Selasa, 22 Januari 2019

Sejarah Termos Halaman 147-153 Kelas 5 Tema 6

SEJARAH TERMOS

HALAMAN 147-153 KELAS 5 TEMA 6

Halaman 147

kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6
Berdasarkan bacaan di atas, tuliskanlah hal-hal penting pada setiap paragraf dengan menggunakan kalimat lengkap. Tuliskanlah pada tabel berikut.

Paragraf 1
  1. Hampir semua keluarga memiliki termos di rumahnya
  2. Termos adalah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung seperti botol yang mempunyai dinding berlapis
  3. Dengan dinding dalam termos yang dirancang seperti kaca, maka kalor yang terdapat pada air panas tersebut tidak bisa berpindah dengan tepat
Paragraf 2
  1. Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 adalah James Dewar
  2. Penemuannya didorong oleh kebutuhannya untuk menjaga agar minuman bayinya tetap hangat
Paragraf 3
  1. James Dewar menemukan cara membuat botol hampa udara, yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos
  2. Botol hampa udara buatan James Dewar sekarang dapat dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, London
Rangkailah kalimat-kalimat yang berisi informasi penting dari paragraf di atas menjadi sebuah tulisan satu paragraf yang menggambarkan isi dari bacaan di atas. Gunakan kalimat yang lengkap, kata-kata baku dan ejaan yang tepat.

Hampir semua keluarga memiliki termos di rumahnya. Termos adalah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung. James Dewar adalah pencipta termos pertama kali pada tahun 1902. James Dewar menemukan cara membuat botol hampa udara yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos. Botol Hampa udara buatan James Dewar sekarang dapat dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, London

Setelah itu, jawablah pertanyaan berikut ini. Tuliskan jawabanmu dengan menggunakan kalimat yang lengkap dan kata-kata yang baku!

1. Apa fungsi sebuah termos?
    Kunci jawaban :
Termos digunakan untuk menyimpan air panas agar tetap panas saat digunakan

2. Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat termos pada masa itu?
    Kunci Jawaban :
Bahan yang digunakan pada masa itu adalah botol hampa udara, merupakan wadah dari kaca berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat

3. Gambarlah bagian-bagian termos sesuai bacaan di atas!

4. Apa saja benda di sekitarmu yang menggunakan prinsip yang hampir sama dengan termos?
    Kunci Jawaban :
Jaket dan selimut

Halaman 149

Tuliskan pada tempat yang telah disediakan
Ayo Menulis
Berdasarkan bacaan di atas, tuliskan hal-hal yang kamu pahami dari setiap paragraf pada bacaan dalam sebuah kalimat. Kalimat-kalimat tersebut akan mewakili isi dari bacaan yang kamu baca. Tuliskan pada tempat yang telah disediakan.

Isi Paragraf 1
Panas dapat berpindah melalui konduksi, konveksi dan radiasi

Isi Paragraf 2
Selimut dan panci memanfaatkan fungsi konduktor dan isolator
Isi Paragraf 3
Panci terbuat dari bahan logam

Isi Paragraf 4
Mesin mobil dan motor terbuat dari bahan-bahan yang dapat menghantar panas

Halaman 150

Kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 subtema 3

Berdasarkan kalimat-kalimat yang mewakili isi bacaan yang telah kamu tulis, buatlah sebuah diagram yang akan menjelaskan pemahamanmu terhadap bacaan di atas. Gunakan diagram berikut untuk membantumu! Tuliskanlah kalimat-kalimat yang menjadi pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan, ke dalam setiap kontak yang tersedia. Satu kotak tentu mewakili satu paragraf. Berilah keterangan hal-hal penting lain dalam paragraf yang mendukung pokok pikiran tersebut. Lakukanlah bersama dengan teman sebangkumu! buatlah diagrammu pada tempat yang disediakan di bawah ini.

Penggunaan benda isolator dan konduktor

  • Panas dapat berpindah melalui konduksi, konveksi, dan radiasi. Beberapa barang memanfaatkan benda sebagai konduktor atau isolator
  • Selimut dan panci memanfaatkan sifat konduktor dan isolator. Selimut memerangkap panas yang keluar dari tubuh sehingga badan terasa tetap hangat
  • Panci terbuat dari bahan logam. Panci menghantarkan panas sampai ke makanan. Pegangan panci bersifat isolator sehingga kita tidak kepanasan ketika memegang panci
  • Mesin mobil dan motor yang terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas. Mesin memerlukan panas untuk memperoleh kinerja mesin ideal
Tuliskanlah pemahamanmu tentang isi bacaan dalam bacaan dalam tulisan satu paragraf berikut.

