Sabtu, 16 Maret 2019

Pengaruh Kualitas Air Terhadap Kehidupan Hal 104-109

PENGARUH KUALITAS AIR TERHADAP KEHIDUPAN

KELAS 5 TEMA 8 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2 HALAMAN 104-105, 106, 108, 109

Tema 8 kelas 5 halaman 104
(buku.kemdikbud.go.id)

Kunci Jawaban 104-105

Ayo Berdiskusi
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan melakukan diskusi bersama kelompokmu.
1. Apa yang akan terjadi jika kita mencuci baju menggunakan air yang tercampur minyak?
Jawaban :
Jika air yang digunakan mencuci pakaian tercampur minyak, kita harus menggunakan sabun atau deterjen yang lebih banyak supaya minyak tidak menempel pada baju yang dicuci. Namun, air bercampur minyak tidak dapat digunakan untuk membilas baju yang dicuci karena minyak akan menempel pada baju.

2. Apa yang terjadi jika kita minum air yang tercemar kuman penyebab penyakit?
Jawaban :
Kita akan sakit perut. Oleh karena itu, kita sebaiknya  meminum air yang sudah dimasak sampai mendidih dan disimpan kemudian dalam wadah yang tertutup.

3. Apa yang terjadi pada ikan-ikan di sungai yang menjadi tempat pembuangan limbah cair dari industri?
Jawaban :
Kehidupan sungai akan terganggu. Ikan dan tumbuhan sungai akan mati.

4. Apa yang dapat kalian simpulkan dari jawaban pertanyaan-pertanyaan di atas?
Jawaban :
Kualitas air mempengaruhi kehidupan manusia, hewan maupun tumbuhan.

Kunci Jawaban Halaman 106

Berdasarkan teks "Hari Air Sedunia" di atas, lengkapilah tabel berikut.
kunci jawaban kelas 5 tema 8 subtema 3 pembelajaran 2 halaman 106
(buku.kemdikbud.go.id)
Kunci Jawaban Halaman 108

Ayo Berdiskusi
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu
1. Apakah gambar tersebut mendukung cerita?
Jawaban :
Ya, gambar tersebut mendukung cerita.

2. Jika jawabanmu "Ya", apa alasanmu? Jika jawabanmu "Tidak", apa pula alasanmu?
Jawaban :
Karena mampu membuat pembaca mudah memahami jalan cerita dengan bantuan gambar tersebut.

Kunci Jawaban Halaman 109

Ayo Menulis
Kamu telah melihat contoh karya gambar cerita. Apa ciri-ciri karya gambar cerita? Tulislah dalam kotak berikut:
Jawaban :

Ciri-ciri karya gambar cerita :
  1. Memudahkan pembaca dalam memahami tentang suatu penjelasan atau cerita
  2. Mampu memberikan gambaran singkat isi tulisan atau cerita yang disampaikan
  3. Mampu menambah nilai keindahan sajian sebuah tulisan atau cerita
  4. Gambar sederhana sehingga memudahkan pembaca mengerti tentang karakter masing-masing tokoh
  5. Gambar mampu membuat pembaca terlibat secara emosional
Ayo Mencoba
Tentukan satu tema yang kamu pilih untuk membuat gambar cerita. Kamu dapat mengingat-ingat pengalamanmu yang paling berkesan atau kamu dapat mengambil beberapa contoh tema berikut.
1. Lingkunganku sehat airku bersih
2. Aku menjaga sungaiku bersih
3. Indonesia beragam, Indonesia kaya

Alternatif tema gambar cerita :
Lingkunganku sehat airku bersih
(buku.kemdikbud.go.id)
Aku menjaga sungaiku bersih
(pikiran rakyat/bandung, kompasiana.com)
Aku menjaga sungaiku bersih
kunci jawaban kelas 5 tema 8 subtema 3 pembelajaran 2 halaman 109
sumber : http://hamdawiksono.blogspot.com/2012/09/komik-lingkungan.html
Indonesia Beragam, Indonesia Kaya
kunci jawaban kelas 5 tema 8 halaman 109
(kementerian pendidikan dan kebudayaan)

Hal 110⏩
Hal 103

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Subtema 3 Pembelajaran 1 Hal 97-102

KUNCI JAWABAN TEMA 8 KELAS 5 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1

KUALITAS AIR HALAMAN 97, 98, 99, 102

Kunci Jawaban Halaman 97

Buku tematik kelas 5 tema 8
(buku.kemdikbud.go.id)
Perhatikan gambar di atas
1. Kegiatan apa yang dilakukan dalam gambar tersebut?
Jawaban :
Kegiatan penanaman pohon atau biasa disebut dengan reboisasi

2. Di mana kegiatan itu biasa dilakukan?
Jawaban :
Kegiatan penanaman pohon dapat dilakukan di wilayah/daerah perbukitan yang tandus/gersang serta di lingkungan sekitar, seperti halaman rumah atau halaman sekolah

