Kamis, 28 Februari 2019

Galileo Galilei Hal 141-147 Kelas 6 Tema 9

GALILEO GALILEI KELAS 6 TEMA 9

HALAMAN 141, 142, 143-144, 147 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1

Kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 3 pembelajaran 1 halaman 141

Kunci Jawaban Halaman 141

Ayo Berdiskusi
Galileo galilei merupakan salah satu penemu yang berperan besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan yang memengaruhi peradaban manusia. Bersama dengan teman sebangkumu diskusikanlah penemuan apa saja yang telah dihasilkannya  dan dampaknya terhadap kehidupan manusia hingga kini. Gunakan tabel berikut untuk mencatatnya.
Jawaban :

Penemuan Galileo Galilei :
Hukum Gerak (Mekanika)
Dampak Penemuan Galileo Galilei :
Menghimpun penemuan tersebut dengan formula matematik. Penggunaan yang luas formula matematik dan metode matematik merupakan sifat penting dari ilmu pengetahuan modern

Penemuan Galileo Galilei :
Hukum Kelembaban
Dampak Penemuan Galileo Galilei :
Sebagai dasar dari hukum gerak dari Newton

Penemuan Galileo Galilei :
Penyempurnaan Teleskop
Dampak Penemuan Galileo Galilei :
Digunakan untuk keperluan pelayaran dan pengamatan astronomi. Sebagai bahan penguat bagi para pendukung teori Copernicus/ Teori matahari-sentris

Penemuan Galileo Galilei :
Penemuan Termometer air
Dampak Penemuan Galileo Galilei:
Menjadi dasar bagi pengembangan termometer berikutnya, seperti penemuan skala Fahrenheit, Celcius dan skala kelvin

Penemuan Galileo Galilei :
Penemuan planet Saturnus dan planet-planet lain
Dampak penemuan Galileo Galilei :
Penelitian terhadap antariksa makin intensif


Kunci Jawaban Halaman 142

Buatlah beberapa pertanyaan tentang bacaan di atas atau tentang hal-hal yang ingin kamu ketahui lebih dalam. Tuliskanlah pertanyaanmu di dalam kotak yang tersedia berikut ini.
pertanyaanku :
  1. Siapa nama ilmuwan terkenal asal italia yang menerbitkan buklet kecil yang berjudul The Starry Mesenger.
  2. Apa saja penemuan Galileo Galilei?
  3. Bagaimana pendapat Galileo Galilei terhadap teori Copernicus?
  4. Kapan Galileo Galilei menerbitkan buklet kecil yang berjudul The Satrry Messenger.
  5. Di mana Galileo Galilei dilahirkan?
Kunci Jawaban Halaman 143-144

Ayo Berdiskusi
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.
1. Jelaskan persamaan dan perbedaan antara komet dan planet
Persamaan :
  • Benda langit
  • Mengelilingi Matahari
Perbedaan :
  • Komet memiliki ekor gas debu yang sangat panjang, sedang planet tidak punya
  • Bentuk orbit garis edar Komet yang lonjong, parabolis atau hiperbolis berbeda dengan bentuk orbit garis edar planet yang berbentuk elips
Contoh Komet :

  • Komet Halley (terakhir muncul tahun 1986 dan muncul setiap 76 tahun sekali)
  • Komet Lulin (ditemukan pada 11 Juli 2007)
  • Komet Hale-Bopp (Muncul pada tahun 1997)
  • Komet Lovejoy
  • Komet Encke  (salah satu komet dengan orbit terpendek, yaitu 3 tahun sekali)
Contoh planet :
  • Merkurius
  • Venus
  • Bumi
  • Yupiter
  • Neptunus
2. Beberapa pengelompokan dalam sistem tata surya sudah pernah dilakukan selain pengelompokan planet berdasarkan garis edar. Bumi. Pengelompokan sistem tata surya apa sajakah yang telah kamu ketahui? Bagaimana kamu membedakannya?

Jawaban :
a. Berdasarakan  posisi planet yang dilihat dari orbit Bumi :

  • Planet Inferior
Planet inferior adalah planet yang terletak di dalam orbit Bumi, yaitu Merkurius dan Venus
  • Planet Superior
Planet Superior adalah planet yang terletak di luar orbit Bumi, yaitu Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus

b. Berdasarkan material penyusun :

  • Planet terrestial
Planet terrestial adalah planet dengan ukuran yang relatif kecil, berbatu, dan memiliki atmosfer yang tipis. Planet tersebut antara lain Merkurius, Venus, Bumi dan Mars
  • Planet Jovian
Planet Jovian adalah planet dengan ukuran yang relatif lebih besar, tersusun dari gas, cairan, dan es tebal

c. Berdasarkan letaknya yang dilihat dari orbit asteroid :
  • Planet Dalam
Planet dalam adalah planet yang berada di dalam orbit asteroid, yaitu Merkurius, Venus, Bumi dan Mars
  • Planet Luar
Planet luar adalah planet yang berada di luar orbit asteroid, yaitu Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus

Ayo Berlatih
Bersama dengan teman sekelompokmu, lihatlah kembali model sistem tata surya yang telah kamu rancang sebelumnya. Berdasarkan pemahamanmu tentang pengelompokan di atas, gunakan bahan atau alat yang dapat membantumu untuk menunjukkan jenis planet berdasarkan garis edar Bumi yang telah kamu pelajari kali ini.
Kesimpulan apakah yang dapat kamu buat berdasarkan kegiatan di atas?
Kesimpulanku:
Bahwa Jenis planet dapat dibedakan berdasarkan :

  1. Garis edar/orbit Bumi
  2. Material penyusun
  3. Letak dari orbit Asteroid

Ayo Menulis
Sebuah cerita memiliki beberapa unsur seperti tokoh, watak, alur cerita, dan latar belakang cerita tertentu. Salah satu unsur tersebut mungkin saja mengingatkanmu kepada pengalaman pribadimu atau mengingatkanmu pada sebuah film yang pernah kamu tonton.
Setelah membaca cerita di atas, lakukanlah kegiatan berikut.
Gambarkan dan jelaskan tentang peristiwa yang terjadi dalam cerita di atas dengan menggunakan diagram di bawah ini.

Kunci Jawaban Halaman 147

Kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 3 pembelajaran 1 halaman 147
Nesa suka sekali begadang atu tidak tidur sampai malam. Nesa sering tidak berdisiplin terhadap waktu yang dimilikinya. Ibu nesa sering menasihatinya untuk mengatur pola tidurnya, sebab hal tersebut berpengaruh terhadap kegiatan atau aktivitas Nesa besok paginya. Berkali-kali Ibu Nesa menasihatinya. Ibu Nesa melakukan hal tersebut karena peduli dengan anaknya, termasuk malam ini yang mana besok hari Nesa ada rencana dengan teman-temannya untuk berkunjung ke Planetarium. Namun Nesa tidak menuruti nasihat ibunya. Keesok harinya ketika Ibu, Lili adik Nesa dan ayah pergi ke rumah saudara, Nesa bersantai di rumah sambil makan roti. Akhirnya Nesa tertidur kembali dan terlambat bangun untuk berangkat ke Planetarium. Akhirnya hanya penyesalan yang didapat oleh Nesa.

