SMART QUEEN CLUB

Selamat datang di blog kami

Minggu, 20 Januari 2019

Kegiatan Literasi 1 Putri Alor Halaman 201-202 Kelas 5 Tema 6

KEGIATAN LITERASI 1 PUTRI ALOR

HALAMAN 201-202

Halaman 201-202
Kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 halaman 201 judul cerita

Menarik sekali cerita di atas, bukan? Dapatkah kamu menceritakan kembali isi cerita tersebut? Gunakan tabel berikut ini untuk membantumu menjelaskannya. Lalu, ceritakanlah isi cerita di atas kepada teman-teman dalam kelompokmu!

Judul Cerita :
Putri Alor
Pengarang :
Tantri Novianti
Tokoh utama :
Putri Alor
Tokoh lain :
Nelayan, Ibunda Ratu
Di manakah cerita ini terjadi? 
Pulau Alor, NTT
Apa yang terjadi dengan tokoh utama?
Putri Alor bersedih karena Bunda Ratu memarahi sang putri
Mengapa hal itu terjadi?
Sang putri dianggap terlampau senang bermain dan lupa kewajibannya sebagai putri
Bagaimana masalah dalam cerita ini diselesaikan?
Sang putri mengikuti anjuran nelayan yang ditemuinya untuk segera bertemu dengan ibunda ratu dan menceritakan keadaan alam dan lingkungan Alor, baik hewan-hewan, tumbuhan, terumbu karang, maupun kehidupan nelayan di Alor, yang mana hal ini menunjukkan bahwa sang putri cinta tanah kelahirannya dan ingin terus menjaga kelestariannya.
Kapankah waktu terjadinya cerita ini?
Pada suatu malam
Pesan apakah yang kamu dapatkan dari cerita di atas?
Mencintai tanah kelahiran bisa diwujudkan dengan menjaga kelestarian lingkungan. Setiap orang mengetahui dan melaksanakan hak dan kewajibannya dengan penuh tanggung jawab, sehingga kehidupan sejahtera akan tercapai.

Salah satu tokoh dalam cerita di atas adalah si Nelayan muda yang tentu saja sering berinteraksi dengan laut untuk mencari ikan. Kamu tentu ingat bahwa para nelayan memanfaatkan angin laut dan angin darat untuk pergi melaut. Gambarkan bagaimana si Nelayan muda memanfaatkan angin darat dan angin laut untuk bekerja di laut. Gambarlah pada tempat yang tersedia di bawah ini. Berilah keterangan untuk memperjelas gambarmu!
ANGIN DARAT
  • Pada malam hari, daratan dapat cepat melepaskan panas daripada lautan. Akibatnya tekanan udara di daratan lebih tinggi dibandingkan di laut. Perbedaan tekanan udara ini menyebabkan udara bergerak dari darat ke laut. Angin darat dimanfaatkan nelayan untuk melaut
ANGIN LAUT
  • Pada siang hari, daratan lebih cepat menerima panas, sehingga udara menjadi panas, lalu memuai dan bertekanan lebih rendah dari lautan. Perbedaan tekanan ini menyebabkan udara bergerak dari laut ke darat. Angin laut dimanfaatkan oleh nelayan untuk pulang melaut.
Hal 204⏩
⏪Hal 199

Tidak ada komentar:

Posting Komentar