SMART QUEEN CLUB

Selamat datang di blog kami

Rabu, 27 Februari 2019

Manusia dan Lingkungan Kelas 5 Tema 8 Hal 1-4

MANUSIA DAN LINGKUNGAN KELAS 5 TEMA 8

SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 HALAMAN 1, 3, 4

kunci jawaban kelas 5 tema 8 subtema 1 pembelajaran 1 hal 1

Kunci Jawaban Halaman 1

Perhatikan gambar-gambar di atas
1. Fakta-fakta apa sajakah yang ditunjukkan gambar-gambar tersebut?
Lingkungan yang indah berupa areal persawahan yang subur. Gambar bawah menunjukkan anak-anak sedang menanam bibit tanaman
2. Apakah lingkungan berguna bagi manusia? Mengapa?
Lingkungan berguna bagi manusia, karena lingkungan menyediakan semua kebutuhan hidup manusia
3. Apakah keuntungan yang diperoleh manusia jika menjaga lingkungan?
Semua kebutuhan hidup manusia dapat tercukupi
4. Apakah akibatnya jika manusia tidak menjaga lingkungan?
Lingkungan akan menjadi rusak dan tidak memberikan manfaat bahkan dapat menimbulkan kerugian dan bencana bagi manusia
5. Bagaimanakah kondisi lingkungan di sekitarmu?
Alternatif jawaban 1:
Kondisi lingkungan sekitar saya cukup baik. Masih banyak pepohonan dan penanganan sampah tertata dengan baik.
Alternatif jawaban 2 :
Kondisi lingkungan sekitar saya kurang baik. Masih banyak sampah yang berserakan, dan hal ini menimbulkan ketidaknyamanan hidup.

Kunci Jawaban Halaman 3

Kamu telah membaca bacaan "Demi Air Bersih, Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer". Peristiwa apa yang terdapat pada bacaan? Carilah, lalu lengkapilah gambar peta berikut 
kunci jawaban tematik kelas 5 tema 8 subtema 1 pembelajaran 1


Kunci Jawaban Halaman 4

Air sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dan berbagai kegiatan di Bumi. Apa fungsi penting air bagi manusia dan kehidupan di Bumi? Ayo, diskusikan
kelas 5 fungsi air

Hal 5⏩

Ciri-Ciri Planet Hal 17-24 Kelas 6 Tema 9

CIRI-CIRI PLANET DALAM TATA SURYA

HAL 17-18, 20, 22, 23, 24 KELAS 6 TEMA 9 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2

Kamu telah membaca dan memahami bacaan mengeani Tata Surya. Sekarang lakukanlah kegiatan kelompok berikut ini. Kamu juga dapat mencari informasi dari sumber lain seperti internet atau surat kabar

Kunci Jawaban Halaman 17-18

3. Dengan menggunakan kertas ukuran A3, setiap kelompok akan menyajikan beberapa informasi sebagai berikut.
a. Gambar planet atau Matahari
b. Informasi tentang ukuran, jarak dari Matahari atau urutan planet dari Matahari, diameter, serta kecepatan rotasi dan revolusi
c. Semua informasi menarik yang menjadi keunikan planet tersebut.
Jawaban :

