SMART QUEEN CLUB

Selamat datang di blog kami

Rabu, 27 Maret 2019

Kerukunan Kelas 5 Tema 9 Hal 45-48

KERUKUNAN KELAS 5 TEMA 9

SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6 HALAMAN 45, 46, 47, 48

Apa menurutmu kerukunan itu? apakah gambar di atas mencerminkan kerukunan? Tuliskan pendapatmu mengenai gambar di atas pada kolom berikut
(buku.kemdikbud.go.id)

Kunci Jawaban Halaman 45

Ayo Mengamati
Apakah menurutmu kerukunan itu? Apakah gambar yang ada di atas mencerminkan kerukunan? Tuliskanlah pendapatmu mengenai gambar di atas tersebut pada kolom di bawah ini.
Jawaban :
Kerukunan adalah kesepakatan dalam perbedaan-perbedaan yang ada dan menjadikan perbedaan itu sebagai titik tolak untuk membina kehidupan sosial yang saling pengertian serta menerima dengan ketulusan hati yang penuh keikhlasan. jawabantematik.blogspot.com

Gambar di atas menunjukkan orang-orang dengan pakaian adat masing-masing, mereka saling menunjukkan raut wajah senang dan ramah. Mereka saling menghargai keragaman. Jadi, gambar di atas menunjukkan/mencerminkan kerukunan

Kunci Jawaban Halaman 46

Ayo Berlatih
Apa saja wujud perilakumu untuk dapat hidup rukun sebagai warga masyarakat? Tuliskan dalam kolom berikut ini
Jawaban :
  1. Turut serta bekerja bakti membersihkan lingkungan sekitar
  2. Menyapa dan tersenyum saat berjumpa dengan teman/tetangga di jalan
  3. Membantu tetangga yang mengadakan hajatan
  4. Menghargai dan menghormati tetangga yang berbeda agama
  5. Turut aktif dalam kegiatan warga masyarakat
Kunci Jawaban Halaman 47

Ayo Mengamati
Hidup rukun juga harus diwujudkan antarumat beragama. Di Indonesia ada enam agama, yaitu islam, kristen, katolik, hindu, buddha, dan konghucu. Banyak imbauan dan ajakan dari pemerintah untuk hidup rukun dan damai antarumat beragama. Perhatikan gambar berikut.
Apakah gambar di atas merupakan bentuk suatu iklan? Tuliskan pendapatmu pada kolom berikut
(buku.kemdikbud.go.id)
1. Apakah gambar yang ada di atas merupakan bentuk suatu iklan? Tuliskanlah pendapatmu pada kolom di bawah ini.
    Jawaban : 
Ya, gambar tersebut merupakan bentuk iklan. Iklan pada gambar tersebut berisi pengumuman suatu lomba yang diadakan Kementerian Agama Republik Indonesia. Adapun tujuan iklan tersebut adalah untuk menarik perhatian masyarakat luas agar mau mengikuti lomba.

Kunci Jawaban Halaman 48

2. Carilah iklan pada media cetak. Kemudian, tempelkan pada kolom berikut.
contoh iklan media cetak - jawabantematik.blogspot.com
(exodusadvertising.com)
tema 9 kelas 5 - jawabantematik.blogspot.com
(toscaworld.com)
3. Apa saja isi iklan dari media cetak yang kamu tempel di atas? Tuliskan pada kolom berikut ini
    Jawaban :
Pada gambar 1
Menunjukkan iklan tentang Mie instan. Dengan unsur-unsur iklan berupa :
  • Nama produk : Indomie
  • Gambar menarik : Beberapa orang dengan gambar riang gembira dengan latar belakang beberapa tempat di Indonesia
  • Kalimat iklan : Seleraku... Indomie.... Mie Instan
  • Keunggulan produk : Satu selera untuk semua
  • Alamat iklan : Indofood
Pada gambar 2
Menunjukkan iklan tentang makanan. Dengan unsur-unsur iklan berupa :
  • Nama produk : Ayam bakar konag
  • Gambar menarik : berupa masakan nasi ayam bakar
  • Kalimat iklan : Ayam bakar konag. Coming Soon
  • Keunggulan produk : Kelezatan makanan ayam bakar
  • Harga produk : Rp. 25.000/box
  • Alamat pengiklan : Konag
Hal 53⏩
⏪Hal 43

