SMART QUEEN CLUB

Selamat datang di blog kami

Jumat, 01 Februari 2019

Pemerintahan Kolonial Inggris dan Belanda Hal 22-28

PEMERINTAHAN KOLONIAL INGGRIS DAN BELANDA

HALAMAN 22, 23, 24-25, 26, 28 KELAS 5 TEMA 7

Kunci Jawaban Halaman 22

kunci jawaban kelas 5 tema 7 halaman 22 pemerintahan kolonial inggris dan belanda
Ayo Berlatih
Pahamilah bacaan di atas!
Buatlah perbandingan pelaksanaan pemerintahan kolonial Inggris dan Belanda. Buatlah perbandingan dengan menggunakan prinsip : apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana!

PEMERINTAHAN KOLONIAL INGGRIS DAN BELANDA
Siapakah tokoh yang paling terkenal pada masa pemerintahan kolonial di Indonesia?
Inggris :
Thomas Stamford Raffles
Belanda :
Cornelis de Houtman, W. Daendels, Janssens, Van den Bosh

Di manakah daerah kekuasaannya?
Inggris :
Sumatra, Ambon dan Banda
Belanda :
Hampir seluruh wilayah Indonesia

Kapankah waktu pemerintahan kolonial di Indonesia dimulai?
Inggris :
1811-1816
Belanda :
1602-1945

Kebijakan apa yang diambil selama pemerintahan kolonial berlangsung?
Inggris :
  • Sistem sewa tanah
  • Pembagian wilayah pulau Jawa menjadi 16 wilayah keresidenan
  • Kerja rodi
Belanda :
  • Penyerahan hasil bumi
  • Tanam paksa
  • Undang-undang agraria
  • Kerja rodi

Bagaimana kondisi rakyat pada masa pemerintahan kolonial?
Inggris :
Sangat menderita
Belanda :
Sangat menderita

Kunci Jawaban Halaman 23

Ayo Berdiskusi
1. Bentuk kelompok diskusi yang beranggotakan 3-5 siswa
2. Lakukan diskusi kelompok mengenai permasalahan berikut.
    a. Faktor-faktor pendorong terjadinya penjelajahan samudra bangsa-bangsa Eropa
    b. Ringkasan peristiwa dibentuknya VOC
    c. Kondisi rakyat Indonesia pada masa pelaksanaan tanam paksa

Kunci Jawaban
a. Faktor-faktor pendorong penjelajahan samudra
  • Rempah-rempah sangat mahal di Eropa. Pada waktu itu pasokan rempah-rempah disalurkan ke Eropa dilakukan melalui jalur darat di Konstantinopel. Konstantinopel dikuasai oleh Turki, sedang Turki berselisih dengan bangsa-bangsa Eropa, sehingga pasokan rempah-rempah menjadi tersendat. Bangsa-bangsa Eropa membutuhkan rempah-rempah untuk pengawet makanan, obat-obatan dan bumbu masak, oleh karena itu bangsa Eropa membuat alternatif baru dalam memasok kebutuhan mereka/Mencari kekayaan (gold), yaitu mencari daerah sumber penghasil rempah-rempah dan pencarian ini dilakukan melalui jalur laut. 
  • Dalam mencari kekayaan, misi mereka juga diikuti oleh misi menyebarkan agama (Gospel) sesuai dengan perintah pemuka agama bangsa-bangsa Eropa. Misi khusus tersebut dianggap tugas suci dalam menyebarkan ke daerah jajahan, dan dipelopori oleh bangsa Portugis
  • Adanya keinginan mencari kejayaan (Glory). Di Eropa, ada anggapan bahwa apabila suatu negara mempunyai banyak tanah jajahan, negara tersebut termasuk negara yang jaya (glory), sehingga negara-negara di Eropa berlomba-lomba untuk mencari tanah jajahan sebanyak-banyaknya
  • Perkembangan Iptek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dengan ditemukannya kompas untuk menjelajah, dikembangkannya teknik pembuatan kapal untuk menjelajah samudra dan ditemukannya mesiu untuk persenjataan.
b. Ringkasan peristiwa dibentuknya VOC
  • Belanda sampai di Indonesia pada tahun 1596, kemudian makin banyak pedagang-pedagang Belanda yang ada Indonesia dengan memiliki armada kapal sendiri. Agar tidak ada persaingan/perselisihan antar pedagang Belanda sendiri, maka pada tanggal 20 Maret 1602 dengan didukung pemerintah Belanda, maka dibentuklah VOC (Vereenidge Oostindische Compagnie) yang bertujuan : (1) Menguasai pelabuhan-pelabuhan penting, (2) Menguasai kerajaan-kerajaan di Indonesia, (3) Melaksanakan monopoli perdagangan rempah-rempah
c. Kondisi rakyat Indonesia pada masa pelaksanaan tanam paksa
  • Pelaksanaan tanam paksa kondisinya sangat memberatkan rakyat Indonesia. Banyak tanah terbengkalai akibat rakyat dipaksa lebih memperhatikan tanaman ekspor, sehingga tanaman milik rakyat sendiri banyak yang gagal panen, sehingga rakyat makin menderita, wabah penyakit merajalela, bahaya kelaparan melanda rakyat, menyebabkan banyak yang meninggal sehingga jumlah penduduk menurun tajam.

