SMART QUEEN CLUB

Selamat datang di blog kami

Kamis, 31 Januari 2019

Kunci Jawaban Halaman 46-47-49 Kelas 6 Tema 7

KUNCI JAWABAN HALAMAN 46, 47, 49

KELAS 6 TEMA 7

Kunci Jawaban Halaman 46

Tuliskan pokok-pokok pikiran dari bacaan "Komandan Damkar meninggal saat menyelamatkan anak buahnya" hal 46
Ayo Berdiskusi
Diskusikan tugas-tugas berikut bersama kelompokmu
Tuliskan pokok-pokok pikiran dari bacaan "Komandan Damkar Meninggal Saat Menyelamatkan Anak Buahnya"
Kunci Jawaban :
  1. Paragraf 1 : Petugas pemadam kebakaran (damkar) bertaruh nyawa saat memadamkan api
  2. Paragraf 2 : Kronologis/peristiwa meninggalnya pak Subandi
  3. Paragraf 3 : Pemimpin yang mampu menumbuhkan semangat anak buahnya
  4. Paragraf 4 : Pengalaman pak Suhada dalam bertugas
  5. Paragraf 5 : Tulus dan tanpa mengeluhnya pak Suhada dalam menjalankan tugas
  6. Paragraf 6 : Resiko pekerjaan pak Suhada sebagai petugas pemadam kebakaran

Kunci Jawaban Halaman 47

Kunci jawaban hal 47 kelas 6 tema 7
1. Apa yang dapat kamu teladani dari petugas pemadam kebakaran?
    Kunci Jawaban
Berani dalam menjalankan tugas, selalu bekerja sama dalam tim, rela berkorban, tulus bertugas, pantang menyerah dalam memadamkan api/menolong korban, peduli dengan sesama

2. Nilai KeTuhanan apakah yang diterapkan oleh petugas pemadam kebakaran?
    Kunci Jawaban
Berdoa sebelum bertugas, terus berdoa selama bertugas dan selalu bersyukur setelah melaksanakan tugas

3. Nilai kemanusiaan apakah yang diterapkan oleh petugas pemadam kebakaran?
    Kunci Jawaban
Rela berkorban untuk orang lain, peduli dengan sesama, selalu berusaha menolong orang lain yang terkena musibah kebakaran

4. Apa yang dapat kamu lakukan dalam upaya ikut membantu lingkunganmu menerapkan nilai-nilai
    keTuhanan dan kemanusiaan?
    Kunci Jawaban
  1. Rajin beribadah
  2. Selalu berdoa dalam segala aktivitas
  3. Selalu bersyukur
  4. Menghormati dan menghargai baik dengan yang seagama maupun dengan yang berbeda agama
  5. Rela berkorban
  6. Menengok tetangga yang sakit/terkena musibah
  7. Suka menolong tanpa pamrih
  8. Dll

Kunci Jawaban Halaman 49

kunci jawaban hal 49 tema 7 kelas 6
Ayo Menulis
Apa judul lagu tersebut
Gundul-gundul pacul

Dari daerah mana asal lagu tersebut?
Berasal dari Jateng/ Jawa Tengah

Apa nada dasar yang digunakan pada lagu tersebut?
Nada dasarnya adalah Do=C

Apa tanda tempo yang digunakan pada lagu tersebut?
Tanda tempo yang digunakan adalah 4/4 Moderato

Apa arti tanda tempo tersebut?
Arti dari tanda tempo tersebut adalah dinyanyikan dengan tempo sedang

Hal 52
Hal 44

Rabu, 30 Januari 2019

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 7 Hal 2-16

KUNCI JAWABAN KELAS 5 TEMA 7

HALAMAN 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, 16

Kunci Jawaban Halaman 2

kunci jawaban kelas 5 tema 7 hal 2
Rempah-rempah begitu melimpah di bumi Indonesia. Melimpahnya rempah-rempah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Namun, rempah-rempah yang begitu melimpah juga membuat bangsa-bangsa di Eropa berusaha untuk menguasai perdagangannya.

1. Mengapa bangsa Eropa berhasrat memonopoli perdagangan rempah-rempah?
    Kunci Jawaban :
Hal ini dikarenakan harga jual rempah-rempah di Eropa pada waktu itu sangat mahal/tinggi

2. Seberapa tinggikah nilai ekonomis rempah-rempah di mata bangsa-bangsa Eropa?
    Kunci Jawaban :
Harga dari rempah-rempah nilainya sangat menjulang tinggi, semahal emas (sama dengan harga emas). Masyarakat Eropa sangat membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak

3. Apa hubungan rempah-rempah dan penjajahan di Indonesia?
    Kunci Jawaban :
Hal ini dikarenakan bangsa Eropa mengalami kesulitan mendapatkan rempah-rempah sejak jatuhnya Konstantinopel ke tangan bangsa Turki pada tahun 1453. Sedangkan terjadi permusuhan antara bangsa Turki dengan bangsa Eropa, sehingga pasokan rempah-rempah jadi tersendat. Oleh karena itu, mereka berusaha mencari sendiri daerah penghasil rempah-rempah dengan melakukan penjelajahan-penjelajahan samudra dan melakukan penjajahan terhadap negara-negara yang kaya rempah-rempah.

Kunci Jawaban Halaman 6

Siapa yang dimaksud bangsa barat? kunci jawaban halaman 6

Ayo Berlatih
Berdasarkan bacaan di atas, isilah kolom-kolom berikut sesuai dengan pertanyaannya!