Panas dapat berpindah melalui konduksi, konveksi dan radiasi. Beberapa barang memanfaatkan benda sebagai konduktor atau isolator. Selimut dan panci memanfaatkan sifat konduktor dan isolator. Panci bersifat konduktor sedang pegangan panci bersifat isolator. Mesin mobil dan motor terbuat dari bahan bersifat konduktor. Mesin memerlukan panas untuk memperoleh kinerja mesin ideal.

Halaman 151-152

amatilah benda-benda yang ada di sekolah dan rumahmu hal 151
Ayo Mengamati
Amatilah benda-benda yang ada di sekolah dan rumahmu. Gunakan tabel berikut untuk mengidentifikasi sifat hantaran benda tersebut dan kegunaannya. Lalu buatlah kesimpulannya!

Nama Benda/alat di sekolah
Gerbang besi sekolah
Sifat Hantaran
Konduktor
Kegunaan
Sebagai pagar keamanan dan tempat keluar masuk ke sekolah

Nama Benda/alat di sekolah
Bel Sekolah
Sifat Hantaran
Konduktor
Kegunaan
Penanda waktu pergantian kegiatan di sekolah

Nama Benda/alat di sekolah
Keranjang sampah dari plastik
Sifat Hantaran
Isolator
Kegunaan
Tempat sampah dikumpulkan

Nama Benda/Alat di sekolah
Kursi siswa
Sifat Hantaran
Isolator
Kegunaan
Tempat untuk duduk siswa

Nama Benda/Alat di sekolah
Meja Guru
Sifat Hantaran
Isolator
Kegunaan
Tempat untuk menulis

Nama benda/alat di rumah
Panci
Sifat Hantaran
Konduktor
Kegunaan
Memasak dan merebus air

Nama benda/alat di rumah
Setrika
Sifat Hantaran
Konduktor
Kegunaan
Merapikan pakaian

Nama benda/alat di rumah
Selimut
Sifat Hantaran
Isolator
Kegunaan
Menjaga badan tetap sehat

Nama benda/alat di rumah
Spatula
Sifat Hantaran
Isolator
Kegunaan
Mengambil masakan dari wajan

Nama benda/alat di rumah
Termos
Sifat Hantaran
Isolator
Kegunaan
menjaga air tetap panas

Buatlah kesimpulan terhadap kegiatan di atas
Panas dapat berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain melalui konduksi, konveksi, dan radiasi. Ketiga cara perpindahan dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari

Halaman 153

Kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 subtema 3 hal 153
Gambar 2
Gambar cerita dari : Majalah
Ceritakan kesan yang kamu tangkap dari gambar cerita : Menceritakan gambar seorang anak yang menderita penyakit yang ganas, yaitu penyakit kanker. Perjuangan pantang menyerah Gita Sesa Wanda Cantika dalam menghadapi penyakit kanker yang dideritanya

Gambar 3
Gambar cerita dari : Poster
Ceritakan kesan yang kamu tangkap dari gambar cerita : Menceritakan gambar seorang ibu yang sedang memberikan obat kepada anaknya. Setiap anak harus berani minum obat agar cepat sembuh

Hal 154⏩
⏪Hal 144

Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan Halaman 138-143

PENGARUH KALOR TERHADAP KEHIDUPAN

HALAMAN 138-143 KELAS 5 TEMA 6

Halaman 138-139

Buatlah paling sedikit dua kalimat dengan menggunakan kata-kata tersebut halaman 138
Ayo Menulis
Perhatikan dengan saksama bacaan di atas, dan kamu akan menemukan beberapa kata yang dicetak miring. Tuliskan kata-kata tersebut di dalam tabel berikut, lalu carilah artinya dengan menggunakan kamus. Buatlah paling sedikit dua kalimat dengan menggunakan kata-kata tersebut dengan menggunakan kalimat lengkap dan kata yang baku

Bahan
Arti : Barang yang akan dibuat menjadi satu
Kalimat : 
  1. Aluminium merupakan BAHAN pembuatan panci
  2. Rel Kereta api biasanya terbuat dari bahan logam

Menghantar
Arti : Membawa / Mengirimkan
Kalimat : 
  1. Isolator sulit untuk menghantar panas
  2. Logam besi dapat menghantar panas

Konduktor
Arti : Benda atau bahan pengantar panas, arus listrik, atau suara
Kalimat :
  1. Besi, tembaga, baja adalah contoh bahan yang bersifat konduktor
  2. Sebagian besar bahan logam adalah konduktor yang baik bagi penghantar panas