Kunci Jawaban Halaman 24-25

kunci jawaban halaman 24-25 kelas 5 tema 7
Ayo Berdiskusi
1. Jelaskan perbedaan peristiwa membeku dan mencair!
    Kunci Jawaban :
Membeku : Dari benda cair menjadi benda padat
Mencair : Dari benda padat menjadi benda cair

2. Jelaskan perbedaan peristiwa membeku dan menguap!
    Kunci Jawaban :
Membeku : Dari benda cair menjadi benda padat
Menguap : Dari benda cair menjadi benda gas

3. Jelaskan perbedaan peristiwa mencair dan menguap
    Kunci Jawaban :
Mencair : Dari benda padat menjadi benda cair
Menguap : Dari benda cair menjadi benda gas

4. Apa saja yang menyebabkan terjadinya peristiwa membeku, mencair dan menguap?
    Kunci Jawaban :
Perubahan lingkungan

5. Peristiwa sehari-hari apa sajakah yang menunjukkan terjadinya peristiwa mencair?
    Kunci Jawaban :
Es batu terkena sinar matahari
  
6. Peristiwa sehari-hari apa sajakah yang menunjukkan terjadinya peristiwa membeku?
    Kunci Jawaban :
Air disimpan di dalam lemari pendingin

7. Peristiwa sehari-hari apa sajakah yang menunjukkan terjadinya peristiwa menguap?
    Kunci Jawaban :
Air laut terkena sinar matahari

Kunci Jawaban Halaman 26

kunci jawaban hal 26 kls 5 tm 7
Laporan Presentasi :
Benda-benda yang ada di sekitar kita ada 3 jenis, yaitu padat, cair dan gas. Setiap benda tersebut dapat mengalami perubahan wujud benda. Perubahan wujud benda dapat berupa perubahan fisika dan perubahan kimia. Perubahan fisika adalah perubahan suatu zat tanpa menghasilkan zat baru. Perubahan kimia adalah perubahan suatu zat dengan terbentuknya zat baru.  Contoh perubahan fisika adalah penguapan, pengembunan, pembekuan, pencairan, penyubliman, dan penghambluran. Sedangkan artinya adalah sebagai berikut :
  • Penguapan = perubahan wujud dari cair menjadi gas
  • Pengembunan = perubahan wujud dari gas menjadi cair
  • Pembekuan = perubahan wujud dari cair menjadi padat
  • Pencairan = perubahan wujud dari padat menjadi cair
  • Penyubliman = perubahan wujud dari padat menjadi gas
  • Penghabluran = perubahan wujud dari gas menjadi padat

Kunci Jawaban Halaman 28

kunci isi jawaban halaman 28 kelas 5 tema 7
Ayo Berlatih
Jelaskan isi lagu "Rayuan Pulau Kelapa" dengan kata-katamu sendiri. Tuliskan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Perhatikan kata-kata baku. Perhatikan pula penggunaan tanda baca yang benar. Tuliskan dalam kotak berikut.
Kunci Jawaban :

Indonesia adalah negeri indah yang sangat saya cintai. Tanah kelahiran yang mulia, yang selalu aku puja sepanjang waktu. Indonesia yang aman dan makmur, Indonesia adalah negara yang subur dan indah. Indonesia yang terkenal sejak jaman dulu. Keindahan Indonesia sudah menjadi bahan perbincangan para penjelajah dunia dan menjadi tempat idaman mereka.

