Jumat, 15 Februari 2019

Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 5 Hal 127-138

PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN

KELAS 5 TEMA 7 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5 HALAMAN 127, 133, 134, 136-137, 138

kunci jawaban tematik kelas 5 tema 7 subtema 2 pembelajaran 5

Kunci Jawaban Halaman 127

Ayo Berlatih
1. Apa yang kamu rasakan saat menyanyikan lagu "Maju Tak Gentar"? Jelaskan!
    Jawaban :
Bersemangat. Semangat cinta tanah air meningkat ketika menyanyikan lagu "Maju Tak Gentar", karena kembali mengingatkan tentang perjuangan rakyat Indonesia ketika menghadapi penjajah.
2. Bagaimanakah nada dan tempo lagu "Maju Tak Gentar"? Jelaskan!
    Jawaban :
Nada Do=Bes. Birama 4/4, artinya tiap birama terdiri atas 4 (Empat) ketukan. Tempo lagu "Maju Tak Gentar adalah Marcia. Marcia adalah Tempo lagu Mars irama gerak jalan
3. Apakah lirik lagu "Maju Tak Gentar" mencerminkan nilai-nilai kepahlawanan? Jelaskan!
    Jawaban :
Ya, Maju Tak Gentar mencerminkan nilai-nilai kepahlawanan. Lagu ini menceritakan tentang perjuangan rakyat Indonesia yang dengan gagah berani melawan penjajah yang bersenjata lengkap hanya dengan bermodalkan semangat pantang menyerah dan semangat kebersamaan. 

Kunci Jawaban Halaman 133

Ayo Berlatih
Cari tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Mengapa bangsa Indonesia masih harus berjuang lagi mempertahankan kemerdekaannya?
    Jawaban :
Karena banyak bangsa asing yang tidak menyetujui kemerdekaan Indonesia. Pihak-pihak tersebut antara lain sekutu, terutama bangsa Belanda dan Inggris. Belanda ingin kembali menjajah di Indonesia, sedang Inggris telah berjanji membantu Belanda mengembalikan bekas jajahan Belanda, yaitu Indonesia untuk kembali dikuasai Belanda. Selain itu banyak tentara Jepang yang tersisa di Indonesia dan  belum mengetahui jika Jepang telah kalah perang dan menyerah kepada sekutu, juga belum mengetahui bahwa bangsa Indonesia telah merdeka.
2. Apa yang dimaksud perjuangan fisik dan diplomasi?
    Jawaban :
Perjuangan fisik adalah perjuangan dengan cara kekerasan, yaitu dengan mengangkat senjata (melakukan perang/kontak tembak). 
Perjuangan diplomasi adalah perjuangan yang dilakukan melalui meja-meja perundingan

3. Apa yang melatarbelakangi peristiwa Pertempuran 10 November di Surabaya?
   Jawaban :
Berawal dari peristiwa tewasnya Jenderal Sekutu, yaitu Jenderal Mallaby

4. Apa isi perjanjian Roem Royen
    Jawaban :
  • Pemerintah Indonesia dikembalikan ke Yogyakarta
  • Menghentikan gerakan militer dan mengembalikan tawanan
  • Republik Indonesia sebagai bagian dari Negara Indonesia Serikat
  • Akan segera dilaksanakan Konferensi Meja Bundar (Konferensi Meja Bundar)
5. Apa yang dimaksud dengan Agresi Militer Belanda? Kapan terjadinya?
    Jawaban :
Serangan yang dilakukan oleh Belanda untuk merebut kemerdekaan Indonesia :
  • Agresi Militer Belanda I pada tanggal 21 Juli 1947
  • Agresi Militer Belanda II pada tanggal 19 Desember 1948
Kunci Jawaban Halaman 134

Ayo Menulis
Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut!
kunci jawaban kelas 5 tema 7 subtema 2 pembelajaran 5 Halaman 134

Kunci Jawaban Halaman 136-137

Ceritakan pengalamanmu dalam bekerja sama saat melakukan percobaan
1. Ketika kamu menuangkan air ke dalam panci, benda berwujud apakah air itu?
    Jawaban :
Air yang dituangkan ke dalam panci berbentuk zat cair

2. Bagaimanakah suhu air sebelum dipanaskan dengan kompor spiritus?
    Jawaban :
Suhu air sebelum dipanaskan bersuhu rendah 