Gambarkan dan jelaskan peristiw serupa yang terjadi dengamu atau orang-orang yang kamu kenal dengan menggunakan diagram berikut ini
Kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 3 pembelajaran 1 halaman 147
Taufik adalah siswa yang rajin dan tepat waktu jika bersekolah. Suatu hari Taufik dan teman satu kelasnya mendapat tugas untuk mengikuti upacara tingkat kecamatan di lapangan. Karena rumah Taufik berada di pinggiran kota, maka Taufik berangkat sangat pagi. Saat Taufik berada di perjalanan menuju lapangan, di jalan sepi yang berada dekat dengan pematang sawah, ia melihat ada seorang anak dari sekolah lain yang juga mau ikut upacara terjatuh dari sepedanya karena tidak melihat ada lubang di jalan itu. Taufik pun bergegas mendekat dan membantunya. Karena sepeda anak itu rusak, maka Taufik menyarankan kepada anak yang tidak dikenalnya itu untuk menitipkan sepeda rusaknya ke rumah terdekat, dan menawari dia untuk ikut bersamanya. Siswa dari sekolah lain itu setuju. Akhirnya Taufik bergegas mengayuh sepedanya dengan sedikit tergesa menuju tempat upacara. Dan Taufik beserta anak tersebut tidak telat berkat usaha dari Taufik.

Gunakan diagram berikut untuk menjelaskan perasaanmu terhadap pengalamanmu dan cerita di atas. Juga jelaskan pesan apa yang kamu dapatkan dari cerita tersebut.
Perasaanku :
Senang sekali dengan cerita tersebut, karena cerita tersebut mampu memberi inspirasi untuk melakukan tindakan/perbuatan positif yang bermanfaat bagi sesama

Cerita tersebut mengingatkanku :
Untuk selalu berbuat kebaikan kapanpun dan di manapun tanpa mengenal waktu, serta tanpa memandang siapa yang kita tolong. Kita harus selalu mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Hal 148⏩
⏪Hal 139

Dampak Sosial Modernisasi Hal 42-49 Kelas 6 Tema 9

DAMPAK SOSIAL MODERNISASI

HAL 42, 43, 46, 48-49 PEMBELAJARAN 4 SUBTEMA 1 TEMA  9 KELAS 6

kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 4 hal 42

Kunci Jawaban Halaman 42

Ayo Mencoba
Lakukan kegiata berikut ini dengan memperhatikan instruksi yang diberikan
A. Membuat Peta Pikiran
Dengan menggunakan bacaan di atas dan juga menggunakan sumber informasi lainnya yang sesuai, buatlah sebuah peta pikiran. Peta pikiranmu sebaiknya memuat beberapa hal berikut ini :
  1. Dampak modernisasi terhadap masyarakat, baik dampak positif maupun dampak yang merugikan yang perlu diwaspadai
  2. Menjelaskan contoh setiap dampak yang disebutkan dalam artikel. Contoh lain dapat didapatkan dari sumber informasi lain yang sesuai
  3. Tulisan dan gambar keseluruhan harus jelas dan mudah dibaca. Kamu dapat menggunakan pensil warna atau spidol untuk memperjelas dan membuatnya menarik
kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 4 halaman 42

Kunci Jawaban Halaman 43

B. Membuat kliping dampak modernisasi secara sosial
Kamu telah memahami dampak modernisasi dari artikel dan kegiatan sebelumnya. Sekarang buatlah kliping mengenai hal tersebut.

Lakukanlah kegiatan ini secara berpasangan. Kumpulkanlah paling sedikit dua artikel dan gambar dari surat kabar, majalah, atau media lainnya. Carilah artikel dan gambar yang menjelaskan dampak modernisasi terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Sebelumnya, bacalah perintah pembuatannya berikut ini.
  1. Gunakanlah surat kabar, majalah, atau media lain sebagai sumbernya.
  2. Jelaskan artikel tersebut dengan menggunakan kata tanya : di mana, siapa, mengapa, kapan,dan bagaimana
  3. Jangan lupa mencantumkan sumbernya
  4. Buatlah klipingmu semenarik mungkin agar mengundang  orang lain untuk membacanya. Tuliskan dengan kalimat sederhana bagaimana artikel dan gambar tersebut menjelaskan dampak modernisasi secara sosial
Artikel :

Dampak Jejaring Sosial terhadap Perubahan Sosial Masyarakat

A.    Perkembangan Jejaring Sosial

Pada awal abad yang baru ini, peradaban dunia dibawa ke dalam situasi yang paradoks. Di satu sisi, globalisasi telah melahirkan kesadaran manusia sebagai penghuni satu bumi. Sekat ruang dan waktu terasa sirna dihempas gelombang teknologi yang merambah dunia, akselarasi informasi dan komunikasi yang tak lagi mampu dihambat, yang semuanya itu menciptakan fenomena yang mengglobal. Namun di sisi lain, globalisasi pun telah merangsang munculnya kecenderungan lokalisasi, seperti munculnya aliansi regionalisme ekonomi, menguatnya kesadaran etnik, serta pencarian jati diri dari berbagai komunitas, beserta faham-faham yang menyertainya seperti gerakan fundamentalisme agama, militansi etnik, solidaritas teritorial dan berbagai fenomena komunitas lainnya.


Dalam realitas kebangsaan Indonesia, fenomena global juga memberikan dampak terhadap paradigma masyarakat. Pada satu sisi fenomena ini mendorong masyarakat untuk mencapai kesejahteraan hidup dalam kehidupan sebagai satu bangsa. Namun, pada sisi yang lain, bangsa ini telah memasuki ruang-ruang kepentingan komunitas, kelompok, dan kepentingan primordialisme lainnya yang merasuk dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya dan masyarakat.

Tak dapat dipungkiri bahwa bangsa Indonesia telah cukup lama berdaya upaya untuk menggagas demokrasi. Banyak pihak berpendapat bahwa demokrasi berakar pada nilai-nilai budaya bangsa, karenanya demokrasi bukanlah sesuatu yang baru bagi Indonesia, akan tetapi realitas yang ada adalah bahwa bangsa ini belum berhasil merumuskan konsep demokrasi yang substansial. Pembangunan demokrasi sangat erat kaitannya dengan partisipasi aktif masyarakat sebagai subjek dari demokrasi tersebut. Masyarakat harus memiliki kesadaran dan kepekaan untuk memainkan perannya dalam mendorong terjadinya pembangunan yang adil dan merata bagi segenap rakyat Indonesia.

Dalam perjalanan waktu, masyarakat Indonesia harus menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman yang ada sekarang ini. Perkembangan teknologi informasi, akulturasi budaya, ekonomi global, dan banyak perkembangan zaman lainnya seharusnya tidak menjadi hambatan masyarakat dalam menjalankan perannya melakukan perubahan bagi dirinya dan lingkungan sekitarnya. Masyarakat harus bersifat dinamis menyesuaikan diri dengan zaman, namun tetap mengedepankan aturan dan norma-norma yang berlaku di Indonesia. Sehingga walaupun mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia, masyarakat tetap menjunjung tinggi kultur khas dari bangsa Indonesia.