Hal 29⏩
⏪Hal 17

KUNCI JAWABAN KELAS 5 TEMA 7

KUNCI JAWABAN KELAS 5 TEMA 7

PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN

isi pertanyaan kls 5 tm 7

kunci jawaban kelas 5 tema 7 subtema 1

SUBTEMA 1

Pembelajaran 1
- Halaman 17
Pembelajaran 2
- Halaman 29
Pembelajaran 3
- Halaman 43
Pembelajaran 4
- Halama 58
Pembelajaran 5
- Halaman 69
Pembelajaran 6
- Halaman 71, 73, 75
- Halaman 76

kunci jawaban kls 5 t7 sb2

SUBTEMA 2

Pembelajaran 1
Pembelajaran 2
Pembelajaran 3
- Halaman 111 
Pembelajaran 4
- Halaman 124
Pembelajaran 5
- Halaman 138
Pembelajaran 6
Kunci jawaban kls 5 tm 7 st 3

SUBTEMA 3

Pembelajaran 1
- Halaman 162
Pembelajaran 2
- Halaman 173
Pembelajaran 3
Pembelajaran 4
- Halaman 190 
Pembelajaran 5
Pembelajaran 6
- Halaman 202
Kunci jawaban kelas 5 tema 7 karyaku prestasiku

KARYAKU PRESTASIKU (Literasi dan Kegiatan Proyek)

Pembelajaran 1 - Perbedaan itu indah
Pembelajaran 2 - Surat undangan
Pembelajaran 3 - Seni patung daerah
Pembelajaran 4 - Ikrar toleransi
Pembelajaran 5 - Embun
Pembelajaran 6
- Halaman 216

Subtema 1 Pembelajaran 3 hal 24-29 Kls 6 Tema 7

SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3

HALAMAN 24, 25, 27, 28, 29 KELAS 6 TEMA 7

Kunci Jawaban Halaman 24

kunci jawaban hal 24 kls 6 tema 7
Ayo Berdiskusi
Kamu telah membaca teks "Pak Abdi". Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan kelompokmu.

1. Nilai-nilai kepemimpinan apakah yang dimiliki Pak Abdi?
    Kunci Jawaban :
Agamis, belajar terus menerus, persatuan dan kerukunan beragama, selalu bersyukur, Inspiratif (mampu memberi inspirasi orang lain), motivator (mampu memberi motivasi orang lain)

Kunci Jawaban Halaman 25

isi jawaban halaman 25 kelas 6 tema 7 pembelajaran 3 subtema 1
2. Manfaat apa yang diperoleh penduduk dari program atau kegiatan pak Abdi?
    Kunci Jawaban :
Manfaat yang diperoleh penduduk adalah masyarakat merasa tentram, nyaman, aman, kebersamaan antar warga makin kuat, yang pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat.

3. Apakah Pak Abdi sudah mengajak penduduknya mengamalkan nilai-nilai keTuhanan dalam 
    kehidupan? Jelaskan!
    Kunci Jawaban :
Sudah, dengan cara mengajak warganya untuk selalu bersyukur atas nikmat Tuhan yang telah diberikan, selain itu selalu mengajak warga masyarakat untuk lebih berperilaku sesuai dengan tuntunan agama.

4. Apa yang dapat kamu teladani dari Pak Abdi?
    Kunci Jawaban :
Selalu bersyukur, semua aktivitas diniatkan untuk beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa, mampu menjaga kerukunan dan persatuan umat beragama.

Berdasarkan jawabanmu, buatlah tulisan tentang Pak Abdi tersebut. Kamu juga dapat menggambar sosoknya sesuai imajinasimu.
Kunci Jawaban :
Pak Abdi adalah seorang pemimpin yang pantas untuk ditiru. Seorang pemimpin yang dalam tindakannya selalu diniatkan untuk beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Mampu memberikan inspirasi dan motivasi kepaa warganya, mampu menjaga kerukunan dan persatuan umat beragama di lingkungannya. Selalu menganjurkan warganya untuk selalu bersyukur atas nikmat yang telah diterima, sehingga warga masyarakat menjadi lebih nyaman, tentram, damai dan pada akhirnya mampu menjadikan masyarakat lebih sejahtera.