Isolator
Arti : Pengisolasi/ Penyekat/ Pembatas
Kalimat :
  1. Isolator mempunyai sifat berlawanan dengan Konduktor
  2. Kayu, plastik adalah beberapa contoh benda yang bersifat Isolator
Semikonduktor
Arti : Bahan yang mempunyai daya hantar panas/listrik antara konduktor dan isolator
Kalimat :
  1. Bahan semikonduktor bisa ditemukan pada berbagai komponen elektronika
  2. Bahan semikonduktor yang biasa digunakan pada komponen elektronika adalah Silikon (Si) dan Germanium (Ge)
Alat
Arti : Benda yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu
Kalimat :
  1. Isolator melindungi pemakai alat agar tidak terkena panas
  2. Alat dapur merupakan alat-alat yang menggunakan prinsip konduktor dan isolator
isi pertanyaan halaman 139 subtema 3 tema 6 kelas 5

Berdasarkan bacaan di atas, tentukan hal-hal penting dari setiap paragraf bacaan. Tuliskanlah dalam bentuk kalimat pada tabel berikut ini.

Paragraf Satu :
  1. Di sekitar kita terdapat banyak benda dengan berbagai macam bahan
  2. Pemilihan bahan didasarkan pada sifat yang dimiliki bahan tersebut.
  3. Bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut dengan konduktor
  4. Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut dengan isolator
  5. Bahan yang sedikit dapat menghantarkan panas disebut bahan semikonduktor
Paragraf Dua
  1. Bahan konduktor yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, biasanya terbuat dari bahan logam
  2. Jenis logam yang paling sering digunakan antara lain besi, aluminium, dan tembaga
Paragraf Tiga
  1. Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut dengan isolator
  2. Beberapa bahan yang termasuk sebagai isolator, antara lain adalah kayu, kain, dan plastik
Paragraf Empat
  1. Penggunaan bahan konduktor dan isolator, dapat diterapkan secara bersamaan pada sebuah alat
  2. Ada bahan yang berfungsi konduktor, ada yang berfungsi sebagai isolator
  3. Penggunaan bahan isolator berguna untuk mencegah panas dari sumber panas.
Dengan menggunakan hal-hal penting yang kamu tuliskan dalam bentuk kalimat di atas, kamu dapat juga menjelaskan pemahamanmu terhadap bacaan. Gunakan diagram di bawah ini untuk menjelaskannya. Tentukanlah pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan dan tuliskanlah di dalam setiap kotak yang tersedia. Satu kotak mewakili satu paragraf
Tentukanlah pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan dan tuliskanlah di dalam setiap kotak yang tersedia

Halaman 141-143

Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan kegiatan di atas.
1. Apakah yang terjadi pada saat kamu memegang batang besi dan tembaga dengan menggunakan 
    sumpit yang terbuat dari bambu?
    Kunci Jawaban :
Tangan tidak merasakan panas dari lilin yang mengalir melalui besi dan tembaga

2. Mengapa demikian?
    Kunci Jawaban :
Karena sumpit bambu merupakan isolator sehingga tidak dapat menghantarkan panas

3. Apakah yang terjadi pada saat kamu memegang batang besi dan tembaga dengan menggunakan 
    sumpit dari bahan plastik
    Kunci Jawaban :
Tangan tidak merasakan panas dari lilin yang merambat melalui besi atau tembaga

4. Mengapa demikian?
    Kunci Jawaban :
Karena sumpit berbahan plastik, sedangkan plastik merupakan isolator sehingga tidak mampu menghantarkan panas

5. Apakah yang terjadi pada saat kamu memegang batang besi dan tembaga dengan menggunakan 
    bahan kain?
    Kunci Jawaban :
Tangan tidak merasakan panas dari lilin yang merambat melalui besi atau tembaga

6. Mengapa demikian?
    Kunci Jawaban :
Karena kain handuk yang merupakan isolator sehingga tidak mampu menghantarkan panas

7. Pada percobaan di atas, bahan manakah yang berfungsi sebagai konduktor?
    Kunci Jawaban :
Besi dan tembaga

8. Pada percobaan di atas, bahan manakah yang berfungsi sebagai isolator?
    Kunci Jawaban :
Kayu, plastik, dan kain handuk

9. Sebutkanlah paling sedikit 3 bahan lain yang berfungsi sebagai isolator!
    Kunci Jawaban :
Kertas, Karet, Styrofoam

10. Tuliskanlah kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan percobaan di atas.
      Kunci Jawaban :
Kemampuan benda berbeda-beda dalam penghantaran perpindahan kalor. Ada beberapa benda yang dapat bersifat mempercepat perpindahan kalor dan ada beberapa benda bersifat menghambat perpindahan kalor

Kesimpulanku :
Kemampuan benda berbeda dalam penghantaran perpindahan kalor. Benda yag dapat mempercepat perpindahan kalor disebut dengan Konduktor, sedangkan benda yang menghambat perpindahan kalor disebut dengan Isolator. Sifat benda yang berbeda ini dimanfaatkan manusia dalam kehidupan sehari-hari.


