Jumat, 08 Februari 2019

Semut dan Belalang Kelas 6 Tema 7 Hal 105-112

SEMUT DAN BELALANG

JAWABAN KELAS 6 TEMA 7 HALAMAN 105, 106, 107, 109, 111


Kunci Jawaban Halaman 105

Jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa yang dilakukan sekelompok Semut? Mengapa mereka harus melakukannya?
    Kunci Jawaban :
Kelompok Semut tersebut sedang bekerja mengumpulkan bahan makanan untuk bekal persediaan. Para semut melakukan hal tersebut karena pada musim dingin sulit untuk mencari makanan, jadi mereka mencari makanan saat makanan berlimpah.

2. Bagaimana menurutmu sikap Belalang?
    Kunci Jawaban :
Sikap Belalang itu pemalas, meremehkan segala sesuatu, dan tidak menghormati para semut. Sifat belalang tidak patut ditiru, karena akan merugikan diri sendiri dan yang lain.

3. Bagaimana cara semut bekerja?
    Kunci Jawaban :
Semut bekerja secara bersama-sama/kerjasama dan bergotong royong dalam membawa bulir-bulir makanan untuk dibawa ke sarang mereka dengan cara berjalan bolak-balik dari tempat makanan menuju sarang . Selalu ada persatuan dalam pekerjaan mereka, sehingga pekerjaan mereka menjadi lebih mudah dan cepat dilaksanakan.

4. Nilai-nilai baik apa yang bisa kamu teladani dari cerita di atas?
    Kunci Jawaban :
Nilai Kerja keras pantang menyerah, Nilai persatuan dan kesatuan, Nilai kebersamaan/gotong royong dan kepemimpinan.

Kunci Jawaban Halaman 106

Apa yang bisa kamu pelajari dari cerita tersebut?
  • Pekerjaan akan lebih mudah dan cepat dilakukan dengan cara gotong royong/kerjasama
  • Dengan persatuan dan kesatuan, tujuan bersama akan lebih mudah tercapai
  • Dengan kepemimpinan yang baik, maka suatu perkumpulan/organisasi dalam melaksanakan aktivitasnya akan lebih baik dan mudah, serta lebih mudah dalam mencapai tujuan bersama
  • Bekerja keras pantang menyerah akan membuahkan hasil yang baik sesuai dengan yang diharapkan
  • Dengan saling menasihati satu dengan yang lain, maka keberhasilan suatu tujuan akan lebih mudah tercapai dan akan timbul rasa kekeluargaan dan kebersamaan
  • Malas dan sombong hanya akan merugikan diri sendiri
Apakah kamu tahu kelebihan dan kekuranganmu? Ayo, isi diagram berikut!
Kelebihanku : (silakan dipilih)
  • Mudah bergaul 
  • Humoris
  • Pantang menyerah
  • Rasa ingin tahu yang tinggi
  • Toleran
Kekuranganku : (silakan dipilih)
  • Pelupa
  • Menunda pekerjaan
  • Ceroboh
  • Penakut
  • Malas
Apa yang akan aku lakukan dengan kelebihan dan kekuranganku?
Saya akan menggunakan prinsip SWOT, (Strengths/Kekuatan, Weaknesses/Kekurangan, Opportunities/Peluang, dan Threats/Ancaman dalam menggapai cita-cita atau apa yang menjadi harapan saya. Dengan Kekuatan/kelebihan saya akan mampu mengambil keuntungan dari peluang/Opportunities yang ada, serta bagaimana cara mengatasi Kelemahan atau kekurangan/Weaknesses yang saya punya, yang mana kekuatan/kelebihan saya tersebut mampu mengatasi/menghadapi segala tantangan/ancaman (Threats).

Kunci Jawaban Halaman 107

Catatlah beberapa kegiatan yang membutuhkan gotong royong di sekolahmu. Bandingkan hasilnya dengan teman sebelahmu.

