Senin, 18 Februari 2019

Peristiwa Lahirnya Pancasila Kelas 5 Tema 7 Hal 176-182

PERISTIWA LAHIRNYA PANCASILA

KELAS 5 TEMA 7 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3 HALAMAN 176-177, 179, 180, 181-182

Jawaban kelas 5

Kunci Jawaban Tematik Halaman 176-177

Ayo Menulis
Bacalah dengan saksama bacaan yang berjudul "Peristiwa Lahirnya Pancasila". Setelah itu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Siapa sajakah tokoh yang mengusulkan calon rumusan dasar negara Indonesia?
    Jawaban :
Moh. Yamin, Dr. Soepomo, Ir. Soekarno

2. Sejak kapan istilah Pancasila dikenal? Uraikan secara singkat!
    Jawaban :
Istilah Pancasila telah dikenal sejak zaman Majapahit, yaitu terdapat pada kitab Negarakertagama karangan Mpu Prancan dan Kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular. Dalam kitab Sutasoma, Pancasila berarti Berbatu sendi yang lima atau pelaksanaan kesusilaan yang lima

3. Dari bahasa apakah istilah Pancasila? Apakah artinya?
    Jawaban :
Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu Panca dan Sila. Panca artinya Lima dan Sila artinya dasar atau prinsip

4. Apa yang dibahas dalam Sidang Pertama BPUPKI?
    Jawaban :
Pembentukan dasar negara

5. Apakah isi pidato ir. Soekarno pada Sidang Pertama BPUPKI
    Jawaban :
Berpidato tanpa teks menyampaikan usulan dasar negara pada hari terakhir sidang

6. Kapan dan pada peristiwa apakah rumusan Pancasila disahkan?
    Jawaban :
Pada tanggal 18 Agustus 1945 disahkan Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945) pada sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Termasuk Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 termuat isi rumusan lima Prinsip Dasar Negara yang disebut Pancasila, tepatnya di Alinea ke IV.

Berdasarkan jawabanmu tersebut, buatlah cerita lahirnya Pancasila. Bacakan hasilnya di depan guru dan teman-temanmu!
Jawaban :
Pancasila lahir berkat pemikiran beberapa tokoh nasional, yaitu Moh. Yamin, Dr. Soepomo, dan ir. Soekarno. Sedangkan istilah Pancasila sendiri sudah dikenal bangsa Indonesia sejak jaman dulu, tepatnya sejak jaman Majapahit. Istilah Pancasila terdapat pada kitab Negarakertagama karangan Mpu Prapanca dan Kitab Sutasoma karangan Mpu tantular. Dalam kitab Sutasoma, Pancasila berarti berbatu sendi yang lima atau pelaksanaan kesusilaan yang lima. Pancasila sendiri berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu Panca dan Sila. Panca artinya Lima, dan Sila artinya dasar atau prinsip. Pancasila ini lahir pada saat pelaksanaan Sidang Pertama BPUPKI yang membahas tentang pembentukan dasar negara. Di dalam sdiang pertama BPUPKI tersebut, salah satu tokoh yaitu ir. Soekarno melakukan pidato tanpa teks untuk menyampaikan usulan dasar negara pada hari terakhir sidang. Kemudian pada tanggal 18 Agustus 1945 disahkan Undang-Undang Dasar 1945 pada sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Termasuk Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 termuat isi rumusan Lima Prinsip Dasar Negara yang disebut Pancasila, tepatnya di Alinea ke IV

Kunci Jawaban Tematik Halaman 179

Ayo Berlatih
Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut!
Kunci Jawaban kelas 5 tema 7 subtema 3 pembelajaran 3 halaman 179
Kunci Jawaban Halaman 180