Masyarakat Indonesia sekarang ini sudah mulai fasih memberdayakan teknologi informasi. Masyarakat menggunakan media sosial untuk berbagai aktivitas seperti bisnis online, publikasi kegiatan, menyampaikan gagasan, ataupun sekedar bertegur sapa dengan teman dan kolega. Kecenderungan masyarakat saat ini juga lebih suka sesuatu yang instan, cepat, dan tidak menghabiskan waktu. Fenomenanya dapat kita lihat bersama. Masyarakat yang dulu lebih senang berlama-lama membaca koran cetak, sekarang ini sudah cukup puas dengan membaca berita di twitter ataupun membaca koran secara digital sambil naik angkutan umum ke tempat kerja/kampus. Kita dapat melihat di angkutan umum seperti busway, angkot, kereta, dan angkutan massal lainnya, masyarakat menggunakan waktu perjalanannya untuk berselancar di dunia maya. Bahkan tidak jarang dalam sela-sela aktivitas kerja ataupun belajar, masyarakat menyempatkan diri untuk berjejaring sosial.

Saat ini telah banyak jasa jejaring sosial yang tersedia untuk diakses oleh masyarakat. Mulai dari Friendster yang ramai digunakan oleh masyarakat Indonesia di tahun 2002-2006, dilanjutkan dengan Facebook, MySpace, YouTube, Flickr, Twitter, dan lainnya. Setiap jejaring sosial menyediakan fasilitas yang unik dan berbeda-beda. Beberapa contohnya antara lain:

Friendster

Friendster merupakan salah satu jejaring sosial pertama yang populer di Indonesia. Jejaring sosial ini menawarkan konten dimana pengguna bisa membuat sebuah profil yang bisa terhubung ke profil orang lain. Kita dapat mengunggah foto ataupun menuliskan aktivitas kita di profil yang kita buat. Jejaring sosial ini populer pada awal tahun 2002 hingga 2006.

YouTube

YouTube adalah sebuah situs yang menyediakan konten untuk berbagi video, audio, berita, dan lainnya. Kita dapat mencari, mengunggah, ataupun mengunduh berbagai jenis data di website ini. Umumnya masyarakat menggunakan jejaring sosial ini untuk berbagi video dan berita.

Facebook

Facebook adalah jejaring sosial paling populer yang masih digunakan masyarakat hingga saat ini. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2004. Jejaring sosial ini menawarkan konten dan fasilitas yang lebih lengkap dari jejaring sosial lainnya. Fasilitas yang diandalkan dari jejaring ini antara lain konten chat, berbagi foto dan video, beragam permainan Facebook, ataupun dapat berbagi status maupun catatan (note). Saat ini ada lebih dari 600 juta orang di dunia yang menggunakan Facebook dan Indonesia merupakan salah satu negara penyumbang pengguna terbanyak.

Twitter

Twitter adalah jejaring sosial yang menfokuskan diri pada micro-blogging. Namun fokus ini menjadi keunggulan tersendiri dari Twitter. Twitter memungkinkan kita untuk mengikuti (follow) teman maupun orang lain yang ingin kita ketahui aktivitasnya. Kita juga dapat berbagi informasi terkini melalui jejaring ini. Twitter banyak digunakan oleh tokoh-tokoh masyarakat maupun artis untuk menyampaikan aktivitasnya maupun pemikiran-pemikiran dari tokoh-tokoh tersebut. Bahkan berbagai situs baik situs berita, lembaga pemerintahan, perusahaan, dan lainnya menggunakan media ini untuk menyampaikan aktivitasnya.

Change.org

Change.org adalah jejaring sosial yang digunakan sebagai wadah bagi masyarakat untuk memberikan petisi terkait suatu kondisi ataupun permasalahan. Banyak digunakan oleh masyarakat global untuk mengangkat isu-isu yang terjadi di lingkungan dunia. Masyarakat Indonesia sendiri mulai menggunakannya pada tahun 2010. Banyak permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat yang kemudian diangkat melalui media ini seperti terkait ekosistem Gunung Leuser, stop mobil murah, dan kampanye-kampanye lainnya.

B.    Perubahan Sosial

Fenomena belakangan ini, Gerakan-gerakan di Timur Tengah, Brasil, dan negara-negara lainnya yang merintis terjadinya perubahan sosial diawali dengan gerakan di media sosial. Diskusi-diskusi yang selama ini dilakukan secara bertatap mata di dunia nyata juga mulai beralih ke dunia maya. Oleh karena itu, di era sekarang ini media sosial telah menjadi salah satu ujung tombak gerakan pemikiran dalam mendorong terjadinya perubahan sosial di tengah masyarakat.

Berbagai lembaga seperti lembaga pemerintah, perusahaan, lembaga masyarakat seperti NGO dan LSM mengganggap teknologi informasi ini penting sehingga memiliki pengurus/pegawai di bidang komunikasi. Mereka memiliki tugas untuk rutin mengunggah setiap informasi aktivitas dan data terkait tugas dan tanggung jawab dari lembaga tersebut. Harapannya masyarakat ataupun pendukung lembaga tersebut akan mendapatkan perkembangan aktivitas lembaga tersebut secara update.

Saat ini, informasi bisa diakses oleh masyarakat dengan cepat. Berita yang terjadi di pulau bahkan belahan dunia lain dapat diketahui hanya dalam hitungan menit bahkan detik. Ini jauh berbeda dengan era sebelum perkembangan teknologi informasi dimana informasi ataupun berita baru bisa diketahui setelah menunggu beberapa hari, minggu, bahkan bulan. Kondisi ini memberikan pengaruh terhadap perubahan sosial. Masyarakat, baik di perkotaan maupun perdesaan, ataupun di pusat maupun daerah dapat mengetahui setiap informasi dan berita yang terjadi di tengah masyarakat dalam waktu yang cepat. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh gerakan sosial di Brazil dan Timur Tengah, dan beberapa kali juga dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia.

Masyarakat Indonesia mulai memberdayakan jejaring sosial untuk melakukan advokasi dan kampanye terhadap berbagai permasalahan masyarakat maupun kebijakan yang tidak sesuai dengan kehendak masyarakat. Dalam prakteknya, beberapa kampanye dan advokasi yang dilakukan dengan jejaring sosial berhasil mencapai tujuannya. Kita dapat mengingat kampanye “koin untuk Prita” yang didukung oleh ribuan masyarakat yang bahkan tidak pernah kenal ataupun bertemu dengan Prita. Begitu juga sekarang ini banyak kampanye yang sedang dijalankan, baik melalui media Facebook, Twitter, Change.org, dan lainnya.

Dalam artikel koran Kompas bulan November lalu, dituliskan topik tentang Demokrasi Digital. Terdapat tiga pembagian generasi sesuai dengan perkembangan zaman. Adapun pembagian tersebut antara lain:
  • Generasi X = lahir pada tahun 1966 – 1976 (konservatif)
  • Generasi Y = lahir pada tahun 1977 – 1994 (transisi)
  • Generasi Z = lahir pada tahun 1995 – 2005 (baru/ICT)
Saat ini yang menjadi pemimpin di Indonesia dalam berbagai bidang (sosial, politik, budaya, dan lain-lain) masih generasi X. Sementara itu, generasi Y yang adalah generasi transisi teknologi sudah mulai masuk ke dalam sistem. Dan dalam waktu yang tidak lama, generasi Z juga akan segera masuk ke dalam sistem. Hal ini akan berdampak terhadap kondisi sosial masyarakat. Tingkat pendidikan masyarakat Indonesia belum merata, termasuk dalam hal pemahaman terkait pemanfaatan teknologi informasi, khususnya jejaring sosial. Oleh karena itu, pemerintah maupun stake holder di dalam masyarakat harus menyikapi perkembangan ini dengan seksama agar perkembangan teknologi ini dapat membawa manfaat terhadap perkembangan pembangunan masyarakat dan bukannya mudarat.