Kegiatan di Sekolah yang membutuhkan gotong royong
  1. Gotong royong dalam piket kelas
  2. Gotong royong dalam persiapan upacara bendera
  3. Gotong royong dalam mengerjakan tugas kelompok
  4. Gotong royong dalam mengumpulkan dana untuk korban bencana
  5. Gotong royong dalam melaksanakan 5 K (Kebersihan, keamanan, ketertiban, keindahan dan kekeluargaan) di sekolah
Alasan :
  1. Kebersihan kelas merupakan tugas bersama, kalau dikerjakan bersama akan lebih mudah dan cepat selesai
  2. Upacara bendera merupakan kegiatan yang dilakukan secara berkelompok, jika tidak ada semangat gotong royong, maka kegiatan upacara bendera bisa gagal terlaksana
  3. Jika kerja kelompok dikerjakan bersama-sama maka hasil yang dicapai lebih bagus, lebih mudah dan lebih bervariasi alternatif-alternatif jawaban yang bisa diperoleh
  4. Dengan mengumpulkan secara bersama-sama, maka pekerjaan lebih efektif, hasil yang diperoleh lebih banyak daripada dilakukan sendiri. Juga dapat menimbulkan semangat kebersamaan
  5. Pekerjaan cepat selesai, lebih sempurna hasilnya dan mampu memacu semangat kebersamaan diantara siswa-siswa

Kunci Jawaban Halaman 109

Baca sekali lagi isi pidato Pak badru. Tuliskan pesan-pesan yang kamu temukan!
Kunci Jawaban :
  • Koperasi didirikan untuk meningkatkan kesejahteraan bersama para anggota
  • Anggota koperasi mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam menikmati keuntungan koperasi
  • Kebersamaan dan Kekeluargaan merupakan modal paling penting dalam koperasi
  • Kewajiban setiap anggota untuk menjalankan koperasi demi kesuksesan koperasi, dan bukan tergantung pada ketua atau pengurus koperasi
  • Koperasi digunakan untuk memenuhi kebutuhan anggotanya, sehingga setiap anggota koperasi akan berkembang rasa kepeduliannya
  • Keputusan dalam koperasi merupakan hasil musyawarah seluruh anggotanya

Kunci Jawaban Halaman 111

Buatlah rancangan teks pidatomu dalam kotak berikut

Rancangan Teks Pidato

Topik : "Bermusyawarah untuk kepentingan bersama"
Salam pembuka
Berisi Kalimat Sapaan
Pendahuluan
Memaparkan tentang musyawarah mufakat
Inti
Berisi tentang bahasan topik Bermusyawarah secara lengkap, manfaat yang diperoleh, tujuan dan dampak dari musyawarah
Penutup
Penyampaian rangkuman/intisari dari Musyawarah untuk kepentingan bersama
Salam penutup
Berisi kalimat salam penutup


Hal 112⏩
⏪Hal 102
⏫Tema 7

Kepemimpinan Yang Baik Halaman 100-102 Kelas 6 Tema 7

CONTOH KEPEMIMPINAN YANG BAIK

HALAMAN 100, 101, 102 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6 KELAS 6 TEMA 7

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 6
Evalusi
1. Tulislah satu orang pemimpin yang kamu kenal. Sebutkan nilai-nilai kepemimpinan yang 
    dimilikinya (paling sedikit tiga), contoh kegiatannya, serta manfat bagi orang-orang di sekitarnya.
    Kunci Jawaban :
 
