Kamis, 21 Februari 2019

Perbedaan Itu Indah Kelas 5 Tema 7 Hal 205-206

PERBEDAAN ITU INDAH

KELAS 5 TEMA 7 LITERASI DAN KEGIATAN PROYEK HAL 205, 206

Kunci jawaban kelas 5 tema 7 literasi dan kegiatan proyek

Kunci Jawaban Halamann 205

Temukan kosakata baru dari bacaan di atas. Carilah arti dari kosakata tersebut di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Buatlah kalimat dengan menggunakan kosakata-kosakata tersebut.
Jawaban :
Kosakata baru :
MENGKLAIM = Meminta atau menuntut pengakuan atas suatu fakta bahwa seseorang (suatu organisasi, perkumpulan, negara, dan sebagainya) berhak memiliki atau mempunyai hak atas sesuatu
contoh kalimat :
UNESCO menetapkan Batik sebagai warisan budaya Indonesia walau Malaysia sempat mengklaim batik milik mereka.

SIMBOL = Lambang
contoh kalimat :
Simbol negara Indonesia adalah Garuda Pancasila

MENIMPALI = Mengimbangi; menjawab; membalas; menyahut
contoh kalimat :
Si Biru menimpali omongan si Hijau

MELOMPONG = Tidak ada isinya sama sekali; hampa belaka
contoh kalimat :
Hari ini kelas 5 kosong melompong

ARISTOKRAT = Orang dari golongan bangsawan; ningrat
contoh kalimat :
Walau dari kelompok Aristokrat, dia tidak bersikap sombong

Pelangi adalah gambaran sebuah masyarakat. Perbedaan selalu ada. Perbedaan yang ada janganlah menjadi penghalang untuk menjalin persatuan dengan anggota masyarakat yang lain. Apa sih, arti penting persatuan?
Jawaban :
Tanpa adanya persatuan, kita akan mudah terpecah belah, mudah untuk diadu domba. Tanpa adanya persatuan, kita tidak bisa hidup sebagai suatu bangsa. Tujuan bersama akan sulit tercapai apabila tidak ada persatuan dan kesatuan.

Kunci Jawaban Halaman 206

Dari cerita pelangi, tentunya kamu dapat mengambil beberapa hikmah mengenai pentingnya persatuan dalam keberagaman. Tuliskan hikmah yang dapat diambil dari cerita "Pelajaran Pelangi"
Jawaban :
  • Tidak boleh bersikap sombong
  • Keberagaman bukan sumber perpecahan tapi sumber persatuan
  • Perbedaan itu indah
  • Menerima perbedaan dan menghormati perbedaan itu
  • Lebih mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi
Buatlah ulasan mengenai bacaan yang berjudul "Pelajaran pelangi"!

Judul teks :
Pelajaran Pelangi

Unsur Intrinsik (unsur-unsur dalam cerita)
a. Setting cerita :
Latar waktu : Dahulu kala
Tempat : Di langit
Latar suasana : Menegangkan

b. Karakter :
Antagonis : Si Merah, Si Kuning, Si Hijau, Si Biru, Si Jingga
Protagonis : Si Hujan

c. Alur :
Alur Mundur. Alur mundur adalah alur yang proses ceritanya secara tidak urut

d. Penokohan :
Yang berwatak sombong : Si Merah, Si Kuning, Si Hijau, Si Biru, Si Jingga
Yang berwatak bijaksana : Si Hujan

e. Sudut pandang penulis :
Sudut pandang orang ketiga tunggal. Penulis tidak terlibat/ada di luar cerita

Bagian yang paling menarik
Masing-masing dari tokoh-tokoh warna tersebut mengklaim bahwa dirinya adalah yang paling bagus dan bermanfaat

Informasi penting
  1. Keanekaragaman itu perlu dan indah
  2. Keanekaragaman itu jika bisa bersatu akan menciptakan keharmonisan dan keindahan
  3. Warna-warna memiliki arti tersendiri seperti :
  • Warna hijau simbol kehidupan dan penghargaan dan tanpa warna hijau tumbuhan, semua makhluk akan mati
  • Warna biru pada langit dan lautan luas adalah sumber kehidupan, mampu memberi ruang dan kedamaian
  • Warna kuning itu membawa kegembiraan dan kehangatan di dunia
  • Warna jingga simbol kesehatan dan kekuatan
  • Warna merah melambangkan keberanian dan cinta
  • Warna ungu adalah warna aristokrat dan kekuatan, sehingga para pemimpin selalu memilih warna ungu
Pendapat saya tentang bacaan ini
Cerita yang menarik, mengajarkan kepada kita bahwa perbedaan itu indah, perbedaan bukan untuk berpecah belah, tetapi perbedaan itu untuk bersatu, untuk mampu menciptakan suatu keharmonisan

