Rabu, 13 Februari 2019

Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam Hal 57-60

BANJIR BUKAN SEKADAR BENCANA ALAM

KELAS 6 TEMA 8 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 Halaman 57, 58, 60

Kunci Jawaban Halaman 57

Kunci jawaban tematik kelas 6 tema 8 subtema 2 pembelajaran 1 halaman 57
Presentasikan di depan kelas, gagasan utama dan informasi penting dalam setiap paragraf. Sebelum presentasi, tuliskan terlebih dahulu gagasan utama dan informasi penting pada tiap  paragraf di peta konsep yang disediakan di bawah ini.

Paragraf 1
Gagasan utama : 
Penyebab banjir
Informasi penting :
- Musim hujan, curah hujan meningkat
- Rendahnya kesadaran masyarakat
- Pendangkalan dan penyempitan badan sungai

Paragraf 2
Gagasan utama :
Permukiman di bantaran Sungai Ciliwung
Informasi penting :
- Penertiban permukiman liar di bantaran sungai Ciliwung
- Resiko permukiman di bantaran sungai

Paragraf 3
Gagasan utama
Banjir dan longsor akibat pembangunan tidak mengindahkan topografi
Informasi penting :
- Di Manado, banjir dan longsor akibat pembangunan kota
- Banyak bukit dan lereng diubah jadi perumahan

Berdasarkan gagasan utama dan informasi penting yang kamu temukan, buatlah sebuah ringkasan singkat tentang bacaan "Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam"

Bencana banjir sering menimpa masyarakat Indonesia, terutama pada musim penghujan. Pada musim penghujan, rata-rata curah hujan di Indonesia cukup tinggi, sehingga potensi terjadinya banjir lebih tinggi dari pada musim kemarau. Potensi banjir ini diperparah dengan pola hidup masyarakat Indonesia, kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan masih rendah, seperti membuang sampah sembarangan di sungai. Pembuangan sampah di sungai ini diperparah dengan adanya pendangkalan dan penyempitan badan sungai yang diakibatkan banyaknya permukiman di bantaran sungai.

Permukiman di bantaran sungai menjadi masalah klasik yang terus terjadi. Salah satu daerah permukiman yang cukup parah adalah permukiman di bantaran sungai Ciliwung. Penertiban permukiman di bantaran sungai sering dilakukan oleh pemerintah, namun belum membuahkan hasil yang memuaskan. Penertiban ini dilakukan karena resiko yang dihadapi masyarakat yang tinggal di permukiman bantaran sungai Ciliwung cukup tinggi. Setiap musim penghujan tiba, bisa dipastikan permukiman warga di bantaran sungai Ciliwung akan tenggelam karena banjir. Hal ini tentu  sangat berbahaya.

Selain itu, banjir juga dapat disebabkan pembangunan yang tidak mengindahkan topografi suatu lingkungan. Di Manado, pemukiman banyak didirikan di daerah perbukitan karena dataran rendah sangat sedikit. Hal ini menyebabkan tanah menjadi sulit untuk menyerap air yang pada akhirnya banjir jadi mudah terjadi.

Kunci Jawaban Halaman 58

Ayo Mencoba
Perhatikan artikel di bawah. Mintalah temanmu membacakan artikel tersebut untukmu! Catatlah kata kunci dan informasi penting yang kamu dapatkan dari artikel yang dibacakan oleh temanmu tersebut. Lakukan kegiatan tersebut secara bergantian.

Bandingkan kata kunci dan informasi yang kamu temukan dengan kata kunci dan informasi penting yang ditemukan oleh temanmu.

Kata kunci :
Banjir
Informasi penting :
- Lumpuhnya aktivitas belajar-mengajar
- Banjir dari luberan sungai
- Banjir disebabkan hujan deras selama dua hari berturut-turut
- SMP Negeri 2, SD Negeri Gebangmalang 1, SD Gebangmalang 2, SMK Negeri 1 Mojoanyar 
  libur karena banjir

Kunci Jawaban Halaman 60

Gagasan utama yang aku dapatkan dari bacaan yang dibacakan oleh temanku :
(.......... : jawaban relatif beda-beda, sesuai dengan apa yang dibaca temanmu)

Gagasan utama yang aku dapatkan setelah membaca bacaan dalam hati :

Paragraf 1 :
Penyebab 4 Musim di negara Subtropis

Paragraf 2 :
Arah dan kecepatan angin yang memengaruhi musim di bagian tengah poros bumi

Paragraf 3 :
Bersyukur dengan kesempurnaan tempat dengan ciri masing-masing

Berdasarkan teks bacaan "Ada Dua, Ada Empat", jelaskan penyebab terjadinya perbedaan musim di Bumi!
Jawaban :

