SMART QUEEN CLUB

Selamat datang di blog kami

Jumat, 22 Februari 2019

Informasi Gerhana Bulan Halaman Hal 102-106

INFORMASI GERHANA BULAN

KELAS 6 TEMA 8 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2 HALAMAN 102, 104, 106

kata kunci dan informasi penting yang kamu temukan pada tiap paragraf

Kunci Jawaban Halaman 102

Teks bacaan di atas terdiri dari tiga paragraf yang memiliki gagasan pokok yang berbeda. Bacalah kembali masing-masing paragraf. Carilah informasi penting dari paragraf tersebut yang bisa disajikan melalui gambar (visual) dan sajikan kembali informasi tersebut secara visual
Kunci jawaban kelas 6 tema 8 subtema 3 pembelajaran 2 halaman 102

Informasi penting yang dapat disajikan melalui gambar (visual)
Paragraf 1 :
Gerhana bulan terjadi ketika kedudukan Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk garis lurus. Kedudukan Bumi berada di antara Bulan dan Matahari

Paragraf 2 :
Bumi menghalangi sinar Matahari yang menuju ke Bulan
Kunci jawaban tematik kelas 6 tema 8 subtema 3 pembelajaran 2 hal 102

Paragraf 3 :
Bulan tertutup sedikit demi sedikit oleh bayangan Bumi, semakin lama Bulan akan terlihat menyabit, Bulan akan tampak menghilang karena tertutup bayangan Bumi, Bulan akan muncul kembali dari arah pertama kali Bulan menghilang
bulan tertutup sedikit demi sedikit oleh bayangan bumi

Kunci Jawaban Tematik Halaman 104

Lakukan kembali pada halaman 96-98. Pada kesempatan ini, fokuskan pengamatanmu pada posisi bulan. Buatlah kelompok kerja yang terdiri atas lima siswa. Bagaimanakah kenampakan bulan dari bumi?
Pilihlah salah satu kegiatan di bawah ini!
Siapkan alat dan bahannya dan ikuti petunjuk kegiatan secara runut.
1. Kegiatan A
Alat dan bahan :
- Senter (model matahari)
- Bola plastik ukuran kecil/bola tenis (model bulan)
- Bola plastik ukuran besar/globe (model bumi)
Langkah kegiatan
- Bagilah tanggung jawab dalam kelompokmu
1 orang memegang senter (matahari)
1 orang memegang bola plastik kecil (bulan)
1 orang memegang bola plastik besar (bumi)
1 orang memberikan instruksi untuk menyalakan/mematikan senter dan memastikan bahwa kedudukan senter, bola kecil dan bola besar mengikuti garis lurus
1 orang mengamati dan mencatat
- Buat posisi seperti pada gambar!
- Nyalakan senter dan amati apa yang terjadi
- Usahakan kamu melakukan kegiatan ini di ruang gelap
- Coba kamu perhatikan posisi bulan. Bagaimanakah kenampakan bulan dari bumi?
Sisi bola tenis (bulan) yang menghadap bumi gelap
Kunci jawaban tematik kelas 6 tema 8 subtema 3 pembelajaran 2 halaman 104
2. Kegiatan B
Alat dan bahan
- Senter
- benang
- Globe/bola ukuran besar
- bola tenis
- Dudukan bola
Langkah kegiatan
- Letakkan globe/bola besar di atas meja
- Ikatlah bola tenis dengan tali, kemudian gantungkan pada kedudukan bola
- Letakkan bola tenis di belakang globe/bola besar
- Nyalakan senter, kemudian arahkan cahaya pada bola besar/globe sehingga membentuk garis lurus
- Amati dan catatlah apa yang kamu lihat
- Usahakan kamu melakukan kegiatan ini di ruang yang gelap.
Kunci jawaban kelas 6 tema 8 subtema 3 pembelajaran 104
Lakukanlah kegiatan ini secara bergantian sehingga setiap anggota kelompok melakukan percobaan dan pengamatan.
Catatlah hasil pengamatanmu dan sajikan dalam bentuk laporan
Presentasikan laporan pengamatan dan percobaan yang kamu lakukan.
Perhatikan presentasi laporan kelompok lain yang melakukan kegiatan yang berbeda dengan kelompokmu. Bandingkan laporanmu dengan laporan kelompok tersebut.