Hal 208⏩
⏪Hal 202

Menghargai Jasa Para Pahlawan Kelas 5 Tema 7 Hal 197-200

MENGHARGAI JASA PARA PAHLAWAN

KELAS 5 TEMA 7 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6 HAL 197-198, 199, 200

Pahamilah bacaan di atas! Kemudian, tuliskan cara menghargai jasa para pahlawan bangsa!

Kunci Jawaban Tematik Halaman 197-198

Ayo Berlatih
Pahamilah bacaan di atas! kemudian, tuliskan cara menghargai jasa para pahlawan bangsa!
Kunci Jawaban tematik Kelas 5 Tema 7 subtema 3 Pembelajaran 6
  • Lebih mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi
  • Peduli kepada orang lain
  • Mengisi kemerdekaan dengan belajar dan bekerja sungguh-sungguh
  • Mengembangkan sikap rela berkorban
Kunci Jawaban Tematik Halaman 198

Ayo Berlatih
Ayo belajar dari Masalah
1. Bel tanda masuk berbunyi. Semua siswa masuk kelas. Ketika akan masuk kelas, tidak sengaja Bambang menginjak kaki Heru. Bambang meminta maaf kepada Heru. Tetapi Heru justru memarahi Bambang. Heru menganggap Bambang sengaja menginjak kakinya. Persoalan sepele tersebut menjadi besar.
Jika kamu Heru, tindakan apa yang akan kamu lakukan kepada Bambang?
Jawaban :
Jika menjadi Heru sebaiknya memaafkan apa yang telah dilakukan Bambang, hal ini dikarenakan Bambang tidak sengaja dan tidak ada niat sengaja menginjak kaki Heru

Kunci Jawaban Tematik Halaman 199

Jika kamu menjadi Bambang, tindakan apakah yang akan kamu lakukan kepada Heru?
    Jawaban :
Jika menjadi Bambang pasti akan meminta maaf kepada Heru, serta menjelaskan apa yang telah dilakukannya adalah tidak sengaja dan berjanji akan lebih berhati-hati lagi

2. Di kelasmu sering diadakan ulangan harian. Pernakah kamu mendapat nilai yang kamu harapkan dan nilai yang tidak kamu harapkan?
Bagaimana sikapmu ketika mendapat nilai yang kamu harapkan?
Jawaban :
Kita patut bersyukur, dan nilai yang baik tersebut bisa dijadikan penyemangat, serta kembali belajar lebih giat karena mempertahankan nilai bagus lebih sulit dari merebut nilai bagus.

Bagaimana sikapmu ketika mendapat nilai yang tidak kamu harapkan?
Jawaban :
Bisa dijadikan pelajaran dan dijadikan cambuk bagi diri sendiri untuk lebih giat lagi belajar

3. Di kelasmu, akan diadakan ulangan. Kamu ingin mendapat nilai bagus. Karena itu, kamu pun belajar dengan tekun.
Bagaimaan sikapmu saat menghadapi ulangan? Apa alasannya?
Jawaban :
Pikiran harus tenang dan fokus serta tidak gugup. Tidak lupa berdoa. Belajar tetap digiatkan agar hasil yang diperoleh sesuai harapan. Dalam mengerjakan soal ulangan juga harus dipenuhi ketelitian dan kesabaran

Jika ada temanmu yang meminta jawabanmu, apakah kamu rela memberikannya? Mengapa demikian?
Jawaban :
Sebaiknya ditolak, karena melanggar peraturan. Tidak dianjurkan bekerja sama dalam kejelekan.