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 5 Hal 36-42

KUNCI JAWABAN KELAS 5 TEMA 9

SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5 HALAMAN 36, 37, 38, 41, 42

apa saja unsur-unsur yang ada pada iklan di atas?
(buku.kemdikbud.go.id)

Kunci Jawaban Halaman 36

Ayo Mengamati
Amatilah segera iklan berikut
kunci jawaban tema 9 kelas 5 halaman 36
(buku.kemdikbud.go.id)
1. Apa saja unsur-unsur yang sudah ada pada iklan di atas?
    Jawaban :
  • Nama Produk
  • Gambar yang menarik
  • Kalimat iklan
  • Nomor Telepon
  • Alamat pengiklan
2. Apakah menurutmu unsur-unsur pada iklan tersebut sudah lengkap? Tuliskan mengenai pendapatmu pada kolom berikut.
     Jawaban :
Tidak lengkap, karena unsur-unsur iklan ada 7 bagian, sedang iklan di atas hanya memenuhi 5 unsur iklan, untuk unsur iklan berupa Keunggulan Produk dan Harga Produk tidak dicantumkan.

Kunci Jawaban Halaman 37

Mengidentifikasi Sifat Campuran
Sebelumnya kita telah mempelajari tentang zat tunggal serta zat campuran. Kita juga telah berlatih untuk dapat membedakannya. Untuk sekarang, kita akan berlatih untuk mengidentifikasi dari sifat zat campuran. Ikuti langkah kerja dengan baik serta hati-hati
Langkah kerja :
1. Segera sediakan beberapa gelas plastik, sendok, air, gula, minyak, pasir, dan sebuah pewarna merah
2. Segera buatlah campuran sesuai tabel berikut, lalu catat hasil dari pengamatanmu
Berilah tanda centang (⎷) pada kolom yang sesuai dengan hasil pengamatanmu
berilah tanda centang pada kolom yang sesuai dengan hasil pengamatanmu
(jawabantematik.blogspot.com)
Kunci Jawaban Halaman 38

a. Campuran manakah yang dapat tercampur dengan sempurna?
Zat yang tercampur sempurna adalah :
  • Air + Gula
  • Air + Pewarna makanan
b. Campuran manakah yang tidak tercampur sempurna?
Zat yang tidak tercampur sempurna adalah :
  • Air + Minyak
  • Air + Pasir
  • Minyak + Pasir
  • Minyak + Pewarna makanan
  • Minyak + Gula
Kunci Jawaban Halaman 41

Apa yang kamu rasakan setelah menyanyikan lagu "Suwe Ora Jamu" tersebut? nada apa saja yang digunakan?
Jawaban :
Adanya keceriaan/kegembiraan. Nada yang digunakan adalah 1-3-4-5-7, maka nada yang digunakan dalam lagu "Suwe Ora Jamu" adalah jenis Pelog.

Apa yang kamu rasakan setelah menyanyikan lagu "Lir-ilir" tersebut? nada apa yang terdapat pada lagu "Lir ilir"?
Jawaban :
Adanya ketenangan dan nuansa religi. Nada yang digunakan adalah 1-2-3-5-6, maka nada yang digunakan dalam lagu "Lir-ilir" adalah jenis Slendro

Ayo Mengamati
Nyanyikan kembali lagu Lir-ilir dan Suwe Ora Jamu. Kemudian, identifikasilah tangga nada masing-masing lagu tersebut.
Judul lagu :
Lir ilir
Jenis tangga nada :
Slendro
Penjelasan :
Pada lagu Lir ilir tersebut banyak digunakan nada-nada 1-2-3-5-6

Judul lagu :
Suwe Ora Jamu
Jenis tangga nada :
Pelog
Penjelasan :
Pada lagu Suwe Ora Jamu tersebut banyak digunakan nada-nada 1-3-4-5-7

Kunci Jawaban Halaman 42

Dengarkanlah lagu-lagu jenis pentatonik lainnya, selain dua lagu itu. Kemudian, tuliskanlah judul lagu yang sudah kamu dengarkan, jenis tangga nada tersebut, dan berikan penjelasan singkat mengenai lagunya.