Contoh gambar sosok pemimpin
kunci jawaan halaman 25 kelas 6 tema 7

Kunci Jawaban Halaman 27

Kunci jawaban hal 27 kelas 6 tema 7
Ayo Berdiskusi
1. Identifikasilah penerapan nilai-nilai ketuhanan itu dalam kehidupanmu sehari-hari
    Kunci Jawaban :
Beribadah dengan rajin sesuai dengan agama yang dianut, menghormati dan menghargai pemeluk sesama agama dan antar agama, bersosialisasi dengan semua pemeluk agama tanpa membeda-bedakan

2. Tuliskan pendapatmu mengenai pelaksanaan kehidupan beragama di lingkungan sekitarmu.
    Kunci Jawaban :
Pelaksanaan kehidupan beragama di daerah saya sudah berlangsung baik, semua pemeluk agama dapat beribadah dengan tenang tanpa ada gangguan dari pemeluk lain, adanya kebersamaan dan kerukunan antar umat beragama

Kunci Jawaban Halaman 28-29

Ayo Mengamati
Perhatikan gambar peta negara-negara Asia Tenggara di bawah ini
isi jawaban halaman 28 kelas 6 tema 7
Ayo Mencoba
Carilah jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut pada buku-buku referensi di perpustakaan sekolahmu. Lakukan bersama teman sekelompokmu.
1. Negara apa saja yang termasuk dalam wilayah Asia Tenggara
    Kunci Jawaban :
Indonesia, Brunei, Kamboja, Timor Leste, Thailand, Filipina, Vietnam, Laos, Myanmar, Malaysia, Singapura

2. Negara apa saja yang masuk sebagai anggota ASEAN?
    Kunci Jawaban :
Indonesia, Brunei, Kamboja, Thailand, Filipina, Vietnam, Laos, Myanmar, Malaysia, Singapura

3. Apa sumber daya yang menjadi keunggulan negara ASEAN?
    Kunci Jawaban
Indonesia : 
  • Kopi, kelapa sawit, Karet, Teh, Tembaga, Emas, Gas alam, Timah, Tebu,  tembakau, lada putih, kayu lapis, biji logam, LPG
Singapura : 
  • Tidak memiliki sumber daya alam, namun memiliki sumber daya dalam bidang jasa, seperti perbankan, perdagangan, pendidikan dan kesehatan. Hal ini dikarenakan letak geografisnya sangat strategis (jalur pelayaran internasional)
Brunei Darussalam :
  • Minyak dan gas bumi, kelapa sawit, karet, kelapa
Malaysia :
  • Kelapa sawit, Timah, Karet, teh, padi, bauksit, minyak dan gas bumi, emas, bauksit
Vietnam :
  • Beras, Kedelai, teh, karet, kopi, batu bara dan minyak bumi
Thailand :
  • Beras, jagung, karet, tebu, timah, tembaga, bijih besi, cengkeh, minyak dan gas bumi, timbal
Laos :
  • Pertanian, emas, tembaga & hasil tambang, kayu & produk kayu, pakaian jadi 
Kamboja :
  • Karet, beras, kayu, minyak dan gas bumi, batu permata
Myanmar :
  • Tembaga, emas, timah, seng,perak, batu permata, nikel, gas alam, beras, karet
Filipina :
  • Padi, jagung, abaca, tembaga, emas, perak, bijih besi
4. Apa produk yang dihasilkan dan diekspor oleh tiap negara anggota ASEAN? ke negara mana 
   produk tersebut diekspor
   Kunci Jawaban :
Indonesia : 
  • Karet, kopi, tembakau, udang, lada putih, kayu lapis (negara tujuan ekspor : Belgia & Luxemburg)
  • Biji logam, aluminium, kayu, bahan makanan (negara tujuan ekspor : Jepang)
  • LPG (Negara tujuan : Amerika)
  • Industri parfum, karet, kelapa sawit (negara tujuan ekspor : Prancis)
Singapura :
  • Elektronik dan telekomunikasi, obat, barang kimia, produk pengilangan minyak bumi (negara tujuan ekspor : Malaysia, Hongkong, China, Indonesia, Amerika, Jepang, Australia, Korea)
Brunei Darussalam :
  • Minyak dan gas bumi, kayu, kelapa sawit (negara tujuan ekspor : Jepang, Australia, Indonesia, Afrika Selatan, Amerika)
Malaysia : 
  • Karet, Kelapa sawit, timah, minyak bumi, kayu, tekstil (negara tujuan ekspor : China, Singapura, Amerika, Thailand)
Vietnam :
  • Beras, kedelai, teh, gula, batu bara, karet , perikanan, minyak mentah (negara tujuan ekspor : China, Korea Selatan, Jepang, Taiwan)
Thailand :
  • Beras, Jagung, Karet, Tebu, timah, tembaga, bijih besi, cengkeh, minyak dan gas bumi, timbal (negara tujuan ekspor : China, Amerika, Jepang, Malaysia, Hongkong, Australia, Singapura)
Laos :
  • Pertanian, emas, tembaga & hasil tambang, kayu dan produk kayu, pakaian jadi (negara tujuan ekspor : Thailand, China, Vietnam)
Kamboja :
  • Karet, Beras, kayu, minyak dan gas bumi, batu permata (negara tujuan ekspor : Amerika, negara-negara Uni Eropa, Thailand, China)
Myanmar :
  • Beras, Tembaga, emas, timah, seng, perak, batu permata, nikel, gas alam, beras, karet (negara tujuan ekspor : Thailand, China, India, Singapura, Malaysia)
Filipina :
  • Padi, jagung, abaca, tembaga, emas, perak, bijih besi (negara tujuan ekspor : China, Taiwan, Korea selatan, Amerika, Jepang)

