Minggu, 10 Februari 2019

Perbedaan Waktu Dan Pengaruhnya Hal 2-7 Kelas 6 Tema 8

PERBEDAAN WAKTU DAN PENGARUHNYA

HALAMAN 2, 3, 6, 7 KELAS 6 TEMA 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1

perbedaan waktu dan pengaruhnya isi pertanyaan hal 2-3-6-7 kelas 6 tema 8

Kunci Jawaban Tematik Halaman 2

Kunci Jawaban kelas 6 tema 8 halaman 2
Ayo Mengamati
Ayo, kita cari informasi lebih terperinci tentang terjadinya siang dan malam!
Perhatikan judul dan gambar sampul buklet.
Dapatkah kamu memperkirakan informasi-informasi penting apa saja yang ada di buklet tersebut?
Tuliskanlah di sini!
Kunci Jawaban :
  • Tentang bagaimana terjadinya siang dan malam
  • Kapan terjadinya siang dan malam
  • Penyebab terjadinya siang dan malam
  • Apa perbedaan siang dan malam

Kunci Jawaban Halaman 3

Tuliskan hal-hal yang kamu ketahui dan ingin kamu ketahui tentang siang dan malam (misalnya: waktu terjadinya, penyebab, dan perbedaan yang teramati)
Gunakan format di bawah ini!
Kunci Jawaban :

Hal yang telah aku ketahui
  • Jika siang ada matahari, jika malam ada bulan
  • Jika siang pandangan terang benderang, jika malam pandangan gelap
  • Jika siang terasa lebih panas daripada malam hari
Hal yang ingin aku ketahui
  • Penyebab terjadinya siang dan malam
  • Akibat adanya siang dan malam
  • Istilah atau kata-kata penting yang berkaitan dengan siang dan malam

Kunci Jawaban Halaman 6

Kunci jawaban tematik kelas 6 tema 8 subtema 1 pembelajaran 1 halaman 6
Ikuti langkah kegiatan di bawah ini!
Alat dan Bahan yang diperlukan : Senter, Globe
1. Peganglah senter dan satu temanmu memegang globe
2. Arahkan senter (jangan dinyalakan) sehingga menghadap globe. Amati globe
3. Nyalakan senter. Amati globe
4. Adakah perbedaan pada globe, antara sebelum dan sesudah senter dinyalakan? Tuliskan hasil 
    pengamatanmu!
    Kunci Jawaban :
Ya, ada perbedaan. Ketika senter belum dinyalakan, keadaan globe sama-sama gelap dari berbagai sisi. Ketika senter dinyalakan, ternyata ada perbedaan keadaan pada globe, yaitu sisi/bidang yang berhadapan dengan senter yang dinyalakan menjadi terang, sedang sisi/permukaan globe yang berlawanan tetap gelap, karena tidak terkena cahaya senter.

5. Tetap nyalakan senter, lalu putarlah globe berlahan-lahan berlawanan arah jarum jam. Apa yang 
    teramati pada globe? Tuliskan hasil pengamatanmu!
    Kunci Jawaban :
Terjadi perubahan keadaan pada globe. Globe yang berputar dan bidang sisi/permukaan yang awalnya terang, berlahan-lahan menjadi gelap. Sementara sisi/permukaan globe yang semula gelap berlahan-lahan menjadi terang secara bertahap sesuai dengan putaran ketika menerima cahaya dari senter.

Kunci Jawaban Halaman 7

Ayo Mengamati
Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan kegiatan yang sudah kamu lakukan!
1. Andaikan senter adalah Matahari dan Globe adalah Bumi
    a. Kapan kita mengalami siang?
Ketika bumi menerima sinar/cahaya dari Matahari
    b. Kapan kita mengalami malam?
Ketika bagian bumi tidak menerima sinar/cahaya dari Matahari
    c. Bagaimana posisi Matahari selama pengamatan (diam/bergerak)?
Posisi Matahari tetap/diam/tidak bergerak
    d. Bagaimana posisi Bumi selama pengamatan (diam/bergerak)?
Posisi Bumi bergerak

2. Bagaimana arah gerak Bumi dibandingkan dengan arah gerak jarum jam?
Gerak Bumi berlawanan arah dengan arah gerak jarum jam

3. Apa yang dimaksud dengan rotasi Bumi?
Gerakan bumi mengelilingi sumbu/poros

4. Mengapa ada daerah Bumi yang terang?
Karena daerah Bumi yang terang tersebut mendapat pancaran sinar/cahaya Matahari

5. Mengapa ada daerah di Bumi yang gelap?
Karena daerah Bumi yang gelap tersebut tidak mendapat sinar/cahaya Matahari

6. Apa akibat rotasi Bumi diihat dari diterimanya cahaya Matahari ke Bumi?
Terjadinya bergeseran permukaan Bumi yang mendapat cahaya Matahari, yang mengakibatkan terjadinya siang dan malam 

7. Bumi atau Mataharikah yang sesungguh bergerak?
Bumi yang bergerak

8. Apa yang kamu ketahui tentang gerak semu harian Matahari?
Peristiwa di mana Matahari tampak bergerak, walau sebenarnya Matahari yang tidak bergerak, tetapi Bumilah yang bergerak

9. Kegiatan apa yang biasa dilakukan oleh masyarakat di daerahmu ketika siang hari?
Mayoritas/kebanyakan melakukan aktivitas/kegiatan sehari-hari dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya/bekerja. Untuk nelayan,  siang hari saat nelayan datang dari laut dengan memanfaatkan angin laut.