Tema 144⏩
⏪Hal 134

Mengenal Tari Pendet Bali Halaman 128-129 Kelas 5 Tema 6

MENGENAL TARI PENDET BALI

HALAMAN 128-129 KELAS 5 TEMA 6

Halaman 128


Ayo Menulis
Apa saja hal penting yang kamu temui pada setiap paragraf di dalam bacaan? Gunakan tabel berikut untuk menuliskannya. Gunakanlah kalimat lengkap dan kata-kata baku dengan tepat.
kunci jawaban buku tematik kelas 5 tema 6 subtema 2 halaman 128
Hal-hal penting dari bacaan :
Paragraf Pertama :
  1. Tari Pendet salah satu tari tradisional Bali yang sangat populer
  2. Lahirnya tari Pendet berawal dari ritual sakral Odalan di pura
  3. Tari ini dipentaskan secara berpasangan atau berpasangan atau secara massal dengan membawa perlengkapan, berupa bokor, sesajen, dan bunga
Paragraf Kedua
  1. Tari pendet disepakati lahir pada tahun 1950
  2. Pada tahun 1961, I Wayan Beratha memodifikasi tari pendet menjadi yang sering kita saksikan sekarang
  3. Setahun kemudian, I Wayan Beratha dan kawan-kawan menyajikan tarian Pendet massal
  4. Pada tahun 1967 koreografer tari Pendet modern, I Wayan Rindi, mengajarkan dan meneruskan tarian Pendet kepada generasi muda
Paragraf Ketiga
  1. Tari Pendet menceritakan tentang dewi-dewi kahyangan yang turun ke bumi
  2. Para penari Pendet berbusana layaknya penari upacara keagamaan
  3. Setiap penari membawa sesaji berupa bokor yang di dalamnya terdapat bunga yang akan ditaburkan ke tamu undangan sebagai sebuah simbol penyambutan
Paragraf Keempat
  1. Tari Pendet menggunakan pola lantai yang sangat sederhana
  2. Tari Pendet hanya menggunakan pola lantai berbentuk V, pola lantai lurus, dan pola menghadap ke samping kanan dan kiri
  3. Pola lantai pada tari Pendet tidak memiliki makna khusus

Halaman 129

kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 subtema 2 hal 129

Bacalah kembali bacaan di atas dengan seksama. Berilah garis bawah pada kalimat-kalimat yang mengandung pokok pikiran pada setiap paragrafnya. Buatlah sebuah diagram yang menjelaskan pemahamanmu terhadap isi bacaan di atas. Tentukanlah pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan dan tuliskanlah di dalam setiap kotak yang tersedia. Satu kotak tentu mewakili satu paragraf. Berilah keterangan penghubung yang menghubungkan pokok pikiran bacaan dengan pokok pikiran di setiap paragrafnya pada titik-titik yang tersedia. Lakukanlah bersama dengan teman sebangkumu.! Gunakan diagram di bawah ini untuk mengerjakannya
Kunci Jawaban :


  1. Tari Pendet adalah salah satu dari tari tradisional Bali yang sangat populer
  2. Penciptaan Tari Pendet pada tahun 1950
  3. Pola lantai Tari Pendet adalah menggunakan pola lantai yang sederhana
Tuliskanlah pemahamanmu tentang isi bacaan berdasarkan diagram di atas dalam satu paragraf berikut.
Jawaban :

Tari Pendet adalah salah satu tari tradisional Bali yang sangat populer. Tarian tersebut lahir dari ritual sakral Odalan di Pura. Tari Pedet kemudian disepakati lahir pada tahun 1950. Kemudian pada tahun 1961, I Wayan Beratha memodifikasi tari Pendet menjadi yang sering kita saksikan sekarang. Tari Pendet menceritakan tentangd dewi-dewi kahyangan yang turun ke bumi. Tari Pendet menggunakan pola lantai yang sederhana yaitupola lantai berbentuk huruf "V", pola lantai lurus, dan pola menghadap ke samping kanan dan kiri


Hal 131⏩
⏪Hal 125