Judul lagu :
Cublak-cublak Suweng (Jawa Tengah)
Jenis tangga nada :
Slendro
Penjelasan :
Pada lagu Cublak-cublak Suweng, jenis tangga nada adalah Slendro, karena banyak digunakan nada-nada 1-2-3-5-6. Dengan kesan gembira dan lincah

Judul lagu :
Cing Cangkeling (Jawa Barat)
Jenis tangga nada :
Slendro
Penjelasan :
Pada lagu Cing Cangkeling, jenis tangga nada adalah Slendro, karena banyak digunakan nada-nada 1-2-3-5-6. Dengan kesan gembira/senang.

Judul lagu :
Macepet cepetan (Bali)
Jenis tangga nada :
Pelog
Penjelasan :
Pada lagu Macepet cepetan, jenis tangga nada adalah Pelog, karena banyak digunakan nada-nada 1-3-4-5-7

Judul lagu :
Gundhul-gundhul Pacul
Jenis tangga nada :
Pelog
Penjelasan :
Pada lagu Gundhul-gundhul Pacul, jenis tangga nada adalah Pelog, karena banyak digunakan nada-nada 1-3-4-5-7. Dengan kesan gagah dan sakral

Hal 42-43⏩
⏪Hal 34

Juara Sejati Kelas 6 Tema 9 Hal 208-209

JUARA SEJATI

KELAS 6 TEMA 9 AKU CINTA MEMBACA HALAMAN 208, 209

kelas 6 tema 9
(buku.kemdikbud.go.id)
Juara Sejati
oleh Elisa D.S.

"Semangat, Bang Hanafi!" teriak Nurma dengan lantang.

"Semangat, Bang Rifki!" teriak Sarah tidak mau kalah.

Dua gadis kecil itu sedang mendukung tim futsal kakak mereka masing-masing. Kejuaran futsal antar SD se-Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak, memang berlangsung seru. Sejak babak penyisihan, dua tim dari SD tempat Hanafi dan Rifki sekolah itu sama-sama hebat. Tak heran kedua tim bertemu di babak final memperebutkan gelar juara.

"Tim abangku pasti menang. Mereka semua lincah dan pandai bermain futsal!" Puji Nurma

"Jangan banyak bergaya dulu. Kita lihat saja nanti," sahut Sarah. Wajah Nurma berubah masam mendengar kata-kata teman sekaligus tetangganya itu. Nurma dan Sarah tinggal bertetangga, tetapi mereka sekolah di SD yang berbeda. Demikian juga dengan abang-abang mereka yang sudah duduk di kelas enam.

Pertandingan dimulai. Tim Hanafi langsung menyerang tim lawan. Mereka tidak mau menyia-nyiakan waktu. Baru beberapa saat setelah pertandingan dimulai, gol telah mereka sarangkan ke gawang tim rifki. Penonton bersorak-sorai.

Betul kan? mereka pasti juara!" kata Nurma bangga. Sarah hanya diam tidak menyahut. Beberapa menit kemudian giliran Nurma yang hanya bisa terdiam. Tim Rifki membalas dengan menyarangkan gol demi gol. Hingga babak pertama selesai, skor masih imbang 4 - 4.

Pertandingan makin seru di babak kedua. Masing-masing tim berlomba membuat gol. Jika berhasil juara, mereka akan menerima hadiah piala dan tentu dapat mengharumkan nama sekolah. Pantas saja kedua tim sama-sama berjuang keras. Hebatnya, meski sama-sama mengejar kemenangan, namun semua pemain bermain sportif. Tak ada yang curang dengan melakukan pelanggaran.

Tak terasa pertandingan usai. Penonton mengelu-elukan tim Rifki. Nurma tertunduk lesu. Tim Rifki telah mengalahkan tim abangnya dengan skor 10 - 8. Gelar juara pun diberikan kepada tim Rifki.

Sarah sangat gembira. Tapi melihat Nurma murung, ia tak banyak bersorak. Dirangkulnya Nurma. Sekilas tampak di lapangan, pemain kedua tim bersalaman. Bahkan Rifki dan Hanafi pun berpelukan. Mereka memang bersahabat dari kecil. Hasil pertandingan tidak mengganggu persahabatan mereka. Pembawa acara mengumumkan, meski kalah di final, tim SD Hanafi menerima penghargaan sebagai tim yang paling sportif. Nurma yang sempat sedih, begitu mendengar pengumuman itu langsung kembali ceria.

"Hebat, bang Hanafi dan kawan-kawannya juga dapat penghargaan!" Puji Sarah.