C.     Dampak Negatif Jejaring Sosial

Dampak negatif dari jejaring sosial ini adalah pemanfaatan jejaring sosial yang tidak sesuai dengan fungsinya. Berbagai aksi kejahatan dapat terjadi melalui jejaring sosial. Maraknya penipuan melalui media sosial, pencemaran nama baik, pencurian identitas, peredaran narkoba, akses pornografi dan pornoaksi, serta beragam tindak kejahatan lainnya. Selain itu penggunaan jejaring sosial yang tidak sesuai dengan umur juga memberikan dampak terhadap mental masyarakat, khususnya anak-anak. Anak-anak yang terlalu cepat mengakses jejaring sosial dan kurang mendapat pembinaan dari guru ataupun orangtua akan membuat anak tersebut cenderung anti sosial. Anak tersebut akan lebih senang bersosial melalui jejaring sosial ketimbang melalui aktivitas pertemanan di dunia nyata. Selain itu anak yang mudah mengakses jejaring sosial akan lebih rawan terkena aktivitas kejahatan di dunia maya seperti mengakses situs pornografi, pencurian anak, dan lainnya.

Dalam aktivitas gerakan sosial, penggunaan jejaring sosial juga memberikan dampak negatif. Masyarakat lebih berani berkomentar di media sosial, namun tapi tidak berani mempertanggungjawabkan pendapatnya di dunia nyata. Tidak jarang jejaring sosial digunakan untuk mencemarkan nama baik individu maupun institusi. Beberapa pelaku terorisme juga mengaku belajar merakit bom melalui jejaring sosial. Gerakan-gerakan primordial, anti SARA juga berkembang melalui jejaring sosial. Banyak situs dan akun-akun dunia maya yang menghina suku, agama, ataupun golongan lainnya. Apabila tidak ada hukum yang mengatur pemanfaatan media teknologi informasi ini, dikuatirkan hal ini akan membawa dampak negatif terhadap masyarakat bahkan mengganggu keamanan, ketertiban, dan kedamaian di tengah masyarakat.

Untuk mengatasi berbagai permasalahan yang timbul dari penyalahgunaan teknologi informasi, termasuk jejaring sosial, pemerintah mengeluarkan UU No. 11 Tahun 2008 yang berisikan tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Terdapat sanksi baik pidana maupun uang terhadap berbagai pelanggaran yang ditimbulkan dari penyalahgunakan teknologi informasi ini. Sudah terdapat beberapa tindak pidana yang ditujukan kepada pelanggar UU No. 18 Tahun 2008. Dengan adanya undang-undang ini diharapkan dapat menjadi batasan bagi masyarakat yang bebas memanfaatkan jejaring sosial ini.

Namun, selain lewat pendekatan peraturan untuk menangani penyalahgunaan jejaring sosial, pemerintah dan berbagai lembaga masyarakat perlu melakukan pelatihan dan lokakarya bagi masyarakat sebagai langkah pencegahan, mulai dari tingkat anak-anak, remaja, hingga orang tua. Dengan ini, masyarakat akan mengerti bagaimana menggunakan teknologi informasi dan jejaring sosial yang baik dan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. Dengan adanya pendidikan ini, harapannya jejaring sosial dapat mendukung terjadinya perubahan sosial yang positif dalam masyarakat sehingga dapat lebih cepat mencapai pembangunan yang dicita-citakan.

sumber :
https://www.kompasiana.com/sahatmps/54f7baf0a33311be208b4756/dampak-jejaring-sosial-terhadap-perubahan-sosial-masyarakat

Kata tanya :
  • Kapan Facebook didirikan? (tahun 2004)
  • Bagaimana jejaring sosial bisa memberi dampak negatif? ( berbagai aksi kejahatan dapat terjadi melalui jejaring sosial, seperti pencemaran nama baik, pencurian identitas, peredaran narkoba, dan lain-lain)
  • Di mana tempat masyarakat dalam melakukan aktivitas jejaring sosial? (di dunia maya/ online)
  • Siapa contoh individu yang berhasil memakai jejaring sosial untuk kampanye dan advokasi? (Prita dengan program kampanye "Koin untuk Prita")
  • Mengapa lembaga pemerintah, perusahaan, lembaga masyarakat menganggap teknologi informasi penting? (Karena lembaga/organisasi tersebut berharap masyarakat ataupun pendukung lembaga tersebut akan mendapatkan perkembangan lembaga tersebut secara update)
Kunci Jawaban Halaman 46

Pada tempat yang disediakan, tuliskan isi cerita dari cerita fiksi di atas.
Watak Tokoh Utama :
Antusias, bertanggung jawab
Watak Tokoh Tambahan :
Bijaksana, sabar
Gambar Tempat Peristiwa :
Rumah Rino
Hubungan antara Tokoh Utama dan Tokoh Tambahan :
Hubungan keluarga/Hubungan kakak beradik
Isi Cerita :
Rino berpikir keras saat pulang sekolah, ia mendapat tugas dari gurunya untuk membuat proyek sekolah. Kakaknya yang bernama Argia bertanya kepada Rino tentang masalah yang sedang dihadapi. Rino kemudian bercerita kepada kakaknya. Kakaknya yang baik segera membantu permasalahan yang dihadapi Rino dengan memanfaatkan internet, yaitu tentang berbagai cara membuat barang-barang yang diperlukan Rino untuk dijual di sekolah dalam kegiatan proyek sekolah. Kakak Rino juga menasihati agar Rino bijaksana dalam menggunakan internet.

Kunci Jawaban Halaman 48-49

Bersama dengan teman sebangkumu jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.
1. Apa makna persatuan dan kesatuan bangsa dari bacaan tersebut?
Makna persatuan dan kesatuannya adalah Negara  Indonesia sebagai bentuk persatuan dari kumpulan suku-suku di Indonesia yang beragam dan mendiami wilayah geografis pulau-pulau di Indonesia.
Makna persatuan dan kesatuan juga diartikan rasa senasib dan sepenanggungan sebagai bangsa yang bermukim di dalam wilayah Indonesia
Makna persatuan dan kesatuan juga berarti semangat bagi para pemuda bangsa yang berikrar dalam Sumpah Pemuda

2. Apa makna persatuan bangsa menurutmu sendiri?
Perbedaan-perbedaan yang ada tidak menjadi sumber perpecahan, tetapi justru menjadi sumber persatuan bangsa. Persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara satu dengan yang lain.

