SMART QUEEN CLUB

Selamat datang di blog kami

Minggu, 17 Februari 2019

Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran 1 Subtema 3 Tema 7 Kelas 5

PERISTIWA MENGISI KEMERDEKAAN PEMBELAJARAN 1 SUBTEMA 3

TEMA 7 KELAS 5 HALAMAN 149-150, 153, 154, 155, 156, 158, 159, 161

Amatilah gambar-gambar di atas! Gambar-gambar tersebut merupakan peristiwa atau kegiatan-kegiatan positif dalam rangka mengisi kemerdekaan. Ceritakanlah kegiatan apa sajakah itu

Kunci Jawaban Tematik Halaman 149-150

Amatilah gambar-gambar di atas!
Gambar-gambar tersebut merupakan peristiwa atau kegiatan-kegiatan positif dalam rangka mengisi kemerdekaan. Ceritakanlah Kegiatan apa sajakah itu.
Jawaban :
  1. Kegiatan mencerdaskan kehidupan bangsa yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Kegiatan berupa kegiatan pembelajaran di dalam kelas.
  2. Kegiatan memajukan kesejahteraan umum yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Kegiatan berupa pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah/swasta yang didukung oleh seluruh rakyat Indonesia.
  3. Kegiatan olahraga yang mampu mengharumkan nama Indonesia di tingkat Internasional. Merupakan salah satu kegiatan positif yang merupakan nilai cinta tanah air dan bangsa, dan merupakan perwujudan dari kegiatan mengisi kemerdekaan
  4. Pergelaran wayang kulit. Merupakan salah satu kegiatan positif dalam mengisi kemerdekaan Indonesia dengan cara menjaga dan melestarikan serta membudayakan kesenian-kesenian asli Indonesia
Kunci Jawaban Tematik Halaman 153

Ayo Mengamati
Perhatikan kembali surat undangan yang diterima ayah Beni. Menurutmu, termasuk jenis surat undangan yang manakah surat tersebut? Jelaskan
Jawaban :
Surat undangan yang diterima ayah Beni termasuk jenis surat undangan resmi. Termasuk undangan resmi karena yang mengundang ayah Beni mengatasnamakan organisasi, yaitu Kelurahan Senja Kecamatan Lembayung. 

Kunci Jawaban Tematik Halaman 154

Perhatikan beberapa contoh surat undangan berikut, lalu lakukanlah petunjuk kegiatannya.
1. Tandai dengan warna merah untuk contoh undangan resmi
2. Tandai dengan warna kuning untuk contoh undangan setengah resmi
3. Tandai dengan warna biru untuk contoh undangan tidak resmi
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 halaman 154

Kunci Jawaban Tematik Halaman 155

Ayo Berdiskusi
Bersama temanmu, diskusikan persamaan dan perbedaan antara undangan resmi, setengah resmi, dan tidak resmi dengan menggunakan tabel di bawah ini.
Bersama temanmu, diskusikan persamaan dan perbedaan antara undangan resmi, setengah resmi, dan tidak resmi dengan menggunakan tabel di bawah ini

Kunci Jawaban Tematik Halaman 156

Setelah melakukan pengamatan pada kegiatan di atas, dapatkah kamu menjelaskan kesimpulanmu?
Kesimpulanku :
Percobaan yang telah dilakukan menunjukkan tentang salah satu contoh peristiwa menyublim, yaitu suatu peristiwa perubahan wujud dari zat padat menjadi gas. Kapur Barus yang dalam percobaan dipanaskan mengalami proses penyubliman (berubah menjadi zat gas) dan pada saat zat gas menyentuh piring yang dingin, maka zat gas tersebut berubah menjadi kristal-kristal yang berada di dasar piring dan dinding kaleng

Kunci Jawaban Tematik Halaman 158

Ayo Berlatih
Berdasarkan bacaan di atas, temukan kosakata baku dan tidak baku. Kemudian carilah arti katanya di Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya kepada Guru, atau berdiskusi dengan teman lainnya
kosakata baku dan kosakata tidak baku pada bacaan hal 158 pb 1 st 3 tema 7 kls 5
Kunci Jawaban Tematik Halaman 159