4. Setiap berangkat ke sekolah, Andi dan Agus selalu bersama-sama. Mereka berjalan kaki. Saat berjalan kaki, tiba-tiba seorang nenek jatuh persis di hadapan mereka. Agus dan Andi terus berjalan karena takut terlambat masuk sekolah. Padahal, nenek itu membutuhkan pertolongan mereka untuk bisa berdiri

Kunci Jawaban Tematik Halaman 200

Apakah sikap Andi dan Agus mencerminkan sikap rela berkorban? Mengapa?
Jawaban :
Sikap yang dilakukan Andi dan Agus tidak menunjukkan sikap rela berkorban. Mereka tidak rela berkorban datang terlambat dan dapat sangsi/hukuman demi perbuatan yang lebih mulia yaitu menolong seorang nenek yang sedang membutuhkan pertolongan.

Jika kamu menjadi Agus atau Andi, tindakan apa yang akan kamu lakukan?
Jawaban :
Sebaiknya kita menolong nenek tersebut dan rela datang terlambat ke sekolah. Kita siap menerima hukuman karena menolong nenek tersebut nilainya lebih besar daripada datang tidak terlambat ke Sekolah.

5. Saat pak Guru sedang menjelaskan di depan kelas, ada dua orang temanmu yang asyik berbicara sendiri. Mereka tidak memperhatikan penjelasan pak Guru.
Bagaimana sikapmu terhadap dua temanmu itu? Mengapa demikian?
Jawaban :
Dengan menegurnya dengan halus, karena mereka tidak menghargai Pak Guru yang sedang menjelaskan pelajaran, selain itu juga mengganggu teman-teman yang lain yang serius mendengarkan, serta tidak ikut-ikutan berbicara dengan mereka.

Bagaimana sikap yang seharusnya dilakukan oleh kedua temanmu saat Pak Guru sedang mengajar? Mengapa demikian?
Jawaban :
Sebaiknya mereka mendengarkan apa yang disampaikan Pak Guru, karena menghargai tindakan yang dilakukan Pak Guru, serta dengan mendengarkan pelajaran Pak Guru juga memberi manfaat pada diri kita sendiri, yaitu bertambahnya wawasan dan ilmu pengetahuan.

Kunci Jawaban Halaman 200

Ayo Berkreasi
Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah mempelajari pengertian, ciri, contoh, dan bahkan kamu telah mencoba menerapkannya dengan memadukannya ke dalam surat undangan. Sekarang, buatlah karya seni lukis daerah berupa gambar kesenian yang berasal dari suku bangsa atau daerahmu sendiri
kunci jawaban tematik kelas 5 tema 7 subtema 3 pembelajaran 6
artlesson, hariananalisadaily, visualindonesia, cirebonmedia

Hal 202⏩
⏪Hal 195

Surat Undangan Kelas 5 Tema 7 Hal 191-195

SURAT UNDANGAN KELAS 5 TEMA 7

SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5 HAL 191, 192-193, 194-195

Kelas 5 tema 7 halaman 191

Kunci Jawaban Halaman 191

Ayo Mengamati
Masih ingatkah kamu apa itu undangan setengah resmi? Ingatlah kembali dan tuliskanlah di tempat yang tersedia di bawah ini!
Jawaban :
Undangan setengah resmi adalah Undangan  yang mengatasnamakan perorangan yang ditujukan ke perorangan maupun instansi atau organisasi

Tentunya, kamu juga masih ingat bukan arti dan ciri seni lukis daerah itu. Tuliskan di tempat yang tersedia di bawah ini
Jawaban :
Seni lukis adalah seni menggambarkan objek-objek berupa pemandangan alam, tumbuhan, binatang, manusia, benda di alam, untuk menimbulkan perasaan keindahan. Seni lukis daerah mengandung nilai-nilai budaya yang berkembang di suatu daerah.
Ciri-ciri seni lukis daerah :
- Bersifat kedaerahan
- Dipengaruhi oleh budaya dan latar belakang sejarah suatu wilayah
- Corak dan motifnya dipengaruhi juga oleh kondisi fisik/geografis suatu daerah
- Dipengaruhi oleh corak seni tradisional masyarakat setempat

Kunci Jawaban Halaman 192-193

Ayo Mencoba
Buatlah surat undangan setengah resmi dengan dihiasi lukisan daerah. Tema surat undangan yang dapat kamu pilih antara lain sebagai berikut/
1. Pertunjukan kesenian
2. Pentas Seni
3. Peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia
4. Perlombaan olahraga
5. Kerja bakti
contoh surat undangan setengah resmi dengan dihiasi lukisan daerah

Ayo Berlatih
Ceritakan pengalamanmu membuat undangan yang dipadukan dengan seni lukis daerah pada kolom berikut!