3. Bagaimana persatuan dan kesatuan bangsa diupayakan oleh para pendiri bangsa?
Diawali dengan berdirinya Budi Utomo tahun 1908, sebagai organisasi persatuan pertama di Indonesia, dilanjutkan dengan ikrar Sumpah Pemuda tahun 1928 dan puncaknya adalah adanya Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus 1945

4. Bagaimana makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia saat ini? Berikan beberapa contoh!
Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia saat ini terus dipelihara, karena sangat penting bagi bangsa Indonesia yang memiliki ratusan suku dan adat budaya. Dengan tetap adanya persatuan maka rasa kebersamaan, sikap toleransi, kekeluargaan dan saling melengkapi akan tetap terjaga.
Contoh : 

  • Mempelajari seni budaya dan kearifan lokal demi menjaga budaya Indonesia dari pengaruh gempuran budaya asing
  • Menjalin silaturahmi dengan kerabat dan warga sekitar
  • Tidak membeda-bedakan suku, ras, ataupun agama yang akan membuat perpecahan

5. Carilah satu berita utama tentang peristiwa yang terjadi di Indonesia. Berita utama tersebut berkaitan dengan persatuan dan kesatuan bangsa. Bacalah berita utama tersebut dengan saksama. Diskusikan dengan teman sebangkumu tentang makna persatuan dan kesatuan yang ada di dalam berita utama tersebut.

sumber : https://www.suara.com/news/2017/07/08/133230/jusuf-kalla-nkri-kuat-karena-keragaman

Wakil Presiden RI Yusuf Kalla mengatakan kekuatan yang dimiliki Negara Kesatuan Republik Indonesia justru karena ada perbedaan dan keberagaman dalam Bhinneka Tunggal Ika.
"Kekuatan bangsa ini justru karena perbedaannya. Kita melihat bagaiman keragaman itu menjadi indah dan menguatkan bangsa ini" kata wapres saat menghadiri Pesta  Bolon Simbolon 2017 di Jakarta, Sabtu 8 Juli 2017
Wapres mengatakan, meski Indonesia terdiri dari beragam suku, bahasa, adat istiadat, dan kebudayaan yang berbeda namun tetap bersatu dalam memperjuangkan NKRI
"Coba bayangkan kalau negeri ini pecah belah, orang Batak ke Jawa harus pakai paspor, orang Sulawesi mau ke Jawa juga harus pakai paspor untuk mengunjungi satu sama lain" tambah dia
Wapres mengatakan, acara Pesta Horja Adat Batak yang merupakan prosesi ritual adat kebesaran masayrakat Batak yang dilakukan sejak dahulu membuktikan bahwa begitu beragamnya suku-suku, kebiasaan dan adat istiadat di tanah air.
"Di sini kita berada di keluarga suku Batak yang dinamis dan kadang-kadang meledak-ledak yang kalau berbicara terus terang, juga perantau. Kita juga punya suku Padang yang selalu indah dalam berbahasa santun dengan segala kearifannya" katanya
Ada juga suku Jawa yang tenang, NTT yang suka merantau dan pekerja keras dan Sulawesi yang merupakan kampung halaman asal Wapres Yusuf Kalla dengan keterbukaannya yang hampir sama dengan suku Batak.
Menurut wapres perbedaan karakteristik suku-suku di Tanah Air itulah yang juga menjadi kekuatan bangsa dan bersama-sama berjuang membangun negara yang maju dan adil
Wapres hadir dalam acara tersebut meresmikan Pesta Bolon Simbolon 2017. Saat tiba di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta. Wapres disambut upacara adat Batak yang diakhiri dengan disampirkannya ulos ke punggung Wapres Kalla
(antara)

Hal 50⏩
⏪Hal 38

Rabu, 27 Februari 2019

Manusia dan Lingkungan Kelas 5 Tema 8 Hal 1-4

MANUSIA DAN LINGKUNGAN KELAS 5 TEMA 8

SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 HALAMAN 1, 3, 4

kunci jawaban kelas 5 tema 8 subtema 1 pembelajaran 1 hal 1

Kunci Jawaban Halaman 1

Perhatikan gambar-gambar di atas
1. Fakta-fakta apa sajakah yang ditunjukkan gambar-gambar tersebut?
Lingkungan yang indah berupa areal persawahan yang subur. Gambar bawah menunjukkan anak-anak sedang menanam bibit tanaman
2. Apakah lingkungan berguna bagi manusia? Mengapa?
Lingkungan berguna bagi manusia, karena lingkungan menyediakan semua kebutuhan hidup manusia
3. Apakah keuntungan yang diperoleh manusia jika menjaga lingkungan?
Semua kebutuhan hidup manusia dapat tercukupi
4. Apakah akibatnya jika manusia tidak menjaga lingkungan?
Lingkungan akan menjadi rusak dan tidak memberikan manfaat bahkan dapat menimbulkan kerugian dan bencana bagi manusia
5. Bagaimanakah kondisi lingkungan di sekitarmu?
Alternatif jawaban 1:
Kondisi lingkungan sekitar saya cukup baik. Masih banyak pepohonan dan penanganan sampah tertata dengan baik.
Alternatif jawaban 2 :
Kondisi lingkungan sekitar saya kurang baik. Masih banyak sampah yang berserakan, dan hal ini menimbulkan ketidaknyamanan hidup.

Kunci Jawaban Halaman 3

Kamu telah membaca bacaan "Demi Air Bersih, Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer". Peristiwa apa yang terdapat pada bacaan? Carilah, lalu lengkapilah gambar peta berikut 
kunci jawaban tematik kelas 5 tema 8 subtema 1 pembelajaran 1


Kunci Jawaban Halaman 4

Air sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dan berbagai kegiatan di Bumi. Apa fungsi penting air bagi manusia dan kehidupan di Bumi? Ayo, diskusikan
kelas 5 fungsi air

Hal 5⏩

Ciri-Ciri Planet Hal 17-24 Kelas 6 Tema 9

CIRI-CIRI PLANET DALAM TATA SURYA

HAL 17-18, 20, 22, 23, 24 KELAS 6 TEMA 9 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2

Kamu telah membaca dan memahami bacaan mengeani Tata Surya. Sekarang lakukanlah kegiatan kelompok berikut ini. Kamu juga dapat mencari informasi dari sumber lain seperti internet atau surat kabar

Kunci Jawaban Halaman 17-18

3. Dengan menggunakan kertas ukuran A3, setiap kelompok akan menyajikan beberapa informasi sebagai berikut.
a. Gambar planet atau Matahari
b. Informasi tentang ukuran, jarak dari Matahari atau urutan planet dari Matahari, diameter, serta kecepatan rotasi dan revolusi
c. Semua informasi menarik yang menjadi keunikan planet tersebut.
Jawaban :