Pemimpin yang saya kenal :
Ayah saya sendiri
Nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki :
  1. Religius
  2. Disiplin
  3. Pekerja Keras
  4. Toleran
  5. Humanis
Contoh kegiatan :
  1. Selalu berdoa dalam mengawali dan mengakhiri kegiatan, selalu mengucapkan rasa syukur dalam segala aktivitas.
  2. Selalu melakukan sesuatu sesuai dengan yang telah ditetapkan (tepat waktu, tepat janji)
  3. Selalu bekerja seperti tidak mengenal lelah, selalu semangat, tidak pernah mengeluh demi memberi nafkah kepada keluarga
  4. Selalu baik dengan keluarga dan orang-orang di sekitarnya, selalu memaklumi kekurangan yang dimiliki istri dan anak-anaknya, serta tetangga dan orang lain di sekitarnya
  5. Selalu welas asih/kasih sayang terhadap keluarga, selalu suka membantu para tetangga sekitar.
Manfaat bagi orang-orang di sekitarnya :
  1. Menjadikan kami sebagai anak-anaknya jadi lebih mengenal Tuhan Yang Maha Esa, meniru sikap ayah yang selalu bersyukur
  2. Menjadikan kegiatan dan jadwal aktivitas di lingkungan rumah menjadi lebih teratur, anak-anaknya jadi lebih merasa nyaman berada di rumah
  3. Membuat kehidupan ekonomi keluarga menjadi lebih baik dan nyaman, anak-anaknya dapat bersekolah dengan baik
  4. Membuat keluarga beliau menjadi harmonis, hubungan dengan tetangga sekitar juga harmonis.
  5. Membuat orang-orang disekitarnya sangat menyayanginya, baik keluarga maupun tetangga-tetangga maupun orang-orang di sekitarnya, membuat beliau disegani di lingkungan masyarakat.
2. Isilah diagram Frayer di bawah ini untuk menunjukkan pemahamanmu tentang kepemimpinan.
    Kunci Jawaban :

Contoh Kepemimpinan yang baik :
  1. Kepala Sekolah yang selalu peduli akan kesulitan guru dan murid-murid di sekolahnya, selalu mencari jalan untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh guru dan murid-murid di sekolahnya
  2. Seorang dokter yang selalu telaten dan sabar mendengarkan keluhan sakit pasiennya untuk kemudian menenangkannya sambil berusaha memberikan pengobatan yang mampu memberikan kesembuhan
Ciri-ciri pemimpin yang baik :
Mempunyai nilai rela berkorban, nilai keteladanan, disiplin, nilai kerja keras & kerja cerdas, pantang menyerah/gigih, mendahulukan kepentingan bersama, mampu bekerjasama dan berkomunikasi, terus belajar/terus memperbaiki diri, toleran, bertanggungjawab

Pengertian kepemimpinan yang baik :
Pemimpin yang mempunyai pengaruh baik atas orang lain dan mampu mengilhami, memberikan motivasi, semangat dan juga mampu memberi arahan aktivitas-aktivitas anggota untuk membantu tercapainya tujuan kelompok/organisasi

Contoh kepemimpinan yang kurang baik :
Pemimpin yang merasa dirinya paling benar, paling berkuasa, tidak mau menerima nasihat, tidak bisa menghargai pendapat orang lain, hanya bisa memerintah dan tanpa mau peduli dengan bawahannya.

3. Tuliskan berbagai kegiatan yang menunjukkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Tuliskan paling 
    sedikit lima kegiatannya.
    Kunci Jawaban :
  • Gotong royong membersihkan jalan desa
  • Menjenguk dan membantu tetanga yang sakit
  • Membantu tetangga/orang-orang sekitar yang terkena musibah
  • Melayat tetangga yang meninggal
  • Turut aktif dalam kegiatan kampung, seperti Siskamling, PKK
  • Turut aktif dalam lomba-lomba/peringatan hari besar di daerah tempat tinggal
4. Tuliskan tiga cara untuk menjaga persatuan dan kesatuan
    Kunci Jawaban :
  • Tidak membeda-bedakan terhadap orang lain/tidak melakukan diskriminasi
  • Menghormati perbedaan suku, agama, ras maupun golongan
  • Mempelajari adat/kesenian sendiri dan juga mempelajari adat/kesenian suku lain
  • Suka menolong orang lain tanpa pandang bulu
  • Menghormati orang yang lebih tua, dan menjaga/melindungi orang yang lebih muda
  • Menghormati hak-hak orang lain, serta melaksanakan kewajiban diri sendiri
  • Bertanggung jawab terhadap kegiatan diri sendiri yang berhubungan dengan orang lain/orang banyak
5. Apa keunikan tari Zapin dari Aceh?
    Kunci Jawaban :
Tarian yang mengutamakan kesatuan gerakan cepat. Dengan adanya kerjasama dan kesatuan gerakan tari yang cepat menciptakan gerakan-gerakan yang indah dan menakjubkan. Tarian ini berisi dakwah islam, berasal dari daerah Arab dan mendapat sentuhan budaya lokal/Indonesia, sehingga makin memperindah gerakan.

