Jumat, 05 April 2019

Hidup Rukun Kelas 5 Tema 9 Hal 113-116

HIDUP RUKUN KELAS 5 TEMA 9

SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6 HALAMAN 113, 114, 115, 116

tema 9 kelas 5 halaman 113 114 115 116
(buku.kemdikbud.go.id)

Kunci Jawaban Halaman 113




Kamu sekarang cobalah untuk memilih salah satu iklan yang ada di televisi. Kemudian gambarlah benda-benda yang ada di dalam iklan televisi. Selanjutnya, buatlah kesimpulan secara tertulis tentang isi iklan yang sudah kamu pilih dalam lembaran kertas. Kemudian presentasikan hasil kesimpulanmu secara lisan di depan kelasmu. Kemudian Bapak/Ibu Guru akan menilai hasil dari kesimpulan isi iklanmu tersebut.
Jawaban :
Pantene anti dandruff
(snapdeal.com)
Isi dan Kesimpulan iklan :
Jika sebelumnya konsumen kesulitan dalam memilih, apakah mendahulukan menghilangkan ketombe, tapi rambut jadi mudah rontok, atau memilih memelihara kekuatan rambut, tapi rambut menjadi mudah berketombe. Kini dengan Pantene baru, tidak perlu pusing memikirkannya. Pantene baru mengandung formula anti ketombe  dua kali lebih banyak untuk melawan jamur, penyebab utama ketombe. Formula Pro-Vitamin 2 in 1 nya juga memelihara dan memperkuat rambut dari luar dan dalam untuk melawan kerontokan. Pantene baru anti ketombe 2 in 1 kini bisa melakukannya. Kemasan tersedia dalam ukuran 670 ml dan 900 ml

Cat Avitex Exterior
(avianbrands.com)
Isi dan Kesimpulan Iklan :
Cat tembok Avitex Exterior adalah cat inovasi dalam memberikan perlindungan maksimal pada dinding exterior rumah secara menyeluruh terhadap lumut, jamur serta iklim tropis yang ekstrim. Dengan teknologi UV Shield dalam cat tembok Avitex Exterior dapat menghadirkan warna-warna cerah yang mampu memperindah rumah dengan lebih tahan lama. Kemasan yang tersedia adalah 1 kg, 5 kg, dan 25 kg

Susu Frisian Flag
tema 9 kelas 5 halaman 113
(frisianflag.com)
Isi dan Kesimpulan dari Iklan :
Susu Frisian Flag 123 Primanutri adalah susu bubuk khusus untuk anak yang dalam masa pertumbuhan, khususnya untuk anak usia 1-3 tahun. Komponen dari susu ini dirancang oleh para ahli nutrisi dari Friesland Campina di Indonesia, Singapura dan Belanda. Frisian Flag 123 Primanutri mengandung zat gizi lengkap, yaitu zat gizi makro (Protein, karbohidrat dan lemak), serta zat gizi mikro (Vitamin dan mineral). Frisian Flag juga diperkaya Omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), Minyak ikan dan zat besi, Serat pangan Inulin, tinggi vitamin A, C, E, Zinc (seng) dan selenium, Kalsium, dan vitamin D. Frisian Flag 123 Primanutri dapat diminum dalam sajian susu panas maupun dingin. Dapat juga dikombinasikan dengan bahan makanan dan minuman lainnya agar konsumsi susu semakin menyenangkan bagi si kecil. Konsumsi 3 gelas Frisian Flag 123 Primanutri setiap hari sebagai tambahan nutrisi bagi si kecil dapat memberikan energi sebanyak 510 kkal, memenuhi 45 persen dari kebutuhan energi harian si kecil berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) energi untuk anak usia 1-3 tahun: 1125 kkal dan protein 18 gr, memenuhi 69 persen dari kebutuhan protein harian si kecil berdasarkan AKG: 26 gram protein tiap hari dan melengkapi asupan gizi si kecil di periode pertumbuhannya. Tersedia dalam ukuran kemasan 200 gr, 400 gr, 800 gr, 1200 gr.

Kunci Jawaban Halaman 114



1. Hidup rukun artinya  adalah saling menghormati, saling membantu, dan saling menyayangi.  Suatu hidup rukun hendaknya dilakukan baik di lingkungan rumah, sekolah, maupun di lingkungan masyarakat sekitar. Bagaimana kamu menciptakan suatu kerukunan saat di rumah, di sekolah, serta di masyarakat lingkungan di tempat tinggalmu? Uraikanlah dalam kolom berikut.

