SMART QUEEN CLUB

Selamat datang di blog kami

Kamis, 24 Januari 2019

Permasalahan Sosial Di Sekitar Kita Hal 169-175

PERMASALAH SOSIAL DI SEKITAR KITA

HALAMAN 169-170, 171, 172, 174-175 KELAS 5 TEMA 6

Halaman 169-170

kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 subtema 3 hal 169, 170
Temukanlah pokok pikiran dalam setiap paragraf dengan melakukan kegiatan berikut ini
  1. Siapkan sejumlah kartu pokok pikiran seperti contoh di bawah ini sesuai dengan jumlah paragraf pada bacaan di atas
  2. Bacalah kembali bacaan tersebut dan temukan pokok pikiran di setiap paragrafnya
  3. Tuliskanlah pokok pikiran tersebut pada lembar kertas kecil yang telah kamu siapkan
  4. Diskusikanlah pokok pikiranmu dengan teman-teman di dalam kelompokmu. Berikan komentar dan saran yang membangun untuk setiap pokok pikiran yang dibuat temanmu
  5. Kelompokkan pokok pikiran yang sama pada setiap paragraf
  6. Ambillah sebuah karton, lalu tuliskan di bagian paling atas judul bacaan
  7. Buatlah garis-garis penghubung sesuai jumlah paragraf yang ada
  8. Tempelkan semua pokok pikiran yang dibuat teman sekelompokmu sesuai paragrafnya
  9. Buatlah sebuah paragraf untuk membuat kesimpulan terhadap bacaan tersebut.
  10. Presentasikan hasil analisis bacaanmu di depan kelas
Kunci Jawaban :

Paragraf 1 :
Tanggung jawab warga negara sesuai perannya
Paragraf 2 :
Akibat warga negara tidak melaksanakan tanggung jawabnya
Paragraf 3 :
Kebiasaan tidak terpuji dengan membuang sampah sembarangan
Paragraf 4 :
Sungai dijadikan tempat pembuangan sampah
Paragraf 5 :
Bangunan liar didirikan di fasilitas umum
Paragraf 6
Kemacetan pada jam sibuk warga

Halaman 171

kunci jawaban buku tematik kls 5 t6 hal 171
Masalah sosial di lingkungan tempat tinggal :

Masalah sosial
Kemacetan lalu lintas
Penyebab
Penumpukan kendaraan pada jam sibuk dan tidak patuhnya pengguna jalan menaati peraturan lalu lintas
Akibat
Tidak nyamannya pengguna jalan dan masyarakat 
Usaha untuk mengatasi
Membuat peraturan lalu lintas yang lebih baik, sosialisasi tertib berkendara, menambah jumlah jalan

Masalah sosial
Sampah
Penyebab
Kebiasaan buang limbah tidak pada tempatnya
Akibat
Kenyamanan dan kesehatan terganggu
Usaha untuk mengatasi
Program daur ulang limbah, sosialisasi hidup sehat dan berdisiplin

Masalah sosial
Sungai kotor
Penyebab
Kebiasaan membuang sampah/limbah ke sungai
Akibat
Sungai jadi sarang penyakit, banjir saat musim hujan
Usaha untuk mengatasi
Sosialisasi tentang Prokasih (Program Kali Bersih), Menjauhkan pemukiman dari DAS (Daerah Aliran Sungai), Sosialisasi tentang pentingnya sungai dan program kesehatan warga

Masalah sosial
Bangunan liar
Penyebab
Kemiskinan, pembuatan bangunan di fasilitas umum
Akibat
Tidak nyaman dan tidak aman para pengguna fasilitas umum
Usaha untuk mengatasi
Mengentaskan kemiskinan, program rumah susun bagi warga miskin

Tulislah keimpulanmu di sini :

Adanya masalah sosial di sekitar kita mengakibatkan permasalahan bagi semua. Masalah sosial terjadi akibat adanya hak dan kewajiban yang tidak seimbang dan tidak dijalankan oleh warga dengan baik. Semua permasalah sosial tersebut bisa diselesaikan bila hak dan kewajiban semua warga dapat dilakukan secara beriringan

Halaman 172

Lakukanlah hal yang sama dengan mengidentifikasi permasalahan yang sering terjadi di sekolahmu. Kamu tahu bahwa sebagai pelajar memiliki hak dan kewajiban. Demikian juga dengan anggota komunitas sekolahmu, seperti para guru dan pegawai lainnya.

