Minggu, 20 Januari 2019

Festival Mane'e Halaman 97-103 Kelas 5 Tema 6

FESTIVAL MANE'E

HALAMAN 97-103 KELAS 5 TEMA 6

Halaman 97-98

kunci jawaban tematik kls 5 tm 6 hal 97
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini!
1. Apakah tujuan dilaksanakannya Festival Mane'e tersebut?
Agar nelayan mendapatkan tangkapan yang banyak dan mendapatkan perlindungan agar terhindar dari bahaya
2. Siapa yang berperan penting dalam upacara tersebut?
Pemuka adat beserta masyarakat setempat
3. Menurutmu, apa manfaat kegiatan upacara tradisi nelayan terhadap kesejahteraan nelayan dan 
    kehidupan masyarakat nelayan setempat?
Sangat bermanfaat dengan kegiatan tersebut, dengan begitu masyarakat setempat dapat memperoleh tangkapan ikan secara lebih mudah dan pastinya mendapat penghasilan lebih banyak.
4. Adakah hal menarik yang kamu dapatkan dari kegiatan upacara nelayan tersebut?
Masyarakat dilarang mengenakan pakaian berwarna merah sebagai pantangan
5. Adakah kegiatan serupa yang dilakukan oleh masyarakat nelayan yang berada paling dekat dari 
    tempat tinggalmu? Jika ada, ceritakanlah!
Adanya tradisi petik laut / sedekah laut bagi nelayan . . . pada dasarnya sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dari para nelayan . . . karena telah diberi limpahan rejeki serta sebagai usaha kegiatan ekonomi kreatif dan sebagai usaha pelestarian warisan budaya untuk menambah penghasilan dari sektor pariwisata

Halaman 99

Laporan Hasil Pengamatan

Tempat pengamatan : ..................
Desa/Kelurahan :
Kecamatan :
Kabupaten :

Hal yang diamati 
- Interaksi manusia dengan lingkungan sosialnya
Masyarakat yang ada di daerah tersebut hidup saling tolong menolong, masih ada semangat gotong royong, dan bila menemukan permasalahan yang menimpa masyarakat daerah tersebut, maka yang diutamakan adalah musyawarah untuk mufakat dalam menyelesaikan permasalahan.

- Upaya manusia dalam berperan serta membangun perekonomian
Masyarakat yang ada di daerah tersebut bekerja dengan sungguh-sungguh dalam menjalankan profesi/pekerjaan mereka. Ada yang menjadi petani, ada yang menjadi pegawai, baik pegawai negeri maupun pegawai swasta, ada yang berwirausaha dengan berdagang atau menjual jasa/keterampilan. Ada yang menjadi buruh. Semua masyarakat di daerah tersebut bekerja dengan memanfaatkan potensi yang ada di daerah tersebut.

Kesimpulan apa yang kamu dapatkan dari kegiatan ini? Tuliskanlah kesimpulanmu di bawah ini!
Kesimpulan :
Interaksi dengan lingkungan sosial (manusia dengan manusia) akan berjalan baik bila ada keseimbangan antara hak dan kewajiban. Setiap manusia punya hak untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, namun demikian hak tersebut juga menjadi terbatasi dengan hak yang sama dari manusia yang lain. Oleh karena itu agar tidak terjadi berbenturan hak yang sama dengan yang lain, maka dimunculkan kewajiban yang harus juga dilakukan oleh semua individu dengan memanfaatkan potensi-potensi yang ada dalam usaha pemenuhan kebutuhan hidupnya, sehingga terjadi keselarasan.

Halaman 102-103

Ayo Berdiskusi
Dengan menggunakan bacaan tentang nelayan Lamalera dan nelayan pantai Malo, diskusikan hak-hak dan kewajiban apa saja yang dimiliki oleh para nelayan tersebut.

Bagaimana dengan warga negara yang lain, misalnya para guru? Bagaimana hak dan kewajiban mereka? Bagaimana dengan kamu sebagai siswa? Apa saja hak dan kewajiban kalian?

Gunakan tabel berikut ini untuk melakukan analisis terhadap hak dan kewajiban warga negara sesuai cara interaksinya dengan lingkungan sekitarnya. Bandingkanlah hak dan kewajiban para nelayan, para petani, dan juga pelajar seperti kamu.

Nelayan Lamalera atau Nelayan Pantai Malo
Hak :
Memperoleh ikan sebagai bahan makanan
Kewajiban :
Menjaga kelestarian laut sebagai habitat ikan

Petani
Hak :
Mendapatkan informasi tentang pertanian, tersedianya pupuk dan obat-obatan pertanian, Mengolah lahan pertanian dengan baik
Kewajiban
Memelihara, mencegah, dan memulihkan kerusakah lahan pertanian, menjaga pemakaian pupuk dan obat-obatan secara bijaksana

Pelajar 
Hak :
Memperoleh pendidikan dan pengajaran dengan baik, menggunakan fasilitas pendidikan
Kewajiban :
Rajin belajar, mentaati semua peraturan sekolah


Kesimpulan
Hak dan kewajiban tidak dapat dipisahkan antara yang satu dengan yang lain, karena keduanya sama-sama dijalankan sekaligus didapatkan. Hak merupakan segalal sesuatu yang pantas dan mutlak untuk didapatkan oleh individu sebagai anggota warga negara, sedangkan kewajiban merupakan suatu keharusan/kewajiban bagi individu dalam melaksanakan peran sebagai anggota warga negara gunda mendapatkan pengakuan akan hak yang sesuai dengan pelaksanaan kewajiban tersebut. Hak dan kewajiban merupakan suatu hal yang terikat satu sama lain, sehingga dalam praktik harus dijalankan dengan seimbang.

kunci jawaban buku tematik isi pertanyaan halaman 103
Ayo Mencoba
Apakah kamu melihat persamaan dan perbedaan antara hak dan kewajiban dari para guru, nelayan, dan kamu sebagai seorang siswa? Kamu tentu tahu bahwa setiap hak dapat diusahakan melalui kewajiban, baik kewajiban yang menyangkut hak orang lain, maupun kewajiban pribadi.

Cobalah renungkan, kewajiban apa saja yang harus kamu lakukan dan tingkatkan sebagai seorang siswa? Tuliskanlah beberapa kewajiban yang harus kamu tingkatkan ke dalam sebuah janji yang harus kamu ingat untuk dilakukan. Tuliskanlah dengan kalimat yang jelas dan singkat sehingga kamu mudah mengingatnya di tempat yang disediakan di bawah ini!

Aku berjanji untuk :
  1. Hormat pada guru, patuh terhadap guru dan peraturan sekolah
  2. Belajar lebih rajin
  3. Disiplin, jujur dan bertanggungjawab
  4. Bersahabat baik dengan semua teman di kelas dan di sekolah

Hal 104⏩

7 komentar:

  1. Saya menjadi pandai dan sekarang
    Saya mendapatkan juara satu dulunya
    Saya mendapatkan juara dua

    BalasHapus
  2. Makasih
    Thank You😊😊

    BalasHapus
  3. Makasih banyak atas bantuan
    Nya

    BalasHapus
  4. makasi banyak atas bantuan nya
    ����������������������������

    BalasHapus