Terjadinya musim yang berbeda karena ketika mengorbit, poros Bumi dalam keadaan miring. Pada bulan Desember, saat poros di belahan Bumi Utara mengalami kemiringan terjauh dari Matahari sehingga sedikit mendapat sinar matahari. Akibatnya terjadilah apa yang dikenal sebagai musim dingin. Di sisi belahan Bumi Selatan, pada waktu bersamaan, terjadi musim panas. Di bagian tengah poros Bumi, yaitu bagian yang dekat dengan garis ekuator, poros tidak terlalu mengalami kekeringan. Pada bagian Bumi ini, arah dan kecepatan anginlah yang berperan memengaruhi musim 

Hal 60 ⏩
⏪Hal 54

Kalor Menyebabkan Perubahan Wujud Benda Hal 89-96

KALOR MENYEBABKAN PERUBAHAN WUJUD BENDA

KELAS 5 TEMA 7 PEMBELAJARAN 2 HALAMAN 89, 92, 93, 95-96

Kalor menyebabkan perubahan wujud benda halaman 89 92 93 95 96

Kunci Jawaban Halaman 89

Simpulkan hasil percobaanmu. Tuliskan pada kolom berikut
Kesimpulan hasil percobaan :
Dengan adanya perubahan kalor/pemanasan dapat menyebabkan berubahnya wujud suatu benda. Pada saat suatu zat melepaskan kalor, maka suatu zat tersebut akan mengalami perubahan wujud

Ayo Berlatih
Untuk menyelidiki terjadinya peristiwa mencairnya suatu benda disebabkan oleh kalor atau panas, lakukan percobaan memanaskan mentega di atas kompor. Berhati-hatilah saat melakukan percobaan menggunakan kompor. Tuliskan percobaan seperti berikut.

Judul Percobaan : Kalor menyebabkan perubahan wujud benda
Tujuan : Mengetahui proses perubahan wujud mentega karena kalor
Alat dan Bahan : Kompor, Panci/Penggorengan, Mentega
Langkah kerja :

  • Hidupkan kompor
  • Letakkan mentega dalam panci/penggorengan
  • Letakkan panci/penggorengan di atas kompor menyala
  • Amati perubahan yang terjadi pada mentega
Kesimpulan :
Mentega mengalami perubahan wujud karena terkena kalor/panas dari panci/penggorengan. Mentega yang merupakan zat padat berubah menjadi zat cair. Peristiwa perubahan wujud benda padat menjadi benda cair karena adanya pemanasan disebut mencair 

Kunci Jawaban Halaman 92

Ayo Berlatih
Ayo, temukan kosakata baku dan tidak baku pada bacaan yang berjudul "Peristiwa Menjelang dan Sesudah Pembacaan Teks Proklamasi". Kemudian, carilah arti katanya di Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya kepada guru atau berdiskusi.

Kosakata baku
Proklamasi
Arti kata
Pemberitahuan secara resmi kepada seluruh rakyat; Permakluman; Pengumuman

Kosakata baku
Sekutu
Arti kata
Serikat; gabungan; federasi beberapa negara

Kosakata baku
Perundingan
Arti kata
Proses, cara, perbuatan berunding atau merundingkan; pembicaraan (tentang suatu hal); perembukan; permusyawaratan

Kosakata baku
Pamflet
Arti kata
Surat selebaran

Kosakata baku
Heroik
Arti kata
Bersifat pahlawan

Kosakata tidak baku
Memproklamirkan
Arti kata
-

Ayo Berlatih
1. Jawablah pertanyaan-pertanyaan terkait peristiwa Rengasdengklok berikut :

Kapan peristiwa Rengasdengklok terjadi?
Jawab :
Pada tanggal 16 Agustus 1945

Siapakah yang diamankan dalam peristiwa Rengasdengklok?
Jawab :
Bung Hatta dan Bung Karno beserta ibu Fatmawati dan Guntur Soekarno Poetra

Siapakah yang memelopori peristiwa Rengasdengklok?
Jawab :
Tokoh pemuda

Apa tujuan peristiwa Rengasdengklok?
Jawab :
Mendesak golongan tua untuk segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia

Apa yan terjadi di Rengasdengklok?
Jawab :
Terjadi perdebatan antara golongan tua dengan golongan muda berkaitan dengan waktu pelaksanaan Proklamasi kemerdekaan

Apa hasil kesepakatan pada peristiwa Rengasdengklok?
Jawab :
Setelah melalui perdebatan dan ditengahi oleh Ahmad Soebardjo, menjelang malam hari, kedua tokoh itu akhirnya kembali ke Jakarta. Rombongan Soekarno-Hatta sampai di Jakarta pada pukul 23.30 waktu Jawa zaman Jepang (pukul 23.30). Soekarno-Hatta setelah singgah di rumah masing-masing, kemudian bersama rombongan lainnya menuju rumah Laksamana Maeda di jalan Imam Bonjol No. 1 Jakarta (tempat Ahmad Soebardjo bekerja) untuk merumuskan teks proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Kunci Jawaban Halaman 93

2. Ceritakan kembali secara tertulis peristiwa-peristiwa yang terjadi setelah pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia pada kolom berikut.