Masalah sosial di lingkungan sekolah

Masalah Sosial
Bullying siswa (Intimidasi)
Penyebab
Adanya seseorang atau sekelompok siswa yang merasa lebih kuat dan hebat dari siswa yang lain
Akibat
Ketidaknyamanan siswa lain terutama korban bully sehingga menderita secara fisik, verbal atau emosional/psikologis
Usaha untuk mengatasi
Meningkatkan nilai-nilai agama dalam kehidupan di sekolah, Mempererat persatuan, persaudaraan, dan persamaan kedudukan di mata siswa, 

Masalah Sosial
Perkelahian siswa
Penyebab
Tidak adanya rasa persaudaraan dan saling mengasihi
Akibat
Timbul perpecahan di kalangan siswa, tidak nyamannya suasana belajar
Usaha untuk mengatasi
Lebih membiasakan siswa untuk lebih mengenal satu dengan yang lain. Menyalurkan energi untuk kegiatan yang positif, seperti mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

Masalah Sosial
Kekerasan fisik guru
Penyebab
Kurangnya pengertian dan pemahaman guru
Akibat
Suasana pembelajaran tidak nyaman, siswa jadi takut ke sekolah
Usaha untuk mengatasi
Pelatihan guru, sosialisasi tujuan pendidikan di sekolah

Masalah Sosial
Bolos sekolah/Telat masuk
Penyebab
Tidak disiplin terhadap waktu
Akibat
Kegiatan pembelajaran terganggu, Tertinggal dengan pelajaran
Usaha untuk mengatasi
Memberikan sosialisasi/bimbingan tentang disiplin dan pentingnya bersekolah

Buatlah kesimpulanmu di sini :
Adanya masalah sosial di lingkungan sekolah dapat menyebabkan tidak kondusifnya/tidak nyamannya suasana pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu diperlukan kerjasama semua pihak untuk menghilangkan/mengurangi masalah sosial tersebut, baik dari pihak siswa sendiri, pihak sekolah/guru, pihak wali murid, pihak komite dan masyarakat. Lebih menekankan tentang pentingnya hak, kewajiban dan tanggung jawab secara bersama-sama.

Halaman 174-175

kunci jawaban buku tematik klas 5 tm 6 subtema 3 174-175
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.
1. Bagaimana Kue Bolu Meranti menjadi oleh-oleh khas Kota Medan?
    Kunci Jawaban :
Bolu tersebut memiliki rasa yang sangat khas, lembut, dan cukup tahan lama meskipun tidak menggunakan bahan pengawet
2. Apa saja usaha yang dilakukan pemiliknya sehingga membuat Bolu ini terkenal?
    Kunci Jawaban :
Ai Ling membuka gerai sendiri di tempat yang lain. Bahkan ia pun membuka gerai di Bandar Udara (Bandara) Internasional Kualanamu untuk memudahkan pelanggan mendapatkannya sebagai oleh-oleh khas Kota Medan.
3. Bagaimana pengaruh keberadaan Bolu Meranti terhadap pembangunan sosial budaya
    masyarakatnya?
    Kunci Jawaban :
Usaha Bolu Meranti membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang Medan
4. Bagaimana pengaruh keberadaan Bolu Meranti terhadap pembangunan sosial budaya
    masyarakatnya?
    Kunci Jawaban :
Bolu Meranti menjadi ciri khas kota Medan
5. Apakah di daerahmu juga punya sesuatu yang biasa dijadikan oleh-oleh khas daerahmu?
    Kunci Jawaban :
.............. (Jawaban beda tiap siswa, sesuai dengan daerahnya)


Hal 176⏩
⏪hal 166

KUNCI JAWABAN TEMATIK KELAS 6 TEMA 7

KUNCI JAWABAN TEMATIK KELAS 6 TEMA 7

KEPEMIMPINAN

isi pertanyaan buku k13 kls 6 tm 7 hal 1
TEMATIK KELAS 6 TEMA 7 REVISI 2018

BUKU TEMATIK KELAS 6 TEMA 7

isi pertanyaan buku k13 kls 5 tm 7 hal 1
Subtema 1
Pembelajaran 1
- Halaman 12

Pembelajaran 2
- Halaman 22

Pembelajaran 3
- Halaman 30

Pembelajaran 4

Pembelajaran 5
- Halaman 44

Pembelajaran 6
- Halaman 52
isi pertanyaan subtema 2 tm 7 kls 6
Subtema 2
Pembelajaran 1
- Halaman 60