Apakah kamu menemukan hal yang sama? 
Ya, bola tenis yang menghadap bola besar adalah gelap
Apakah kamu menemukan hal yang berbeda? 
Ya, yaitu penyebab dari asal kegelapan dari bola tenis (bulan). Kegiatan A, kegelapan pada bola tenis (bulan) yang menghadap bola besar (bumi) karena tidak mendapat sinar senter (matahari). Sedang Kegiatan B, kegelapan pada bola tenis (bulan) yang menghadap bola besar (bumi) karena tertutupi oleh bayangan dari bola besar (bumi)
Tuliskan hasil perbandinganmu di kotak yang disediakan
Persamaan yang aku temukan dari laporan kelompokku dengan laporan kelompok temanku
Pada Kegiatan A
Kenampakan bola Tenis (bulan) dari bola besar (bumi) pada sisi bola tenis (bulan) yang menghadap bumi adalah gelap. Hal ini karena sisi bola tenis (bulan) yang menghadap bumi tidak mendapat sinar matahari.
Pada kegiatan B
Kenampakan bola Tenis (bulan) dari bola besar (bumi) pada sisi bola tenis (bulan) yang menghadap bumi adalah gelap. Hal ini karena bola tenis (bulan) tidak mendapat sinar matahari dikarenakan tertutupi oleh bola besar (bumi), sehingga bayangan bola besar (bumi) menyelimuti seluruh bola tenis (bulan)

Perbedaan yang aku temukan dari laporan kelompokku dengan laporan kelompok temanku
Perbedaannya adalah penyebab dari asal kegelapan dari bola tenis (bulan). Kegiatan A, kegelapan pada bola tenis (bulan) yang menghadap bola besar (bumi) karena tidak mendapat sinar senter (matahari). Sedang Kegiatan B, kegelapan pada bola tenis (bulan) yang menghadap bola besar (bumi) karena tertutupi oleh bayangan dari bola besar (bumi)

Kunci Jawaban Halaman 106

Supaya menarik, buatlah reklame pameranmu dalam bentuk brosur, buatlah semenarik mungkin dan tempelkan di dinding kelas
Sajikan kalimat informasi dalam katalog yang kamu buat. perhatikan komposisi huruf dan gambar, kontras warna dan tata letaknya.
supaya menarik, buatlah reklame pameranmu dalam bentuk brosur, buatlah semenarik mungkin dan tempelkan di dinding kelas sajikan kalimat informasi dalam katalog yang kamu buat. perhatikan komposisi huruf dan gambar, kontras warna dan tata letaknya

Hal 107⏩
⏪Hal 100

Dampak Negatif Buang Sampah Sembarangan Hal 92

DAMPAK NEGATIF BUANG SAMPAH SEMBARANGAN

KELAS 6 TEMA 8 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6 HALAMAN 92

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 tema 8 subtema 2 Pembelajaran 6 halaman 92

Kunci Jawaban Tematik Halaman 92

Ayo Mencoba
Pameran Informasi
Tuliskan 5 informasi penting yang kamu temukan dari bacaan dalam selembar kertas kecil. Tempelkan kertas berisikan informasi tersebut di dinding kelas.
Informasi penting :
  1. Pandangan salah tentang sampah oleh sebagian masyarakat
  2. Sampah menimbulkan bau busuk (pencemaran udara)
  3. Sampah dapat menyebabkan banjir
  4. Sampah menimbulkan penyakit
  5. Sampah mencemari air (sungai dan laut)
Sajikan kembali informasi tersebut dalam bentuk infografis
Infografis
Kunci jawaban Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 92


Ayo Berlatih
Kunci jawaban kelas 6 tema 8 subtema 2 pembelajaran 6 halaman 92

Untuk mendapatkan lingkungan tempat tinggal yang nyaman, sehat, bersih, dan bebas dari sampah, tentu saja memerlukan peran serta masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut. Kamu akan bermain peran, memerankan tokoh masyarakat.
Sebagai tokoh masyarakat, kamu diminta untuk melakukan penyuluhan kepada masyarakat dan menghimbau masyarakat untuk melaksanakan tanggung jawabmu dalam menjaga lingkungan.
Ayo, persiapkan kegiatan penyuluhanmu dengan melengkapi format berikut.
Jawaban :

Tujuan Penyuluhan :
Mengurangi sampah yang dihasilkan masyarakat
Sasaran penyuluhan :
Masyarakat sekitar
Topik yang akan disampaikan melalui penyuluhan :
Bank Sampah/Daur ulang sampah
Tanggung jawab masyarakat yang akan dihimbau melalui penyuluhan :
Menjaga kebersihan lingkungan sekitar
Hal 93
Hal 89