6. Bagaimana sikapmu jika pada saat berdiskusi, ada perbedaan pendapat dengan temanmu?
    Kunci Jawaban :
Memberikan kesempatan teman berpendapat, tanpa menyela, tetap sabar menunggu giliran untuk berpendapat. Memberikan penjelasan yang sistematis/berurutan, dilakukan dengan sopan dan tetap menjunjung tinggi nilai persaudaraan dan kebersamaan tanpa menyinggung teman kita yang berbeda pendapat

Hal 105⏩
⏪Hal 98

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 4

KUNCI JAWABAN KELAS 5 TEMA 7

SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4 HALAMAN 46, 47, 48, 50, 52, 53, 54, 55, 56-57

kunci jawaban kelas 5 tema 7 halaman 46

Kunci Jawaban Halaman 46

Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan tepat!
1. Mengapa berbagai bentuk perlawanan terhadap Belanda sering mengalami kegagalan?
    Kunci Jawaban :
  • Karena perjuangan masih bersifat kedaerahan
  • Perlawanan tidak dilakukan secara serentak
  • Masih bergantung pimpinan (jika pemimpin tertangkap, perlawanan berhenti)
  • Kalah dalam persenjataan
  • Belanda menerapkan politik adu domba (devide et impera)
2. Bagaimanakah perubahan strategi perlawanan terhadap Belanda dilakukan oleh kaum atau 
    golongan muda terpelajar?
    Kunci Jawaban :
Para kaum terpelajar ingin berjuang dengan cara yang lebih modern, yaitu menggunakan kekuatan organisasi

3. Peristiwa apa yang menandai lahirnya masa pergerakan nasional?
    Kunci Jawaban :
Peristiwa berdirinya organisasi Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908

4. Jelaskan pembagian masa pergerakan nasional!
    Kunci Jawaban :
a. Masa awal pergerakan nasional (tahun 1900-an)
b. Masa awal radikal (tahun 1920-1927-an)
c. Masa moderat (tahun 1930-an)

5. Peristiwa apa yang menjadi latar belakang ditetapkannya Hari Kebangkitan Nasional? Jelaskan 
    alasannya!
    Kunci Jawaban :
Berdirinya Budi Utomo sebagai organisasi modern yang pertama kali muncul di Indonesia, sehingga pemerintah Republik Indonesia menetapkan tanggal berdirinya Budi Utomo sebagai hari kebangkitan nasional

Kunci Jawaban Halaman 47

Baca dengan jelas dan berikan komentar (presentasikan) biografi dan kisah perjuangan dr sutomo tersebut di depan kelas
Nama Tokoh :
Dokter Sutomo
Asal Tokoh :
Nganjuk, Jawa Timur
Bentuk Perjuangan :
Perjuangan melalui organisasi modern dan menjadi pelopor berdirinya Budi Utomo
Dampak perjuangannya terhadap pergerakan nasional :
Menjadi tonggak awal masa pergerakan nasional dan menandai era kebangkitan nasional

Kunci Jawaban Halaman 48

Tuliskan hasilnya pada kolom berikut faktor internal faktor eksternal
Ayo Berdiskusi
Pada bacaan di atas, disebutkan salah satu faktor munculnya rasa kebangsaan di Indonesia. Sekarang, diskusikan bersama kelompokmu mengenai faktor-faktor lain yang memicu munculnya rasa kebangsaan Indonesia. Sebagai bahan diskusi, kamu dapat mencari referensi dari buku atau artikel
Tuliskan hasilnya pada kolom berikut!
Kunci Jawaban :
Faktor Internal
  1. Kenangan kejayaan masa lalu pada masa kerajaan
  2. Perilaku Belanda yang menyengsarakan rakyat Indonesia  sehingga menimbulkan rasa senasib sepenanggungan rakyat Indonesia
  3. Lahirnya kaum terpelajar
  4. Lahirnya kelompok terpelajar islam
  5. Lahir dan munculnya semangat persamaan derajat pada masyarakat Indonesia
Faktor Eksternal
  1. Perkembangan nasionalisme di berbagai negara, seperti pergerakan kebangsaan di India
  2. Adanya politik etis dari Belanda
  3. Peristiwa perang dunia 1 menyadarkan kaum terpelajar mengenai penentuan nasib bangsanya sendiri
  4. Munculnya dorongan untuk melawan penjajah karena perbedaan ideologi
  5. Kemenangan Jepang atas Rusia

Kunci Jawaban Halaman 50

Ayo Berdiskusi
Bersama kelompokmu, diskusikan pengaruh dan keberlanjutan keadaan masyarakat Indonesia pada masa munculnya rasa kebangsaan pada masa sekarang!