Cerita Pengalamanku

Nama Kegiatan :
Membuat undangan yang dipadukan dengan seni lukis daerah

Bagian yang paling menarik :
Banyak ide yang didapat dalam rencana pembuatan undangan

Kesulitan yang dialami :
Gambar yang dibuat tidak sesuai harapan

Pendapat saya tentang kegiatan ini :
Baik dan penting, karena mampu menambah pengetahuan dan kreativitas dalam seni

Saya menyarankan/tidak menyarankan kegiatan ini karena :
Saya menyarankan kegiatan ini karena melatih kreativitas siswa serta menambah pengetahuan

Kunci Jawaban Halaman 194-195

Ayo Mencoba
Mengamati perubahan wujud benda

Amatilah perubahan yang terjadi pada es batu tersebut selama percobaan berlangsung dan catatlah dari waktu ke waktu
Kunci jawaban kelas 5 tema 7 subtema 3 pembelajaran 5 halaman 194
Kesimpulan :
Percobaan yang dilakukan membuktikan peristiwa pengembunan. Peristiwa pengembunan dapat terjadi disebabkan suhu pada gelas lebih dingin dibandingkan dengan suhu udara sekitarnya sehingga udara sekitar yang mengandung uap air menjadi mengembun. Uap air berubah menjadi cairan yang menempel pada sisi luar gelas

Hal 195 ⏩
⏪Hal 190

Rotasi dan Revolusi Bulan Hal 61-69 Kelas 6 Tema 8

ROTASI DAN REVOLUSI BULAN

KELAS 6 TEMA 8 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2 HAL 61-62, 65, 66, 69

kunci kelas 6 tema 8 halaman 61

Kunci Jawaban Halamn 61-62

Ayo Mengamati
Bagaimana bentuk Bulan?
Jauh dari bulat sempurna, dengan tonjolan dataran tinggi di sisi menghadap bumi dan tonjolan lain di sisi jauhnya.

Apakah Bulan bergerak?
Ya, Bulan bergerak mengelilingi Bumi melalui jalur orbitnya, juga bergerak dengan berputar pada porosnya.

Apakah Bulan memiliki cahaya sendiri?
Tidak, cahaya Bulan berasal dari pantulan Sinar Matahari

Apakah Bulan berputar?
Ya, Bulan berputar pada porosnya.

Apa yang dikelilingi Bulan?
Yang dikelilingi Bulan adalah Bumi

Apa yang dapat kamu simpulkan dari gerak Bulan?
  • Bulan bergerak pada porosnya disebut Rotasi Bulan
  • Bulan bergerak mengelilingi Bumi disebut Revolusi Bulan
  • Bulan bergerak mengelilingi Bumi/Revolusi Bulan dalam waktu 1 bulan
  • Gerak Revolusi Bulan karena adanya gaya gravitasi
  • Hanya satu sisi Bulan yang menghadap Bumi karena penguncian pasang surut
  • Adanya tahapan fase Bulan karena halangan Bumi terhadap pantulan sinar Matahari.
Kunci Jawaban Halaman 65
Kunci Jawaban Tematik kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 2
Ayo Berdiskusi
Setelah melakukan percobaan, diskusikan pertanyaan berikut bersama dengan kelompokmu.
1. Apa yang kamu lihat ketika mengintip melalui lubang-lubang tersebut?
Terjadi perbedaan-perbedaan cahaya yang diterima oleh bola plastik/styrofoam yang merupakan perwujudan bentuk dari fase-fase bulan

2. Matikan lampu senter. Apa yang terjadi?
Bola plastik/styrofoam tidak terlihat

3. Melalui lubang mana kamu dapat melihat bentuk yang sama dengan bentuk Bulan baru?
Lubang pada posisi miring yang lebih rendah dari lampu senter