Ayo Berdiskusi
Kunci jawaban tematik kelas 5 tema 7 subtema 3 pembelajaran 3 halaman 180
Dengan menggunakan gambar di atas sebagai bantuan dan informasi lain berbagai sumber, diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1. Apa saja manfaat gotong royong?
    Jawaban :
  • Mempererat persaudaraan
  • Meringankan suatu beban pekerjaan
  • Menumbuhkan sikap tolong menolong
  • Meningkatkan solidaritas
  • Menumbuhkan sikap ikhlas/sukarela
  • Menumbuhkan sikap kebersamaan dan persatuan
2. Bagaimana ciri masyarakat Indonesia ditunjukkan melalui kebiasaan gotong royong tersebut?
    Jawaban :
  • Masyarakat Indonesia yang beragam dapat bekerja sama dalam keharmonisan. Hal ini menunjukkan tingkat toleransi yang tinggi dari masyarakat Indonesia
  • Masyarakat Indonesia memiliki jiwa sosial dan rasa kebersamaan yang cukup tinggi
  • Masyarakat Indonesia memiliki sifat kekeluargaan yang kuat dan merupakan modal dasar persatuan
  • Masyarakat Indonesia memiliki sikap gemar saling menolong
  • Masyarakat Indonesia lebih untuk mementingkan kepentingan umum/bersama dibandingkan kepentingan pribadi
3. Nilai-nilai Pancasila apa sajakah yang nyata dalam gotong royong tersebut?
    Jawaban :
Nilai Pancasila sila ke 3 :
  • Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika
  • Memajukan persatuan dan kesatuan bangsa
Nilai Pancasila sila ke 5 :
  • Mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong
  • Memberikan pertolongan kepada orang lain
  • Suka bekerja keras
4. Berikanlah paling sedikit tiga contoh yang menunjukan peran Pancasila dalam membina keutuhan bangsa Indonesia yang memiliki keragaman budaya
   Jawaban :
  • Sebagai Pedoman Hidup bangsa Indonesia agar tetap mempunyai satu tujuan bersama, walau berbeda ragam budaya
  • Sebagai pemersatu bangsa Indonesia
  • Sebagai Landasan hidup dalam segala tata cara kehidupan berbangsa dan bernegara

Kunci Jawaban Tematik Halaman 181-182

Jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Apakah menurutmu sikap Kepala Desa mencerminkan sikap mengutamakan musyawarah dan mufakat? Mengapa
    Jawaban :
Ya, Kepala Desa sudah bertindak benar dengan mengutamakan musyawarah untuk mufakat. Karena Kepala Desa mempunyai tanggung jawab terhadap orang banyak orang, sehingga setiap keputusan yang diambil oleh Kepala Desa pasti berdampak terhadap semua orang, oleh karena itu setiap ada permasalahan wajib di musyawarahkan bersama-sama dengan warga. Di samping itu Kepala Desa telah mengamalkan nilai Pancasila terutama sila ke 4, yaitu Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama

2. Bagaimana pendapatmu tentang sikap Pak Doni dan Pak Badu?
    Jawaban :
Tidak setuju, karena pak Doni dan pak Badu memaksakan kehendak kepada orang lain, selain itu bertentangan dengan nilai Pancasila terutama sila ke 4, yaitu tidak memaksakan kehendak kepada orang lain, serta Di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan

3. Bagaimana pendapatmu tentang sikap Pak Ali?
    Jawaban :
Setuju, Karena  sikap pak Ali Bijaksana dengan melihat kemampuan dan kebutuhan masing-masing warga yang akan diberi bantuan, serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila, yaitu sila ke-4 yang berisi Keputussan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, mengutamakan nilai-nilai kebersamaan dan keadilan, serta mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama, Juga sesuai dengan nilai Sila ke-5, yaitu Memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri

4. Tuliskan paling sedikit dua cara yang dapat kamu lakukan untuk menghargai orang lain!
    Jawaban :
  • Mendengarkan secara baik pendapat orang lain dalam musyawarah ketika dikemukakan.
  • Memberi apresiasi/penghargaan terhadap hasil karya/usaha orang lain
  • Menggunakan bahasa/tutur kata yang sopan saat berinteraksi dengan orang lain
  • Tidak menjelek-jelekkan karya orang lain
  • Tidak memotong pembicaraan orang lain saat berdiskusi
Hal 182⏩
⏪Hal 173

Revolusi Bumi Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 5

REVOLUSI BUMI

KELAS 6 TEMA 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5 HALAMAN 42, 43, 44, 45, 46

Berdasarkan gambar di halaman sebelumnya dan bola dunia yang kamu miliki, lengkapi tabel musim di wilayah belahan Bumi utara dan belahan Bumi selatan berikut

Kunci Jawaban Halaman 42

Berdasarkan gambar di halaman sebelumnya dan bola dunia yang kamu miliki, lengkapi tabel musim di wilayah belahan Bumi utara dan belahan Bumi selatan berikut!
Tabel musim di wilayah belahan bumi utara dan belahan bumi selatan
Kunci Jawaban Halaman 43