1. Siapa yang dimaksud dengan bangsa Barat?
    Kunci Jawaban :
Yang dimaksud bangsa Barat adalah bangsa-bangsa Eropa

2. Apa faktor yang melatarbelakangi bangsa-bangsa Eropa melakukan penjajahan di Indonesia?
    Kunci Jawaban :
Ingin menguasai daerah penghasil rempah-rempah

3. Kapan bangsa Barat mulai melakukan penjelajahan samudra?
    Kunci Jawaban :
Tahun 1511

4. Di mana bangsa Barat pertama kali mendarat di Indonesia?
    Kunci Jawaban :
Tidore dan Maluku

5. Mengapa bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra?
    Kunci Jawaban :
  • Mencari kekayaan (Gold)
  • Menyebarkan agama (Gospel)
  • Mencari kejayaan (Glory)
  • Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek)
6. Bagaimana kondisi rakyat yang mengalami penjajahan?
    Kunci Jawaban :
Menderita

Kunci Jawaban Halaman 7

kunci jawaban kelas 5 tema 7 halaman 7
Ayo Berdiskusi
Diskusikan teks peristiwa kedatangan bangsa Barat dengan teman sebangkumu. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut seperti di bawah ini.

Judul teks :
Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat
Bagian yang paling menarik :
  • Harga rempah-rempah sangat mahal, semahal emas
  • Bangsa Eropa yang datang pertama kali adalah Portugis/Portugal
  • Faktor-faktor penjelajahan dan penjajahan adalah 3G (Gold, Gospel, Glory) dan Iptek (Ilmu pengetahuan dan teknologi)
Informasi penting :
Faktor penjelajahan dan penjajahan bangsa Barat :
  • Mencari kekayaan (Gold)
  • Menyebarkan agama (Gospel)
  • Mencari kejayaan (Glory)
  • Iptek (Ilmu pengetahuan dan teknologi)
Pendapat saya tentang teks ini :
Bagus dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang sejarah bangsa Indonesia

Saya menyarankan/tidak menyaranka teks ini karena :
Saya menyarankan teks ini karena berisi pengetahuan yang bermanfaat tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia

Kunci Jawaban Halaman 8

kunci jawaban kelas 5 tema 7 halaman 8
kunci jawaban kelas 5 tema 7 halaman 8
Ayo Mencoba
Bersama kelompokmu, carilah informasi mengenai kedatangan tiap-tiap bangsa Eropa ke Indonesia. Informasi dapat kamu peroleh daribuku, surat kabar, majalah, atau artikel di Internet!

PORTUGIS
Tahun Kedatangan : 
1511
Tempat/Daerah : 
Pantai utara Sumatra dan daerah Malaka
Tujuan :
Mencari daerah penghasil rempah-rempah dan menguasai pelabuhan Malaka sebagai pusat perdagangan
Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi :
Jatuhnya Malaka ke tangan Portugis, membangun benteng di Ternate
Reaksi Masyarakat :
Awalnya diterima dengan baik kedatangan Portugis dan mendukung Sultan Ternate, tetapi akhirnya terjadi perlawanan terhadap Portugis yang bertindak sewenang-wenang

SPANYOL
Tahun Kedatangan :
1521
Tempat/Daerah :
Pantai Tidore, Maluku
Tujuan :
Menyebarkan agama dengan strategi misionaris
Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi :
Meletakkan dasar-dasar agama di Ambon, Ternate dan Morotai
Reaksi masyarakat :
Awalnya diterima dengan baik, tetapi akhirnya terjadi perlawanan rakyat

BELANDA
Tahun Kedatangan : 
1596
Tempat/Daerah : 
Pelabuhan Banten
Tujuan : 
Mencari daerah penghasil rempah-rempah
Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi :
Pembentukan VOC, pembentukan pemerintahan kolonial Belanda
Reaksi Masyarakat :
Awalnya diterima dengan baik, tetapi akhirnya terjadi perlawanan rakyat

Kunci Jawaban Halaman 9

Kunci jawaban halaman 9 kelas 5 tema 7
Ayo Menulis
Salah satu latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia adalah semboyan 3G (Gold, Gospel, Glory)
Tuliskan kembali arti Gold, Gospel, dan Glory pada kolom berikut!
Kunci Jawaban

Gold : Adanya keinginan untuk mencari kekayaan
Gospel : Adanya keinginan untuk menyebarkan agama
Glory : Adanya keinginan untuk mencari kejayaan

Tuliskan pendapatmu mengenai semboyan 3G tersebut
Kunci Jawaban 

Tidak setuju dengan semboyan 3G

Sangat tidak setuju, dikarenakan akibat semboyan 3G tersebut rakyat Indonesia menjadi menderita, diantaranya :
  1. Kekayaan yang ada di Indonesia dikuras habis-habisan oleh bangsa Eropa tanpa peduli atas akibat yang ditimbulkan terhadap kehidupan rakyat Indonesia
  2. Dengan adanya pemaksaan terhadap agama tertentu kepada rakyat Indonesia
  3. Rakyat Indonesia menjadi sangat tertindas, menjadi budak di negeri sendiri, kekuasaan bangsa Eropa di Indonesia menjadi tidak terbatas/tidak terkendali dan merusak hak asasi rakyat pribumi

Kunci Jawaban Halaman 10

kunci jawaban halaman 10 kelas 5 tema 7
Ayo Berlatih
Buatlah pengandaian berkaitan dengan peristiwa kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia!