3. Apa yang sedang terjadi pada saat air dalam panci itu diletakkan di atas kompor spiritus?
   Jawaban :
Air akan bertambah panas, karena suhu air meningkat

4. Setelah beberapa saat di atas kompor spiritus, apakah yang tampak keluar dari permukaan air dalam panci? Berwujud apakah benda itu?
   Jawaban :
Yang keluar dari permukaan air dalam panci berupa uap air, yang merupakan benda berwujud gas

5. Setelah ditutup dengan tutup kering, kemudian tutup dibuka kembali, apa yang tampak pada permukaan tutup itu?
   Jawaban :
Tampak tetes-tetes air yang menempel pada tutup panci tersebut.

6. Dari manakah asal air yang ada ditutup panci itu?
    Jawaban :
Berasalah dari  uap air yang menguap

7. Setelah air dipanaskan beberapa saat, bertambah atau berkurangkah air dalam panci? Jika berkurang, ke manakah air itu hilang?
   Jawaban :
Air dalam panci berkurang. Berkurang karena sebagian air tersebut menguap (berubah wujud menjadi gas)

Kesimpulan :
Kegiatan yang telah kamu lakukan menunjukkan : dengan PENGUAPAN air akan berubah wujud menjadi UAP/GAS

Kunci Jawaban Halaman 138

Kesimpulan :
Sapu tangan basah karena mengandung AIR saat dijemur, air pada sapu tangan mengalami perubahan wujud menjadi ZAT GAS/UAP AIR
Uap air bergerak ke udara yang suhunya lebih RENDAH
Setelah semua air berubah menjadi uap, sapu tangan kering. Percobaan ini membuktikan PENGUAPAN terjadi perubahan wujud benda dari benda CAIR menjadi benda GAS


Hal 138⏩
⏪Hal 124

Proses Pembentukan NKRI Hal 112-122 Kelas 5 Tema 7

PROSES PEMBENTUKAN NKRI - KELAS 5 TEMA 7 

SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4 HALAMAN 112, 115, 117, 121, 122

Buku tematik kls 5 tm 7 st 2 pb 4

Kunci Jawaban Halaman 112

Ayo Berlatih
Cari tahu kepanjangan PPKI dan BPUPKI, lalu tuliskan pada kotak berikut
Jawaban :
BPUPKI = Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia
PPKI = Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia

Kunci Jawaban Halaman 115

Ayo Berlatih
Cari tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Apa tugas PPKI?
    Jawaban :
Melakukan upaya-upaya persiapan kemerdekaan dan pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia

2. Apa hasil Sidang PPKI pertama?
    Jawaban :
  • Penetapan dan pengesahan konstitusi sebagai hasil kerja BPUPKI yang sekarang dikenal dengan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai konstitusi Republik Indonesia
  • ir. Soekarno dipilih sebagai Presiden RI dan drs. Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia
  • Tugas Presiden RI untuk sementara waktu dilakukan oleh sebuah Komite Nasional
3. Apa tujuan pembentukan KNI?
    Jawaban :
Tujuannya sebagai penjelmaan tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia untuk menyelenggarakan kemerdekaan Indonesia yang berdasarkan kedaulatan rakyat

4. Kapan BKR sebagai cikal bakal TNI dibentuk?
    Jawaban :
Pada tanggal 22 Agustus 1945

Tuliskan 8 Propinsi yang dibentuk sebagai hasil sidang PPKI pertama!
Jawaban :
  1. Propinsi Sumatra
  2. Propinsi Jawa Barat
  3. Propinsi Jawa Tengah
  4. Propinsi Jawa Timur
  5. Propinsi Sunda Kecil
  6. Propinsi Maluku
  7. Propinsi Sulawesi
  8. Propinsi Kalimantan
Kunci Jawaban Halaman 117
Ahmad soebardjo halaman 117 kls 5 tm 7 st 2 pb 4
Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan teman sebangkumu teks di atas. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut pada bagan di bawah ini.