Pengaruh perkembangan dan keadaan masa munculnya rasa kebangsaan pada masa sekarang!
Karena adanya politik etis dari Belanda, muncul banyak kaum terpelajar dari bangsa Indonesia. Para kaum terpelajar ini menjadi pelopor kesadaran rasa kebangsaan, senasib sepenanggungan. Rasa kebangsaan ini disadari para kaum terpelajar sehingga memacu mereka untuk lebih menggiatkan kegiatan dibidang pendidikan, sehingga makin banyak rakyat Indonesia yang memperoleh pendidikan dan semakin tinggi semangat nasionalismenya, hingga tercapainya kemerdekaan. Karena sadar pentingnya pendidikan, maka bangsa Indonesia hingga kini terus meningkatkan taraf pendidikan rakyat Indonesia.

Pengaruh perkembangan dan keadaan masa munculnya rasa kebangsaan terhadap kehidupan masa kemerdekaan hingga sekarang di bidang ekonomi
Rasa kebangsaan timbul salah satu sebabnya adalah adanya kesenjangan ekonomi antara rakyat Indonesia dengan penjajah, serta tidak adanya kedaulatan ekonomi yang menyebabkan kesengsaraan rakyat Indonesia. Oleh karena itu dengan munculnya rasa kebangsaan, ada tuntutan di hati rakyat Indonesia untuk berdaulat secara ekonomi, keinginan untuk meningkatkan taraf hidup rakyat Indonesia yang bebas dari kemiskinan dan kesengsaraan, yang pada akhirnya hingga kini terbentuk masyarakat yang terus bergerak menuju kebebasan dari kesulitan ekonomi

Pengaruh perkembangan dan keadaan masa munculnya rasa kebangsaan terhadap kehidupan masa kemerdekaan hingga sekarang di bidang politik
Dengan munculnya rasa kebangsaan, ada tuntutan untuk kebebasan mengeluarkan pendapat, kebebasan dalam memakai paham-paham baru, seperti nasionalisme, liberalisme, demokrasi, sosialisme. Dengan mencapai kemerdekaan, maka kini ada jaminan dalam undang-undang untuk mendapat kebebasan berserikat, berkumpul, mengeluarkan pikiran, menentukan pilihan politik dan lain-lain

Pengaruh perkembangan dan keadaan masa munculnya rasa kebangsaan terhadap kehidupan masa kemerdekaan hingga sekarang di bidang sosial dan budaya
Rasa kebangsaan menimbulkan rasa cinta tanah air, cinta terhadap hal-hal berciri bangsa sendiri, seperti seni budaya bangsa Indonesia, dan menolak/menyaring budaya bangsa penjajah. Dari Indonesia merdeka sampai sekarang, bangsa Indonesia terus menerus melestarikan dan menggali seni budaya bangsa sendiri untuk makin memperkuat kepribadian bangsa Indonesia

Kunci Jawaban Halaman 52

Ayo Berlatih
Ayo, temukan kosakata baku dan tidak baku pada bacaan berjudul "Peristiwa Sumpah 1928". Kemudian, carilah arti katanya di Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya kepada Guru, atau berdiskusi  
Kunci jawaban kelas 5 tema 7 halaman 52

Kunci Jawaban Halaman 53

Ayo Menulis
sumpah pemuda halaman 53

Kunci Jawaban Halaman 54

Sekarang, diskusikan bersama temanmu arti penting penggunaan istilah "Indonesia" bagi perjuangan bangsa Indonesia. Adakah hubungannya dengan proses pergerakan bangsa Indonesia?
Kunci Jawaban :
Kata Indonesia menjadi Identitas bagi rakyat Indonesia dalam memperjuangkan suatu negara untuk merdeka. Harus ada nama untuk suatu negara yang hendak didirikan oleh rakyat Indonesia, dan kata Indonesia terpilih oleh rakyat yang dulu bernama Hindia Belanda. Kata atau istilah  Indonesia menjadi penting dalam pergerakan dan perjuangan bangsa Indonesia. Kata Indonesia menjadi pemersatu pergerakan dan dijadikan sebagai lambang pergerakan pada masa tersebut.