10. Kegiatan apa yang biasa dilakukan oleh masyarakat di daerahmu ketika malam hari?
Mayoritas/kebanyakan  beristirahat dari aktivitas sehari-hari. Untuk nelayan, malam hari saat pergi melaut dengan memanfaatkan angin darat.

Kesimpulan :
Rotasi Bumi adalah Gerakan Bumi mengelilingi sumbu/poros
Rotasi Bumi menyebabkan terjadinya siang dan malam

Hal 8 ⏩

Pembelajaran 2 Subtema 3 Tema 7 Kelas 6 Hal 113-117

PEMBELAJARAN 2 SUBTEMA 3 

TEMA 7 KELAS 6 HALAMAN 113, 115, 117

perhatikan gambar patung di atas siapakah tokoh yang diwujudkan dalam bentuk patung itu

Kunci Jawaban Halaman 113

Ayo Mengamati
Perhatikan gambar patung di atas
1. Siapakah tokoh yang diwujudkan dalam bentuk patung itu?
    Kunci Jawaban :
Tokoh proklamator, yaitu ir. Sukarno dan drs. Muhammad Hatta

2. Apa bahan pembuatannya?
   Kunci Jawaban :
Bahan pembuatannya dari batu granit/batu andesit, batu marmer, semen, pasir, baja

3. Menurut perkiraanmu, bagaimana cara pembuatan patung itu?
    Kunci Jawaban :
Batu dari bahan granit/andesit dipahat berdasarkan bagian-bagian tertentu, setelah jadi tiap bagian, kemudian direkatkan dengan semen. Jika ada bahan yang menggunakan besi/baja maka merekatkannya dengan di las (penyambungan besi dengan cara dibakar)

Diskusikan hasil pengamatan kalian, lalu ceritakan kepada kelompok lain dan Bapak/Ibu Guru
Kunci Jawaban :
Tokoh yang ada pada gambar diamati adalah patung tokoh proklamator, yaitu ir. Sukarno dan drs. Muhammad Hatta. Fungsi patung tersebut adalah patung Monumen. Jenis patung tersebut adalah berbentuk figuratif, jenis Zonde Bosse (patung yang berdiri sendiri dan terlepas di kanan kirinya). Bahan patung dari bahan keras, seperti batu dan besi/baja.

Kunci Jawaban Halaman 115

Ayo Mencoba
Mungkin kamu telah sering melihat berbagai patung, baik secara langsung dari gambar, atau fotonya. Ada berbagai macam patung, tergantung dari tema, bentuk, dan teknik pembuatannya. Carilah informasi mengenai hal-hal berikut.
1. Ciri-ciri patung
2. Jenis-jenis patung
3. Bahan pembuat patung
4. Teknik pembuatan patung
Carilah informasi tersebut dari buku-buku di perpustakaan sekolahmu atau bertanyalah kepada Bapak/Ibu Guru dan narasumber lain yang menguasai. Tuliskan informasi yang kamu dapatkan dalam bentuk laporan
Kunci Jawaban :

