yang diproduksi oleh Honda ini diharapkan memberikan kesan kepada konsumen bahwa Honda melakukan segala kegiatan usahanya dengan Hati. Hati identik dengan rasa kasih sayang dan kebersamaan. Diharapkan dengan satu hatinya antara Honda dengan para konsumen, diharapkan di masa depan para konsumen tetap loyal terhadap produk-produk dari Honda. 

Iklan Layanan Masyarakat
kunci jawaban tema 9 kelas 5 subtema 3 pembelajaran 6
(youtube.com)
Kesimpulan Isi Iklan :
Iklan di atas merupakan iklan layanan masyarakat yang memberikan penjelasan atau informasi kepada masyarakat tentang pentingnya imunisasi Campak dan Rubella. Dengan  adanya iklan tentang imunisasi Campak dan Rubella ini diharapkan masyarakat turut mendukung dan menyukseskan usaha pemerintah terutama kementerian kesehatan untuk mengurangi/menghilangkan akibat dari Campak dan Rubella

Kunci Jawaban Halaman 176


Bagaimana akibatnya jika tidak ada kerukunan hidup? Untuk dapat menjawab pertanyaan ini, kamu bisa bergabung dengan teman-temanmu untuk membentuk kelompok yang terdiri atas tiga anak. Kemudian diskusikan dengan anggota kelompokmu tentang akibat-akibat yang terjadi jika hidup kita tidak rukun. Kemudian buatlah kesimpulan dari hasil diskusi dengan kelompokmu pada kolom di bawah ini dan presentasikan di depan kelas
Jawaban :
Laporan hasil diskusi
Akibat hidup tidak rukun :
  1. Akan mudah terjadi pertengkaran
  2. Kehidupan jadi tidak tenteram, tidak harmonis
  3. Mudah terkena hasutan dari orang lain
  4. Timbul sikap saling curiga
  5. Mudah diadu domba
  6. Akan terjadi perpecahan disebabkan tidak adanya rasa persatuan dan kesatuan
Kesimpulan : Tidak ada manfaatnya sama sekali dalam kehidupan jika tidak ada kerukunan hidup.

Kunci Jawaban Halaman 177


Agar pengetahuanmu tentang hidup rukun itu lebih mendalam, sekarang cobalah mengerjakan latihan berikut ini.
1. Apakah yang dimaksud kerukunan hidup?
    Jawaban :
Adalah suatu perilaku yang mencerminkan adanya suatu saling pengertian supaya tercipta persahabatan, persaudaraan, dan perdamaian dalam kehidupan

2. Bagaimanakah ciri-ciri dari keluarga yang hidup rukun itu?
    Jawaban :
Adanya hubungan yang baik antar anggota keluarga, sikap saling menyayangi, menghormati, menghargai

3. Sebutkan manfaat dari hidup rukun itu!
    Jawaban :
Kehidupan lebih harmonis, aman, tenteram, damai, tidak adanya pertengkaran serta dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan

4. Sebutkanlah akibat-akibat yang terjadi bila tidak terciptanya kerukunan hidup bermasyarakat!
    Jawaban :
Akan mudah terjadi pertengkaran/perselisihan, hidup tidak tenteram, mudah terkena hasutan, mudah timbul kecurigaan, mudah diadu domba, akan terjadi perpecahan karena tidak adanya persatuan dan kesatuan

Kunci Jawaban Halaman 181
Kelas 5 Tema 9


Persiapkanlah suatu pameran hasil karya bersama dengan teman-teman satu kelas setelah ujian kenaikan kelasmu. Apa saja persiapan yang akan kalian lakukan? Coba diskusikanlah bersama teman dalam satu kelas. Kemudian, tuliskanlah hasil dari diskusi pada kolom berikut.
Hasil Diskusi:
  • Dengan membuat panitia pameran
  • Dengan membuat pembagian kerja panitia pameran
  • Dengan menentukan waktu pameran (hari, tanggal, jam)
  • Dengan menentukan tempat pameran
  • Dengan menentukan karya yang akan dipamerkan
  • Dengan menentukan rencana pembuatan laporan hasil pameran
Hal 182⏩
⏪Hal 172