A. Penyebaran Berita Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan
Penyebaran tentang berita Proklamasi dilakukan dengan cara menyebarkan pamflet, mengadakan pertemuan, dan menulis pada tembok-tembok, disiarkan melalui radio dan surat kabar, dan pemberitahuan para gubernur pada wilayah masing-masing

B. Reaksi Masyarakat Indonesia
Adapun reaksi masyarakat Indonesia setelah berita Proklamasi Indonesia adalah dengan mengikuti rapat raksasa di lapangan Ikada (Ikatan Atletik Djakarta) tanggal 19 September 1945, dukungan-dukungan juga bermunculan di daerah lain, seperti Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Aceh, Bali, Palembang, Kalimantan, Bandung, Makassar, Lampung, Solo, Sumatra Selatan, dan Sumbawa

Kunci Jawaban Halaman 95-96

Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama teman sebangkumu
1. Apa perbedaan bentuk karya tari tunggal, berpasangan, dan kelompok?
    Jawaban :
Tari tunggal :
Tari dilakukan oleh seorang penari, tetapi tetap tidak menutup kemungkinan dilakukan oleh banyak orang secara bersama-sama 
Tari berpasangan :
Tarian dilakukan secara berpasangan oleh dua orang penari. Tarian berpasangan ini dapat dilakukan oleh beberapa orang secara berpasangan. Sedangkan model pasangannya adalah ada yang dilakukan  penari perempuan berpasangan dengan penari perempuan, ada yang penari laki-laki dengan penari laki-laki, serta ada juga tarian berpasangan antara penari perempuan dengan penari laki-laki
Tari berkelompok :
Tarian yang dilakukan secara bersama-sama/berkelompok atau tarian yang dilakukan oleh banyak orang secara bersama

2. Bagaimana pola lantai pada karya tari tunggal, berpasangan, dan kelompok?
    Jawaban :
Pola lantai tarian yang dilakukan oleh satu orang penari dapat dilihat dari bekas jalur garis-garis yang dilalui oleh penari pada saat melakukan gerak tari. Pola lantai berpasangan atau kelompok dapat dilihat berupa garis dilantai yang dilalui oleh penari saat melakukan gerakan tari dan juga dapat dilihat dari formasi yang telah dibuat oleh kelompok penari tersebut.

Tuliskan hasil diskusi kalian pada kolom berikut
Pola lantai tarian yang dapat dilakukan oleh satu orang penari dapat dilihat dari garis-garis di lantai yang dilalui oleh penari pada saat melakukan gerak tari. Pola lantai tari berpasangan ataupun kelompok dapat dilihat berupa garis di lantai yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari juga dapat dilihat berupa formasi yang dibuat oleh penari kelompok

Hal 96⏩
⏪Hal 86

Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kelas 5 Tema 7

PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KELAS 5 TEMA 7

SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 HALAMAN 78, 81-82, 83, 85-86

Berdiskusilah dengan teman sebangkumu mengenai bacaan di atas. buatlah ulasan mengenai isi bacaan. tuliskan pada kolom berikut

Kunci Jawaban Halaman 78

Amatilah gambar pada halaman sebelumnya dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Peristiwa apakah yang tampak pada gambar di atas?
    Kunci Jawaban :
Peristiwa pembacaan naskah Proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945

2. Adakah hubungan peristiwa pada gambar dan kemerdekaan bangsa Indonesia?
    Kunci Jawaban :
Ya, ada hubungan yang erat antara proklamasi dengan kemerdekaan bangsa Indonesia. Proklamasi merupakan salah satu tonggak sejarah dari perjalanan perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia

3. Apakah dengan adanya peristiwa pada gambar, Negara Kesatuan Republik Indonesia terbentuk?
   Kunci Jawaban :
Belum, terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak hanya cukup dengan pembacaan naskah proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945, tapi juga melalui berbagai tahapan dan peristiwa penting lainnya dalam perjalanan perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia.