Menciptakan kerukunan di lingkungan sekolah :
  • Tidak membeda-bedakan teman sekolah karena agama, suku, ras atau status sosial
  • Saling menghormati dan menghargai antar teman sekolah
  • Siswa yang lebih tua melindungi siswa yang lebih muda, siswa yang lebih muda menghormati siswa yang lebih tua
  • Sikap saling tolong menolong antar teman sekolah
  • Menanamkan pada diri sendiri, bahwa perbedaan yang ada di sekolah adalah suatu anugerah
  • Dengan menghargai hasil karya teman
  • Dengan menghargai pendapat teman lain

Menciptakan kerukunan di lingkungan masyarakat :
  • Membiasakan tersenyum dan saling menyapa saat berjumpa dengan teman/tetangga sekitar 
  • Turut aktif mengikuti kegiatan yang diadakan oleh masyarakat sekitar seperti kerja bakti, rapat warga, dan lain-lain
  • Membantu tetangga yang mempunyai kegiatan tertentu/hajatan
  • Menghargai dan menghormati tetangga yang berbeda agama, suku, ras
  • Mengutamakan musyawarah mufakat dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan masyarakat
  • Mengembangkan sikap kekeluargaan dan gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat
  • Saling menghormati pendapat, dan hasil karya orang lain

Menciptakan kerukunan di lingkungan rumah :
  • Dengan menjaga secara seimbang antara hak dan kewajiban tiap anggota keluarga di rumah
  • Dengan mengutamakan kepentingan keluarga di atas kepentingan pribadi
  • Menyamakan persepsi dalam memperjuangkan tujuan bersama dalam keluarga
  • Meningkatkan keakraban dalam keluarga
  • Meningkatkan kualitas komunikasi antara anggota keluarga
  • Melaksanakan tugas masing-masing anggota keluarga dengan penuh tanggung jawab
  • Saling menghormati dan menyayangi antar anggota keluarga
2. Apakah kerukunan bagimu memberikan rasa aman? Mengapa? Uraikan dalam kolom berikut.
Ya, Karena dengan kerukunan dapat mengurangi perselisihan/pertentangan, saat pertentangan dapat dikurangi maka persatuan lebih terjaga, kehidupan lebih harmonis, lebih tenteram dan pada akhirnya timbul rasa aman di komunitas/lingkungan tersebut.

Kunci Jawaban Halaman 115



Sekarang, perhatikan peristiwa-peristiwa yang mengutamakan kerukunan sebagai berikut.
1.
kunci jawaban tema 9 kelas 5 halaman 115 - jawabantematik.blogspot.com
(buku.kemdikbud.go.id)
Apa yang sedang dikerjakan oleh anak-anak dalam gambar? Apakah gambar tersebut mencerminkan kerukunan saat di sekolah? Tuliskanlah pendapatmu pada kotak berikut.
Jawaban :
Anak-anak sedang merapikan buku-buku di perpustakaan sekolah. Ya, gambar tersebut mencerminkan kerukunan saat di sekolah. Karena anak-anak telah mempraktekkan tentang adanya perilaku saling pengertian di antara mereka untuk tetap menjaga fasilitas sekolah, juga sikap mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dengan mau berkorban merapikan buku-buku di perpustakaan.

Kunci Jawaban Halaman 116 

2.
Apa yang sedang dikerjakan oleh bapak-bapak pada gambar di atas? Di manakah sikap atau perilaku pada gambar sering dilakukan? Tuliskanlah pendapatmu tersebut pada kotak di bawah ini.
Jawaban :
Bapak-bapak sedang melakukan ronda keliling kampung dengan siskamling (sistem keamanan lingkungan). Sikap atau perilaku ini sering dilakukan terutama di lingkungan pedesaan. Gambar tersebut mencerminkan sikap kerukunan antar masyarakat, dimana dengan sukarela dan kesadaran tinggi warga masyarakat turut aktif melakukan kegiatan demi kepentingan bersama, rela mengorbankan waktu dan tenaga demi terciptanya keamanan lingkungan. Dengan keamanan lingkungan diharapkan masyarakat dapat hidup lebih tenang dan harmonis, yang pada akhirnya dapat meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan di kalangan masyarakat. 




1. Apa yang dapat kamu lakukan saat di depan rumahmu ada suatu kegiatan membersihkan lingkungan atau kerja bakti?
Jawaban :
Dengan penuh semangat/antusias turut mensukseskan kegiatan tersebut sesuai dengan kemampuan/umur kita dengan aktivitas/kegiatan yang membantu acara tersebut, serta kita dapat menjadikan rumah kita sebagai tempat penyediaan konsumsi bagi anggota masyarakat yang bekerja bakti membersihkan lingkungan, atau sebagai tempat beristirahat bagi warga masyarakat yang sedang bekerja bakti