Seandainya aku menjadi rakyat Indonesia pada masa itu, aku akan MENOLAK kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia.
Penjajah MENYENGSARAKAN kehidupan rakyat Indonesia
Sikap para penjajah awalnya BAIK. Namun, pada akhirnya, kelihatan juga sifat aslinya, yaitu MENINDAS DAN KEJAM

Kunci Jawaban Halaman 13, 14, 15, 16

isi pertanyaan halaman 13 tema 7 kelas 5
Diskusikan
1. Apakah ujung pensil berubah bentuk setelah diraut?
    Kunci Jawaban :

Ya, berubah ujung pensilnya setelah diraut

2. Apakah ujung karet penghapus pensil berubah bentuk setelah digosokkan?
    Kunci Jawaban :

Ya, berubah bentuk setelah digosokkan

3. Apakah kesimpulanmu?
    Kunci Jawaban :

Suatu benda padat dapat diubah dengan perlakuan tertentu, seperti diberi panas, diberi tekanan yang tinggi, atau diberi perlakuan secara fisik (menggunting, menekan, melipat/menyobek)

kunci jawaban halaman 14 kelas 5 tema 7
Diskusikan
1. Bagaimana bentuk permukaan air di gelas saat sebelum maupun sesudah dimiringkan?
    Kunci Jawaban:
Tetap mendatar bentuk permukaan airnya, baik sebelum maupun sesudah dimiringkan

2. Apakah yang terjadi ketika air dituangkan ke dalam wadah yang lain?
    Kunci Jawaban :
Maka bentuk dari air mengikuti wadahnya

3. Bagaimana cara air tersebut dapat mengalir?
    Kunci Jawaban :
Sifat air adalah mengalir ke tempat yang lebih rendah

4. Apa yang terjadi ketika air dituang ke atas tanah? kemanakah air itu mengalir?
    Kunci Jawaban :
Air akan meresap ke dalam tanah, mengalir ke tempat yang lebih rendah, sehingga air di permukaan tanah tersebut lama-lama akan habis

5. Bagaimana cara air tersebut dapat mengalir?
    Kunci Jawaban :
Cara air mengalir adalah Air mengalir ke tempat yang lebih rendah

6. Apa yang terjadi ketika air dituangkan ke atas tanah? Ke manakah air itu mengalir?
   Kunci Jawaban :
Lama-lama air akan habis. Hal ini dikarenakan air ternyata masuk ke dalam tanah melalui celah-celah/pori-pori dalam tanah (meresap)

7. Apakah kesimpulanmu?
   Kunci Jawaban
Bahwa sifat dari benda cair adalah bentuknya tidak tetap, selalu mengikuti bentuk wadahnya, bentuk dari permukaan air adalah datar, benda cair bersifat mengalir ke tempat lebih rendah, menekan ke segala arah serta meresap melalui pori-pori/celah-celah
kunci jawaban halaman 16 kelas 5 tema 7
Diskusikan
1. Apakah yang terjadi pada saat kamu membenamkan gelas tersebut? Mengapa
    Kunci Jawaban 
Gelas akan terangkat kembali, karena mendapat tekanan/dorongan udara yang terperangkap dalam gelas tersebut

2. Apa yang terjadi pada saat gelas dimiringkan? Mengapa hal itu terjadi?
    Kunci Jawaban
Akan keluar gelembung udara, karena dalam gelas berisi udara yang terperangkap

3. Apakah Kesimpulanmu dari percobaan ini?
    Kunci Jawaban
Bahwa sifat benda gas adalah mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya, benda gas menekan ke segala arah

4. Berdasarkan percobaan di atas, buatlah sebuah laporan percobaan dengan menggunakan poster. 
    Dalam poster, jelaskan perbedaan sifat ketiga wujud benda tersebut. Lengkapi dengan gambar dan 
    keterangan yang diperlukan untuk menjelaskannya. Presentasikanlah postermu di dalam sebuah 
    kegiatan galeri berjalan dengan percaya diri
kunci jawaban hal 16 kelas 5 tema 7

Sifat Benda-benda yang ada di sekitar kita itu berbeda-beda. Pada umumnya benda di sekitar kita terbagi atas 3 jenis, yaitu padat, cair, dan gas. Setiap benda-benda tersebut mempunyai sifat yang berbeda juga. Untuk benda padat, sifat bentuk benda padat adalah tetap. Benda padat bisa dirubah bentuknya dengan perlakuan tertentu, seperti ditumbuk, dipotong atau digosok. Sifat benda cair adalah bentuknya tidak tetap, mengikuti bentuk wadahnya, bentuk permukaan benda cair yang tenang selalu datar, selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah serta dapat meresap melalui celah-celah kecil. Adapun sifat dari benda gas adalah mengisi seluruh ruangan yang ditempati serta selalu menekan ke segala arah. 

Hal 17⏩

Kunci Jawaban Kelas6 Tema7 Subtema1 Hal16-21

KUNCI JAWABAN KELAS 6 TEMA 7

SUBTEMA 1 HALAMAN 16-21

Ayo berdiskusi lakukan bersama kelompokmu bacalah teks pidato di atas identifikasi info-info berikut

Kunci Jawaban Halaman 16

identifikasilah info-info berikut pembicara pidato pendengar pidato tempat pidato suasana poin penting
Ayo Berdiskusi
Lakukanlah bersama kelompokmu
1. Bacalah teks pidato di atas
2. Identifikasilah info-info berikut
    - Pembicara Pidato :
      Siswa
    - Pendengar Pidato :
      Siswa
    - Tempat Pidato :
      Sekolah
    - Suasana saat disampaikannya pidato :
      Tenang mendengarkan pidato
    - Poin-poin penting isi Pidato :
1. Salam pembuka
2. Pendahuluan
    - Menyampaikan tentang bersejarahnya tanggal 21 April
3. Inti
    - Memaknai hari Kartini dengan meningkatkan peran wanita demi kemajuan bangsa
4. Penutup
5. Salam penutup

Kunci Jawaban Halaman 17

kunci jawaban kelas 6 tema 7 hal 17
Ayo Mencoba
Pada pembelajaran 1, kamu telah membuat konsep pidato berdasarkan bacaan. Sekarang, buatlah konsep pidato dengan menuliskannya dalam bentuk skema seperti berikut.