Planet Merkurius
Dengan menggunakan kertas karton ukuran A3, setiap kelompok akan menyajikan beberapa informasi sebagai berikut
Merkurius (engadget)
  • Diameter Merkurius 4.879 km dan volume 6,083 x 
  • Planet terdekat dengan Matahari, dengan jarak 57.000.000 km
  • Planet berwarna abu-abu
  • Planet terkecil dalam tata surya
  • Termasuk kelompok planet kebumian dan planet dalam
  • Periode rotasi 59 hari
  • Periode revolusi 88 hari
  • Tidak mempunyai lapisan atmosfer
  • Tidak memiliki satelit
  • Siang hari suhu sangat panas, bisa mencapai 430⁰ C dengan suhu rata-rata 70⁰ C. Saat malam hari suhu bisa mencapai -180⁰ C dengan suhu rata-rata -70⁰ C
Planet Venus
kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 2
Venus (pixabay)
  • Urutan ke 2 dari planet terdekat dari Matahari
  • Jarak Venus dari Matahari adalah 108,2 juta km
  • Planet terdekat dengan Bumi, dengan jarak 38, 2 juta km
  • Diameter 12.104 km dan volume 9,38x10¹¹ km³
  • Planet terpanas di tata surya, suhunya bisa mencapai 462⁰ C.
  • Periode rotasi 243 hari
  • Periode revolusi 225 hari
  • Tidak memiliki satelit
Planet Bumi
kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 2
bumi (pixabay)
  • Urutan ke-3 planet terdekat ke Matahari
  • Jarak Bumi ke Matahari adalah 149,6 juta km
  • Diameter 12.742 km dan volume 1,08x10¹² km³
  • Rotasi 24 jam dalam 1 hari
  • Revolusi 365 hari dalam 1 tahun
  • Memiliki 1 buah satelit alami, yaitu Bulan
Planet Mars
kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 2
Mars (pixabay)
  • Urutan ke-4 planet terdekat ke Matahari
  • Jarak Mars ke Matahari adalah 227 juta km, dengan jarak terdekatnya adalah 206 juta km dan terjauh 246 juta km
  • Diameter 6.779 km dan volume 1,632x10¹¹ km³
  • Periode rotasi adalah 24,6 jam
  • Periode revolusi adalah 687 hari
  • Memiliki 2 satelit, yaitu Phobos dan Demos
Planet Yupiter
Yupiter
  • Urutan ke-5 dari planet terdekat ke Matahari
  • Jarak Yupiter ke Matahari adalah 778,55 juta km
  • Planet terbesar dalam tata surya kita
  • Diameter 139.822 km dan volume 1,43x10¹⁵ km³
  • Pada atmosfer terdapat bintik merah besar, yaitu sebuah badai besar yang muncul akibat perbedaan aliran lapisan yang berlawanan
  • Periode  rotasi 10 jam 
  • Periode Revolusi 11,86 tahun
  • Memiliki 67 satelit
Planet Saturnus
Saturnus
  • Urutan ke-6 planet terdekat ke Matahari
  • Jarak planet Saturnus ke Matahari adalah 1,4 milyar km
  • Memiliki cincin yang terbuat dari gumpalan-gumpalan es
  • Diameter 116.464 km dan volume sebesar 8,2713x10¹⁴ km³
  • Periode rotasi 10,7 jam
  • Periode revolusi 29,5 tahun
  • Memiliki 56 satelit
Planet Uranus
Uranus (photojournaljpl.nasa.gov)
  • Urutan ke-7 planet terdekat ke Matahari
  • jarak dari Matahari adalah 2,7 milyar km
  • Memiliki cincin unik yang melingkari planet secara vertikal
  • Diameter 50.724 km dan volume 6,833x10¹³ km³
  • Periode rotasi 17 jam
  • Periode revolusi 84 tahun
  • Mempunyai 27 buah satelit
Planet Neptunus
Neptunus
  • Urutan ke-8 planet terdekat dari Matahari
  • Jarak Neptunus ke Matahari adalah 4,5 milyar km
  • Berwarna biru
  • Memiliki cincin tipis yang tersusun dari partikel-partikel es
  • Diameter 49.244 km dan volume 6,254x10¹³ km³ 
  • Periode rotasi 16 jam
  • Periode revolusi 165 tahun
Ayo Menulis
Membuat pertanyaan merupakan salah satu cara untuk menyatakan rasa ingin tahu terhadap sesuatu yang sedang ada dalam pikiran kita. Membuat pertanyaan dapat dibantu dengan menggunakan kata tanya. Beberapa kata tanya tersebut telah sering kamu gunakan: Apa, Mengapa, Siapa, Kapan, Di Mana, dan Bagaimana
Gunakan kata-kata  tanya tersebut untuk membantumu menuliskan pertanyaan tentang hal-hal yang ingin kamu ketahui lebih dalam tentang sistem tata surya kita! Tuliskan di tempat yang telah disediakan.
Jawaban :
  1. Apa yang dimaksud dengan antariksa? (antariksa adalah bagian alam semesta yang berada di luar atmosfer bumi
  2. Mengapa planet Neptunus paling lama periode revolusinya? (karena jarak planet Neptunus dari Matahari paling jauh dibandingkan dengan planet-planet lain dalam tata surya)
  3. Siapa yang mendapat sebutan Bapak Sains Modern yang telah menemukan Saturnus dengan lingkar cincinnya? (Galileo Galilei)
  4. Kapan planet Merkurius dapat terlihat dari Bumi? (Merkurius baru terlihat setelah Matahari terbenam, atau sebelum Matahari terbit)
  5. Di mana letak posisi planet Merkurius jika dilihat dari jarak terdekat  dengan Matahari dibandingkan dengan planet lain dalam tata surya? (posisi nomor 1)
  6. Bagaimana proses terjadinya "bintik merah besar" pada planet Yupiter? (bintik merah besar pada planet Yupiter terjadi karena adanya badai besar yang muncul akibat perbedaan aliran lapisan yang berlawanan
Kunci Jawaban Halaman 20

Ayo Mencoba
Cobalah untuk merancang model sederhana dari sistem tata surya kita. Berkerjalah bersama temanmu dalam kelompok yang terdiri atas 3-4 orang. Pilihlah model dua dimensi terlebih dahulu dengan membuat gambar pada kertas ukuran A4. Tentukan planet-planet dari yang terkecil hingga terbesar, lalu gambarlah Matahari dengan ukuran yang sesuai dengan contoh. Warnai dan namailah setiap anggota sistem tata surya sehingga mudah dilihat dan dipahami. Tunjukkan hasil kerjamu dengan menempelkannya di dinding kelas.

Alternatif Gambar model dua dimensi
Kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 1 halaman 20
Urutan planet berdasarkan jarak dari Matahari (area baca)

Kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 1 halaman 20
urutan planet dalam tata surya (pinter pandai)
Kunci Jawaban Tematik Halaman 22-23

Ayo Menulis
Kamu telah membaca cerita fiksi "Tetaplah Berada di Jalurmu!"
Berdasarkan cerita tersebut, gambarlah tokoh utama, tokoh tambahan, dan tempat peristiwa dengan menggunakan imajinasimu. Tuliskan juga ringkasan cerita tersebut. Ceritakanlah hasil pekerjaanmu di depan kelas dengan percaya diri.

Tokoh Utama :
Deo
Tempat/latar : 
- Trotoar jalan depan toko kelontong Pak Ahmad
- Rumah Deo

Tokoh Tambahan :
Arsyad
Tempat/latar :
- Trotoar jalan depan toko kelontong Pak Ahmad

Tokoh Tambahan :
Ibu
Tempat/latar :
- Rumah Deo

Gambar tempat peristiwa dalam cerita :
Trotoar Toko
Kunci Jawaban kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 2 halaman 22
trotoar toko (pixabay)
Rumah Kediaman
Kunci Jawaban kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 2 halaman 22
rumah kediaman (health detik)
Ringkasan jalan cerita
Deo pulang sekolah sambil menuntun sepeda sambil meringis kesakitan. Seragamnya kotor karena terjatuh dari sepeda. Ibu Deo segera menyambut Deo dan kemudian merawat Deo. Setelah selesai dirawat Deo bercerita peristiwa yang telah dialaminya akibat tidak mengikuti aturan yang berlaku di masyarakat, yaitu memakai trotoar yang seharusnya dipakai oleh pejalan kaki. Deo melakukan hal tersebut karena sedang lomba balap sepeda dengan Arsyad, teman sekolahnya. Demi mengejar kemenangan Deo memakai trotoar untuk mengalahkan Arsyad, namun bukan kemenangan yang diraih, tetapi kemalangan yang didapat. Deo terjatuh dari sepeda, dan Arsyad segera menolongnya. Deo sangat menyesal karena tidak mengikuti aturan yang berlaku di masyarakat, yaitu dengan naik sepeda memakai jalur trotoar yang dikhususkan untuk pejalan kaki.