ULASAN TEKS

Judul teks :
Ahmad Soebardjo
Bagian yang paling menarik :
Ahmad Soebardjo mempunyai peran yang penting, yaitu ketika beliau ikut menjadi salah satu Panitia Sembilan yang merumuskan Piagam Jakarta yang menjadi cikal bakal Pembukaan UUD 1945
Informasi penting :
  • Ahmad Soebardjo lahir di daerah Karawang, Jawa Barat pada tanggal 23 Maret 1897
  • Menjadi salah seorang Panitia Sembilan yang turut merumuskan Piagam Jakarta yang merupakan cikal bakal Pembukaan UUD 1945
  • Salah seorang tokoh perumus naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Pendapat saya tentang teks ini
Ahmad Soebardjo layak menjadi teladan, sikap kepemimpinan yang bisa ditiru, karena mempunyai peran yang besar bagi perjalanan bangsa dan negara Indonesia dalam usaha mencapai kemerdekaan
Saya menyarankan/tidak menyarankan teks ini karena :
Saya menyarankan teks ini karena berisi sikap keteladanan salah seorang pemimpin Indonesia, selain itu teks ini juga berisi tentang peran beliau dalam perjuangan bangsa Indonesia

1. Jelaskan peran dan perjuangan penting yang dilakukan oleh Ahmad Soebardjo!
  • Menjadi penengah/juru damai dalam Peristiwa Rengasdengklok, di mana beliau bisa menjadi penengah antara golongan tua dan golongan muda yang bersitegang saat terjadi perbedaan mengambil langkah dalam persiapan kemerdekaan Indonesia
  • Berperan dalam Panitia Sembilan yang merumuskan Piagam Jakarta yang menjadi cikal bakal pembukaan Undang-Undang Dasara (UUD) 1945
  • Sebagai perumus dalam naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia, terutama pada kalimat pertama teks Proklamasi
2. Kemukakan hal yang dapat kamu pelajari dari kisah peran dan perjuangan Ahmad Soebardjo!
Bahwa Sikap seorang pemimpin itu harus rela berkorban, pekerja keras, pantang menyerah, bisa bekerja sama dengan yang lain, mampu menjadi penengah dan dapat mencari jalan keluar saat terjadi masalah dengan yang lainnya, ini bisa dilihat saat peristiwa Rengasdengklok. 

Kunci Jawaban Halaman 121

Ayo Mengamati
Cari tahu dengan mengamati unsur-unsur budaya yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Jika kamu mengalami kesulitan, baca kembali uraian tentang unsur-unsur budaya di atas. Kemudian, tuliskan nama-nama bagian dari kebudayaan pada suku yang kamu kenal.
Kunci jawaban kelas 5 tema 7 subtema 2 pembelajaran 4 halaman 121

Kunci Jawaban Halaman 122
kunci jawaban kelas 5 tema 7 Subtema 2 pembelajaran 4 halaman 122
kunci jawaban kelas 5 tema 7 Subtema 2 pembelajaran 4 halaman 122

kunci jawaban kelas 5 tema 7 Subtema 2 pembelajaran 4 halaman 122

kunci jawaban kelas 5 tema 7 Subtema 2 pembelajaran 4 halaman 122

Hal 124 ⏩
⏪Hal 111

Keadaan Alam Indonesia Kelas 6 Tema 8 Hal 50-53

KEADAAN ALAM INDONESIA KELAS 6 TEMA 8

SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6 HALAMAN 50, 52, 53

dari teks nonfiksi berjudul keadaan alam indonesia sajikan informasi penting yang kamu temukan dalam format berikut

Kunci Jawaban Halaman 50

Dari Teks nonfiksi berjudul "Keadaan Alam Indonesia", sajikan informasi penting yang kamu temukan dalam format berikut!

KEADAAN ALAM INDONESIA
Nama :
Kondisi umum alam Indonesia :
  • Indonesia memiliki ribuan pulau. 
  • Indonesia memiliki iklim tropik basah. 
  • Memiliki dua musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau
Ciri-ciri khusus kondisi alam Indonesia :
Ciri 1 :
  • Curah hujan di Indonesia rata-rata 1.600 milimeter setahun
  • Memiliki 400 Gunung api, dengan 130 diantaranya termasuk gunung api aktif
Ciri 2
  • Indonesia merupakan tempat pertemuan dua rangkaian gunung api aktif
  • Puluhan patahan aktif
Ciri 3
  • Terdapat salju abadi di puncak-puncak pegunungan di Papua
Kunci Jawaban Halaman 52