Gerhana Bulan Kelas 6 Tema 8 Hal 83-86

GERHANA BULAN - KELAS 6 TEMA 8

SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5 HALAMAN 83, 84, 85, 86

Kunci Jawaban tematik kelas 6 tema 8 subtema 2 pembelajaran 5

Kunci Jawaban Halaman 83

Buatlah kartu informasi yang memuat informasi tentang gerakan bulan dan gerhana bulan!
Bekerjalah bersama temanmu. Gunakan bacaan yang telah kamu baca sebagai salah satu sumber informasi. Kamu dapat menggunakan sumber-sumber informasi lainnya.
Jawaban :

Gerakan Bulan
  • Berputar pada porosnya
  • Gerakannya mengitari Bumi 
  • Gerakan bulan mengelilingi bumi selama satu bulan
  • Gerakan bulan mengelilingi bumi adalah dari arah barat ke arah timur
Gerhana Bulan
  • Gerhana Bulan hanya terjadi pada pada malam hari
  • Terjadi ketika kedudukan Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk garis lurus, Bumi ada di antara Bulan dan Matahari
  • Bayang-bayang Bumi ada dua macam, yaitu Umbra dan Penumbra
  • Gerhana Bulan ada dua macam, yaitu gerhana bulan total dan gerhana bulan sebagian
Kunci Jawaban Tematik Halaman 84

Ayo Mencoba
Bekerjalah bersama kelompokmu. Lakukan kegiatan percobaan "Peristiwa Gerhana Bulan" Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan dan ikuti urutan kegiatannya secara runut.
Bekerjalah bersama kelompokmu. Lakukan kegiatan percobaan "Peristiwa Gerhana Bulan". Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan dan ikuti urutan kegiatannya secara runut
4. Posisikan Matahari, Bumi, dan Bulan dalam satu garis lurus. Nyalakan senter yang diibaratkan sebagai Matahari. Lalu, anggota Kelompok yang berperan sebagai pengamat melakukan pengamatan pada bola tenis dari sisi bola sepak yang tidak terkena cahaya. Bagaimana tampilan Bulan dari sisi bola sepak yang Gelap?
Bola tenis/Bulan tampak gelap

5. Bersama dengan anggota kelompok, diskusikan hal-hal di bawah ini.
a. Gambarkan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan saat terjadinya gerhana bulan sesuai dengan kegiatan di atas!
Kapan terjadinya peristiwa gerhana bulan?
b. Kapan terjadi peristiwa gerhana bulan?
    Jawaban :
Terjadi pada malam hari, ketika kedudukan Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk garis lurus. Kedudukan Bumi berada di antara Bulan dan Matahari
c. Apakah semua daerah di Bumi dapat menyaksikan gerhana bulan? Jelaskan!
    Jawaban :
Tidak semua daerah di Bumi dapat menyaksikan gerhana bulan, hal ini dikarenakan letak yang berbeda-beda. Berikut penjelasannya :
  • Kawasan Asia
Kawasan Asia sangat dekat dengan garis ekuator dan samudra Pasifik, gerhana bulan hampir dapat seluruhnya disaksikan disaksikan di negara Asia, terutama negara yang dilalui garis ekuator seperti Indonesia.
  • Kawasan Eropa 
Kawasan Eropa hampir seluruhnya dapat menyaksikan gerhana bulan, begitu pun dengan gerhana matahari
  • Kawasan Australia
Gerhana bulan dipastikan tidak dapat terlihat  di seluruh wilayah Australia secara bersamaan.
  • Kawasan Antartika
Pada kutub utara, gerhana bulan dapat terjadi tanpa mengenal batasan siang dan malam. Selain itu juga tanpa dibatasi terbit dan tenggelamnya bulan.
  • Kawasan Afrika
Letak dari benua Afrika yang menjauh dari garis ekuator membuat kawasan ini cukup kesulitan untuk melihat gerhana bulan, berbanding terbalik dengan gerhana matahari. Gerhana bulan hanya dapat dinikmati di beberapa negara di kawasan Afrika Timur
  • Kawasan Amerika
Hampir sama dengan benua Australia, yaitu tidak dapat melihat gerhana secara serentak di seluruh wilayah.

d. Apa yang akan terjadi pada bagian Bumi yang mengalami gerhana bulan?
    Jawaban :
  • Naiknya permukaan air laut
Gerhana bulan dapat menyebabkan naiknya permukaan air laut akibat gravitasi bulan. Jika gerhana bulan total, biasanya fenomena pasang ini akan berlangsung selama tiga hari ke depan dengan ombak yang keras
  • Penurunan suhu udara
Gerhana bulan dapat menyebabkan penurunan temperatur namun tidak begitu signifikan seperti gerhana matahari.