Planet Merkurius
Dengan menggunakan kertas karton ukuran A3, setiap kelompok akan menyajikan beberapa informasi sebagai berikut
Merkurius (engadget)
  • Diameter Merkurius 4.879 km dan volume 6,083 x 
  • Planet terdekat dengan Matahari, dengan jarak 57.000.000 km
  • Planet berwarna abu-abu
  • Planet terkecil dalam tata surya
  • Termasuk kelompok planet kebumian dan planet dalam
  • Periode rotasi 59 hari
  • Periode revolusi 88 hari
  • Tidak mempunyai lapisan atmosfer
  • Tidak memiliki satelit
  • Siang hari suhu sangat panas, bisa mencapai 430⁰ C dengan suhu rata-rata 70⁰ C. Saat malam hari suhu bisa mencapai -180⁰ C dengan suhu rata-rata -70⁰ C
Planet Venus
kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 2
Venus (pixabay)
  • Urutan ke 2 dari planet terdekat dari Matahari
  • Jarak Venus dari Matahari adalah 108,2 juta km
  • Planet terdekat dengan Bumi, dengan jarak 38, 2 juta km
  • Diameter 12.104 km dan volume 9,38x10¹¹ km³
  • Planet terpanas di tata surya, suhunya bisa mencapai 462⁰ C.
  • Periode rotasi 243 hari
  • Periode revolusi 225 hari
  • Tidak memiliki satelit
Planet Bumi
kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 2
bumi (pixabay)
  • Urutan ke-3 planet terdekat ke Matahari
  • Jarak Bumi ke Matahari adalah 149,6 juta km
  • Diameter 12.742 km dan volume 1,08x10¹² km³
  • Rotasi 24 jam dalam 1 hari
  • Revolusi 365 hari dalam 1 tahun
  • Memiliki 1 buah satelit alami, yaitu Bulan
Planet Mars
kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 2
Mars (pixabay)
  • Urutan ke-4 planet terdekat ke Matahari
  • Jarak Mars ke Matahari adalah 227 juta km, dengan jarak terdekatnya adalah 206 juta km dan terjauh 246 juta km
  • Diameter 6.779 km dan volume 1,632x10¹¹ km³
  • Periode rotasi adalah 24,6 jam
  • Periode revolusi adalah 687 hari
  • Memiliki 2 satelit, yaitu Phobos dan Demos
Planet Yupiter
Yupiter
  • Urutan ke-5 dari planet terdekat ke Matahari
  • Jarak Yupiter ke Matahari adalah 778,55 juta km
  • Planet terbesar dalam tata surya kita
  • Diameter 139.822 km dan volume 1,43x10¹⁵ km³
  • Pada atmosfer terdapat bintik merah besar, yaitu sebuah badai besar yang muncul akibat perbedaan aliran lapisan yang berlawanan
  • Periode  rotasi 10 jam 
  • Periode Revolusi 11,86 tahun
  • Memiliki 67 satelit
Planet Saturnus
Saturnus
  • Urutan ke-6 planet terdekat ke Matahari
  • Jarak planet Saturnus ke Matahari adalah 1,4 milyar km
  • Memiliki cincin yang terbuat dari gumpalan-gumpalan es
  • Diameter 116.464 km dan volume sebesar 8,2713x10¹⁴ km³
  • Periode rotasi 10,7 jam
  • Periode revolusi 29,5 tahun
  • Memiliki 56 satelit
Planet Uranus
Uranus (photojournaljpl.nasa.gov)
  • Urutan ke-7 planet terdekat ke Matahari
  • jarak dari Matahari adalah 2,7 milyar km
  • Memiliki cincin unik yang melingkari planet secara vertikal
  • Diameter 50.724 km dan volume 6,833x10¹³ km³
  • Periode rotasi 17 jam
  • Periode revolusi 84 tahun
  • Mempunyai 27 buah satelit
Planet Neptunus
Neptunus
  • Urutan ke-8 planet terdekat dari Matahari
  • Jarak Neptunus ke Matahari adalah 4,5 milyar km
  • Berwarna biru
  • Memiliki cincin tipis yang tersusun dari partikel-partikel es
  • Diameter 49.244 km dan volume 6,254x10¹³ km³ 
  • Periode rotasi 16 jam
  • Periode revolusi 165 tahun
Ayo Menulis
Membuat pertanyaan merupakan salah satu cara untuk menyatakan rasa ingin tahu terhadap sesuatu yang sedang ada dalam pikiran kita. Membuat pertanyaan dapat dibantu dengan menggunakan kata tanya. Beberapa kata tanya tersebut telah sering kamu gunakan: Apa, Mengapa, Siapa, Kapan, Di Mana, dan Bagaimana
Gunakan kata-kata  tanya tersebut untuk membantumu menuliskan pertanyaan tentang hal-hal yang ingin kamu ketahui lebih dalam tentang sistem tata surya kita! Tuliskan di tempat yang telah disediakan.
Jawaban :
  1. Apa yang dimaksud dengan antariksa? (antariksa adalah bagian alam semesta yang berada di luar atmosfer bumi
  2. Mengapa planet Neptunus paling lama periode revolusinya? (karena jarak planet Neptunus dari Matahari paling jauh dibandingkan dengan planet-planet lain dalam tata surya)
  3. Siapa yang mendapat sebutan Bapak Sains Modern yang telah menemukan Saturnus dengan lingkar cincinnya? (Galileo Galilei)
  4. Kapan planet Merkurius dapat terlihat dari Bumi? (Merkurius baru terlihat setelah Matahari terbenam, atau sebelum Matahari terbit)
  5. Di mana letak posisi planet Merkurius jika dilihat dari jarak terdekat  dengan Matahari dibandingkan dengan planet lain dalam tata surya? (posisi nomor 1)
  6. Bagaimana proses terjadinya "bintik merah besar" pada planet Yupiter? (bintik merah besar pada planet Yupiter terjadi karena adanya badai besar yang muncul akibat perbedaan aliran lapisan yang berlawanan
Kunci Jawaban Halaman 20

Ayo Mencoba
Cobalah untuk merancang model sederhana dari sistem tata surya kita. Berkerjalah bersama temanmu dalam kelompok yang terdiri atas 3-4 orang. Pilihlah model dua dimensi terlebih dahulu dengan membuat gambar pada kertas ukuran A4. Tentukan planet-planet dari yang terkecil hingga terbesar, lalu gambarlah Matahari dengan ukuran yang sesuai dengan contoh. Warnai dan namailah setiap anggota sistem tata surya sehingga mudah dilihat dan dipahami. Tunjukkan hasil kerjamu dengan menempelkannya di dinding kelas.