Analisalah informasi yang disajikan di artikel di atas. Identifikasilah kewajiban yang tidak ditunaikan oleh masyarakat. Jelaskan apa akibat dari kelalaian tersebut.
Kunci Jawaban :

Kewajiban :
- Menjaga Kebersihan Lingkungan
Akibat kewajiban tidak ditunaikan :
- Lingkungan menjadi kotor, penuh dengan sampah

Kewajiban :
- Membuang sampah pada tempatnya
Akibat kewajiban tidak ditunaikan :
- Sungai penuh dengan sampah yang akhirnya air sungai sulit mengalir dengan lancar

Kewajiban :
- Menjaga kelancaran saluran air/selokan
Akibat kewajiban tidak ditunaikan
- Saluran air tersumbat yang akhirnya menyebabkan banjir

Kewajiban :
- Menjaga/mengantisipasi tempat-tempat yang mudah menjadi sarang penyakit
Akibat kewajiban tidak ditunaikan
- Penyakit merajalela, seperti diare, demam berdarah, penyakit kulit, dan lain-lain

Sebagai anggota masyarakat, kita memiliki kewajiban untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Bekerjalah dalam kelompok. Diskusikan kewajiban yang kamu miliki sebagai anggota masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di tempat tinggal kamu.

Tuliskan hasil diskusi kalian dalam format yang disediakan!
Kunci Jawaban :
  • Melaksanakan program 3 M (Menutup, menguras, mengubur) dalam mengurangi dampak penyakit demam berdarah
  • Membuang sampah pada tempatnya
  • Mengurangi sampah dengan program daur ulang limbah, seperti bank sampah
  • Menjaga kebersihan lingkungan rumah, baik dalam maupun luar rumah, serta lingkungan sekitar rumah
  • Menjaga kelancaran aliran air/selokan di sekitar rumah
  • Turut menyukseskan program kesehatan, seperti Germas (Gerakan Masyarakat Sehat), Posyandu, dan lain sebagainya
  • Dan lain sebagainya

Ayo Berlatih
Ketika musim hujan tiba, lapangan sekolah menjadi becek dan berlumpur. Hal ini mengakibatkan sepatu siswa-siswi menjadi kotor. Untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan, SD Pelita Hati membuat jadwal piket tambahan.

Mematuhi dan menjalankan jadwal piket dengan baik merupakan kewajiban setiap siswa SD Pelita Hati.

Bantulah SD Pelita Hati dengan membuat daftar hal-hal yang harus dilakukan oleh petugas piket dan siswa-siswa lainnya sebagai perwujudan kewajibannya dalam menjaga lingkungan sekolah

Kewajiban Petugas Piket
  • Memantau dan meletakkan sepatu pada lemari sepatu/ tempat yang disediakan
  • Menguras/mengurangi genangan air di lapangan
  • Membersihkan teras sekolah
  • Membersihkan lemari sepatu/ tempat sepatu yang disediakan
  • Mengepel lantai kotor
  • Dan sebagainya
Kunci Jawaban Halaman 53

Tuliskan kembali kewajibanmu dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat. Masukkan ke tabel berikut. Tempelkan tabel tersebut di tempat yang mudah kamu baca dan jadikan sebagai pengingatmu.

Kewajibanku dalam menjaga kebersihan dan Kesehatan

Lingkungan Rumah
  • Wajib merapikan tempat tidur ketika baru bangun
  • Wajib mandi secara teratur, minimal 2 kali sehari
  • Membersihkan/menyapu kamar tidur, ruang keluarga, teras, dan ruangan lain 
  • Wajib membuang sampah pada tempatnya
  • Menutup semua wadah yang berpotensi jadi sarang nyamuk
  • Dan lain-lain
Lingkungan Sekolah
  • Wajib melaksanakan piket kelas
  • Wajib menjaga kebersihan sekolah
  • Wajib membuang sampah pada tempatnya
  • Wajib menyiram dengan bersih ketika keluar dari toilet
  • Dan lain-lain
Lingkungan Masyarakat
  • Membuang sampah pada tempatnya
  • Turut serta dalam kegiatan kerja bakti 
  • Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar
  • Wajib menjaga kelancaran saluran air/selokan di depan rumah dan sekitarnya
  • Dan lain-lain
Hal 54⏩
⏪Hal 48