3. Apa tujuan dari kegiatan itu?
Jawaban :
Kegiatan penanaman pohon bertujuan menghijaukan lingkungan dengan tanaman-tanaman yang mampu menyerap air sebagai sumber cadangan air

4. Apa manfaat dari kegiatan itu?
Jawaban :
Dapat membuat lingkungan menjadi lebih asri, memanfaatkan lahan yang tidak terpakai (lahan tidur), jika pohon yang ditanam telah tumbuh besar, maka dapat menahan erosi/longsor dan banjir, akar-akar pohon dapat menyimpan air sebagai persediaan air tanah

Apa syarat-syarat air yang layak kita gunakan sebagai air minum dan untuk memasak
(buku.kemdikbud.go.id)
Kunci Jawaban Halaman 98-99

Ayo Berdiskusi
Jawablah pertanyaan berikut dengan berdiskusi bersama kelompokmu.
1. Apa syarat-syarat air yang layak kita gunakan sebagai air minum dan untuk memasak?
Jawaban :
Air yang layak untuk digunakan sebagai air minum dan memasak bagi manusia harus jernih, tidak berasa, dan tidak berbau

2. Bagaimana kualitas air yang dapat digunakan untuk mencuci pakaian?
Jawaban :
Untuk mencuci pakaian, maka air yang digunakan harus jernih serta dapat melarutkan kotoran dan sabun

3. Bagaimana kualitas air yang dapat digunakan untuk menyiram tanaman?
Jawaban :
Untuk menyiram tanaman, air yang digunakan untuk menyiram sebaiknya tidak mengandung zat kimia yang berbahaya bagi tanaman, seperti air detergen. Kita dapat memakai air bekas mencuci makanan atau air hujan.

Kunci Jawaban Halaman 102

Ayo Berdiskusi
Informasi penting apa yang dapat kamu temukan pada teks "Air untuk kebutuhan sehari-hari?" Tulislah dalam bentuk peta pikiran berikut.

Informasi penting :
  • Air laut terasa asin. Sebagian besar (97⁒) air yang menutupi planet bumi ini berupa air laut. Sebanyak 3⁒ air di dunia berupa air segar
  • Persyaratan air bersih meliputi tiga komponen, yaitu persyaratan secara fisik, secara kimia, dan kandungan mikroba
  • Proses alur/rangkaian pemakaian air dalam jumlah besar oleh masyarakat
  • Pemakaian sumber air melalui sumur

Hal 103⏩
⏪Hal 96

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 6 Hal 94

KUNCI JAWABAN KELAS 5 TEMA 8 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6

POLA LANTAI KARYA TARI HALAMAN 94

pola lantai karya tari
(buku.kemdikbud.go.id)
Ayo Membaca
Pola Lantai Karya Tari

Dengan adanya berbagai mancam bentuk dari tarian, maka bentuk pola lantainya pun akan berbeda-beda. Bentuk dari pola lantai tarian yang satu ternyata berbeda dengan tarian yang lain. Selain akan bentuknya yang berbeda, terdapat pula pola lantai yang mempunyai maksud tertentu dan ada juga yang tidak memiliki makna tertentu. Pola lantai yang mempunyai maksud tertentu lebih banyak terdapat dalam tari-tarian klasik yang ada di keraton Surakarta dan Yogyakarta. Namun demikian, tidak menutup suatu kemungkinan jika pada pola lantai di dalam tari kreasi baru dan dalam tari rakyat juga da maksud tertentu. Oleh karena itu perhatikan bentuk pola lantai di dalam dua tarian yang berbeda berikut.
Kunci Jawaban kelas 5 tema 8 subtema 2 pembelajaran 6
(buku.kemdikbud.go.id)
Kedua dari karya tari pada gambar di atas merupakan tarian yang berasal dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tari Jaran Kepang adalah tarian yang berdasarkan bentuk koreografi termasuk dalam jenis tari rakyat, sedangkan Tari Bedhaya termasuk dalam jenis tarian klasik. Bentuk pola lantai dari Tari Jaran Kepang lebih sederhana dibandingkan bentuk pola lantai Tari Bedhaya.