RANCANGAN KONSEP PIDATO
Tema : 
Peringatan Hari Kartini
Judul :
Makna Hari Kartini
Poin-poin penting isi pidato :
- Salam Pembuka
- Pendahuluan
  Menyampaikan tentang bersejarahnya tanggal 21 April
- Inti
  Memaknai Hari Kartini dengan meningkatkan peran wanita demi kemajuan bangsa
- Penutup
- Salam penutup

Kunci Jawaban Halaman 19

kunci jawaban kelas 6 tema 7 hal 19
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks.
1. Informasi penting tentang Raden Ajeng Kartini
  • Lahir di Jepara, 21 April 1879
  • Keluarga bangsawan, Putri dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, anak ke-5 dari 11 Saudara
  • Menempuh pendidikan hingga umur 12 tahun di ELS (Europese Lagere School)
  • Menikah dengan K.R.M Adipati Ario Singgih Djoyo Adhiningrat saat umur 24 tahun.
  • Meninggal pada tanggal 17 September 1904 pada usia 25 tahun
  • Berdasarkan surat-surat Kartini kepada teman-teman Belandanya, maka terbitlah buku "Habis Gelap Terbitlah Terang"
  • Tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini
2. Sikap-sikap yang dapat kamu teladani dari Raden Ajeng Kartini
  • Peduli terhadap sesama, terutama kaum perempuan Indonesia
  • Mudah bergaul
  • Patuh dengan orang tua
  • Penuh semangat
  • Pekerja keras pantang menyerah
  • Berpikiran maju

Kunci Jawaban Halaman 20

Kunci jawaban halaman 20 kelas 6 tema 7
Ayo Berdiskusi
Apa perbedaan fisik perempuan sebelum dan setelah masa pubertas? Diskusikan bersama teman sekelompokmu, lalu bacakan hasilnya di depan kelompok-kelompok lain.
Kunci Jawaban :

Perbedaan fisik perempuan sebelum dan sesudah pubertas :
  1. Sebelum pubertas suara belum melengking, setelah pubertas suara melengking
  2. Sebelum pubertas pinggul belum membesar/melebar, setelah pubertas pinggul membesar/melebar.
  3. Sebelum pubertas belum tumbuh rambut di sekitar ketiak dan alat kelamin, setelah pubertas tumbuh rambut di sekitar ketiak dan alat kelamin
  4. Sebelum pubertas dada belum membesar, setelah pubertas dada mulai membesar
  5. Sebelum pubertas belum ada jerawat, setelah pubertas terkadang tumbuh jerawat

Kunci Jawaban Halaman 21

Kunci jawaban halaman 21 kelas 6 tema 7
Ayo Berkreasi
Pada pembelajaran 1 kamu telah menuliskan rencana pembuatan karya poster/buklet tentang cara menyikapi masa pubertas dengan memperhatikan ciri-cirinya. Sekarang, wujudkan karyamu dengan membuat karya poster/buklet tersebut. Kerjakan dengan sungguh-sungguh dan sebaik mungkin. Selamat berkarya

Contoh Poster/buklet Pubertas
kunci jawaban halaman 21 kumpulan contoh poster


kunci jawaban halaman 21 tema 7 kelas 6
tips pubertas - kumpul gambar
Ayo Renungkan
Apa yang telah kamu pelajari pada hari ini?

Hari ini saya belajar tentang :
  • Mengidentifikasi interval nada dengan benar
  • Perbedaan fisik ciri  perempuan sebelum dan setelah pubertas
  • Isi teks pidato
Hal 22⏩
⏪Hal 12

Selasa, 29 Januari 2019

Persami Pertama Dea Hal 213-214

PERSAMI PERTAMA DEA

HALAMAN 213-214 KELAS 5 TEMA 6

kunci jawaban kelas 5 tema 6 hal 212-213-214

Kunci Jawaban Halaman 213

Gunakan tabel berikut ini untuk membantumu menjelaskan isi cerita di atas. Lalu, ceritakanlah isi cerita di atas kepada teman-teman dalam kelompokmu!
kunci jawaban hal 213 kelas 5 tema 6
Kunci Jawaban :

Judul cerita :
Persami Pertama Dea
Pengarang :
Niken Ari
Tokoh Utama :
Dea
Tokoh lain :
Ayah Dea, Kak Firman, Kak Sari, Fina, Lulu, Ayu, Isma
Di manakah cerita ini terjadi?
Daerah Cipayung, Jakarta Timur
Apa yang terjadi dengan tokoh utama?
Dea kesal mengikuti kegiatan persami di sekolah
Mengapa hal itu terjadi?
Dea tidak dapat menonton kartun favoritnya karena wajib mengikuti persami sekolah
Bagaimana masalah dalam cerita ini diselesaikan?
Dea terhibur karena kegiatan persami sekolah sangat mengasikkan, sehingga kekesalan Dea karena tidak bisa melihat kartun favoritnya langsung hilang.
Kapankah waktu terjadinya cerita ini?
Sore hari dan Malam hari
Pesan apakah yang kamu dapatkan dari cerita di atas?
Kegiatan persami sangat mengasikkan, karena penuh kegiatan yang menghibur