Ayo Mencoba
Bersama dengan teman sebangkumu, carilah sebuah cerita pendek anak di surat kabar atau majalah. Salin atau potong cerita pendek tersebut. 

Kelinci dan Kura-kura

Dahulu kala, ada seekor kelinci yang populer karena kesombongannya. Ada seekor kura-kura yang pernah diejeknya lamban dan bodoh, menantang si kelinci sombong untuk adu lari cepat. Sebenarnya kura-kura tidak mau berurusan dengan kelinci, tapi ia ingin memberinya sedikit pelajaran.

Dengan penuh percaya diri, kelinci penyetujui tantangan kura-kura tersebut. Ia berpikir mana mungkin kura-kura yang berjalan super lambat itu bisa mengalahkannya. Kemudian, mereka sepakat untuk menentukan jalur panjang yang akan dilewati untuk adu lari.

Pertandingan keduanya tak ayal mengundang penasaran hewan-hewan yang lain. Mereka semua juga ingin menyaksikan bagaimana si kura-kura bisa mengalahkan kelinci. Para hewan menunjukkan dukungannya terhadap si kura-kura karena mereka juga tidak menyukai sifat kelinci yang sombong itu.

Seekor kera ditunjuk sebagai wasit untuk mengawasi jalannya pertandingan tersebut. Saat perlombaan baru saja dimulai, kelinci pun melesat jauh meninggalkan kura-kura. Tak ingin menyerah begitu saja, kura-kura tetap berusaha sekuat tenaga dan menambah kecepatanlarinya.

Karena measa kura-kura masih tertinggal jauh dibelakangnya, di tengah-tengah perlombaan dia memutuskan untuk istirahat dan tertidur. Namun saat terbangun, kelinci sungguh kaget karena ternyata kura-kura telah sampai di garis finis. Mendapat fakta tersebut, para hewan lain pun bersorak gembira dan si kelinci pulang dengan rasa malu

Tokoh utama :
Kelinci dan Kura-kura
Tokoh tambahan :
Monyet dan hewan lain
Tempat cerita :
Hutan

Kunci Jawaban Halaman 24-25
kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 2
kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 2
Hal 25
Hal 13

Selasa, 26 Februari 2019

KUNCI JAWABAN TEMATIK KELAS 5 TEMA 8

KUNCI JAWABAN TEMATIK KELAS 5 TEMA 8

Jawaban Buku Tematik Edisi Revisi 2018 Kelas 5 Tema 8

Subtema 1
Pembelajaran 1
- Halaman 1, 3, 4
- Halaman 5-6

Pembelajaran 2
- Halaman 8, 10, 13
- Halaman 14

Pembelajaran 3
- Halaman 16, 17, 23, 26-27
- Halaman 27-28

Pembelajaran 4
- Halaman 31, 32-33
- Halaman 33-34

Pembelajaran 5
- Halaman 36, 37, 38-39, 40-41
- Halaman 41-42

Pembelajaran 6
- Halaman 44, 45, 47, 49
- Halaman 50-51

Apa komentarmu melihat kedua gambar tersebut?
Subtema 2
Pembelajaran 1
- Halaman 52, 55, 56, 57
- Halaman 58

Pembelajaran 2
- Halaman 60, 63, 64, 65, 66
- Halaman 66-67

Pembelajaran 3
- Halaman 70, 71, 73
- Halaman 74
Pembelajaran 4
- Halaman 79, 80, 82, 83
- Halaman 84

Pembelajaran 5
- Halaman 85, 86, 87
- Halaman 90-91
Pembelajaran 6
- Halaman 94
- Halaman 95-96

kelas 5
Subtema 3
Pembelajaran 1
- Halaman 97, 98, 99, 102
- Halaman 102-103

Pembelajaran 2
- Halaman 104-105, 106, 108, 109
- Halaman 110-111

Pembelajaran 3
- Halaman 115, 116
- Halaman 117-118

Pembelajaran 4
- Halaman 119, 121, 122
- Halaman 123-124

Pembelajaran 5
- Halaman 126, 128
- Halaman 129-130

Pembelajaran 6
- Halaman 134, 135
- Halaman 135-136

kunci jawaban kelas 5 tema 8 kegiatan berbasis proyek dan literasi
Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi
- Halaman 138, 139
- Halaman 140
- Halaman 141
- Halaman 142
- Halaman 144

















Keteraturan yang menakjubkan Hal 4-12

KETERATURAN YANG MENAKJUBKAN

KELAS 6 TEMA 9 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 HAL 4, 5, 6-7, 8, 10, 11, 12

isi pertanyaan buku k13 kls 6 tm 9

Kunci Jawaban Halaman 3

Tahukah kamu apa yang kamu rasakan di Bumi dengan adanya revolusi Bumi terhadap Matahari?
  • Perbedaan lama siang-malam
  • Perubahan rasi bintang
  • Gerak semu tahunan Matahari
  • Perubahan musim
Kunci Jawaban Halaman 4

1. Perhatikan dengan saksama gambar sistem tata surya pada halaman sebelumnya. Namailah setiap planet yang terdapat dalam tata surya secara berurutan.

Nama Planet dalam Tata Surya berdasarkan urutan dari Matahari

Buatlah sebuah laporan pengamatan dari kegiatan di atas dengan menggunakan bentuk laporan sebagai berikut:

Kunci Jawaban Halaman 5

Judul Kegiatan :
Mengenal Tata Surya

Tujuan Pengamatan :
Mengetahui atau mengenal sistem tata surya dan cara kerja anggota sistem tata surya, serta ciri khusus masing-masing planet

Metode :
Membaca

Hasil Pengamatan :
Sistem tata surya menjadikan Matahari sebagai pusat. Matahari adalah sebuah bintang raksasa yang sangat panas seperti bola pijar. Planet yang terdekat dengan Matahari adalah Merkurius, terlihat dari Bumi sesaat setelah Matahari terbenam, atau sebelum Matahari terbit. Merkurius melesat cepat mengelilingi Matahari, namun lambat dalam berotasi. Planet Venus merupakan planet terdekat dengan Bumi. Venus lebih panas dibandingkan Merkurius karena adanya lapisan atmosfer yang tebal. Venus menjadi planet paling terang diantara planet lain. Venus berotasi searah jarum jam. Bumi disebut juga planet Biru karena sebagian besar Bumi berupa lautan. Planet Mars dijuluki planet merah. Disebut-sebut paling menyerupai Bumi. Planet Jupiter adalah planet terbesar dalam tata surya. Planet Jupiter merupakan planet  yang sebagian besar terdiri atas gas. Memiliki bintik merah yang ternyata merupakan badai raksasa. Planet Saturnus memiliki cincin yang melingkari tubuhnya. Salah satu satelit yang paling terkenal mengelilingi Saturnus adalah Titan. Planet Uranus berputar miring karena porosnya yang hampir sejajar dengan orbitnya. Planet ini sangat dingin, yaitu sekitar minus 212 derajat celcius. Planet yang berada di urutan paling jauh dari Matahari adalah planet Neptunus. Planet ini tampak berwarna biru gelap. Terdiri atas gumpalan gas. Salah satu satelit yang mengelilingi Neptunus bergerak berlawanan arah dengan satelit-satelit dan planet-planet lainnya.