4. Apakah dengan adanya peristiwa pada gambar, bangsa dan negara Indonesia terbebas dari 
    penjajahan?
    Kunci Jawaban :
Belum, Karena setelah peristiwa proklamasi 17 Agustus 1945 tersebut, bangsa Indonesia masih harus mempertahankan kemerdekaan, terutama dari Belanda/NICA yang membonceng sekutu yang datang ke Indonesia, dimana Belanda/NICA ingin kembali menjajah, terbukti dengan adanya Agresi Militer  Belanda 1 tahun 1947 dan Agresi Militer Belanda 2 tahun 1948

Kunci Jawaban Halaman 81-82

Kunci jawaban kelas 5 tema 7 subtema 2 pembelajaran 1 halaman 81

Ayo Berdiskusi
Berdiskusilah dengan teman sebangkumu mengenai bacaan di atas. Buatlah ulasan mengenai isi bacaan. Tuliskan pada kolom berikut.

1. Judul bacaan
Peristiwa pembacaan teks Proklamasi
2. Isi bacaan yang paling menarik
  • Pembacaan teks proklamasi
  • Pengibaran bendera merah putih
  • Bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya
Ayob Berlatih
Ayo, temukan kosakata baku dan tidak baku pada bacaan yang berjudul "Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi". Kemudian carilah arti katanya di Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya kepada guru, atau berdiskusi. 

Kosakata pada bacaan
Kosakata Baku :
Teks
Arti :
Naskah yang berupa kata-kata; Wacana tertulis

Kosakata Baku :
Proklamasi
Arti :
Pemberitahuan resmi kepada seluruh rakyat; Permakluman; Pengumuman

Kosakata Baku :
Laksamana
Arti :
Kelompok pangkat perwira tinggi dalam angkatan laut

Kosakata Baku :
Saksi
Arti :
orang yang melihat atau mengetahui sendiri suatu peristiwa/kejadian

Kosakata Baku :
Upacara
Arti :
Perbuatan atau perayaan yang dilakukan atau diadakan sehubungan dengan peristiwa penting

Kosakata Baku :
Protokol
Arti :
Peraturan upacara di istana kepala negara atau berkenaan dengan penyambutan tamu-tamu negara dan sebagainya; tata cara yang secara internasional berlaku dalam hubungan diplomatik

Kosakata Tidak Baku :
Baki
Arti :
Dulang kecil tidak berkaki untuk menyajikan makanan dan minuman; talam; nampan

Kosakata Tidak Baku :
Shodanco
Arti :
Suatu pangkat dalam militer Jepang

Kunci Jawaban Halaman 83

Ayo Menulis
Bacalah kembali bacaan peristiwa pembacaan teks proklamasi. Kemudian tuliskan kembali peristiwa proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia melalui kegiatan berikut .

1. Kapan teks proklamasi kemerdekaan dibacakan
    Jawaban :
17 Agustus 1945

2. Di mana teks proklamasi dibacakan?
    Jawaban :
Di rumah Laksamana Maeda

3. Siapakah yang membuat dan membacakan teks proklamasi kemerdekaan?
    Jawaban :
Ir. Sukarno

4. Siapa sajakah tokoh yang hadir pada acara pembacaan teks proklamasi?
    Jawaban :
Ir. Sukarno, drs. Moh. Hatta, Wali kota Suwiryo dan dr. Muwardi, Latief Hendraningrat dan Suhud

5. Apa saja acara yang dilakukan pada pembacaan teks proklamasi?
  • Pembacaan teks proklamasi 
  • Pengibaran bendera merah putih
  • Sambutan Walikota Suwiryo dan dr. Muwardi
Kunci Jawaban Halaman 85-86

Ayo Mencoba
Ceritakan pengalamanmu saat melakukan percobaan

Saat air dipanaskan, air yang semula dingin (bersuhu rendah) menerima panas dari API melalui CEREK

Air menerima panas, lama-kelamaan air menjadi PANAS (suhu meningkat)

Kesimpulan :
Makin BESAR energi panas yang diterima air, makin besar pula kenaikan SUHU pada air

Ayo Mengamati
Ayo, amatilah peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang menunjukkan adanya perubahan suhu benda yang disebabkan kalor. Identifikasi dengan cara menuliskan perubahan suhu benda yang disebabkan oleh kalor pada tabel berikut!
Jawaban :
  1. Saat menjemur pakaian, pakaian yang dingin karena basah berubah menjadi hangat
  2. Saat memasak air, air yang dingin berubah menjadi panas
  3. Air raksa dalam termometer akan naik saat terkena panas tubuh
  4. Sendok menjadi panas saat digunakan untuk mengaduk air teh panas
  5. Besi yang dibakar akan terasa panas

Hal 86⏩
⏪Hal 76