Pola lantai yang berbentuk garis horizontal yang ada pada Tari Jaran Kepang tidak mempunyai suatu maksud apa pun. Sebaliknya, pada pola lantai yang terdapat pada Tarian Bedhaya mempuyai maksud tertentu. Ada satu pola lantai pada Tarian Bedhaya yang dikenal dengan nama rakit lajur. Pola lantai pada rakit lajur bermaksud untuk menggambarkan lima unsur yang ada pada diri manusia, yaitu cahaya, rasa, sukma, nafsu, dan perilaku

Ayo Berlatih
Kamu telah berlatih memperagakan salah satu tarian kreasi daerah dengan dibantu iringan. Sekarang, peragakan di depan teman-temanmu dan Bapak serta Ibu Guru. Perhatikan juga pola lantai dari setiap gerakan tarian yang kamu peragakan.
Secara bergantian, kamu beserta teman-temanmu telah memperagakan tari daerah. Tarian daerah mana yang kamu peragakan? Samakah dengan tarian daerah yang diperagakan teman-temanmu? Jika berbeda, janganlah saling mengejek. Perbedaan budaya, termasuk tarian, menjadi kekayaan bangsa yang justru harus kita banggakan.

Ayo Membaca

Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa untuk Menunjukkan Cinta Tanah Air

Yayasan Sukma Bangsa Bireuen di propinsi Aceh menggelar lomba seni tari kreasi nusantara. Lomba ini ternyata diikuti oleh sembilan grup tari yang berasal dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Bireun, Aceh. Anak-anak dari PAUD tampak tampil lucu dengan seragam yang unik. Penampilan mereka benar-benar menyedot perhatian ratusan pengunjung yang datang menyaksikan.

Kebanyakan peserta lomba menampilkan Tari-tarian dari daerah Aceh. Di antara peserta ada yang Tarian Ranup Lam Puan, Tarian Bungong Jeumpa, dan Tarian Tarek Pukat. Namun, ada juga beberapa peserta yang kemudian menampilkan seni tari dari propinsi lain yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah PAUD Tun Sri Lanang.

Anak-anak dari PAUD Tun Sri Lanang ternyata menyuguhkan tari Cublak-cublak Suweng dari Jawa. Tujuh anak laki-laki menyajikan tarian, mereka mengenakan kostum yang sederhana. Namun, gaya lucu anak-anak dalam menampilkan tarian berhasil membuat para penonton terpukau.

"Kita ingin menampilkan sajian yang berbeda. Kita juga ingin menunjukkan kebhinekaan tarian di Indonesia" kata Ibu Surya Murni, pendidik pada PAUD Tun Sri Lanang.

Menurut Ibu Surya Murni, anak usia PAUD seharusnya lebih diperkenalkan dengan keanekaragaman suku bangsa agar saat dewasa bisa melestarikan budaya tersebut. "Tanpa mengesampingkan kearifan lokal, sewajarnya anak-anak ditanamkan akan rasa cinta tanah air dengan aneka ragam jenis suku dan budaya yang ada di Indonesia" tambah Ibu Surya Murni.

Lomba seni tarian kreasi dari anak-anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) merupakan pendekatan dasar agar anak cinta akan budaya bangsanya. Dan semoga ke depan makin banyak pihak yang menyelenggarakan acara lomba tari agar mendukung usaha mewarisi budaya-budaya Nusantara. Acara lomba tari sekaligus sebagai ajang kreativitas anak usia dini agar tampil percaya diri di hadapan banyak orang
(sumber : http://edukasi.kompas.com)

Ayo Berdiskusi
Jawablah pertanyaan berikut dengan berdiskusi bersama kelompokmu
1. Peristiwa apa yang terdapat pada teks "Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa Untuk Menunjukkan Cinta Tanah Air"?
Jawaban :
Suatu peristiwa yang ada pada teks diantaranya adalah digelarnya lomba seni tari kreasi nusantara di propinsi Aceh, peserta lomba menampilkan berbagai tari daerah Aceh, ada peserta lomba yang menarikan tarian dari daerah pulau Jawa, dan penampilan anak-anak menarik perhatian pengunjung

2. Mengapa ada anak yang menampilkan tarian Jawa?
Jawaban :
Karena ingin menampilkan sajian yang berbeda dan menunjukkan kebhinekaan tarian di Indonesia

3. Sikap apa yang dapat ditiru dari teks "Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa untuk Menunjukkan Cinta Tanah Air"?
Jawaban :
Sikap yang dapat ditiru antara lain kreatif, berani tampil dengan rasa percaya diri, dan menghargai kebudayaan daerah lain di Indonesia, serta cinta tanah air

4. Tarian apa yang pernah kamu peragakan?
.......... (Jawaban relatif berbeda-beda untuk siswa)

5. Apakah kamu berminat belajar tari daerah lain? Mengapa?
Jawaban :
Ya, Karena turut melestarikan kebudayaan asli Indonesia sebagai bentuk rasa cinta tanah air

6. Ceritakan pengalaman menarik saat kamu atau temanmu memperagakan tarian daerah lain
Jawaban :
Ada beberapa gerakan yang unik dan ada makna-makna tertentu dari gerakan-gerakan tarian tersebut

Bacalah hasil diskusimu di depan kelompok-kelompok lain dan bapak/Ibu guru

Hal 95⏩
⏪Hal 91