Ayo Mencoba
- Apakah jarak teman yang menjadi Bumi dan temanmu yang menjadi Matahari selalu sama?
  Jawaban :
Tidak selalu sama

Ukurlah jarak A dari keempat titik, yaitu B1, B2, B3, B4
Tuliskan hasil pengukuranmu pada tabel di bawah ini!
Kunci jawaban kelas 6 tema 8 subtema 1 pembelajaran 5 halaman 43
Dari Hasil pengukuran di atas, apa yang dapat kamu simpulkan tentang orbit Bumi?
Bahwa orbit Bumi berbentuk Elips

Kunci Jawaban Halaman 44

Ayo Mencoba
Apakah kamu tahu yang disebut reporter?
Jawaban :
Reporter adalah orang yang bertugas meliput berita di lapangan dan melaporkannya kepada publik.

Kunci Jawaban Halaman 45

Kunci jawaban kelas 6 tema 8 subtema 1 pembelajaran 5

Petunjuk :
Temukan lima Informasi penting mengenai gerak revolusi Bumi dan dampaknya. Tuliskan informasi yang kamu temukan di tiap jari :
Kunci Jawaban
Sumber informasi : Internet

Fakta 1 :
  • Bumi mengelilingi Matahari pada orbitnya membutuhkan waktu selama 365,25 hari atau 1 tahun
Fakta 2 :
  • Akibat peredaran bumi mengelilingi Matahari (revolusi Bumi) adalah adanya perbedaan lama siang dan malam
Fakta 3 :
  • Akibat revolusi Bumi adalah adanya perubahan Rasi Bintang
Fakta 4 :
  • Akibat revolusi Bumi adalah adanya gerak semu tahunan Matahari
Fakta 5 :
  • Akibat revolusi Bumi adalah adayan perubahan musim
Olahlah kembali poin-poin informasi yang kamu dapatkan menjadi poin-poin berita dengan menggunakan gaya penyajian berita seperti seorang reporter.
Naskah Reportase tentang Gerak Revolusi Bumi dan Dampaknya :

Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat pagi para pemirsa yang ada di kelas 6. 
Reportase kami hari ini adalah mengenai Revolusi Bumi dan dampaknya. Revolusi Bumi adalah peredaran Bumi mengelilingi Matahari. Seperti yang diketahui bersama, Bumi mengelilingi Matahari membutuhkan waktu tepatnya 365,25 hari atau satu tahun surya, dan disebut sebagai kala revolusi Bumi. 

Adapun dampak dari revolusi Bumi adalah sebagai berikut
Dampak 1 :
Adanya perbedaan lama siang dan malam. Revolusi dan kemiringan sumbu Bumi menyebabkan gejala yang terjadi selalu berulang setiap tahun. Peristiwa alam tersebut bisa terlihat di kutub utara dan selatan. Karena perbedaan jarak dekat atau jauhnya kutub dengan Matahari menyebabkan adnya perbedaan lama siang dan malam.
Dampak 2 :
Adanya perubahan rasi bintang. Rasi bintang adalah kumpulan bintang-bintang yang membentuk pola tertentu. Rasi bintang yang biasa dikenal umum antara lain : rasi bintang Biduk, rasi bintang Scorpio, rasi bintang Leo. Revolusi Bumi mengakibatkan rasi bintang-bintang tersebut terlihat berubah.
Dampak 3 :
Adanya Gerak semu tahunan Matahari. Pergeseran posisi Matahari ke arah belahan Bumi utara dan pergeseran posisi Matahari dari belahan Bumi utara ke belahan Bumi selatan disebut gerak semu harian Matahari. Gerak revolusi Bumi dengan sumbu rotasi yang miring mengakibatkan Matahari seolah-olah bergesar
Dampak 4 :
Adanya perubahan musim. Perubahan musim terjadi di belahan Bumi utara dan belahan Bumi Selatan. Musim yang terdapat di Bumi antara lain musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Musim-musim tersebut terjadi pada tanggal tertentu.
Dampak 5 :
Penggunaan Kalender Masehi. Kalender masehi ditetapkan berdasarkan revolusi bumi.