Ayo Menulis
Pahamilah bacaan di atas! Kemukakan pendapatmu tentang sumbangsih atau kegiatan yang dapat kamu lakukan dalam rangka mengisi kemerdekaan RI! Tuliskanlah pendapatmu pada peta pikiran di bawah ini. Lalu, diskusikanlah pendapatmu di dalam kelompok kecil.
Jawaban:
Sumbangsih/kegiatan yang dapat dilakukan dalam mengisi kemerdekaan:
  1. Mencintai dan bangga menjadi bangsa Indonesia
  2. Mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila
  3. Mengunjungi dan mengenal cara hidup & nilai-nilai masyarakat di berbagai daerah
  4. Belajar dengan sungguh-sungguh
  5. Turut menyukseskan program pemerintah
  6. Menjaga/memelihara fasilitas umum
  7. Berprestasi dalam bidang-bidang positif
  8. Terlibat aktif dalam kegiatan sosial/kemasyarakatan
  9. Saling menghormati dan menghargai antar sesama
  10. Mengembangkan potensi diri
  11. Mencintai produk-produk dalam negeri
  12. Menjaga dan melestarikan serta mengembangkan budaya-budaya Indonesia
kunci jawaban tematik kelas 5 tema 7 subtema 3 pembelajaran 1 halaman 159

Kesimpulanku :
Generasi muda dapat mengisi kemerdekaan dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif yang berdampak positif bagi diri sendiri dan bagi sesama, maupun bagi bangsa Indonesia. Kegiatan-kegiatan positif tersebut diharapkan mampu mendukung kegiatan pembangunan nasional, baik pembangunan fisik maupun nonfisik serta mampu meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 161

Ayo Berlatih
Bersama teman-temanmu, carilah informasi mengenai permasalahan berikut.
  • Faktor pendukung pembangunan nasional
  • Faktor penghambat pembangunan nasional
Setelah informasi kamu dapatkan, tuliskan hasilnya pada kolom berikut.
Kunci Jawaban :
Faktor Pendukung pembangunan nasional
  • Merdeka dan berdaulat
  • Sumber daya manusia yang melimpah
  • Sumber daya alam yang besar yang belum dimanfaatkan
  • Letak geografis
  • Stabilitas keamanan, politik, sosial budaya, ekonomi, dan lain sebagainya
Faktor Penghambat pembangunan nasional
  • Kualitas Sumber Daya Manusia yang rendah
  • Penguasaan teknologi yang masih rendah
  • Birokrasi yang buruk
  • Tingkat kepercayaan investor yang masih rendah
  • Infrastruktur yang masih buruk
Tuliskanlah kesimpulanmu dari kegiatan tersebut di tempat yang disediakan di bawah ini.

Faktor Pendukung Pembangunan Nasional
  • Merdeka dan berdaulat
Dengan merdeka dan berdaulat, maka bangsa Indonesia punya kebebasan menentukan langkahnya sendiri dalam upaya melaksanakan pembangunan tanpa didikte/dipaksa oleh negara lain
  • Sumber daya manusia yang melimpah
Dengan sumber daya yang banyak, maka ongkos produksi suatu usaha bisa dipangkas, terutama ongkos produksi biaya pekerja
  • Sumber daya alam yang besar yang belum dimanfaatkan
Sumber daya alam yang melimpah menjadi salah satu faktor penarik minat investor luar negeri untuk menanamkan modalknya di Indonesia, sehingga mampu membuka lapangan kerja yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia, bukan oleh masyarakat luar negeri
  • Letak geografis
Letak Indonesia yang strategis, yaitu menjadi jalur perlintasan perekonomian dunia membuat Indonesia mengambil kesempatan dengan turut berperan serta di dalamnya.
  • Stabilitas keamanan, politik, sosial budaya, ekonomi, dan lain sebagainya
Dengan jaminan keamanan, maka roda perekonomian lebih cepat bergerak, investor mau menanamkan modalnya di Indonesia