2. Apa manfaat dari hidup rukun itu?
Jawaban :
Manfaat dari hidup rukun diantaranya adalah :

  • Tidak adanya/berkurangnya pertengkaran/perselisihan
  • Kehidupan menjadi lebih harmonis
  • Kehidupan menjadi lebih aman sentosa
  • Kehidupan menjadi lebih tenteram dan damai
  • Dapat memperkukuh/memperkuat persatuan dan kesatuan

Hal 119⏩
⏪Hal 110

Iklan Televisi - Kelas 5 Tema 9 Hal 105-109

IKLAN TELEVISI KELAS 5 TEMA 9

SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5 HALAMAN 105, 107, 109

tema 9 kelas 5
(buku.kemdikbud.go.id)

Kunci Jawaban Halaman 105



Dalam Televisi terdapat iklan, iklan televisi adalah iklan elektronik. Oleh karena itu selain iklan televisi, iklan elektronik juga dapat iklan radio dan iklan internet. Sekarang perhatikan potongan gambar iklan yang ada di televisi dan potongan iklan internet sebagai berikut. Kamu buat kesimpulan yang penting tentang muatan iklan elektronik yang ada melalui media televisi dan melalui media internet sebagai berikut.
kunci jawaban tema 9 kelas 5 halaman 104
(buku.kemdikbud.go.id)
Kesimpulan tentang informasi penting isi iklan elektronik yang ada pada gambar :
Kesimpulannya adalah berisi penjelasan tentang keunggulan produk pasta gigi tersebut berupa gigi lebih bersih dan lebih kuat agar calon pembeli dapat diajak untuk membeli produk yang diiklankan 

kunci jawaban tema 9 kelas 5 halaman 105
(buku.kemdikbud.go.id)
Kesimpulan tentang informasi penting isi iklan elektronik pada gambar tersebut adalah :
Kesimpulannya berisi tentang penjelasan keunggulan produk Shampo tersebut, yaitu keunggulan berupa shampo yang dapat menghilangkan ketombe (anti ketombe), penjelasan tentang keunggulan produk tersebut dimaksudkan untuk mengajak calon pembeli untuk membeli produk yang diiklankan tersebut.

kunci jawaban kelas 5 tema 9 subtema 2 pembelajaran 5 halaman 105
(buku.kemdikbud.go.id)
Adapun kesimpulan informasi penting yang ada pada isi iklan elektronik pada gambar tersebut:
Kesimpulannya berisi tentang penjelasan keunggulan produk berupa sirop yang menyegarkan, yang cocok diminum setelah beraktivitas. Penjelasan keunggulan produk tersebut dimaksudkan untuk mengajak calon pembeli untuk membeli produk yang diiklankan tersebut. 

Kunci Jawaban Halaman 107



Sekarang kamu telah memahami komponen dari penyusun campuran. Dan Pada dasarnya, komponen dari penyusun campuran bisa berupa beberapa campuran unsur dengan unsur, kemudian unsur dengan senyawa, serta senyawa dengan senyawa. Sekarang pernahkah kamu membuat segelas minuman susu? Ketika membuat minuman susu, kita telah mencampurkan susu bubuk dengan campuran air panas. Kemudian setelah itu air tersebut diaduk secara merata sehingga susu bubuk yang pada awalnya berwujud padat kemudian menjadi tidak terlihat. Susu bubuk yang telah tercampur dengan air ini dinamakan dengan campuran. Oleh karena itu, campuran dapat diartikan sebagai materi yang terdiri dari 2 jenis zat atau bahkan lebih.
Sekarang, kamu coba tuliskan beberapa dari jenis campuran (kamu tentu bebas menentukan jenis dari campurannya). Kemudian, identifikasilah komponen penyusun campurannya, kemudian tulislah pula sifat-sifat atau ciri-ciri dari campuran tersebut. Kemudian diskusikan bersama dengan temanmu dalam satu kelompok. Tuliskanlah hasil diskusi dari kelompokmu dalam bentuk tabel seperti contoh yang ada di bawah ini.
kunci jawaban kelas 5 tema 9 subtema 2 pembelajaran 5 halaman 107
(jawabantematik.blogspot.com)
Kunci Jawaban Halaman 109




1. Berdasarkan pada gerak tari yang telah dilakukan Siti beserta teman-temannya di atas, maka sebutkan bentuk pola lantai pada gerak tari tersebut.
Jawaban :
Tari pada Gerak 1 adalah pola lantai Vertikal



Tari pada Gerak 2 adalah pola lantai Diagonal



Tari pada Gerak 3 adalah pola lantai Melengkung/melingkar



Tari pada Gerak 4 adalah pola lantai Horizontal

2. Bentuklah beberapa kelompok yang terdiri atas 5 anak. Kemudiah, kamu berlatihlah untuk memperagakan gerak tari di atas
..............(Praktik siswa)

Hal 110⏩
⏪Hal 102