Kunci Jawaban Halaman 214

Gunakanlah tempat yang tersedia di bawah ini untuk menggambarkan sebuah peristiwa perpindahan panas melalui konveksi, radiasi dan konduksi. Berilah catatan pada gambar untuk memperjelasnya. Gambarlah dengan menggunakan media kering dengan menggunakan alat dan bahan yang ada di sekitarmu. Jelaskanlah gambarmu kepada teman di dalam kelompokmu dengan percaya diri

Perpindahan panas secara Konveksi
kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 214
Angin darat terjadi karena udara di darat pada malam hari lebih cepat dingin daripada udara di laut, sehingga udara yang berada di atas laut akan naik dan udara dari darat akan menggantikan posisi udara yang naik tadi. Angin laut terjadi karena pada siang hari daratan lebih cepat panas dipandingkan di laut, sehingga udara di darat akan naik dan udara dari laut akan mengalir ke darat menggantikan tempat udara yang naik tadi.

Perpindahan panas secara radiasi
kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 214
Ketika kita berada dekat dengan api unggun, maka kita akan terasa hangat. Makin dekat dengan sumber panas/api unggun, maka badan makin hangat. Kalor dari api unggun sampai ke tubuh tanpa melalui zat perantara. Perpindahan panas seperti ini dikatakan perpindahan kalor secara radiasi

Perpindahan panas secara konduksi
Kunc jawaban halaman 214 kelas 5 tema 6
Perpindahan kalor tanpa memindahkan zat perantaranya. Pada peristiwa perpindahan kalor secara konduksi, yang berpindah hanya energi kalornya saja. Umumnya, perpindahan kalor secara konduksi terjadi pada zat padat.

Laut Kita Penuh Harta Karun Hal 210-211

LAUT KITA PENUH HARTA KARUN

HALAMAN 210-2011 KELAS 5 TEMA 6

Kunci Jawaban Halaman 210

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 210-211

Kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 hal 210-211
Gunakanlah tabel berikut ini untuk membantumu menjelaskan isi cerita di atas. Lalu ceritakanlah isi cerita di atas kepada teman-teman dalam kelompokmu!

Judul cerita :
Laut Kita Penuh Harta Karun
Pengarang :
Erlita Pratiwi
Tokoh Utama :
Nara
Tokoh lain :
Ayah, Om Beny
Di manakah cerita ini terjadi?
Pelabuhan Tanjung luar, Lombok Timur
Apa yang terjadi dengan tokoh utama?
Nara sedih karena potensi sumber daya laut Indonesia yang sangat besar, dan sampai sekarang masih belum dimanfaatkan secara optimal
Mengapa hal ini terjadi?
Belum siapnya generasi Indonesia dalam mengolah kekayaan hasil laut
Bagaimana masalah dalam cerita ini diselesaikan?
Nara bertekad belajar dengan rajin supaya saat besar dia termasuk generasi yang mampu mengelola kekayaan laut Indonesia dengan baik.
Kapankah waktu terjadinya cerita ini?
Minggu pagi yang cerah
Pesan apakah yang kamu dapatkan dari cerita di atas?
Sumber daya kelautan Indonesia wajib ditangani secara optimal oleh generasi Indonesia agar negara Indonesia bisa menjadi sejahtera

Kunci Jawaban Halaman 211

kunci jawaban hal 211 tema 6 kelas 5
Perhatikanlah beberapa kata yang dicetak tebal pada bacaan di atas. Catatlah, dan cari artinya dari Kamus Besar Bahasa Indonesia. Lalu, buatlah paling sedikit dua kalimat menggunakan kata-kata tersebut. Jangan lupa gunakan kalimat lengkap dan kata-kata baku. Gunakanlah tabel berikut ini untuk mengerjakannya. Tukarkan dengan teman sebangkumu untuk saling memeriksa hasil pekerjaanmu.
Kunci Jawaban :

LAUT
Arti :
Kumpulan air asin dalam jumlah yang banyak dan luas yang menggenangi dan membagi daratan atas benua/pulau
Kalimat :
  • Kerang mutiara dibudidayakan di tengah laut
  • Pengeboran lepas pantai adalah pengeboran minyak bumi yang ada di laut
MUTIARA
Arti :
Permata berbentuk bulat serta keras, yang berasal dari kerang mutiara
Kalimat :
  • Salah satu kekayaan laut Indonesia adalah kerang mutiara
  • Indonesia adalah salah satu penghasil mutiara terbesar di dunia
SINAR X
Arti :
Sinar Rontgen/ Sinar listrik yang dapat menembus benda padat selain logam
Kalimat :
  • Keretakan tulang manusia dapat diketahui dengan menggunakan Sinar-X
  • Wilhelm Conrad Rontgen adalah penemu Sinar-X
KERANG
Arti :
Termasuk keluarga tiram yang merupakan binatang lunak yang hidup di air/laut
Kalimat :
  • Salah satu jenis kerang yang dibudidayakan di Indonesia adalah Kerang mutiara
  • Kerang mutiara termasuk hewan yang tidak bertulang belakang
POTENSI
Arti :
Kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan; daya; kesanggupan
Kalimat :
  • Potensi laut Indonesia belum digarap secara maksimal
  • Potensi perikanan di Indonesia sangat besar sehingga sering terjadi pencurian ikan oleh nelayan dari negara lain

Hal 213⏩

Pahlawan Buku Halaman 204-205

PAHLAWAN BUKU

HALAMAN 204-205 KELAS 5 TEMA 6

isi jawaban kelas 5 tema 6 hal 204-205

Halaman 204-205

gunakan tabel berikut ini untuk membantumu menjelaskannya. apa yang terjadi degan tokoh utama isi tabel halaman 204-205
Gunakan tabel berikut ini untuk membantumu menjelaskannya. Lalu ceritakanlah isi cerita di atas kepada teman-teman dalam kelompokmu!

