SMART QUEEN CLUB

Selamat datang di blog kami

Minggu, 27 Januari 2019

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Kegiatan Masyarakat

KUNCI JAWABAN KELAS 5 TEMA 6 KEGIATAN MASYARAKAT

HALAMAN 162 AYO MENGAMATI

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 6 Halaman 162

Kunci jawaban kelas 5 tema 6 hal 162

Ayo Mengamati
Bagaimana dengan kegiatan masyarakat di daerah tempat tinggalmu? Lakukanlah kegiatan berikut ini di dalam kelompok
1. Carilah informasi tentang kegiatan masyarakat di wilayah tinggalmu melalui koran daerahmu. 
    (Kamu juga dapat menggunakan koran dalam bentuk media cetak ataupun koran elektronik 
    seperti contoh di atas. Mintalah bantuan orang dewasa di sekitarmu, jika kamu ingin 
    menggunakan koran elektronik)
2. Pilihlah paling sedikit satu artikel dari koran tersebut.
3. Guntinglah artikel tersebut. Lalu tempelkan di atas kertas gambar ukuran A4
4. Bacalah artikel  tersebut dengan saksama. Lalu tuliskan di samping artikel beberapa keterangan 
    seperti contoh berikut

Kunci Jawaban : Contoh artikel 

KIRAB BUDAYA AKHIRI FESTIVAL SEDESA HARI JADI KE-72 DESA PANGGUNGHARJO

Oleh Fajar Budi Aji pada 31 Desember 2018
kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 halaman 162 ayo mengamati
Kirab budaya Panggungharjo Sewon Bantul
Panggungharjo (Jurnalis Warga) – Kirab budaya mengakhiri Festival Sedesa dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Ke-72 Desa Panggungharjo. Puncak acara hari jadi desa tersebut diawali dengan Upacara Adheging Desa Panggungharjo yang diselenggarakan di Lapangan Juru Purbo, Pedukuhan Geneng pada Senin (24/12/2018).

Rute kirab budaya yang bertemakan Kirab Budaya Sedesa serta diikuti oleh 20 peserta ini dimulai dari Lapangan Juru Purbo ke arah utara yang kemudian berbelok menuju arah timur dan melewati sumur miring di belakang kampus ISI, kemudian arak-arakan menyusuri jalan K.H. Ali Maksum hingga Ring Road Selatan dan berbelok ke arah timur menuju titik finish di Kampoeng Mataraman. Kirab budaya tersebut menampilkan berbagai potensi budaya dari 14 pedukuhan se-Desa Panggungharjo dan empat barisan yang terdiri dari lembaga desa, lembaga kemasyarakatan desa serta organisasi sosial masyarakat desa.

Kirab tersebut diawali oleh Lurah Desa dan jajaran Pemerintah Desa Panggungharjo, disusul oleh rombongan BPD Panggungharjo dan BUMDes Panggung Lestari. Dibelakangnya juga terdapat Bregada Wirotamtomo, Bregada Langensari dan Bregada Turonggo Sumber Arum dari Bugisan. Rentetan rombongan kemudian dilanjutkan dengan penampilan dari 14 pedukuhan terdiri dari Pedukuhan Garon, Cabeyan, Ngireng-ireng, Geneng, Jaranan, Glondong, Pandes, Sawit, Kweni, Pelemsewu, Glugo, Dongkelan, Krapyak Kulon, dan Krapyak Wetan. Di akhir rombongan terdapat rombongan Pramuka Kwartir Ranting Sewon, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Ranting Panggungharjo, PAC LDII Panggungharjo, serta Bapel JPS Panggungharjo.

Sesampainya di Kampoeng Mataraman yang merupakan titik finish dari rute kirab, para peserta kemudian langsung disambut dengan Selebrasi Panggung Jerami oleh Sanggar Anak Saraswati dan diakhiri dengan pengumuman-pengumuman serta penyerahan penghargaan.

Dalam penutupan acara Festival Sedesa, Lurah Desa Panggungharjo, Wahyudi Anggoro Hadi, S.Farm, Apt., berkesempatan memberikan sambutannya serta menyampaikan beberapa pesannya kepada warga masyarakat yang hadir dalam kesempatan tersebut.


"Jangan tinggalkan desa, karena desa layak diperjuangkan" ujar Wahyudi (PARYANTO)


Kunci jawaban kelas 5 tema 6 halaman 162
Nama Kegiatan :
Kirab Budaya

Tempat dilakukan kegiatan :
Lapangan Juru Purbo, Pedukuhan Geneng

Tujuan kegiatan :
Peringatan Hari jadi ke-72 Desa Panggungharjo

Manfaat Kegiatan terhadap masyarakat sekitar :
Meningkatkan semangat kebersamaan, semangat gotong royong, melatih masyarakat setempat untuk mampu melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang, menggerakkan perekonommian desa, menjadi ajang promosi bagi masyarakat dan desa setempat

7. Tuliskanlah kesimpulanmu dari kegiatan ini
    Kunci Jawaban :
Dalam setiap kegiatan yang dilakukan bersama dalam masyarakat, ada hak dan kewajiban yang harus dilakukan oleh anggota masyarakat. Dengan melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dan bertanggung jawab, maka akan tercipta keharmonisan di masyarakat, karena tujuan bersama yang ingin dicapai dapat diwujudkan dengan baik.


Hal 166⏩
⏪Hal 154

Tidak ada komentar:

Posting Komentar