1. Ciri-ciri Patung
  • Berbentuk 3 dimensi (bisa dilihat dari segala arah)
  • Memiliki tekstur
  • Memiliki warna
  • Memiliki bentuk
2. Jenis-jenis patung
    - Berdasarkan bentuk :
  • Figuratif  (meniru bentuk secara alami)
  • Non Figuratif (tidak dibuat seperti bentuk figuratif/alami)
   - Berdasarkan jenis :
  • Zonde Bosse (bentuk patung yang berdiri sendiri dan terlepas di kanan kirinya)
  • Relief (bentuk patung yang menempel pada permukaan dinding). Relief dibagi menjadi 3 yaitu : Baserelief (menampilkan bentuk-bentuk yang timbul kurang dari setengahnya), Demirelief (menampilkan  bentuk persis setengah dari bentuknya), Hautrelief (menampilkan bentuk yang sama dengan bentuknya)
   - Berdasarkan Fungsi :
  • Patung Religi (patung dengan tujuan sebagai sarana beribadah dan bermakna religius bagi pemeluk agama tertentu
  • Patung monumen (patung untuk memperingati/mengenang peristiwa dan kejadian yang bersejarah
  • Patung arsitektur (patung yang dibuat untuk menunjang dalam konstruksi bangunan dan bernilai estetika/keindahan
  • Patung dekorasi (patung yang dibuat untuk menghias bangunan atau lingkungan/taman)
  • Patung seni (patung yang dibuat sebagai karya seni murni untuk dinikmati keindahan bentuknya)
  • Patung kerajinan (patung yang dibuat untuk dijual, biasa dibuat oleh para pengrajin)
   - Berdasarkan corak
  • Corak Imitatif/realis/representatif (patung ini berdasarkan tiruan dari bentuk alam, berdasarkan bentuk fisik, baik anatomi, proporsi maupun gerak
  • Corak Deformatif (patung yang telah banyak berubah dari tiruan alam, diubah menjadi bentuk baru berdasarkan imajinasi pematung)
  • Corak Nonfiguratif/abstrak (patung yang secara umum sudah meninggalkan bentuk-bentuk alam untuk perwujudannya. Corak abstrak dipengaruhi oleh aliran konstruksi. Patung dipandang sebagai bentuk konstruksi, yaitu besi, kayu, plat, plastik, kawat, dan lain-lain)
3. Bahan pembuat patung 
  • Bahan lunak (material yang digunakan lunak dan mudah dibentuk. Seperti tanah liat, plastisin, sabun dan lainnya)
  • Bahan sedang (material yang digunakan tidak lunak dan tidak keras. Misal kayu sengon, kayu waru, kayu mahoni, kayu randu dan lainnya)
  • Bahan keras (material dapat berupa kayu atau batu-batuan. Misal kayu jati, kayu ulin, batu andesit, batu granit, batu marmer dan lainnya)
  • Bahan campuran (material yang bukan berasal dari 3 jenis bahan di atas. Misal dari semen, pasir, perunggu, kuningan, emas dan lainnya)
4. Teknik pembuatan patung
  • Teknik pahat (dengan mengurangi bagian-bagian tertentu pada bahan dasar keras)
  • Teknik cor (dengan memanaskan logam hingga mencair kemudian dituangkan dalam cetakan patung yang telah dibentuk rupa patungnya)
  • Teknik butsir (dengan mengurangi bahan lunak seperti tanah liat, gips dan bahan yang berstruktur lunak lainnya)
  • Teknik modeling (dengan membuat model terlebih dahulu dan setelah itu dibentuk patung sebenarnya)
  • Teknik merakit (dengan cara merakit bahan dasar patung kemudian merangkainya/mirip permainan puzzle)
  • Teknik membentuk (dengan cara membentuk patung secara bertahap sehingga tercipta patung yang diinginkan)
Ayo Menulis
Buatlah rencana pembuatan patung dari bahan lunak disekitarmu. Kamu dapat membuat patung bertema hewan berkaki dua, hewan berkaki empat, atau patung bertema manusia. Lengkapi daftar berikut.

RENCANA PEMBUATAN KARYA PATUNG

Bentuk patung :
Patung Topeng
Bahan :
Sabun
Teknik pembuatan :
Teknik pahat
alat :
alat pahat/pisau kecil/cutter
Cara pembuatan
  1. Siapkan alat dan bahan
  2. Membuat sketsa/model atau desain patung pada kertas terlebih dahulu. Buat yang sederhana agar mudah membuatnya.
  3. Hilangkan motif sabun, seperti logo atau merek sabun dengan alat pahat.
  4. Potong ujung sabun dengan alat pahat sehingga tidak terlalu lancip bentuknya
  5. Buatlah garis vertikal dengan pahat yang membagi sabun menjadi kanan-kiri yang sama.
  6. Ukir sabun mengikuti pola pada sketsa sehingga membentuk patung. Gunakan garis bantu vertikal supaya bagian kanan dan kiri patung simetris
  7. Bersihkan serbuk sabun hasil pahatan dengan cara ditiup. Dapat juga menggunakan alat pahat lainnya untuk membersihkan sabun dari serbuk yang menempel
  8. Kerajinan tangan dari sabun telah jadi
kunci jawaban halaman 115 kelas 6 tema 7 - jawabantematik.blogspot.com

sumber : https://adevnatural.com/cara-membuat-kerajinan-dari-sabun/#Ukiran_sabun_bentuk_patung_Doraemon

Kunci Jawaban Halaman 117

Ayo Berdiskusi
Persiapan apa yang harus dilakukan untuk menghadapi masa pubertas? Diskusikan bersama kelompokmu.
Kunci Jawaban :

Persiapan yang dilakukan pada masa  pubertas :
  1. Selalu mendekatkan diri kepada Sang Pencipta,Tuhan Yang Maha Esa
  2. Mencari informasi, bertanya, dan berdiskusi tentang pubertas dan pendidikan seksual kepada orang yang mengerti
  3. Selalu berpikir positif dan melakukan perbuatan yang positif
  4. Banyak membaca buku pengetahuan
  5. Pilih teman/pergaulan yang baik
  6. Mengembangkan bakat dan hobi
Ayo Berkreasi
Bersama kelompokmu, buatlah karya berupa peta pikiran berisi persiapan menghadapi masa pubertas sesuai hasil diskusi kalian. Warnai dan hiasilah peta pikiran itu seindah dan semenarik mungkin
Bersama kelompokmu, buatlah karya berupa peta pikiran berisi persiapan menghadapi masa pubertas

Hal 118⏩
⏪Hal 112