Kunci Jawaban Halaman 46

Catatanku tentang Revolusi Bumi dan dampaknya :
Revolusi Bumi adalah peredaran Bumi mengelilingi Matahari. Dampak dari Revolusi Bumi antara lain :
  1. Perbedaan lama siang dan malam
  2. Perubahan rasi bintang
  3. Gerak semu tahunan Matahari
  4. Adanya perubahan musim
  5. Ditetapkannya Kalender Masehi

Hal 48⏩
⏪Hal 39

Peran Pelajar Dalam Mengisi Kemerdekaan Kelas 5 Tema 7

PERAN PELAJAR DALAM MENGISI KEMERDEKAAN

KELAS 5 TEMA 7 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2 HALAMAN 164, 165, 166, 168, 172

jawaban kelas 5

Kunci Jawaban Tematik Halaman 164

Dari bacaan di atas, temukanlah kosakata baku dan tidak baku. Lalu, carilah artinya dengan menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya pada guru, atau berdiskusi
Kunci jawaban kelas 5 tema 7 subtema 3 pembelajaran 2 halaman 164
Kunci Jawaban Halaman 165

Ayo Mencoba
Salah satu peran yang ditunjukkan oleh pelajar dalam mengisi kemerdekaan adalah dengan belajar giat dan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif. Carilah informasi mengenai perilaku dan kegiatan positif yang dapat dilakukan pelajar di lingkungan-lingkungan  berikut! Perhatikan contoh yang telah dibuat untuk membantumu.
Kegiatan-kegiatan positif dalam Mengisi kemerdekaan halaman 165
Kunci Jawaban Tematik Halaman 166

Ayo Berkreasi
Catatan harianku
Buatlah tabel catatan kegiatanmu sehari-hari. Siapkan dua tabel. Tabel pertama berisi catatan kegiatan positif yang kamu lakukan dalam sehari. Tabel kedua berisi catatan kesalahan.
Jika kamu melakukan perbuatan baik, kamu berhak mendapatkan tanda bintang pada tabel kebaikan. Misalnya, kamu baru saja membantu ibu menyapu lantai. Kamu dapat menulis sendiri dan membubuhkan tanda bintang.
Begitu pula dengan kesalahan. Catatlah kesalahan yang kamu buat dan beri tanda sedih.
Mintalah bantuan orang tuamu untuk mengamati. Di Akhir pekan, hitunglah jumlah bintang dan tanda sedih. Bandingkanlah, berapa banyak kamu berbuat kebaikan dan berapa banyak kamu berbuat kesalahan. Dengan demikian, kamu akan bisa mengontrol perilakumu

Kebaikan yang kuperbuat : (silakan pilih)
  1. Menyapu lantai
  2. Mencuci baju sendiri
  3. Mencuci piring sendiri setelah makan
  4. Merapikan buku setelah belajar
  5. Merapikan mainan setelah bermain
  6. Membuang sampah pada tempatnya
  7. Bangun tepat waktu
  8. Menjalankan perintah ibu
  9. Menjalankan perintah ayah
  10. Memberi sedekah ke pengemis/fakir miskin
  11. Berangkat sekolah tepat waktu
  12. Beribadah tepat waktu
  13. Mengerjakan PR
  14. Menjaga adik
  15. Bermain tidak lupa waktu
  16. Melerai teman yang berkelahi
  17. Membantu teman mencari mainannya yang hilang
  18. Dll
Kesalahan yang kuperbuat : (silakan pilih)
  1. Lupa beribadah
  2. Tidak mengerjakan PR
  3. Bermain sampai lupa waktu
  4. Tidak mau menjaga adik
  5. Berkelahi
  6. Merusak fasilitas umum
  7. Buang sampah sembarangan
  8. Bangun telat
  9. Tidak meletakkan baju ganti pada tempatnya
  10. Mencoret-coret tembok tetangga
  11. Memecahkan kaca rumah
  12. Menyembunyikan mainan teman
  13. Mengganggu hewan peliharaan
  14. Dll
Kunci Jawaban Tematik Halaman 168