Pembelajaran 2
- Halaman 63 & 71
- Halaman 70 (Video)
- Halaman 72

Pembelajaran 3
- Halaman 82

Pembelajaran 4
- Halaman 90

Pembelajaran 5
- Halaman 98

Pembelajaran 6
isi pertanyaan kls 6 t7 st3 hal 105
Subtema 3
Pembelajaran 1
- Halaman 112

Pembelajaran 2
- Halaman 118

Pembelajaran 3
- Halaman 120, 121, 122, 123
- Halaman 124

Pembelajaran 4
- Halaman 126
- Halaman 128

Pembelajaran 5
- Halaman 130, 131, 132

Pembelajaran 6
- Halaman 133, 134-135
- Halaman 136

Pemimpin Di Sekitarku Kelas 6 Tema 7 Subtema 1

PEMIMPIN DI SEKITARKU

KELAS 6 TEMA 7 SUBTEMA 1

Halaman 1

Isi jawaban tematik halaman 1 subtema 1 tema 7 kelas 6

Kunci jawaban tematik kelas 6 tema 7 subtema 1
Ayo Mengamati
Perhatikan gambar di atas.
1. Menurutmu, kegiatan apa yang ditunjukkan pada gambar di atas?
    Kunci Jawaban :
Orang-orang sedang melakukan rapat (musyawarah)

2. Apakah kamu pernah menyaksikan rapat RT di lingkunganmu? coba ceritakan
    Kunci Jawaban :
Pernah. Ketika akan memperbaiki jalan perkampungan kami. Rumah yang saya tempati dijadikan tempat pelaksanaan rapat/musyawarah persiapan perbaikan jalan. Saya turut membantu menyiapkan konsumsi bagi peserta rapat/musyawarah. Dalam rapat tersebut dibentuk panitia perbaikan jalan. Peserta musyawarah dengan penuh antusias dan penuh kekeluargaan menyampaikan pendapat mereka masing-masing

3. Apa yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin?
    Kunci Jawaban :
Seorang pemimpin harus mampu memimpin jalannya rapat dengan baik, mampu mengorganisasikan kegiatan rapat, menampung pendapat, mengatur kegiatan rapat, mampu mengelola dengan baik bila ada konflik, mengambil keputusan, serta mampu memecahkan masalah

4. Menurutmu, kemampuan apa yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin?
    Kunci Jawaban :
Mampu mengorganisasikan anggota, kemampuan manajerial/pengaturan, kemampuan memecahkan masalah/problem solving, Mampu mempersatukan anggota

5. Apakah kamu ingin menjadi pemimpin? Coba ceritakan.
    Kunci Jawaban :
Ya. Saya ingin menjadi pemimpin. Alasan saya ingin menjadi pemimpin adalah saya bisa melakukan perubahan dengan cepat apa-apa yang menurut saya kurang baik dengan saya sebagai penggerak/pelopor utama. Langkah-langkah awal yang saya ambil dalam mempersiapkan diri sendiri jadi pemimpin adalah dengan tekun belajar, beribadah dengan tekun, berinteraksi dengan baik terhadap lingkungan sekitar, mengembangkan sikap toleransi, dan sebagainya.

Halaman 5

Tuliskan dalam bentuk peta pikiran seperti berikut kunci jawaban tematik kelas 6 tema 7
Kamu telah membaca bacaan "Ibu RT, Sang Pemersatu". Jawablah pertanyaan-pertanyaan mengenai isi bacaan tersebut. Tuliskan dalam bentuk peta pikiran seperti berikut

Siapakah nama pembicara dalam pidato pada bacaan?
Kunci Jawaban :
Ibu Erika

Siapa pendengar pidato?
Kunci Jawaban :
Warga kampung Sehat Melati

Bagaimana sikap kepemimpinan ibu RT dalam bacaan itu?
Kunci Jawaban :
Sikap kepemimpinan dari Bu Erika sangat baik. Penuh semangat, mampu memotivasi seluruh warganya dengan cara memberi contoh keteladanan, komunikatif dengan warga, peduli akan kebersihan dan kesehatan dari warganya.