Kunci Jawaban Halaman 55

Ayo Mencoba
kunci jawaban tematik kelas 5 tema 7

Kunci Jawaban Halaman 56-57

Referensi/bantuan pilihan jawaban ras, suku, bahasa, kesenian
Kunci jawaban halaman 55 kelas 5 tema 7
kunci jawaban tematik kelas 5 tema 7 halaman 55
kunci jawaban kelas 5 tema 7 halaman 56
Bagaimana sikapmu jika kamu dan temanmu berasal dari suku bangsa berbeda?
Kunci Jawaban:
Saling menghormati dan menghargai perbedaan suku, bisa saling mempelajari kesenian dan adat istiadat dari suku teman kita

Ayo Berkreasi
1. Menentukan narasumber
  • Orang tua
  • Tetangga samping kanan rumah
  • Tetangga samping kiri rumah
  • Tetangga depan rumah
  • Pak RT
  • Pak RW
2. Menyusun daftar pertanyaan
  • Siapa nama Bapak/Ibu?
  • Apa suku bangsa Bapak/Ibu?
  • Di mana mayoritas suku Bapak/Ibu tinggal?
  • Apa bahasa suku Bapak/Ibu?
  • Apa salah satu kesenian suku Bapak/Ibu?
  • Apa makanan khas suku Bapak/Ibu?
  • Apa nama pakaian adat/rumah adat suku Bapak/Ibu?
Hal 58
Hal 43

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 4

KUNCI JAWABAN KELAS 6 TEMA 8

SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4 HALAMAN 29, 31, 32-33, 35, 36, 39

Sajikan perkiraan informasi tersebut dalam format seperti di bawah ini

Kunci Jawaban Halaman 29

Ayo Membaca
Sore itu, Alan sedang membaca berita tentang sebuah sekolah untuk anak jalanan
Berita tersebut disajikan setelah halaman ini
1. Bacalah judul berita tersebut. Perkirakan informasi yang akan kamu dapatkan
2. Sajikan perkiraan informasi tersebut dalam format seperti di bawah ini

Kunci Jawaban :
Perkiraan informasi yang akan aku dapatkan dari artikel koran berjudul "Sekolah Anak Jalanan"
Informasi tentang kehidupan anak jalanan dalam mendapatkan pendidikan.
Perkiraan fakta-fakta yang akan aku dapatkan dari artikel
  • Tentang kehidupan anak jalanan
  • Tentang kesulitan/masalah yang dihadapi anak jalanan
  • Tentang peran serta individu/masyarakat/organisasi dalam memecahkan masalah anak jalanan
  • Tentang dunia pendidikan
Pertanyaan-pertanyaan yang aku miliki terkait dengan judul artikel
  • Apa yang dimaksud dengan anak jalanan?
  • Apa masalah yang dihadapi anak jalanan?
  • Apa peran serta masyarakat dan pemerintah dalam mengatasi masalah anak jalanan?
  • Bagaimana pelaksanaan sekolah anak jalanan?
Pelajaran yang kira-kira akan aku dapatkan dari artikel yang kubaca
  • Masalah sosial yang ada di masyarakat
  • Memperoleh pendidikan adalah hak setiap warga negara Indonesia
  • Kewajiban pemerintah dan semua warga negara dalam mengatasi masalah pendidikan

Kunci Jawaban Halaman 31

Setelah membaca artikel koran yang berjudul "Sekolah Anak Jalanan" lengkapi format di bawah ini dan bandingkan dengan format yang sebelumnya kamu isi sebelum membaca artikel. Apakah ada perbedaan? Jelaskan Jawabanmu