Judul Cerita :
Pahlawan Buku
Pengarang :
Ganda Rudolf
Tokoh utama :
Nur dan sekar
Tokoh lain :
Bu Maya
Di manakah cerita ini terjadi? :
Salah satu sekolah dasar di Kebumen, Jawa Tengah
Apa yang terjadi dengan tokoh utama?
Nur dan sekar melihat banyak buku yang rusak di perpustakaan 
Mengapa hal itu terjadi? :
Rusaknya buku perpustakaan karena para peminjam kurang bertanggung jawab dengan tidak memperlakukan buku dengan baik
Bagaimana masalah dalam cerita ini diselesaikan? :
Bukur yang rusak dipinjam oleh Nur dan Sekar untuk diperbaiki 
Kapan waktu terjadinya cerita ini? :
Jam istirahat
Pesan apakah yang kamu dapatkan dari cerita di atas? :
Semua anggota masyarakat harus melaksanakan kewajibannya dengan baik, sehingga bisa memperoleh haknya dengan baik pula

Pernahkah kamu mengunjungi perpustakaan sekolahmu? Perhatikan siapa saja yang terlibat di perpustakaan. Lalu, cari tahu peran mereka masing-masing hak dan kewajibannya. Perhatikan juga kemungkinan yang terjadi jika salah satu dari yang terlibat di perpustakaan tidak melakukan tanggung jawabnya. Gunakan tabel berikut ini untuk membantumu. Setelah itu, jelaskanlah hasil pekerjaanmu kepada teman sebangkumu!

ORANG YANG TERLIBAT DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH

PETUGAS PERPUSTAKAAN :
Peran : 
Memberikan pelayanan kepada pengunjung perpustakaan
Hak : 
Mendapat insentif/imbalan atas pekerjaanya, berhak menegur pengunjung yang kurang disiplin
Kewajiban :
Memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pengunjung perpustakaan

PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN :
Peran : 
Menggunakan buku perpustakaan sebagai sumber informasi
Hak : 
Mendapatkan buku yang dibutuhkan
Kewajiban :
Mematuhi semua peraturan yang ada di perpustakaan, termasuk menjaga buku yang dipinjam/dibaca tetap baik

PENJAGA SEKOLAH
Peran : 
Membantu petugas perpustakaan
Hak : 
Mendapat insentif/imbalan atas pekerjaannya, menegur siswa yang tidak tertib, seperti membuang sampah sembarangan, mencoret-coret tembok perpustakaan dan lain-lain
Kewajiban :
Menjaga ketertiban dan kebersihan perpustakaan

Kemungkinan yang terjadi jika salah satu orang yang terlibat di dalam perpustakaan tidak melaksanakan tanggung jawabnya :
  • Jika petugas perpustakaan tidak melaksanakan tanggung jawabnya, maka pengunjung perpustakaan akan kecewa karena buku yang dibutuhkan tidak ditemukan. 
  • Jika penjaga sekolah tidak melaksanakan tanggung jawabnya, maka ketertiban, seperti kebersihan di perpustakaan tidak terjaga/kotor.
  • Jika pengunjung perpustakaan tidak melaksanakan tanggung jawabnya, maka buku yang ada bisa rusak bahkan hilang

Senin, 28 Januari 2019

Pelajaran Untuk Mira Halaman 216-2017

PELAJARAN UNTUK MIRA

HALAMAN 2016-2017 KELAS 5 TEMA 6

jawaban hal 216-2017 kls 5 tema 6
Gunakanlah tabel berikut ini untuk membantumu menjelaskan isi cerita di atas. Lalu, ceritakanlah isi cerita di atas kepada teman-teman dalam kelompokmu!

Judul Cerita :
Pelajaran untuk Mira
Pengarang :
Dyah laksmi nur jannah
Tokoh Utama :
Mira
Tokoh lain
Ibu Mira dan Ratna
Di Manakah cerita ini terjadi?
Pinggiran Jakarta
Apa yang terjadi dengan tokoh utama?
Mira tidak mau/enggan sarapan yang dibuatkan ibunya
Mengapa hal itu terjadi?
Karena keinginan Mira untuk sarapan tidak sesuai dengan kenyataan serta Mira kurang menghargai hasil masakan ibunya
Bagaimana masalah dalam cerita ini diselesaikan?
Setelah mendengar cerita dari Ratna yang kangen dengan masakan ibunya yang sudah meninggal, Mira baru tersadar dan ingin menemui ibunya untuk meminta maaf dan berterima kasih karena telah merawatnya selama ini.
Kapankah waktu terjadinya cerita ini?
Pagi hari di rumah dan saat istirahat di sekolah
Pesan apakah yang kamu dapatkan dari cerita di atas?
Bahwa kita harus selalu menghargai dan berterima kasih kepada orangtua kita, terutama ibu yang telah selalu menyayangi dan merawat kita.