5. Apa produk yang diimpor tiap negara ASEAN? Dari negara mana produk tersebut diimpor?
   Kunci Jawaban :
Indonesia :
  • Mesin dan peralatan, bahan kimia, bahan bakar (negara asal impor: China, Jepang, Thailand, negara-negara ASEAN, Uni Eropa)
Singapura :
  • Mesin dan peralatan, bahan bakar, kimia, makanan, barang jadi (negara asal impor : Malaysia, China, Amerika, Korea, Jepang, Indonesia)
Brunei Darussalam :
  • Tembakau, bahan pangan, mesin dan peralatan (negara asal impor : Indonesia, Jepang, Singapura, Amerika, Korea Selatan)
Malaysia :
  • Elektronik, Emas, aseksoris, semikonduktor, kayu, mesin dan peralatan (negara asal impor : China, Singapura, Amerika, Jepang, Thailand, Taiwan, India)
Vietnam :
  • Mesin dan peralatan, bahan bakar minyak, produk baja, elektronik, mobil (negara asal impor : Amerika, Uni Eropa, China, Jepang)
Thailand :
  • Mesin dan komponen, bahan kimia, besi dan baja,  (negara asal impor : China, Jepang, Amerika, Malaysia, Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Indonesia, Taiwan)
Laos :
  • Material konstruksi, mesin, bahan bakar, makanan, kendaraan & suku cadang, perlengkapan produksi, barang konsumsi (negara asal impor :Thailand, China, Vietnam, Jepang)
Kamboja :
  • Tembakau, tekstil, garmen, pulp dan kertas, farmasi, produk makanan & minuman, bahan bangunan (Negara asal impor : Thailand, China, Singapura, Vietnam, India, Korea Selatan)
Myanmar :
  • Pupuk, semen, manufaktur/mesin dan peralatan, tekstil (negara asal impor : Singapura, China, Thailand, Jepang)
Filipina :
  • Produk elektronik, alat transportasi, mesin & alat industri, besi baja, alat telekomunikasi & listrik (Negara asal impor : China, Taiwan, Singapura, Amerika, Jepang)
6. Apa peran Indonesia dalam bidang ekonomi di ASEAN?
    Kunci Jawaban :
- Turut membuka pusat promosi ASEAN
- Sebagai negara yang menyediakan cadangan pangan
- Menjalin kerjasama di bidang perindustrian dan perdagangan
  1. Kerjasama di sektor industri dilakukan melalui ASEAN Industrial Cooperation (AICO)
  2. Kerjasama di sektor perdagangan dalam ASEAN Free Trade Area (AFTA), ASEAN Economy Community (AEC) dan koperasi ASEAN
  3. Kerjasama di sektor fasilitas perdagangan
Info tambahan (bentuk paparan) :
kunci jawaban halaman 28 29 kelas 6 tema 7
isi jawaban hal 28 29 kls 6 tema 7

Kunci Jawaban Halaman 30

Tuliskan unsur-unsur pidato salam pembuka pendahuluan inti penutup salam penutup

Ayo Mencoba
Identifikasilah unsur-unsur pokok pada pidato dalam bacaan "Pak Abdi". Tuliskan unsur-unsur : salam pembuka, pendahuluan, inti, penutup, dan salam penutup dari pidato tersebut. Lakukan bersama kelompokmu, lalu diskusikan hasilnya bersama kelompok-kelompok lain.

Salam Pembuka
Pendahuluan
  • Menyampaikan tentang maksud atau tujuan diadakannya perayaan kemerdekaan Indonesia adalah sebagai bentuk syukur terhadap nikmat yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa, serta sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada perjuangan para pahlawan
Inti
  • Untuk mengajak seluruh warga masyarakat agar senantiasa selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan, dengan cara bertingkah laku sesuai dengan ajaran agama masing-masing, serta dengan mengisi kemerdekaan Indonesia dengan kegiatan yang positif/berguna
Penutup
Salam Penutup

⏪Hal 22