Faktor penghambat pembangunan nasional
  • Kualitas Sumber Daya Manusia yang rendah
Tingkat pendidikan, etos kerja/semangat kerja, penyerapan kemampuan teknologi yang kurang dari masyarakat Indonesia menjadikan masyarakat Indonesia tersendat dalam melaksanakan pembangunan nasional
  • Penguasaan teknologi yang masih rendah
Menyebabkan barang-barang berteknologi tinggi terpaksa diimpor dari luar negeri, dan ini menambah beban utang/berkurangnya devisa bagi negara Indonesia
  • Birokrasi yang buruk
Peraturan yang berubah-rubah, berbelit dan sulit membuat investor (orang yang menanamkan investasi/modal) menjadi enggan untuk menanamkan modalnya di Indonesia
  • Tingkat kepercayaan investor yang masih rendah
Dengan kepercayaan yang rendah dari investor, membuat modal yang diperoleh Indonesia sedikit, sehingga tingkat percepatan pembangunan tersendat
  • Infrastruktur yang masih buruk
Jalan, jembatan dan infrastruktur lain yang buruk menyebabkan biaya produksi suatu barang dan jasa menjadi membengkak, sehingga tidak mempunyai daya saing dengan produk/jasa dari luar negeri, sehingga tingkat kecepatan pembangunan menjadi terhambat

Hal 162⏩
⏪Hal 148

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 pembelajaran 1

KUNCI JAWABAN TEMATIK KELAS 6 TEMA 8

SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1 HALAMAN 96, 98-99

Isi pertanyaan buku K13 hal 96 98 99 kls 6 tm 8 st 3 pb 1

Kunci Jawaban Halaman 96

Berdasarkan informasi yang kamu peroleh dari bacaan, buatlah kartu informasi yang memuat informasi-informasi penting tentang gerhana matahari. kapan gerhana matahari terjadi
Berdasarkan informasi yang kamu peroleh dari bacaan, buatlah kartu informasi yang memuat informasi-informasi penting tentang gerhana matahari.

Buatlah tiga kartu informasi yang menjelaskan tiga hal berikut.
1. Kapan gerhana matahari terjadi?
    Kunci Jawaban :
Gerhana Matahari terjadi pada siang hari. Gerhana Matahari terjadi ketika Bulan, Bumi, dan Matahari dalam satu garis lurus

2. Apa yang menyebabkan gerhana matahari?
    Kunci Jawaban :
Kedudukan Bulan berada di antara Bumi dan Matahari sehingga menyebabkan cahaya Matahari ke Bumi terhalang oleh Bulan. Karena terhalang oleh Bulan, keadaan yang terang berangsur-angsur menjadi gelap.

3. Apa saja jenis-jenis gerhana matahari dan apa perbedaaanya?
    Kunci Jawaban :
  • Gerhana Matahari total
Hanya terjadi di permukaan bumi yang terkena bayangan umbra Bulan. Gerhana Matahari total selalu diawali dan diakhiri oleh gerhana matahari sebagian.
  • Gerhana Matahari sebagian
Gerhana Matahari sebagian terjadi di permukaan Bumi yang terkena bayangan penumbra (bayangan kabur) Bulan.
  • Gerhana Matahari cincin
Gerhana Matahari cincin terjadi di permukaan Bumi yang terkena lanjutan bayang-bayang inti. Hal ini terjadi karena Bulan berada pada titik terjauhnya dari Bumi

Kunci Jawaban Halaman 98-99

Ayo Berlatih
Buatlah sebuah buklet yang berisi informasi dan gambar tentang gerhana Matahari.
Sebelum membuat buklet, kumpulkan informasi-informasi yang akan kamu cantumkan dalam bukletmu nanti.
1. Informasi tentang pengertian gerhana matahari
2. Informasi tentang jenis-jenis gerhana matahari
3. Informasi tentang apa yang tidak boleh dilakukan ketika gerhana matahari
4. Informasi tentang alternatif kegiatan yang dapat dilakukan untuk melakukan simulasi gerhana matahari

BUKLET GERHANA MATAHARI

Hal 100⏩
⏪Hal 93