4. Ada berapa banyak fase Bulan? Apa saja bentuknya? Jelaskan. 
Kunci jawaban tematik kelas 6 tema 8 subtema 2 pembelajaran 2 halaman 65
Ada 8 Fase Bulan
  • Fase New Moon (Bulan baru)
Bulan berada di tengah-tengah Matahari dan Bumi. Fase ini memungkinkan terjadinya gerhana Matahari. Cahaya Matahari yang seharusnya menyinari Bumi terhalang oleh Bulan. Akibatnya, bagian Bulan yang menghadap Bumi tidak terkena cahaya Matahari, sehingga Bulan seolah-olah tidak terlihat sama sekali
  • Fase Waxing Cresent (Hilal awal bulan/bulan sabit awal)
Setelah Bulan baru, bulan bergerak meninggalkan konjungsi (titik tengah antara Matahari dan Bumi). Bagian Bulan yang terkena cahaya Matahari hanya kurang dari setengah, sehingga Bulan menyerupai bentuk seperti Sabit, fase ini terjadi pada hari ke-1, 2, 3
  • Fase First Quarter (Paruh awal)
Bulan berbentuk setengah lingkaran. Karena Bulan terus bergerak dan kini berada di seperempat lingkaran dari posisi awal.
  • Fase Waxing Gibbous (Cembung awal)
Bulan berada agak di belakang Bumi, Bagian yang terkena cahaya Matahari adalah tiga per empat nya. Maka, ketika kita melihat Bulan dari Bumi, bentuknya menjadi cembung
  • Fase Full Moon (Bulan purnama)
Fase di mana Matahari, Bumi, dan Bulan berada pada satu garis lurus. Mirip seperti fase First quarter. Bedanya, Bulan berada di belakang Bumi. Sehing cahaya Matahari yang seharusnya menyinari Bulan, tertutup oleh Bumi yang ukurannya lebih besar. Hasilnya, Bulan terlihat bulat sempurna
  • Fase Wanning Gibbous (Cembung Akhir)
Setelah melewati setengah putaran, fase Bulan kembali ke awal. Pergerakan Bulan terus ke Barat sehingga cahaya Matahari sedikit tertutup oleh Bumi. Hasilnya, bulan terlihat cembung
  • Fase Third Quarter (Paruh akhir)
Fase ini adalah saat di mana posisi Bulan sudah mencapai tiga per empat putaran. Karena letaknya, cahaya Matahari setengah bagian Bulan. Sehingga dari Bumi, Bulan terlihat setengah lingkaran
  • Fase Wanning Cresent (Hilal akhir bulan/bulan sabit akhir)
Bulan kembali berbentuk sabit. Saat tersebut, Bulan sudah hampir mengitari Bumi sebanyak satu putaran penuh. Setelah fase ini, bulan akhirnya kembali ke posisi awal (New Moon), di mana Bulan berada di depan Bumi dan kembali tidak terlihat.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 66

Gagasan Utama :
Bulan adalah satelit alami Bumi

Informasi penting :
  • Bulan satelit terbesar kelima dalam tata surya
  • Permukaan Bulan sebenarnya gelap
  • Bulan berpengaruh terhadap budaya manusia
  • Gravitasi Bulan menyebabkan pasang surut di lautan
Kunci Jawaban Tematik Halaman 69

Ayo Mengamati
Kunci kelas 6 tema 8 subtema 2 pembelajaran 2 halaman 69

Berdasarkan informasi yang kamu peroleh tentang contoh-contoh tarian yang ditarikan secara berkelompok, buatlah kartu informasiyang berisi tentang informasi dari tari-tarian tersebut
Jawaban :

Tari Bedhaya Ketawang
  • Tari dari Surakarta, Jawa Tengah
  • Tarian sakral
  • Pementasan saat penobatan raja baru
  • Diiringi dengan musik pokok bentuk ketawang (Jawa) yang berarti langit
Tari Serimpi
  • Tari berasal dari Jawa Tengah
  • Tari klasik
  • Gerak lemah gemulai
  • Tari dengan kedudukan istimewa
Tari Pakarena
  • Tari berasal dari Sulawesi Selatan
  • Ada 2 jenis tarian, yaitu Pakarena gowa dan pakarena Gantarang
  • Dimainkan oleh 4 orang penari wanita
  • Pertama kali ditampilkan tahun 1903 saat penobatan raja
Tari Gantar
  • Tari berasal dari Kalimantan Timur
  • Dipentaskan pada upacara adat tertentu
  • Tarian dengan properti tongkat dan bambu
  • Menggambarkan tentang menanam padi
Hal 70⏩
⏪Hal 60