Negeri kita kaya akan budaya dan karya seni, termasuk lagu daerah dan karya seni tari. Pilihlah satu lagu daerah dan tari yang berasal dari Betawi atau dari daerah di Indonesia yang belum kamu kunjungi. Carilah Informasi tentang keduanya  dari berbagai sumber yang tersedia. Lalu gunakan tabel berikut ini untuk mengerjakannya sesuai pertanyaan yang tersedia.

Nama lagu daerah :
Gundhul-gundhul Pacul
Asal :
Jawa Tengah
Lirik lagu :
Gundhul-gundhul pacul, gembelengan
Nyunggi-nyunggi wakul-kul, gembelengan
Wakul ngglimpang segane dadi sak latar
wakul ngglimpang segane dadi sal latar
Dimainkan pada tangga nada :
Pelog
Makna lagu :
Gundul-gundul cangkul, sembrono
Membawa bakul di atas kepala dengan sembrono
Bakul terguling nasinya tumpah sehalaman
Bakul terguling nasinya tumpah sehalaman

Nama lagu daerah :
Lir Ilir
Asal :
Jawa Tengah
Lirik lagu :
Lir ilir lir ilir
Tandure wes sumilir
Tak ijo royo-royo
Tak sengguh temanten anyar
Bocah angon, bocah angon
Penekna blimbing kuwi
Lunyu-lunyu penekna
Kanggo mbasuh dodotira
Dodotira-dodotira
Kumintir bedah ing pinggir
Dondomana, jlumatana
kanggo seba mengko sore
Mumpung padang rembulane
Mumpung jembar kalangane
Yo surak'o surak hiyo
Dimainkan pada tangga nada :
Slendro
Makna lagu :
Bangunlah, bangunlah
Tanaman sudah bersemi
Demikian menghijau
Bagaikan pengantin baru
Anak gembala, anak gembala
Panjatkan pohon belimbing itu
Biar licin dan susah tetaplah kau panjat
Untuk membasuh pakaianmu
Pakaianmu, pakaianmu
Terkoyak-koyak di bagian samping
Jahitlah, benahilah
Untuk menghadap nanti sore
Mumpung bulan bersinar terang
Mumpung banyak waktu luang
Ayo bersoraklah dengan sorakan Iya

Nama lagu daerah :
Gambang Suling
Asal :
Jawa Tengah
Lirik lagu :
Gambang suling ngumandang swarane
Tulat-tulit kepenak unine
Unnine mung nrenyuh ake
Barengan lan kentrung ketipung suling
Sigrak kendangane
Dimainkan pada tangga nada :
Slendro
Makna lagu :
Gambang suling berkumandang suaranya
Tulat-tulit enak bunyinya
Bunyinya hanya mengharukan
Bersama kentrung ketipung suling
Mantap bunyi gendangnya


Nama Tari Daerah :
Jaipong
Asal :
DKI Jakarta
Pola Lantai :
Garis lurus dan garis lengkung
Makna Tari :
Tari Jaipong merupakan tarian dengan isi cerita tentang perjuangan Pangeran Jayakarta, merupakan tarian digabung dengan seni drama

Nama Tari Daerah :
Saman
Asal :
Naggroe Aceh Darussalam
Pola Lantai :
Garis horizontal
Makna Tari :
Tarian dengan misi dakwah, mencerminkan keagamaan, akhlak, pendidikan, kepahlawanan dan kebersamaah dalam kekompakan gerakan

Nama Tari Daerah :
Tari Topeng Betawi
Asal :
DKI Jakarta
Pola Lantai 
Garis Lurus
Makna Tari :
Berdasarkan kepercayaan dulu, topeng memiliki kekuatan magis untuk menolak bala. Biasa ditampilkan pada acara pernikahan atau khitanan


Tema 7⏩
⏪Hal 213

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Pembelajaran 5

KUNCI JAWABAN TEMATIK KELAS 6 TEMA 7

PEMBELAJARAN 5 HALAMAN 38, 41, 43

Kunci Jawaban Halaman 38

isi pertanyaan hal 38 ayo menulis
 Ayo Menulis
1. Apa judul lagu tersebut?
    Kunci Jawaban :
Lagu "Butet"

2. Dari provinsi mana asal lagu tersebut?
    Kunci Jawabn :
Dari Provinsi Sumatera Utara

3. Apa nada dasar yang digunakan pada lagu tersebut?
    Kunci jawaban :
Nada dasar yang digunakan adalah Do=F

4. Apa tanda tempo yang digunakan pada lagu tersebut?
   Kunci Jawaban :
Tanda tempo yang digunakan adalah 4/4 Andante Cantabile

5. Apa arti tanda tempo tersebut?
   Kunci Jawaban :
Berarti tanda dengan tempo sedang

Kunci Jawaban Halaman 41

Ciri lagu bertangga nada mayor
Ayo Menulis
Kamu telah membaca bacaan "Tangga Nada Diatonis Mayor"
1. Apa pengertian tangga nada mayor?
    Kunci Jawaban :
Tangga nada diatonis mayor yang memiliki jarak nada (interval) 1 1 ½  1 1 1 ½
2. Apa ciri-ciri lagu bertangga nada mayor
    Kunci Jawaban

  • Bersemangat
  • Riang gembira
  • Diawali dan diakhiri dengan nada do. Terkadang diawali nada sol (5) / mi (3) dan diakhiri nada do (1)

Kunci Halaman 43

Kunci jawaban halaman 43
Ayo Berdiskusi
Amatilah gambar berikut.
Apa perbedaan ciri-ciri fisik laki-laki dan perempuan setelah masa pubertas?
Diskusikan bersama teman sekelompokmu, lalu bacakan hasilnya di depan kelompok lain.
Kunci Jawaban :