Tuliskanlah hasil kesimpulanmu dari kegiatan percobaan tersebut di tempat yang tersedia.
Kesimpulanku :
Dalam proses pembuatan garam dari air laut yang dilakukan dengan cara proses penguapan memanfaatkan kalor, dalam hal ini menggunakan lilin. Hal ini menunjukkan perubahan dari zat gas menjadi zat padat yang biasa disebut dengan peristiwa pengkristalan. Peristiwa ini adalah kebalikan dari peristiwa menyublim. Jika menyublim adalah perubahan dari zat padat menjadi zat gas, maka pengkristalan adalah perubahan dari zat gas menjadi zat padat.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 172

Ayo Berlatih
Bersama temanmu, isilah kolom-kolom di bawah ini dengan keterangan sesuai dengan jenis-jenis seni rupa daerah yang dapat kamu temukan di daerah sekitar tempat tinggalmu! kamu dapat mencari bahannya dari buku, ensiklopedia, majalah, atau internet
Kunci jawaban tematik kelas 5 tema 7 subtema 3 pembelajaran 2 halaman 172
Kunci jawaban tematik kelas 5 tema 7 subtema 3 pembelajaran 2 halaman 172
Hal 173⏩
⏪Hal 162

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3

KUNCI JAWABAN TEMATIK KELAS 6 TEMA 8

SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 HALAMAN 20, 22, 23, 25, 26, 27, 28

negara-negara kawasan asia tenggara

Kunci Jawaban Tematik Halaman 20

Paman Alan dan keluarganya tinggal di Singapura. Singapura merupakan negara tetangga kita. Apa yang dimaksud dengan negara tetangga?
Jawaban :
Negara tetangga adalah negara-negara yang berada di sekitar Indonesia. Sebagian besar negara tetangga Indonesia berada di kawasan Asia Tenggara

Kunci Jawaban Tematik Halaman 22

Ayo Membaca
Cermati teks berjudul "Kawasan Asia Tenggara" berikut ini!
Sebelum mulai membaca, lakukan kegiatan di bawah ini!
1. Bacalah judul bacaan dan perkiraan informasi yang mungkin kamu dapatkan dari bacaan
2. Sajikan perkiraan informasi tersebut dalam format sebagai berikut.
Perkiraan informasi :
  1. Tentang negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara
  2. Tentang kondisi negara-negara di kawasan Asia Tenggara, baik kondisi geografis (posisi/letak) maupun demografis (keadaan penduduk)
  3. Hubungan antara negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara
  4. Sejarah negara-negara yang ada di Asia Tenggara
Kunci Jawaban Tematik Halaman 23

Perhatikan kembali peta Asia Tenggara. Identifikasilah negara-negara yang ada di Asia Tenggara
Negara-negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara :
  1. Indonesia
  2. Brunei Darussalam
  3. Kamboja
  4. Timor Leste
  5. Singapura
  6. Malaysia
  7. Myanmar
  8. Thailand
  9. Laos
  10. Vietnam
  11. Philipina
Perkiraan informasi penting sebelum membaca teks bacaan
  1. Tentang negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara
  2. Tentang kondisi negara di kawasan Asia Tenggara, baik kondisi geografis (posisi/letak), maupun demografis (keadaan penduduk)
  3. Hubungan antara negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara
  4. Sejarah negara-negara yang ada di Asia Tenggara
Informasi penting yang didapatkan setelah membaca teks bacaan
  1. Letak Asia Tenggara berdasarkan garis astronomis dan geologis
  2. Tentang kondisi negara di kawasan Asia Tenggara secara geografis
  3. Persamaan antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara secara geografis
  4. Akibat letak geografis terhadap cuaca dan kesuburan tanah negara-negara di kawasan Asia Tenggara
Hasil perbandingan :
Ada beberapa persamaan dan perbedaan perkiraan informasi penting sebelum membaca teks bacaan dengan informasi yang didapatkan setelah membaca teks bacaan. Beberapa persamaan itu antara lain tentang kondisi negara-negara di kawasan Asia Tenggara secara geografis (posisi/letak), Sedangkan perbedaannya antara lain adalah letak Asia Tenggara juga dibahas secara astonomis, sedang perkiraan sebelum membaca adalah secara demografis (keadaan penduduk), perbedaan lainnya adalah akibat letak geografis terhadap cuaca dan kesuburan tanah. Perkiraan informasi sebelum membaca lebih bersifat umum, sedang informasi yang didapat setelah membaca tentang kawasan Asia Tenggara adalah lebih bersifat spesifik (khusus)