"Terima kasih. Selamat juga atas kemenangan tim Bang Rifki. Mereka pantas menjadi juara!"Balas Nurma. Mereka berdua berjabat tangan dan berpelukan. Ya, juara sejati bukan hanya yang memenangkan pertandingan. Namun, mereka yang berjiwa sportif dan mau menerima kekalahan dengan berjiwa besar, serta menjauhi sikap curang, juga pantas disebut juara.
Disadur dari Nusantara Bertutur Kompas Minggu, 20 Agustus 2017

Kunci Jawaban Halaman 208

Ayo Menulis
Setelah membaca cerita di atas, lakukanlah kegiatan berikut.
Gambarlah tokoh utama, tempat yang melatarbelakangi cerita, masalah yang muncul, dan penyelesaiannya. Jelaskanlah setiap gambar dengan menggunakan kalimat yang sesuai.

Tokoh Utama :
kunci jawaban aku cinta membaca kelas 6 tema 9 - jawabantematik.blogspot.com
(buku.kemdikbud.go.id)
Tokoh utama : Sarah dan Nurma
Penjelasan : Tokoh utama merupakan anak perempuan usia pelajar tingkat sekolah dasar


Tempat :
kelas 6 tema 9 - jawabantematik.blogspot.com
(lapanganfutsal.id)
Tempat : Lapangan futsal
Penjelasan : Tempat di mana tokoh utama sedang menonton pertandingan kejuaraan futsal antar SD se-kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak.

Masalah
kunci jawaban kelas 6 tem 9 aku cinta membaca - jawabantematik.blogspot.com
(pixabay.com)
Masalah : Perbedaan dukungan terhadap tim futsal antara Sarah dan Nurma
Penjelasan : Masalah yang timbul antara Sarah dan Nurma akibat Sarah dan Nurma mendukung tim futsal yang berbeda, karena mereka mendukung masing-masing sekolah mereka sendiri.

Penyelesaian Masalah
kunci jawaban kelas 6 tema 9 halaman 208 - jawabantematik.blogspot.com
(pixabay.com)
Penyelesaian Masalah : 
Sarah mampu menempatkan diri dengan tetap membesarkan hati Nurma
Penjelasan :
Sarah tidak merayakan kemenangan tim futsal kakaknya secara berlebihan, dengan tetap menghormati dan membesarkan hati Nurma. Nurma terhibur dengan sikap Sarah, terlebih lagi setelah mengetahui walau tim kakaknya kalah dalam pertandingan final, tapi tim kakaknya menjadi juara sebagai tim yang paling sportif. Sarah dan Nurma tetap bersahabat.

Bagaimanakah jalan cerita di atas? Jelaskanlah dalam satu paragraf.
Sarah dan Nurma berteman sejak lama dan mereka hidup bertetangga. Mereka bersekolah di tempat yang berbeda. Saat pertandingan futsal, mereka mendukung kakak mereka yang saling berhadapan dalam pertandingan final futsal tingkat SD se-kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak. Akhirnya tim yang dibela oleh kakak Sarah memenangkan pertandingan. Sarah sangat senang, tetapi Nurma sedih karena tim kakaknya kalah. Sarah dengan baik mampu menempatkan diri dengan tetap membesarkan hati Nurma agar tidak kecewa dan bersedih, Nurma terhibur dengan dukungan Sarah, terlebih setelah mengetahui bahwa meskipun tim kakaknya kalah, tapi tim kakaknya mampu meraih juara sebagai tim yang paling sportif. Juara juga bisa diberikan bagi mereka yang mau menerima kekalahan dengan berjiwa besar, serta menjauhi sikap curang.

Nilai apa sajakah yang dapat kamu simpulkan dari cerita di atas?
Nilai sportivitas, nilai kerjasama, nilai saling menghormati, nilai berjiwa besar, serta menjauhi sikap curang.

Kunci Jawaban Halaman 209

Keteraturan seperti apa yang terlihat di dalam cerita tersebut?

  • Keteraturan dalam tiap tim futsal dalam menjalankan fungsi/tugas masing-masing pemain dalam permainan futsal
  • Keteraturan semua tim futsal dalam mematuhi peraturan dalam pertandingan futsal
  • Keteraturan penonton dalam menonton pertandingan futsal
  • Keteraturan sikap yang ditunjukkan oleh pemain dan penonton sebelum permainan, saat permainan, maupun setelah permainan futsal
⏪Hal 204