  • Suara perempuan melengking, sedang suara laki-laki membesar/berat
  • Perempuan pada leher tidak tumbuh jakun, sedang laki-laki tumbuh jakun pada leher
  • Dada pada perempuan membesar, sedang dada pada laki-laki melebar/membidang
  • Tidak tumbuhnya jambang, kumis dan janggut pada perempuan, sedang laki-laki tumbuh jambang, kumis dan janggut
  • Pinggul perempuan melebar/membesar, sedang pinggul laki-laki tetap

Ayo Mencoba
Pada pembelajaran 2 kamu telah membuat karya poster/buklet tentang cara menyikapi masa pubertas melalui ciri-cirinya. Sekarang, presentasikan hasil karyamu di depan teman-teman dan guru. Lakukan bergantian


Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan saat menghadapi masa pubertas, diantaranya adalah:

  1. Selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Mencari informasi, bertanya, dan berdiskusi tentang pubertas dan pendidikan seks kepada orang yang mengerti
  3. Selalu berpikir positif dan melakukan perbuatan yang positif
  4. Banyak membaca buku pengetahuan
  5. Pilih teman/pergaulan yang baik
  6. Mengembangkan hobi dan bakat

Hal 44⏩
⏪Hal 36

Minggu, 27 Januari 2019

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Kisah Kakak Beradik Nelayan Hal 207-208

KUNCI JAWABAN KELAS 5 TEMA 6

KISAH KAKAK BERADIK NELAYAN HALAMAN 207-208

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 literasi halaman 207-208

Kunci Jawaban Halaman 207

kunci jawaban kelas 5 tema 6 literasi halaman 207 208
Gunakanlah tabel berikut ini untuk membantumu menjelaskan isi cerita di atas. Lalu, ceritakanlah isi cerita di atas kepada teman-teman dalam kelompokmu!

Judul Cerita :
Kisah Kakak Beradik Nelayan

Pengarang :
-

Tokoh Utama :
Maro

Tokoh lain :
Rako

Di manakah cerita ini terjadi?
Di perkampungan nelayan di wilayah teluk Kiluan Lampung

Apa yang terjadi dengan tokoh utama
Maro mencari ikan dengan sabar dan rajin dan selalu menggunakan jaring sederhana

Mengapa hal itu terjadi?
Karena Maro tidak ingin merusak lingkungan alam 

Bagaimana masalah dalam cerita ini diselesaikan?
Berkat kesabaran, Marno mendapat rejeki yang banyak berkat butiran mutiara-mutiara berharga mahal yang ada dalam kerang, yang tersangkut dalam jala Marno. Sedang Rako mengalami cidera akibat penggunaan bom laut. Marno yang baik hati membantu Rako dengan harta yang dimilikinya, dengan syarat Rako tidak boleh merusak terumbu karang lagi dengan cara bom ikan.

Kapan waktu terjadinya cerita ini?
Menjelang Sore

Pesan apakah yang kamu dapatkan dari cerita di atas?
  • Selama kita berbuat baik pada alam, maka alam akan membalas kebaikan kita
  • Kewajiban kita sebagai warga negara salah satunya adalah menjaga kelestarian alam/kelestarian laut

Kunci Jawaban Halaman 208

kunci jawaban kelas 5 tema 6 literasi halaman 208
Bacalah kembali cerita di atas dengan saksama. Lakukanlah perbandingan antara tokoh Rako dan Maro. Keduanya adalah nelayan yang memiliki hak, kewajiban, dan tanggung jawab yang sama. Tetapi, perhatikanlah bagaimana keduanya melakukan kewajiban dan tanggung jawabnya. Gunakanlah tabel berikut untuk membandingkan keduanya.
Kunci Jawaban :

Apakah hak keduanya?
Rako :
Hak untuk memperoleh ikan laut
Maro :
Hak untuk memperoleh ikan laut

Apakah kewajiban keduanya?
Rako :
Menjaga kelestarian lingkungan laut
Maro :
Menjaga kelestarian lingkungan laut

Apakah ia melakukan kewajibannya? Jelaskan!
Rako :
Tidak, Rako tidak melakukan kewajiban melestarikan lingkungan laut sebab ia mencari ikan dengan bom laut/peledak
Maro :
Ya, Maro melakukan kewajiban melestarikan lingkungan laut sebab ia mencari ikan menggunakan jaring sederhana

Apakah tanggung jawabnya?
Rako :
Menjaga kelestarian lingkungan laut
Maro :
Menjaga kelestarian lingkungan laut

Apakah ia melakukan tanggung jawabnya? jelaskan?
Rako :
Tidak, Rako tidak melakukan tanggung jawabnya karena menggunakan bahan peledak dalam mencari ikan, sehingga merusak terumbu karang
Maro :
Ya, Maro melakukan tanggung jawabnyanya dengan menggunakan jaring sederhana, sehingga kelestarian lingkungan laut tetap terjaga.

Apa saja akibat dari perbuatannya?
Rako
Kerusakan laut, terutama pada terumbu karang di daerah teluk Kiluan, dengan bahan peledak ia telah melukai makhluk lain dan melukai diri sendiri
Maro :
Lingkungan laut tetap terjaga. Terumbu karang yang merupakan rumah ikan masih bagus, sehingga ia mendapat ikan yang banyak di tambah dengan rejeki dari kerang mutiara yang berharga mahal yang ia dapatkan


Hal 210
Hal 205