Kunci Jawaban Tematik Halaman 25

Ayo Berkreasi
Dari informasi yang kamu peroleh, ditemukan fakta-fakat menarik tentang Singapura. Garsi bawahi kata kunci dan informasi penting yang kamu dapatkan dari bacaan.
Olah kembali informasi-informasi tersebut dan sajikan dalam bentuk kartu informasi tentang Singapura.
Dalam kartu informasi tersebut, sajikan fakta-fakta yang menceritakan tentang kondisi alam Singapura dan fakta menarik lainnya

Kondisi Alam Singapura :
  1. Sebagian besar wilayahnya berupa dataran rendah
  2. Suhu udara di Singapura rata-rata 26ยบ C
  3. Terletak 137 kilometer di utara khatulistiwa
  4. Memiliki 63 pulau kecil
  5. Bukit Timah merupakan lokasi tertinggi

Fakta menarik tentang negara Singapura
  1. Merupakan negara kepulauan
  2. Negara dengan wilayah kecil namun negara paling maju dan paling bersih di Asia Tenggara
  3. Walau negara dengan wilayah sempit/kecil tapi masih ada ruang untuk cagar alam dan taman Botani 
Kunci Jawaban Tematik Halaman 26

dari informasi yang kamu dapatkan tentang Singapura, jawablah pertanyaan di bawah ini
Dari informasi yang kamu dapatkan tentang Singapura, jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Tuliskan hal-hal positif yang dapat kita contoh dari negara Singapura
    Jawaban :
  • Menjadi negara maju
  • Menjadi negara salah satu tujuan wisata dunia
  • Menjadi negara terbersih di dunia
  • Taatnya warga negara Singapura terhadap peraturan
  • Negara dengan aturan yang ketat
  • Peran serta warga Singapura dengan aturan-aturan tersebut.
2. Menurutmu, mungkinkah negara Indonesia menjadi salah satu negara terbersih di dunia seperti Singapura?
   Jawaban :
Mungkin, Indonesia bisa menjadi salah satu negara terbersih di dunia

3. Apa yang harus dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah Indonesia untuk mencapai tujuan tersebut?
    Jawaban :
  • Tingkat kesadaran warga Indonesia harus terus ditingkatkan
  • Tingkat pendidikan warga Indonesia harus terus ditingkatkan
  • Pemerintah Indonesia harus membuat aturan yang ketat
  • Pemerintah Indonesia tidak boleh berat sebelah dalam menerapkan aturan/ Pemerintah Indonesia harus adil dalam hukum, tidak tebang pilih.
  • Pemerintah harus menyediakan fasilitas-fasilitas umum yang memadai
  • Warga Indonesia harus turut serta berperan aktif dalam menjaga fasilitas umum dan turut aktif menyukseskan program pemerintah
4. Menurutmu, apakah kebersihan negara Singapura merupakan hasil kerjasama pemerintah dan warganya?
    Jawaban :
Ya, warga Singapura mendukung program pemerintah dan pemerintah Singapura membuat aturan-aturan yang bermanfaat serta menyediakan fasilitas-fasilitas penunjang.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 27

Ayo Mengamati
Apa yang dapat kita lakukan di rumah untuk menjaga lingkungan? halaman 27
Apa yang dapat kita lakukan di rumah untuk menjaga lingkungan?
  • Membuat tempat pembuangan sampah
  • Membuang sampah pada tempatnya
  • Selalu menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar
  • Menanam dan merawat tanaman di sekitar rumah
  • Menjaga, merawat serta membersihkan aliran air/selokan yang ada di lingkungan rumah dan lingkungan
Kunci Jawaban Tematik Halaman 28

Ayo Berkreasi
Buatlah sebuah poster. Isinya tentang rencana aksi yang akan kamu lakukan di lingkungan rumahmu sebagai cerminan pelaksanaan kewajibanmu. Tempelkan postermu di dinding dekat meja belajarmu. Gunakan poster tersebut sebagai pengingat tentang kewajibanmu dalam menjaga lingkungan rumahmu
Contoh poster rencana aksi yang akan kamu lakukan di lingkungan rumahmu sebagai cerminan pelaksanaan kewajibanmu
rencana aksi - jawabantematik.blogspot.com

Hal 28⏩
⏪Hal 19