6. Apa yang dapat kelompokmu simpulkan dari kegiatan tersebut? Buatlah laporan hasil kegiatan tersebut yang mencakup judul, identitas kelompok, tujuan, alat, dan bahan, langkah kegiatan, hasil kegiatan, dan kesimpulan. Gunakan kertas HVS
Jawaban :

Judul :
Peristiwa Gerhana Bulan
Identitas Kelompok :
....... (relatif jawabannya, sesuai dengan nama dan anggota kelompok)
Tujuan :
Mengetahui dan memahami proses terjadinya peristiwa Gerhana Bulan
Alat & Bahan :
Senter, Bola sepak, bola tenis
langkah kegiatan :
  • Pembagian tugas anggota kelompok
1 orang memegang senter
1 orang memegang bola sepak
1 orang memegang bola tenis
1 orang sebagai pengamat dan pencatat
  • Lakukan dalam ruang gelap atau minim cahaya
  • Posisikan Senter, bola sepak dan bola tenis dalam satu garis lurus. Bola sepak ada di antara senter dan bola tenis. Nyalakan senter. Lalu pengamat melakukan pengamatan dan melakukan pencatatan pada bola tenis dari sisi bola sepak yang tidak terkena cahaya.
Hasil Kegiatan :
Bagian sisi dari Bola sepak yang tidak terkena senter menjadi gelap, dan bola tenis yang ada di belakang Bola sepak juga menjadi gelap, hal ini karena bola tenis terkena bayangan dari bola sepak yang disinari oleh senter.

Kesimpulan :
Gerhana bulan terjadi pada malam hari, ketika kedudukan Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk garis lurus, dan Bumi berada di antara  Bulan dan Matahari.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 85

kelas 6 tema 8 subtema 3 pembelajaran 5 hal 85
Perhatikan peta pikiran di atas.
Jelaskan informasi yang kamu dapatkan dari peta pikiran di atas secara tertulis.
Bumi melakukan gerak rotasi bumi dan gerak revolusi bumi. Gerak rotasi bumi adalah gerak bumi berputar pada porosnya. Sedangkan gerak revolusi bumi adalah gerak bumi mengelilingi matahari. Gerak rotasi bumi menyebabkan terjadinya siang dan malam. Sedangkan Gerak bumi mengelilingi matahari menyebabkan adanya sistem kalender masehi, gerak revolusi bumi juga menyebabkan terjadinya gerhana bulan, ketika posisi matahari, bumi dan bulan berada dalam satu garis lurus, dimana bumi berada di antara matahari dan bulan. Gerak revolusi juga menyebabkan gerhana matahari. Gerhana matahari terjadi ketika matahari, bumi dan bulan berada dalam satu garis lurus, dimana bulan berada di antara matahari dan bumi. Revolusi bumi juga menyebabkan terjadinya pergantian/perbedaan musim. Bumi memiliki satelit, yaitu bulan. Bulan sendiri mengalami pergerakan, yaitu gerakan berputar pada porosnya yang disebut gerak rotasi bulan, serta gerak revolusi bulan. Gerak revolusi bulan terbagi menjadi dua, yaitu gerak bulan mengitari bumi dan gerak bulan mengitari matahari

Kunci Jawaban Halaman 86

Berdasarkan informasi yang kamu dapatkan dari bacaan, lengkapilah peta pikiran di bawah ini dengan penjelasannya
Rotasi
  • Bulan berputar pada porosnya.
  • Jangka waktu rotasi Bulan sama dengan jangka waktu Bulan mengelilingi bumi
  • Menyebabkan permukaan Bulan yang menghadap Bumi selalu sama
Revolusi mengelilingi bumi
  • Revolusi bulan adalah gerakan bulan mengelilingi bumi.
  • Fase-fase bulan merupakan akibat dari revolusi bulan
  • Fase bulan dipengaruhi posisi bulan terhadap bumi dan matahari
Revolusi mengelilingi matahari
  • Ikut mengelilingi matahari karena bulan merupakan satelit bumi
  • Jangka waktu bulan mengelilingi matahari sama dengan jangka waktu bumi mengelilingi matahari
  • Dalam 1 tahun bulan sekali mengelilingi matahari dan 12 kali bulan bergerak mengelilingi bumi
  • Menyebabkan adanya 12 bulan dalam 1 tahun di dalam kalender.
Hal 89
Hal 81