Perkiraan informasi yang akan aku dapatkan dari artikel koran berjudul "Sekolah anak jalanan"
  • Tentang kehidupan anak jalanan
  • Tentang peran serta organisasi dalam memecahkan masalah pendidikan anak jalanan
  • Tentang pendidik/guru sekolah anak jalanan
Fakta-fakta yang aku dapatkan dari artikel
  • Kondisi fisik anak-anak jalanan
  • Kehidupan/aktivitas anak-anak jalanan
  • Tempat sekolah anak-anak jalanan
  • Organisasi yang peduli dengan dunia pendidikan anak-anak jalanan
  • Tentang pendidik/guru sekolah anak-anak jalanan
Hal-hal baru yang aku dapatkan dari informasi di artikel
  • Kondisi fisik anak-anak jalanan
  • Walau hidup susah, anak-anak jalanan tetap semangat bersekolah
  • Kepedulian organisasi Yayasan Himmata terhadap pendidikan anak-anak jalanan
  • Gaji pengajar/guru sangat kecil walau jasa guru sangat besar
  • Ikhlasnya para guru/pengajar di sekolah anak-anak jalanan
Pelajaran yang aku dapatkan dari artikel yang kubaca
  • Selalu bersyukur karena kehidupan saya tidak sekeras dan sesulit anak-anak jalanan
  • Walau kehidupan keras dan sulit, anak-anak jalanan tetap peduli dengan pendidikan dengan tetap bersekolah, dan semangat belajar ini harus saya tiru.
  • Harus menghormati dan menghargai guru/pendidik, karena jasa guru sangat besar, tapi jerih payah mereka hanya dibalas dengan gaji/bayaran yang kecil.
  • Peran serta masyarakat/organisasi dalam mensukseskan program mencerdaskan kehidupan bangsa
Penjelasan tentang sebelum dan sesudah membaca artikel :
Hanya ada sedikit perbedaan antara sebelum dan sesudah membaca artikel, lebih banyak persamaannya, hal ini dikarenakan judul bacaan artikel sesuai dengan isi dari bacaan artikel. Judul juga masih sesuai dengan pokok-pokok pikiran tiap paragraf. Yang membuat sedikit perbedaan sebelum dan sesudah membaca artikel adalah dari kalimat pengembangnya/gagasan pendukung, dan juga dari pemahaman pembaca

Kunci Jawaban Halaman 32-33

kewajibanku sebagai seorang pelajar

Buatlah kelompok yang terdiri atas tiga atau empat orang. Diskusikan lima kewajiban yang harus dilakukan sebagai seorang pelajar. Tuliskan hasil diskusi kelompok dan sajikan dalam bentuk karya seperti berikut.
Kunci Jawaban :
Kewajiban 1 :
  • Mentaati peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah
Kewajiban 2 :
  • Menghargai serta menghormati seluruh warga sekolah
Kewajiban 3 :
  • Menjaga nama baik sekolah
Kewajiban 4 :
  • Tidak merusak fasilitas umum milik sekolah
Kewajiban 5 :
  • Mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran
Ayo Berdiskusi
Berdiskusilah dengan teman sebangkumu dan jawablah pertanyaan di bawah ini!
Anggaplah kewajiban yang kamu tulis pada kegiatan di atas sebagai janji yang harus dipenuhi.
1. Jelaskan mengapa kamu memilih janji tersebut? Apakah janji itu akan memberi manfaat bagi 
    keberhasilan pendidikanmu?
    Kunci Jawaban :
Dengan mentaati peraturan sekolah, akan tercipta keteraturan dan suasana nyaman dalam sekolah. Saat keteraturan tercipta, maka tujuan bersama yang ingin dicapai semua pihak sekolah lebih mudah tercapai. 
Ya, janji mentaati peraturan sekolah memberi manfaat bagi keberhasilan pendidikan saya
2. Apakah kewajiban yang kamu tulis merupakan hal yang harus kamu lakukan? Jelaskan
    jawabanmu!
    Kunci Jawaban :
Ya, Kewajiban yang saya tulis merupakan hal yang harus saya lakukan. Karena manfaat yang diperoleh sangat banyak, baik manfaat untuk diri sendiri maupun manfaat untuk orang lain
3. Apakah melaksanakan kewajiban akan memberikan manfaat bagimu? Mengapa?
    Kunci Jawaban :
Ya, memberikan manfaat bagi saya, karena dengan melaksanakan kewajiban, maka :

