SMART QUEEN CLUB

Selamat datang di blog kami

Senin, 04 Maret 2019

Lagu Kampungku Kelas 5 Tema 8 Hal 36-41

LAGU KAMPUNGKU

KELAS 5 TEMA 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5 HALAMAN 36, 37, 38-39, 40-41

notasi Lagu kampungku

Kunci Jawaban Halaman 36

Ayo Bercerita
1. Apa judul lagu itu?
Kampungku
2. Siapa penciptanya?
AT Mahmud
3. Apa nada dasar yang digunakan?
Do=C
4. Apa tanda tempo yang digunakan?
Agak cepat
5. Apa arti tanda tempo itu?
Dinyanyikan dengan tempo agak cepat
6. Bacalah syair lagu tersebut. Bercerita tentang apa teks lagu itu?
Menceritakan tentang sebuah kampung yang terletak di tepi sebuah sungai yang ramai dengan perahu-perahu yang melintas. Rumah-rumah yang berada di tepi sungai tersebut terbuat dari bambu

Kunci Jawaban Halaman 37

Ayo Mencoba
Kamu telah membaca teks "Tangga Nada Diatonis Mayor"
1. Apa pengertian tangga nada mayor?
2. Apa ciri-ciri lagu bertangga nada mayor?
Tulislah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut

1. Tangga Nada Diantonis Mayor adalah tangga nada diatonis yang susunan nada-nadanya berjarak 1 - 1 - ½ -1 - 1 - 1 - ½

2. Ciri-ciri lagu bertangga nada Mayor adalah :
  • Bersifat riang gembira
  • Bersemangat
  • Biasanya diawali dan diakhiri nada do. Namun, tidak menutup kemungkinan diawali dengan anda 5 (sol) atau 3 (mi) dan diakhiri nada 1 (do)
Kunci Jawaban Halaman 38-39

Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu
1. Darimana asal persediaan air sungai?
    Jawaban :
Air sungai berasal dari air hujan dan air yang mengalir dari hulu sungai
2. Siapa saja yang memanfaatkan air sungai?
    Jawaban :
Air sungai dimanfaatkan oleh manusia, hewan, dan tumbuhan, baik yang ada di sekitar maupun hewan dan tumbuhan yang ada di dalam sungai
3. Apa saja manfaat air sungai?
    Jawaban :
Hewan darat memanfaatkan air sungai sebagai sumber air minum. Manusia untuk mengairi tanah pertanian, sumber air keperluan sehari-hari, sebagai sarana angkutan. Tumbuhan darat sebagai sumber air untuk proses fotosintesis. Hewan dan tumbuhan sungai menggunakan air sungai sebagai tempat hidup mereka.
4. Apakah persediaan air sungai dapat berkurang karena menguap saat terkena matahari? Jelaskan jawabanmu!
    Jawaban : 
Dalam kondisi normal, air sungai tidak berkurang karena menguap, karena siklus air akan mengembalikan air yang menguap. Jika dalam kondisi kemarau yang sangat parah/ekstrim, sungai dapat mengalami kekeringan
5. Faktor-fakto apa yang dapat memengaruhi persediaan air sungai?
    Jawaban :
Curah hujan, cuaca, dan kondisi hulu sungai.

Kunci Jawaban Halaman 40-41

Ayo Menulis
Kamu telah membaca cerita "Bunga Paling Berharga"
1. Tulislah peristiwa-peristiwa yang terjadi pada cerita!
  • Bu Mala memberi sebuah buku tulis kepada seluruh siswa
  • Bu Mala memberi tugas kepada seluruh siswa
  • Murid-murid mulai menentukan rencana bagi tugas tersebut
  • Terjadi dialog/tanya jawab antara Makale, Bu Mala dan teman-teman Makale
  • Buku tulis merah milik siswa sudah terisi berbagai cerita, gambar dan foto
  • Buku tulis merah milik Makale masih kosong
  • Suatu hari terjadi hujan yang sangat deras di desa Makale
  • Benih tumbuhan di desa Makale tumbuh subur
  • Makale memetik sekuntum bunga merah
  • Makale berhasil membuat tugas dengan mengisi buku merah dengan satu bunga
2. Tuliskan urutan-urutan peristiwa pada cerita!
  • Makale tinggal di sebuah desa yang selalu kekeringan
  • Bu Mala memberi tugas dengan memberi seluruh siswa masing-masing sebuah buku tulis
  • Nola ingin menulis catatan harian, Wendi ingin menggambar wajah setiap orang yang ditemui, Makale ingin membuat herbarium
  • Makale ingin membuat herbarium karena seorang pelancong menunjukkan buku herbarium yang sangat indah
  • Bu Mala heran mendengar Makale ingin membuat herbarium
  • Bu Mala memberitahu Makale bahwa untuk membuat herbarium membutuhkan banyak daun
  • Teman-teman Makale menanyakan di mana tempat Makale mendapatkan bunga
  • Makale yakin akan mendaptkan bunga walaupun daerahnya jarang ada tumbuhan
  • Waktu terus berlalu, buku Makale masih kosong
  • Pada suatu hari daerah Makale turun hujan yang sangat deras, sehingga tumbuhan dan bunga memenuhi petak kebun
  • Makale memetik sekuntum bunga merah kemudian menempelkannya di dalam buku
  • Hari berikutnya bunga-bunga di kebun telah layu karena terbakar matahari
  • Makale gembira karena sudah membuat herbarium dan dan menunjukkannya kepada bu Mala
  • Bu Mala membuka buku tulis merah milik Makale yang berisi satu bunga di dalamnya
  • Bunga tersebut merupakan bunga paling berharga karena hanya mekar sehari dalam setahun
3. Tulislah kembali cerita tersebut dengan bahasamu sendiri. Tuliskan dengan ejaan yang benar!
Makale tinggal di desa yang selalu kekeringan sehingga tidak banyak tumbuhan. Suatu hari bu Mala memberi tugas kepada semua siswa dengan memberi sebuah buku  kepada masing-masing siswa. Siswa sudah mempunyai rencana masing-masing dengan tugas tersebut. Bu Mala heran ketika mengetahui rencana tugas yang akan dilakukan Makale, yaitu membuat herbarium. Bu Mala dan teman-teman Makale heran bagaimana Makale nantinya dalam membuat herbarium. Makale tetap optimis bisa membuat herbarium. Pada suatu hari daerah Makale turun hujan deras, sehingga benih tumbuhan dan bunga-bunga bermunculan memenuhi petak kebun. Makale sangat gembira melihat keadaan tersebut dan memetik sebuah bunga kemudian menempelkannya dalam buku. Makale gembira karena berhasil membuat herbarium dan menunjukkannya kepada Bu Mala. Bunga tersebut merupakan bunga paling berharga karena hanya mekar sehari dalam setahun.