Halaman 6

tuliskan hasil diskusi kalian dalam bentuk peta pikiran seperti berikut

Ayo Berdiskusi
Buatlah kelompok diskusi dengan teman-teman yang tinggal satu lingkungan denganmu (misalnya : satu RT/RW/desa)

  • Siapa ketua RT/RW atau Kepala Desa di lingkungan tempat tinggalmu?
  • Kegiatan apa saja yang dipimpin oleh ketua RT/RW atau kepala desa di lingkunganmu?
Tuliskan hasil diskusi kalian dalam bentuk peta pikiran seperti berikut. Kemudian, ceritakan hasil diskusi kelompokmu kepada kelompok-kelompok lain
Kunci Jawaban :


  • Siapa Ketua RT/RW atau Kepala Desa di lingkungan tempat tinggalmu? (Jawaban relatif beda untuk tiap siswa sesuai dengan tempat tinggalnya)
  • Kegiatan apa saja yang dipimpin oleh ketua RT/RW atau kepala desa di lingkunganmu 
Tugas Kepala Desa :
Menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan


Tugas Ketua RT 

  • Membantu menjalankan tugas pelayanan pada masyarakat yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah
  • Memelihara kerukunan hidup warga
  • Menyusun rencana dan melaksanakan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat

Tugas Ketua RW

  • Menggerakkan swadaya gotong royong partisipasi masyarakat di wilayahnya
  • Membantu kelancaran tugas pokok LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) di desa dan kelurahan dalam bidang pembangunan

Halaman 7

Ayo berdiskusi
Dalam bacaan "Ibu RT, Sang Pemersatu", selain ada pembicara yang menyampaikan pidato dan pendengar, ada juga tempat berlangsungnya pidato dan suasana ketika pidato disampaikan. Coba, tuliskan :
  • Pembicara pidato : Ibu Erika
  • Pendengar pidato : Warga desa Sehat Melati
  • Tempat Pidato : Balai desa Sehat Melati
  • Suasana saat disampaikannya pidato : Tertib, warga mendengarkan dengan seksama

Halaman 8

berdasarkan pidato pada bacaan "Ibu RT, sang pemersatu", lengkapi bagan berikut - jawabantematik.blogspot.com
Ayo Mencoba
Berdasarkan pidato pada bacaan "Ibu RT, Sang pemersatu", lengkapi bagan berikut
Tema :
Rencana Program Posyandu
Pembicara :
Ibu Erika
Pendengar :
Warga kampung Sehat Melati
Tempat :
Balai desa Sehat Melati
Urutan isi Pidato :
  1. Pembukaan
  2. Memotivasi warga kampung Sehat Melati
  3. Menjelaskan pentingnya kesehatan
  4. Mengajak peran serta seluruh lapisan masyarakat
  5. Penutup

Halaman 9

kunci jawaban tematik kelas 6 tema 7 halaman 9 ciri pubertas
Ayo Berdiskusi
Amatilah gambar berikut
Apa perbedaan fisik laki-laki sebelum dan setelah masa pubertas?
Kunci Jawaban :
Sebelum masa pubertas :
  1. Suara belum berat dan besar
  2. Bahu dan dada belum melebar/lebih bidang
  3. Belum tumbuh jakun pada leher
  4. Belum tumbuh kumis, jambang dan jenggot
  5. Belum tumbuh rambut pada ketiak dan alat kelamin
Setelah masa pubertas :
  1. Suara sudah lebih berat dan besar
  2. Bahu dan dada sudah melebar/lebih bidang
  3. Sudah tumbuh jakun pada leher
  4. Sudah tumbuh kumis, jambang dan jenggot
  5. Sudah tumbuh rambut pada ketiak dan alat kelamin

Halaman 11

ayo berkreasi rencana karya berisi cara menyikapi masa pubertas
Ayo berkreasi
Dari pembelajaran pada tema 6, kamu telah mengetahui masa pubertas. Kamu juga telah mengetahui cara menyikapi masa pubertas. Coba, buatlah rencana karya berisi cara menyikapi masa pubertas. Kerjakan bersama kelompokmu. Kamu dapat membuat poster atau buklet sederhana. Tuliskan rencana karya yang akan kamu buat dalam bentuk seperti berikut.

Rencana Karya
Jenis Karya : 
Poster
Bahan dan alat :
Berupa :
  • kertas karton warna putih
  • Cat poster
  • Pensil
  • penghapus
  • Spidol
  • Kuas
  • Gambar dari koran bekas/majalah
Isi dalam karya :
Berupa perilaku dan kebiasaan positif yang harus dilakukan oleh siswa dalam menyikapi masa pubertas, dan dalam bentuk sebuah tulisan yang singkat dan didukung oleh gambar-gambar yang sesuai

Contoh poster menyikapi masa pubertas

Hal 11⏩
⏫Tema 7