Alternatif Gambar model dua dimensi
Kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 1 halaman 20
Urutan planet berdasarkan jarak dari Matahari (area baca)

Kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 1 halaman 20
urutan planet dalam tata surya (pinter pandai)
Kunci Jawaban Tematik Halaman 22-23

Ayo Menulis
Kamu telah membaca cerita fiksi "Tetaplah Berada di Jalurmu!"
Berdasarkan cerita tersebut, gambarlah tokoh utama, tokoh tambahan, dan tempat peristiwa dengan menggunakan imajinasimu. Tuliskan juga ringkasan cerita tersebut. Ceritakanlah hasil pekerjaanmu di depan kelas dengan percaya diri.

Tokoh Utama :
Deo
Tempat/latar : 
- Trotoar jalan depan toko kelontong Pak Ahmad
- Rumah Deo

Tokoh Tambahan :
Arsyad
Tempat/latar :
- Trotoar jalan depan toko kelontong Pak Ahmad

Tokoh Tambahan :
Ibu
Tempat/latar :
- Rumah Deo

Gambar tempat peristiwa dalam cerita :
Trotoar Toko
Kunci Jawaban kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 2 halaman 22
trotoar toko (pixabay)
Rumah Kediaman
Kunci Jawaban kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 2 halaman 22
rumah kediaman (health detik)
Ringkasan jalan cerita
Deo pulang sekolah sambil menuntun sepeda sambil meringis kesakitan. Seragamnya kotor karena terjatuh dari sepeda. Ibu Deo segera menyambut Deo dan kemudian merawat Deo. Setelah selesai dirawat Deo bercerita peristiwa yang telah dialaminya akibat tidak mengikuti aturan yang berlaku di masyarakat, yaitu memakai trotoar yang seharusnya dipakai oleh pejalan kaki. Deo melakukan hal tersebut karena sedang lomba balap sepeda dengan Arsyad, teman sekolahnya. Demi mengejar kemenangan Deo memakai trotoar untuk mengalahkan Arsyad, namun bukan kemenangan yang diraih, tetapi kemalangan yang didapat. Deo terjatuh dari sepeda, dan Arsyad segera menolongnya. Deo sangat menyesal karena tidak mengikuti aturan yang berlaku di masyarakat, yaitu dengan naik sepeda memakai jalur trotoar yang dikhususkan untuk pejalan kaki.

Ayo Mencoba
Bersama dengan teman sebangkumu, carilah sebuah cerita pendek anak di surat kabar atau majalah. Salin atau potong cerita pendek tersebut. 

Kelinci dan Kura-kura

Dahulu kala, ada seekor kelinci yang populer karena kesombongannya. Ada seekor kura-kura yang pernah diejeknya lamban dan bodoh, menantang si kelinci sombong untuk adu lari cepat. Sebenarnya kura-kura tidak mau berurusan dengan kelinci, tapi ia ingin memberinya sedikit pelajaran.

Dengan penuh percaya diri, kelinci penyetujui tantangan kura-kura tersebut. Ia berpikir mana mungkin kura-kura yang berjalan super lambat itu bisa mengalahkannya. Kemudian, mereka sepakat untuk menentukan jalur panjang yang akan dilewati untuk adu lari.

Pertandingan keduanya tak ayal mengundang penasaran hewan-hewan yang lain. Mereka semua juga ingin menyaksikan bagaimana si kura-kura bisa mengalahkan kelinci. Para hewan menunjukkan dukungannya terhadap si kura-kura karena mereka juga tidak menyukai sifat kelinci yang sombong itu.

Seekor kera ditunjuk sebagai wasit untuk mengawasi jalannya pertandingan tersebut. Saat perlombaan baru saja dimulai, kelinci pun melesat jauh meninggalkan kura-kura. Tak ingin menyerah begitu saja, kura-kura tetap berusaha sekuat tenaga dan menambah kecepatanlarinya.

Karena measa kura-kura masih tertinggal jauh dibelakangnya, di tengah-tengah perlombaan dia memutuskan untuk istirahat dan tertidur. Namun saat terbangun, kelinci sungguh kaget karena ternyata kura-kura telah sampai di garis finis. Mendapat fakta tersebut, para hewan lain pun bersorak gembira dan si kelinci pulang dengan rasa malu

Tokoh utama :
Kelinci dan Kura-kura
Tokoh tambahan :
Monyet dan hewan lain
Tempat cerita :
Hutan

Kunci Jawaban Halaman 24-25
kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 2
kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 2
Hal 25
Hal 13