Hal 42⏩
⏪Hal 34

Pentingnya Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Indonesia Hal 63-70

PENTINGNYA PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA

KELAS 6 TEMA 9 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6 HALAMAN 63, 66, 67, 70

halaman 63 pb 6 st 1 tm 9 kls 6

Kunci Jawaban Halaman 63

Perhatikan gambar kegiatan berikut ini dengan saksama. Lalu, diskusikan pendapatmu dengan teman sekelompokmu tentang peristiwa dalam gambar dengan upaya keteraturan yang diupayakan masyarakat
Gambar 1 menunjukkan tentang keteraturan yang terjadi saat pengunjung kebun binatang sedang antri untuk membeli tiket. Tidak ada desak-desakan untuk saling mendahului antar pengunjung yang ingin membeli tiket, sehingga tidak terjadi konflik diantara mereka. Dengan tidak ada/berkurangnya konflik, maka diharapkan akan muncul persatuan dan kesatuan di kalangan masyarakat
Gambar 2 menunjukkan keteraturan dalam berbaris saat siswa mengikuti kegiatan upacara/kegiatan yang lain. Dengan adanya keteraturan tersebut maka diharapkan akan muncul kebersamaan dan kekeluargaan tanpa adanya diskriminasi, sehingga akan muncul sikap persamaan derajat, yang pada akhirnya akan menimbulkan sikap persatuan dan kesatuan di kalangan siswa.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 66

Ayo Berdiskusi
A. Bersama kelompokmu, lakukanlah kegiatan sebagai berikut :

  1. Bacalah kembali bacaan "Pentingnya persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia" dengan saksama. Tentukan beberapa informasi-informasi penting yang terdapat di dalam bacaan.
  2. Gunakan tabel berikut ini untuk mengingat ide-ide pokok dari bacaan tersebut.
  3. Diskusikan bersama dengan kelompokmu peristiwa-peristiwa yang terjadi yang menunjukkan pentingnya persatuan dan kesatuan bagi diri sendiri, masyarakat serta bangsa dan negara. Kamu dapat menggunakan berbagai sumber informasi untuk menjelaskan peristiwa tersebut
  4. Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas dengan memberikan kesempatan kelompok lain untuk memberikan pertanyaan berdasarkan presentasimu.
kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 6 halaman 66
Kunci Jawaban Halaman 67

B. Dari hasil diskusi dan presentasi dari kelompokmu dan kelompok lain, catatlah hal-hal menarik dan tuliskanlah pertanyaan yang berhubungan dengan isi presentasi tersebut. Catat dan tuliskanlah di tempat yang tersedia.
Hal menarik :
  • Pentingnya persatuan dan kesatuan
  • Keteraturan
  • Budaya antri
  • Gotong royong
  • Peran sikap jujur
Pertanyaanku :

  • Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia?
  • Apa sebab keteraturan di sebagian besar masyarakat masih kurang?
  • Mengapa budaya antri di negara Indonesia masih sangat rendah dibandingkan dengan negara lain?
  • Apa yang dimaksud dari gotong royong?
  • Mengapa sikap jujur sangat penting dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa?
Kunci Jawaban Halaman 70

Lengkapi diagram berikut ini!
kunci jawaban kelas 6 tema 9  subtema 1 pembelajaran 6 halaman 70
Tuliskan ringkasanmu di sini
Wina mendapat tugas menulis cerpen yang harus segera dikumpulkan esok hari. Untuk mempersingkat waktu, Wina menyalin cerpen dari majalah lama. Esok paginya Wina mengumpulkan tugasnya kepada Boy, si ketua kelas. Tera sebagai teman sebangku menyarankan agar Wina tidak melakukan plagiat.
Ketika Ibu Indi sebagai guru membagikan tugas menulis cerpen yang sudah diperiksan, bu Indi memberi penghargaan kepada Wina berkat tulisan cerpennya yang bagus dan meminta Wina maju ke depan untuk membacakan cerpennya. Wina kemudian berkata jujur kepada bu Indi dan semua teman-temannya kalau karya cerpennya adalah hasil menyalin dari cerpen majalah lama. Bu Indi dengan bijaksana tidak marah, tetapi tetap memberi hukuman yang adil kepada Wina untuk membuat cerpen lagi untuk dikumpulkan esok harinya, dan Wina dengan senang hati menerima hukuman tersebut. 

B. Lengkapilah tabel berikut ini berdasarkan cerita di atas. Jelaskan setiap tokoh tambahan yang ada di dalam cerita dengan wataknya sesuai dengan imajinasimu berdasarkan cerita di atas.
kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 6 halaman 70
Hal 73⏩
⏪Hal 62