Kesimpulan :
Karakteristik dari planet-planet dalam tata surya berbeda-beda. Masing-masing mempunyai ciri khas sendiri. Ada planet yang mirip dengan Bumi yaitu planet Mars.

7. Urutkan planet-planet tersebut berdasarkan ukurannya dari yang terkecil hingga yang terbesar berdasarkan gambar yang tersedia di halaman sebelumnya.

Kunci Jawaban Halaman 6

Nama Planet dalam Tata Surya berdasarkan ukurannya
Kunci jawaban tematik kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 1 halaman 6

8. Berdasarkan tabel di atas, jawablah pertanyaan berikut ini!
a. Apakah nama planet yang terletak paling dekat dengan Matahari?
    Jawaban :
Merkurius

b. Apakah nama planet yang terletak paling jauh dari Matahari?
    Jawaban :
Neptunus

c. Apakah nama planet yang memiliki ukuran paling kecil dalam sistem tata surya?
    Jawaban :
Merkurius

d. Apakah nama planet yang memiliki ukuran paling besar dalam sistem tata surya?
   Jawaban :
Jupiter

e. Apakah nama planet yang mengalami revolusi paling cepat? Mengapa?
   Jawaban :
Merkurius. Karena letak Merkurius paling dekat dengan Matahari sehingga waktu yang diperlukannya untuk mengelilingi Matahari menjadi paling cepat.

f. Apakah nama planet yang memiliki mengalami revolusi paling lama? Mengapa?
   Jawaban :
Neptunus. Karena letak Neptunus paling jauh dari Matahari, sehingga jarak yang ditempuh Neptunus untuk melakukan satu kali mengelilingi Matahari menjadi lebih lama daripada planet lain

Ayo Berdiskusi
Kamu telah mengetahui bermain peran tentang sistem tata surya
Berdasarkan kegiatan tersebut, tuliskan paling sedikit tiga pertanyaan tentang sistem tata surya. Tuliskan pertanyaanmu di tempat yang telah disediakan di bawah ini.
  1. Apa nama julukan untuk planet Mars? (Planet Merah)
  2. Mengapa Bumi disebut sebagai Planet Biru? (Karena sebagian besar wilayah Bumi berupa lautan)
  3. Apa ciri khusus planet Saturnus? (Saturnus terlihat memiliki cincin yang melingkari tubuhnya)
  4. Mengapa Mars disebut mirip dengan Bumi? (karena 1 hari di Mars hampir sama dengan 1 hari di Bumi, yaitu 24,6 jam. Juga memiliki kutub es sama seperti Bumi. Mars juga memiliki lapisan Atmosfer seperti Bumi walaupun lebih tipis.
  5. Mengapa planet uranus berputar miring? (Karena porosnya hampir sejajar dengan orbitnya)

Kunci Jawaban Halaman 8

Berdasarkan kegiatan tersebut, tuliskan beberapa hal baru yang menarik yang kamu temukan selama kegiatan. Tuliskan beberapa kosakata baru beserta artinya. Lalu tuliskan juga beberapa pertanyaan yang masih kamu miliki tentang kegiatan pembelajaran kali ini.

Fakta menarik :
Bahwa tiap planet dalam tata surya memiliki ciri-ciri tertentu. Bahwa ada planet yang mirip dengan Bumi, yaitu Mars. 
Kosakata baru :
Kunci jawaban tematik kelas 6 Tema 9 subtema 1 pembelajaran 1
Pertanyaanku hari ini :
Adakah Sumber energi panas selain Matahari yang ada di tata surya?

Kunci Jawaban Halaman 10

Lengkapi Diagram berikut setelah kamu membaca cerita fiksi "Barisan yang menyenangkan"
Judul Cerita Fiksi :
Barisan yang menyenangkan
Penulis :
Amanda Naila

Kunci Jawaban Halaman 11

Sifat dari Tokoh Utama :
Cerdas, Mempunyai rasa ingin tahu yang kuat, religius
Tindakan yang dilakukan :
Memikirkan secara mendalam informasi yang didapat
Gambar :
Seorang gadis berusia 12 tahun dengan rambut berkepang dua, cantik dan energik, cerdas dan religius

Pendapatmu tentang Tokoh Utama :
Seorang gadis yang cerdas dengan rasa ingin tahu yang kuat, ceria serta religius

Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan karangan fiksi "Barisan yang Menyenangkan"
1. Bercerita tentang apakah karangan fiksi tersebut?
    Jawaban :
Pemikiran Tiara tentang orbit edar planet-planet

2. Siapakah tokoh utama karangan fiksi tersebut?
    Jawaban :
Tiara

3. Siapakah tokoh tambahan dalam karangan fiksi tersebut?
    Jawaban :
Ayah, Ibu

4. Di manakah peristiwa dalam karangan fiksi tersebut?
    Jawaban :
Halaman belakang rumah Tiara

5. Gambarkan tokoh utama dan tempat dalam karangan di atas sesuai imajinasimu. Gunakan kotak pada halaman setelah ini, lalu gambar tokoh utama dan tempat cerita itu terjadi. Berilah warna dengan menggunakan pensil warna. Lalu jelaskan gambar yang kamu buat di depan kelas dengan percaya diri

Kunci Jawaban Halaman 12

Tokoh utama :

Tempat/latar :
Kunci jawaban kelas 6 Tema 9 subtema 1 pembelajaran 1
desainrumahnya

Setelah mendengarkan presentasi teman-temanmu, lakukanlah perenungan dengan menjawab pertanyaan berikut ini.
1. Apakah kamu dan teman-temanmu memiliki gambaran yang serupa tentang tokoh utama dan tempat dari karangan tersebut? Dalam hal apa saja gambaran yang kalian buat memiliki kesamaan?
Jawaban :
Ya. Dalam hal ciri fisik tokoh utama, serta lokasi/tempat cerita

2. Bagian mana saja yang berbeda dengan gambaran teman-temanmu?
............ (alternatif jawaban berbeda-beda, tergantung siswa/teman lain)

3. Apakah yang terjadi jika di dalam cerita tersebut tidak ada tokoh utama?
Jawaban :
Cerita jadi tidak menarik, jadi hambar, karena tokoh utama memegang peran penting dalam cerita.

4. Apakah fungsi tokoh utama dalam cerita fiksi tersebut?
Jawaban :
Tokoh utama membuat suatu cerita lebih hidup dan menarik, seolah-olah terjadi di alam nyata. Tokoh utama paling banyak diceritakan, baik sebagai pelaku kejadian maupun yang dikenai kejadian.

Hal 13⏩