  • Melatih saya untuk mempunyai sikap tanggung jawab
  • Hidup lebih bermakna, karena dengan melaksanakan kewajiban saya telah menjadi pribadi/individu yang bermanfaat bagi yang lain
  • Mudah dipercaya orang lain
  • Disegani orang lain
  • Hati/perasaan lebih tenang dan tentram

4. Apa yang bisa kamu simpulkan dari kegiatan ini? Nilai-nilai apa yang kamu peroleh dari kegiatan
    tersebut?
    Kunci Jawaban :
Bahwa melaksanakan kewajiban itu sangat menguntungkan dan bermanfaat, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Nilai-nilai yang yang saya peroleh dari kegiatan adalah :

  • Nilai kejujuran
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, dan tindakan
  • Nilai toleransi
Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan orang lain yang berbeda dari diri sendiri
  • Nilai disiplin
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan
  • Nilai mandiri
Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas
  • Nilai kepedulian
Sikap dan tindakan selalu ingin memberi bantuan kepada orang lain dan yang membutuhkan
  • Nilai cinta tanah air
Sikap dan perilaku yang menunjukkan kepedulian, penghargaan dan kesetiaan yang tinggi terhadap bahasa, sosial, budaya serta lingkungan fisik sekitar
  • Nilai kebangsaan

Cara berpikir, bertindak dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bersama/ kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi

Kunci Jawaban Halaman 35

Dari informasi yang kamu dapatkan dari teks di atas, buatlah peta pikiran yang berisi informasi-informasi penting tentang Thailand. Kamu dapat menambahkan informasi dari sumber-sumber yang lain.
kunci jawaban tematik kelas 6 tema 8 halaman 35

kunci jawaban kelas 6 tema 8 halaman 36

Kunci Jawaban Halaman 36

Ayo Berlatih
Bandingkan kondisi alam Thailand dan vietnam.
Carilah persamaan dan perbedaannya. Sajikan informasi tersebut dalam bentuk tulisan dua paragraf. Paragraf pertama berisi informasi tentang persamaan dan paragraf kedua berisi tentang perbedaan. Tentukan gagasan utama dan gagasan pendukung dari tiap paragraf.
Kunci Jawaban :
Negara Thailand dan negara Vietnam merupakan anggota ASEAN. Kedua negara sama-sama terletak di kawasan Asia Tenggara, dengan mayoritas penduduknya beragama Budha. Dengan kepala pemerintahan dipimpin oleh seorang perdana menteri. Kedua negara juga mempunyai laut yang juga menjadi batas wilayah dengan negara lain. Tanah kedua negara merupakan tanah yang subur, yang menyebabkan kedua negara merupakan salah satu negara-negara penghasil beras terbesar di kawasan ASEAN

Negara Thailand dan Vietnam adalah dua negara yang berbeda. Perbedaan antara negara Thailand dan Vietnam diantaranya adalah bentuk geografis dan demografis. Thailand mempunyai tanah genting (daratan kecil yang menghubungkan dua daratan dan dibatasi oleh perairan/laut), sedang Vietnam tidak mempunyai tanah genting. Bentuk pemerintahan Thailand adalah kerajaan, sedang bentuk pemerintahan Vietnam adalah Republik Sosialis.

Gagasan Utama :
Paragraf 1 :
Negara Thailand dan negara Vietnam merupakan anggota ASEAN
Paragraf 2 :
Negara Thailand dan Vietnam  adalah dua negara yang berbeda

Gagasan Pendukung :
Paragraf 1 :
- Kedua negara terletak di kawasan Asia Tenggara
- Persamaan dari segi demografis dan geografis
Paragraf 2 :
- Perbedaan geografis dan demografis Thailand dengan Vietnam

Kunci Jawaban Halaman 39

Buatlah satu kartu informasi untuk setiap bidang kerjasama dan presentasikan kartu informasimu di depan kelas
kunci jawaban kelas 6 tema 8 halaman 39

Hal 42⏩
⏪Hal 28
⏫Tema 8